Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fisika Bahan Paduan

4520102261

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya.

PLO-8

Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai pengertian, jenis/klasifikasi, karakteristik, proses pembuatan, dan aplikasi bahan paduan

PO - 2

Memiliki kemampuan memanfaatkan sumber belajar dari sekitar dan TIK untuk menelaah bahan paduan

PO - 3

Memiliki keterampilan merancang pembuatan bahan paduan yang bermanfaat berdasarkan analisis situasi dan data pendukung, serta membuat prototipe bahan paduan sesuai rancangan, melakukan analisis dan membuat kesimpulan berdasarkan data percobaan

PO - 4

Memiliki karakter life skill (decision making, wise use of resources, communication, accepting differences, leadership, useful marketable skills dan self-responsibility) yang tercermin dari kegiatan yang dilakukan dan produk kegiatan/rancangan pembuatan bahan paduan yang realistik.

PO - 5

Memiliki karakter entrepreneur (action oriented, berpikir sederhana, selalu mencari peluang baru, fokus pada eksekusi dan memfokuskan energi setiap orang dalam bisnis) dari kegiatan untuk merealisasikan rancangan pembuatan bahan paduan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

This course examines the study of metal alloys and non-metallic alloys, including composites that begin classifying materials according to their composition, characteristics, processing/manufacturing of materials, and application of materials through paper and visual literacy guidance as group investigation-based projects. Assessment of learning outcomes is carried out through experimental results reports (conformity with design, theoretical studies, experimental methods, results and discussions, conclusions, literature), presentation materials in the form of PPT (performance structure, ideas for each presentation, creativity, IT applications), presentation skills ( delivery techniques, the ability to defend ideas, respond to the opinions of others, cohesiveness)

Pustaka

Utama :

  1. Callister, William D. 2007. Materials Science and Engineering: An Introduction . 7ed. New York: John Wiley & Sons.
  2. Chung, Deborah D.L. 2010. Composite Materials: Science and Application . Second Edition. Springer-Verlag London Limited.
  3. Chawla, A. K. 2002. Composite Materials: Science and Engeneering. Thirth Edition. Springer: New York.
  4. Kaw, Authar K.. 2006. Mechanics of Composite Materials. Second Edition. Taylor & Francis Group, CRC Press.
  5. Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.
  6. Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si.

Lydia Rohmawati, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengklasifikasikan paduan logam berdasarkan komposisi bahan penyusun, karakteristik mekanik, dan kegunaan bahan

a. Mengidentifikasi paduan logam dari komposisi bahan penyusun, karakteristik mekanik, dan kegunaan bahanb. Mengklasifikasikan paduan logam berdasarkan komposisi bahan penyusun, karakteristik mekanik, dan kegunaan bahan

Kriteria:

Skor penuh bila semua tugas diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Literasi paper, Diskusi
2 X 50
Literasi paper, Diskusi
2 x 50
Materi: Ferrous and non ferrous
Pustaka: Callister, William D. 2007. Materials Science and Engineering: An Introduction . 7ed. New York: John Wiley & Sons.

Materi: Klasifikasi logam paduan: (a) Ferrous alloy, (b) Non ferrous alloy, (c) Karakteristik mekanik, (d) Kegunaan bahan
Pustaka: Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.
2%

2

Minggu ke 2

Mendeskripsikan proses pembuatan paduan logam

a. Menjelaskan mekanisme pembuatan paduan logam secara forming operation, casting, dan powder metalurgy secara runtutb. menyebutkan beberapa perbedaan, kelebihan dan kelemahan masing-masing proses pembuatan logam

Kriteria:

• Skor penuh bila semua tugas diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Literasi paper visual, Diskusi, Presentasi
2 X 50
Literasi paper visual, Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Forming Operation of alloy
Pustaka: Callister, William D. 2007. Materials Science and Engineering: An Introduction . 7ed. New York: John Wiley & Sons.

Materi: Proses Pembuatan Logam Paduan
Pustaka: Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.
2%

3

Minggu ke 3

Menganalisis proses pemanasan pada paduan logam

a. Menjelaskan proses pemanasan pada paduan logamb. Menganalisis grafik komposisi berat terhadap suhu pemanasanc. Menganalisis morfologi bahan akibat pemanasan

Kriteria:

• Skor penuh bila semua tugas diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Literasi paper dan visual, Diskusi, Presentasi
2 X 50
Literasi paper dan visual, Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Heat treatment : Proses Annealing, stress relief, Annealing ferrous alloy
Pustaka: Callister, William D. 2007. Materials Science and Engineering: An Introduction . 7ed. New York: John Wiley & Sons.

Materi: Proses pemanasan pada logam paduan
Pustaka: Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.
2%

4

Minggu ke 4

Menganalisis karakteristik berbagai komposit menurut material matriknya berikut aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

a. Mengidentifikasi perbedaan mekanisme penguatan komposit partikel besar dan komposit partikel dispersib. Mengklasifikasi jenis komposit berdasarkan matriknyac. Mengidentifikasi benda di sekitar menurut klasifikasi kompositnya

Kriteria:

• Skor penuh bila semua tugas diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan• Skor penuh jika sesuai dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Literasi paper dan visual, Diskusi, Presentasi
2 X 50
Literasi paper dan visual, Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Composite
Pustaka: Callister, William D. 2007. Materials Science and Engineering: An Introduction . 7ed. New York: John Wiley & Sons.

Materi: Composite
Pustaka: Chung, Deborah D.L. 2010. Composite Materials: Science and Application . Second Edition. Springer-Verlag London Limited.

Materi: Composite
Pustaka: Chawla, A. K. 2002. Composite Materials: Science and Engeneering. Thirth Edition. Springer: New York.

Materi: Composite
Pustaka: Kaw, Authar K.. 2006. Mechanics of Composite Materials. Second Edition. Taylor & Francis Group, CRC Press.

Materi: Komposit
Pustaka: Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.
2%

5

Minggu ke 5

Mendeskripsikan struktur komposit, pemrosesannya, dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari

a. Mengklasifkasi komposit menurut strukturnyab. Menjelaskan proses pembuatan dan aplikasinya

Kriteria:

• Skor penuh bila semua tugas diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Literasi paper dan visual, Diskusi, Presentasi
2 X 50
Literasi paper dan visual, Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Composite Structural
Pustaka: Callister, William D. 2007. Materials Science and Engineering: An Introduction . 7ed. New York: John Wiley & Sons.

Materi: Composite Structural
Pustaka: Chung, Deborah D.L. 2010. Composite Materials: Science and Application . Second Edition. Springer-Verlag London Limited.

Materi: Komposit (Chapter 16)
Pustaka: Chawla, A. K. 2002. Composite Materials: Science and Engeneering. Thirth Edition. Springer: New York.

Materi: Hukum Pencampuran
Pustaka: Kaw, Authar K.. 2006. Mechanics of Composite Materials. Second Edition. Taylor & Francis Group, CRC Press.

Materi: Komposit
Pustaka: Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.
2%

6

Minggu ke 6

Mengkaji artikel bahan paduan yang relevan dengan topik tugas proyek

a. Mendapatkan artikel yang relevan dengan topik proyekb. Menganalisis semua komponen artikel secara cermatc. Menentukan artikel jurnal sebagai referensi tugas proyek secara tepat

Kriteria:

a. Skor tiap aspek 1-5, dan layak jika memiliki skor 4-5b. Skor penuh jika semua komponen kajian terpenuhi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Literasi paper Group, Diskusi, Presentasi
2 X 50
Literasi paper Group, Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: aplikasi material
Pustaka: Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.

Materi: Aplikasi material komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
5%

7

Minggu ke 7

Membuat rancangan bahan paduan berdasarkan acuan yang relevan dan realistik untuk dilakukan

a. Menerapkan sebagian/seluruh komponen artikel pada rancangan proyek bahan paduanb. Mengusulkan rancangan yang dibuat untuk mendapatkan masukan dan persetujuanc. Memperbaiki rancangan sesuai masukan

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Draft rancangan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Proyek- Group investigasib. Group Diskusi c. Presentasi
3 X 50

Materi: aplikasi material
Pustaka: Setyarsih, W. dan Rohmawati L. 2014. Bahan Ajar Bahan Paduan . Jurusan Fisika Unesa.

Materi: Material komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
UTS
2 X 50
UTS
2 x 50
20%

9

Minggu ke 9

Merealisasikan rancangan yang dibuat dalam bentuk prototipe (uji coba) dan melaporkan dalam bentuk tulis dan lisan

a. Melakukan percobaan membuat prototipe bahan paduan sesuai rancanganb. Menyusun laporan kegiatan proyekc. Mempresentasikan hasil kegiatan proyek

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Laporan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 X 50
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Aplikasi komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
5%

10

Minggu ke 10

Merealisasikan rancangan yang dibuat dalam bentuk prototipe (uji coba) dan melaporkan dalam bentuk tulis dan lisan

a. Melakukan percobaan membuat prototipe bahan paduan sesuai rancanganb. Menyusun laporan kegiatan proyekc. Mempresentasikan hasil kegiatan proyek

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Laporan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 X 50
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Aplikasi komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
5%

11

Minggu ke 11

Merealisasikan rancangan yang dibuat dalam bentuk prototipe (uji coba) dan melaporkan dalam bentuk tulis dan lisan

a. Melakukan percobaan membuat prototipe bahan paduan sesuai rancanganb. Menyusun laporan kegiatan proyekc. Mempresentasikan hasil kegiatan proyek

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Laporan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 X 50
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Aplikasi komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
5%

12

Minggu ke 12

Merealisasikan rancangan yang dibuat dalam bentuk prototipe (uji coba) dan melaporkan dalam bentuk tulis dan lisan

a. Melakukan percobaan membuat prototipe bahan paduan sesuai rancanganb. Menyusun laporan kegiatan proyekc. Mempresentasikan hasil kegiatan proyek

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Laporan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 X 50
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Aplikasi komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
5%

13

Minggu ke 13

Merealisasikan rancangan yang dibuat dalam bentuk prototipe (uji coba) dan melaporkan dalam bentuk tulis dan lisan

a. Melakukan percobaan membuat prototipe bahan paduan sesuai rancanganb. Menyusun laporan kegiatan proyekc. Mempresentasikan hasil kegiatan proyek

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Laporan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 X 50
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Aplikasi komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
5%

14

Minggu ke 14

Merealisasikan rancangan yang dibuat dalam bentuk prototipe (uji coba) dan melaporkan dalam bentuk tulis dan lisan

a. Melakukan percobaan membuat prototipe bahan paduan sesuai rancanganb. Menyusun laporan kegiatan proyekc. Mempresentasikan hasil kegiatan proyek

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Laporan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 X 50
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Aplikasi komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
2%

15

Minggu ke 15

Merealisasikan rancangan yang dibuat dalam bentuk prototipe (uji coba) dan melaporkan dalam bentuk tulis dan lisan

a. Melakukan percobaan membuat prototipe bahan paduan sesuai rancanganb. Menyusun laporan kegiatan proyekc. Mempresentasikan hasil kegiatan proyek

Kriteria:

a. Ada 3 penilaian: Laporan, PPT, dan Presentasib. Masing-masing aspek diberi skor 0-10c. Nilai tiap bentuk penilaian: jumlah skor/jumlah aspekd. Nilai akhir: jumlah nilai/3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 X 50
Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
2 x 50
Materi: Aplikasi komposit
Pustaka: Anonim. 2014. Kumpulan Artikel Bahan Paduan Jurnal Internasional. Koleksi Tim Bahan Paduan Jurusan Fisika Unesa.
3%

16

Minggu ke 16

UAS


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
    Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
    2 X 50
    Group investigasi, Guided discovery, Group Diskusi, Presentasi
    2 x 50
    30%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 46%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
    3. Penilaian Portofolio 20%
    4. Penilaian Praktikum 3.5%
    5. Praktik / Unjuk Kerja 20.5%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.