
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan Sosial |
6920102331 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
4 |
20 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.
|
.......................................
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis masalah sosial, kebutuhan komunitas, dan model kewirausahaan dengan menerapkan perspektif sosiologis dan bisnis untuk mengidentifikasi peluang inovasi.
|
PO - 2 |
Mengevaluasi relevansi, keberlanjutan, dan dampak sosial dari inisiatif kewirausahaan melalui refleksi kritis terhadap strategi, kemitraan, dan pertimbangan etis.
|
PO - 3 |
Membuat keputusan tentang konsep-konsep sosiologi yang relevan dalam mengindetifikasi konsep kewirausahaan sosial.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Kewirausahaan Sosial membahas konsep, prinsip, dan praktik kewirausahaan yang berorientasi pada perubahan sosial. Kursus ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman kritis mengenai bagaimana inovasi dan model bisnis dapat digunakan untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan secara berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Canals, J. (2015). Shaping Entrepreneurial Mindsets: Innovation and Entrepreneurship in Leadership Development. Palgrave Macmillan.
- Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.
- Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.
- Praszkier, R., & Nowak, A. (2012). Social Entrepreneurship: Theory and Practice. Cambridge University Press.
- Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.
- Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
- Alatabani, A. & Alibhai, S. (2016). Women Entrepreneurs in Indonesia: A Pathway to Increasing Shared Prosperity. The World Bank.
- Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
- Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
- Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.
- Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.
|
Pendukung : |
|
- Allen, K. (2023). Entrepreneurship for Dummies. Wiley Publishing.
- Ed-Dafali, S., Mohiuddin, M., Al Azad, M. S., & Salamzadeh, A. (2023). Entrepreneurial leadership and designing industry 4.0 business models: Towards an innovative and sustainable future for India. Indian SMEs and Start-Ups: Growth through Innovation and Leadership, 333-358.
- Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan. Proxy Media.
- Morris, M. H., & Santos, S. C. (Eds.). (2024). De Gruyter Handbook of Poverty, Disadvantage and Entrepreneurship. Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
- Nugroho, L. H., & Utami, D. (2023). Modal Sosial Kewirausahaan Sosial (Studi Organisasi Mahasiswa Daerah HMP UNESA). Paradigma, 12(3), 141–150.
- Pérez-Barea, J. J. (2025). The Evolution of Social Entrepreneurship: Broadening the Framework for the Digital and Sustainable Era. Administrative Sciences, 15(2), 55.
- Setiawan, H. H., Yuda, T. K., Susantyo, B., Sulubere, M. B., Ganti, M., Habibullah, H., ... & Murni, R. (2023). Scaling up social entrepreneurship to reduce poverty: Exploring the challenges and opportunities through stakeholder engagement. Frontiers in Sociology, 8, 1131762.
|
Dosen Pengampu
|
ARIEF SUDRAJAT AGUS MACHFUD FAUZI PAMBUDI HANDOYO EUFRASIA KARTIKA HANINDRAPUTRI WARDATUL ADAWIAH Wardatul Adawiah, S.Pd., M.Si. Wardatul Adawiah, S.Pd., M.Si. Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si. Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si. Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si. Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos. Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos. Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A. Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar kewirausahaan sosial |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi, prinsip, dan perbedaan dengan bisnis tradisional |
Kriteria:
Partisipasi diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelas 100 |
|
Materi: konsep dan teori kewirausahaan sosial Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing. Materi: social entreprenuership Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Membedakan social venture & bisnis tradisional |
Mahasiswa dapat menuliskan tabel perbandingan social vs profit business |
Kriteria:
Resume analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi artikel 100 |
|
Materi: pengembangan bisnis kewirausahaan sosial\ Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing. Materi: model kewirausahaan sosial Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Analisis masalah sosial & kebutuhan komunitas |
Mahasiswa mampu menyusun need assessment berbasis data lapangan |
Kriteria:
Laporan observasi komunitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Based Learning, mini riset 100 |
|
Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press. Materi: Marshalling social entrepreneurship Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Model bisnis sosial & strategi inovasi |
Mampu mennganalisa tantangan dan memberikan solusi dari kewirausahaan sosial |
Kriteria:
Draft BMC & stakeholder map Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop, simulasi 100 |
|
Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Analisis studi kasus social enterprise |
Mahasiswa dapat menjelaskan faktor sukses & gagal |
Kriteria:
Esai reflektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study, diskusi reflektif 100 |
|
Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press. Materi: kewirausahaan sosial dan implementasinya di masyarakat Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Evaluasi skalabilitas & keberlanjutan |
Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial. |
Kriteria:
Laporan analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Group work, analisis konteks 100 |
|
Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723. Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group. Materi: kait menjadi pengusaha muda Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Evaluasi strategi pengukuran dampak sosial |
Mahasiswa dapat menyusun indikator SROI atau ToC |
Kriteria:
Tugas desain indikator Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Seminar, workshop 100 |
|
Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723. Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group. Materi: kait menjadi pengusaha muda Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi strategi komunikasi & kemitraan |
Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Refleksi tertulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ujian Tengah Semester 100 |
|
Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723. Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group. Materi: kait menjadi pengusaha muda Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Evaluasi dilema etis (profit vs mission) |
Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial |
Kriteria:
Esai analisis etis Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Case discussion 100 |
|
Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media. Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial yaitu inovasi sosial |
Mahasiswa dapat menyusun ide solusi inovatif dalam tim |
Kriteria:
Draft ide proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project based learning 100 |
|
Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media. Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. Materi: Pengantar Kewirausahaan Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Penyusunan proposal bisnis sosial |
Mahasiswa dapat menyusun proposal lengkap (problem, solusi, market fit) |
Kriteria:
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang pengembangan kewirausahaan sosial Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Workshop, konsultasi
|
|
Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media. Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. Materi: Pengantar Kewirausahaan Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. Materi: perbedaan TNC dan SMEs Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Prototyping proyek sosial |
Mahasiswa dapat menghasilkan prototipe awal |
Kriteria:
Laporan progress prototipe Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kolaborasi tim, konsultasi 100 |
|
Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media. Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. Materi: Pengantar Kewirausahaan Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. Materi: perbedaan TNC dan SMEs Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Simulasi pitching |
Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial. |
Kriteria:
Draft pitch deck Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulation, role play 100 |
|
Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media. Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. Materi: Pengantar Kewirausahaan Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana. Materi: perbedaan TNC dan SMEs Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi pitching |
Praktek produk hasil usaha |
Kriteria:
Pitching presentation Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi tim 100 |
|
Materi: TNC SMES Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Kampanye & advokasi multimedia |
Mahasiswa dapat menghasilkan konten kampanye (poster, video, media sosial) |
Kriteria:
Produk kampanye Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Creative project, workshop 100 |
|
Materi: TNC SMES Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Refleksi akhir & evaluasi proyek |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Final project (proposal, prototipe, kampanye) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ujian Akhir Semester 100 |
|
Materi: TNC SMES Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute. |
15% |