Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

STATISTIK LANJUT

8500102013

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PO - 2

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

PO - 4

Mampu merancang dan menerapkan teknik analisis statistik multivariat dalam penelitian pendidikan jasmani dengan menggunakan perangkat lunak statistik secara tepat dan efektif.

PO - 5

Mampu menerapkan metode regresi linier dan non-linier dalam analisis data penelitian pendidikan jasmani secara akurat dan tepat.

PO - 6

Mampu menerapkan teknik analisis varians (ANOVA) dan analisis multivariat untuk mengolah data penelitian pendidikan jasmani secara tepat dan akurat

PO - 7

Mampu melakukan pengujian hipotesis lanjutan menggunakan teknik statistik non-parametrik dalam penelitian pendidikan jasmani.

PO - 8

Mampu mengintegrasikan hasil analisis statistik lanjutan ke dalam penyusunan laporan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan jasmani.

PO - 9

Mampu mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen penelitian menggunakan teknik statistik lanjutan.

PO - 10

Mampu mengembangkan dan menerapkan model statistik kompleks dalam penelitian pendidikan jasmani untuk memecahkan masalah penelitian yang spesifik.

PO - 11

Mampu mengkritisi dan mereview literatur penelitian yang menggunakan teknik statistik lanjutan di bidang pendidikan jasmani secara mendalam dan komprehensif

PO - 12

Mampu merancang penelitian orisinal dengan penerapan teknik statistik lanjutan yang inovatif dalam bidang pendidikan jasmani

PO - 13

Mampu mengkomunikasikan hasil analisis statistik lanjutan secara efektif kepada berbagai audiens akademik dan praktisi di bidang pendidikan jasmani.

PO - 14

Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap penggunaan metode statistik lanjutan dalam penelitian pendidikan jasmani dan memberikan rekomendasi perbaikan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-8PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengembangkan pemahaman mahasiswa tentang teknik analisis statistik lanjutan yang relevan dengan penelitian di bidang pendidikan jasmani

Pustaka

Utama :

  1. Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Pearson.
  2. Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Sage Publications
  3. Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
  4. Cohen, J., Cohen, P., West, S.G., & Aiken, L.S. (2013). Applied Multiple Regression/Correlation Analysis for the Behavioral Sciences (3rd ed.). Routledge

Pendukung :

  1. Atkinson, G., & Nevill, A.M. (1998). Statistical Methods for Assessing Measurement Error (Reliability) in Variables Relevant to Sports Medicine. Sports Medicine
  2. Hopkins, W.G. (2000). Quantitative Research Designs in Sport and Exercise Science. Human Kinetics.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menunjukkan sikap jujur dan tanggung jawab dalam penyusunan karya ilmiah dan tugas akademik.

Mampu mengidentifikasi dan menyikapi pelanggaran etika akademik (misalnya plagiarisme, manipulasi data) dalam lingkup pendidikan jasmani.

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: penyusunan karya ilmiah
Pustaka: Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Pearson.
3%

2

Minggu ke 2

Mampu menjelaskan berbagai pendekatan dan paradigma penelitian yang relevan dengan bidang Pendidikan Jasmani (kuantitatif, kualitatif, mixed methods).

Mampu mengidentifikasi dan menyikapi pelanggaran etika akademik (misalnya plagiarisme, manipulasi data) dalam lingkup pendidikan jasmani.

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: paradigma penelitian
Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
3%

3

Minggu ke 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

aktif tanya jawab dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

3%

4

Minggu ke 4

mampu merancang dan menerapkan teknik analisis statistik multivariat dalam penelitian pendidikan jasmani dengan menggunakan perangkat lunak statistik secara tepat dan efektif.

aktif tanya jawab dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: teknis alanisis multivarian
Pustaka: Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Pearson.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menerapkan metode regresi linier dan non-linier dalam analisis data penelitian pendidikan jasmani secara akurat dan tepat.

aktif tanya jawab dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

Materi: regresi linier dan nonlinier
Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
3%

6

Minggu ke 6

Mampu menerapkan teknik analisis varians (ANOVA) dan analisis multivariat untuk mengolah data penelitian pendidikan jasmani secara tepat dan akurat

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Anova
Pustaka: Atkinson, G., & Nevill, A.M. (1998). Statistical Methods for Assessing Measurement Error (Reliability) in Variables Relevant to Sports Medicine. Sports Medicine
3%

7

Minggu ke 7

Mampu melakukan pengujian hipotesis lanjutan menggunakan teknik statistik non-parametrik dalam penelitian pendidikan jasmani

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Anova
Pustaka: Atkinson, G., & Nevill, A.M. (1998). Statistical Methods for Assessing Measurement Error (Reliability) in Variables Relevant to Sports Medicine. Sports Medicine

Materi: statistik non parametrik
Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
3%

8

Minggu ke 8

Mampu mengintegrasikan hasil analisis statistik lanjutan ke dalam penyusunan laporan penelitian dan publikasi ilmiah di bidang pendidikan jasmani

frekwensi tanya jawab mahasiswa dalam diskusi

Kriteria:

asesmen partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100menit

Materi: Anova
Pustaka: Atkinson, G., & Nevill, A.M. (1998). Statistical Methods for Assessing Measurement Error (Reliability) in Variables Relevant to Sports Medicine. Sports Medicine

Materi: statistik non parametrik
Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.

Materi: analisis statistik lanjutan
Pustaka: Hopkins, W.G. (2000). Quantitative Research Designs in Sport and Exercise Science. Human Kinetics.
3%

9

Minggu ke 9


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Tes
      Luring
      100menit

      Materi: Anova
      Pustaka: Atkinson, G., & Nevill, A.M. (1998). Statistical Methods for Assessing Measurement Error (Reliability) in Variables Relevant to Sports Medicine. Sports Medicine

      Materi: statistik non parametrik
      Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.

      Materi: analisis statistik lanjutan
      Pustaka: Hopkins, W.G. (2000). Quantitative Research Designs in Sport and Exercise Science. Human Kinetics.
      15%

      10

      Minggu ke 10

      mampu mengembangkan dan menerapkan model statistik kompleks dalam penelitian pendidikan jasmani untuk memecahkan masalah penelitian yang spesifik.

      aktif tanya jawab dalam diskusi

      Kriteria:

      asesmen partisipasif


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Luring
      100menit

      Materi: validitas lanjutan
      Pustaka: Cohen, J., Cohen, P., West, S.G., & Aiken, L.S. (2013). Applied Multiple Regression/Correlation Analysis for the Behavioral Sciences (3rd ed.). Routledge
      3%

      11

      Minggu ke 11

      Mampu mengkritisi dan mereview literatur penelitian yang menggunakan teknik statistik lanjutan di bidang pendidikan jasmani secara mendalam dan komprehensif

      aktif tanya jawab dalam diskusi

      Kriteria:

      asesmen partisipasif


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Luring
      100menit

      Materi: validitas lanjutan
      Pustaka: Cohen, J., Cohen, P., West, S.G., & Aiken, L.S. (2013). Applied Multiple Regression/Correlation Analysis for the Behavioral Sciences (3rd ed.). Routledge

      Materi: review literatur penelitian
      Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
      3%

      12

      Minggu ke 12

      mampu merancang penelitian orisinal dengan penerapan teknik statistik lanjutan yang inovatif dalam bidang pendidikan jasmani

      aktif tanya jawab dalam diskusi

      Kriteria:

      asesmen partisipasif


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Luring
      100menit

      Materi: validitas lanjutan
      Pustaka: Cohen, J., Cohen, P., West, S.G., & Aiken, L.S. (2013). Applied Multiple Regression/Correlation Analysis for the Behavioral Sciences (3rd ed.). Routledge

      Materi: review literatur penelitian
      Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
      3%

      13

      Minggu ke 13

      Mampu mengkomunikasikan hasil analisis statistik lanjutan secara efektif kepada berbagai audiens akademik dan praktisi di bidang pendidikan jasmani.

      aktif tanya jawab dalam diskusi

      Kriteria:

      asesmen partisipasif


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Luring
      100menit

      Materi: validitas lanjutan
      Pustaka: Cohen, J., Cohen, P., West, S.G., & Aiken, L.S. (2013). Applied Multiple Regression/Correlation Analysis for the Behavioral Sciences (3rd ed.). Routledge

      Materi: review literatur penelitian
      Pustaka: Tabachnick, B.G., & Fidell, L.S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
      3%

      14

      Minggu ke 14

      Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap penggunaan metode statistik lanjutan dalam penelitian pendidikan jasmani dan memberikan rekomendasi perbaikan.


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
      Luring
      100menit

      40%

      15

      Minggu ke 15



      0%

      16

      Minggu ke 16



      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 51.5%
      2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8%
      3. Penilaian Praktikum 8%
      4. Praktik / Unjuk Kerja 8%
      5. Tes 15.5%
      91%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.