Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan Sosial

6920102331

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

4

20 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.




.......................................




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis masalah sosial, kebutuhan komunitas, dan model kewirausahaan dengan menerapkan perspektif sosiologis dan bisnis untuk mengidentifikasi peluang inovasi.

PO - 2

Mengevaluasi relevansi, keberlanjutan, dan dampak sosial dari inisiatif kewirausahaan melalui refleksi kritis terhadap strategi, kemitraan, dan pertimbangan etis.

PO - 3

Membuat keputusan tentang konsep-konsep sosiologi yang relevan dalam mengindetifikasi konsep kewirausahaan sosial.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Kewirausahaan Sosial membahas konsep, prinsip, dan praktik kewirausahaan yang berorientasi pada perubahan sosial. Kursus ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman kritis mengenai bagaimana inovasi dan model bisnis dapat digunakan untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan secara berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

  1. Canals, J. (2015). Shaping Entrepreneurial Mindsets: Innovation and Entrepreneurship in Leadership Development. Palgrave Macmillan.
  2. Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.
  3. Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.
  4. Praszkier, R., & Nowak, A. (2012). Social Entrepreneurship: Theory and Practice. Cambridge University Press.
  5. Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.
  6. Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
  7. Alatabani, A. & Alibhai, S. (2016). Women Entrepreneurs in Indonesia: A Pathway to Increasing Shared Prosperity. The World Bank.
  8. Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
  9. Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
  10. Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.
  11. Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Pendukung :

  1. Allen, K. (2023). Entrepreneurship for Dummies. Wiley Publishing.
  2. Ed-Dafali, S., Mohiuddin, M., Al Azad, M. S., & Salamzadeh, A. (2023). Entrepreneurial leadership and designing industry 4.0 business models: Towards an innovative and sustainable future for India. Indian SMEs and Start-Ups: Growth through Innovation and Leadership, 333-358.
  3. Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan. Proxy Media.
  4. Morris, M. H., & Santos, S. C. (Eds.). (2024). De Gruyter Handbook of Poverty, Disadvantage and Entrepreneurship. Walter de Gruyter GmbH & Co KG.
  5. Nugroho, L. H., & Utami, D. (2023). Modal Sosial Kewirausahaan Sosial (Studi Organisasi Mahasiswa Daerah HMP UNESA). Paradigma, 12(3), 141–150.
  6. Pérez-Barea, J. J. (2025). The Evolution of Social Entrepreneurship: Broadening the Framework for the Digital and Sustainable Era. Administrative Sciences, 15(2), 55.
  7. Setiawan, H. H., Yuda, T. K., Susantyo, B., Sulubere, M. B., Ganti, M., Habibullah, H., ... & Murni, R. (2023). Scaling up social entrepreneurship to reduce poverty: Exploring the challenges and opportunities through stakeholder engagement. Frontiers in Sociology, 8, 1131762.

Dosen Pengampu

ARIEF SUDRAJAT

AGUS MACHFUD FAUZI

PAMBUDI HANDOYO

EUFRASIA KARTIKA HANINDRAPUTRI

WARDATUL ADAWIAH

Wardatul Adawiah, S.Pd., M.Si.

Wardatul Adawiah, S.Pd., M.Si.

Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar kewirausahaan sosial

Mahasiswa dapat menjelaskan definisi, prinsip, dan perbedaan dengan bisnis tradisional

Kriteria:

Partisipasi diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, diskusi kelas
100

Materi: konsep dan teori kewirausahaan sosial
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.

Materi: social entreprenuership
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.
5%

2

Minggu ke 2

Membedakan social venture & bisnis tradisional

Mahasiswa dapat menuliskan tabel perbandingan social vs profit business

Kriteria:

Resume analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok, studi artikel
100

Materi: pengembangan bisnis kewirausahaan sosial\
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.

Materi: model kewirausahaan sosial
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.
5%

3

Minggu ke 3

Analisis masalah sosial & kebutuhan komunitas

Mahasiswa mampu menyusun need assessment berbasis data lapangan

Kriteria:

Laporan observasi komunitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem Based Learning, mini riset
100

Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat
Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.

Materi: Marshalling social entrepreneurship
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.
5%

4

Minggu ke 4

Model bisnis sosial & strategi inovasi

Mampu mennganalisa tantangan dan memberikan solusi dari kewirausahaan sosial

Kriteria:

Draft BMC & stakeholder map


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop, simulasi
100

Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat
Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Analisis studi kasus social enterprise

Mahasiswa dapat menjelaskan faktor sukses & gagal

Kriteria:

Esai reflektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study, diskusi reflektif
100

Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat
Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.

Materi: kewirausahaan sosial dan implementasinya di masyarakat
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
5%

6

Minggu ke 6

Evaluasi skalabilitas & keberlanjutan

Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial.

Kriteria:

Laporan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Group work, analisis konteks
100

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Materi: kait menjadi pengusaha muda
Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
5%

7

Minggu ke 7

Evaluasi strategi pengukuran dampak sosial

Mahasiswa dapat menyusun indikator SROI atau ToC

Kriteria:

Tugas desain indikator


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Seminar, workshop
100

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Materi: kait menjadi pengusaha muda
Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi strategi komunikasi & kemitraan

Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Refleksi tertulis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Tengah Semester
100

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Materi: kait menjadi pengusaha muda
Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
15%

9

Minggu ke 9

Evaluasi dilema etis (profit vs mission)

Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial

Kriteria:

Esai analisis etis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Case discussion
100

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial yaitu inovasi sosial

Mahasiswa dapat menyusun ide solusi inovatif dalam tim

Kriteria:

Draft ide proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Project based learning
100

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
5%

11

Minggu ke 11

Penyusunan proposal bisnis sosial

Mahasiswa dapat menyusun proposal lengkap (problem, solusi, market fit)

Kriteria:

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang pengembangan kewirausahaan sosial


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Workshop, konsultasi

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: perbedaan TNC dan SMEs
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
5%

12

Minggu ke 12

Prototyping proyek sosial

Mahasiswa dapat menghasilkan prototipe awal

Kriteria:

Laporan progress prototipe


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kolaborasi tim, konsultasi
100

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: perbedaan TNC dan SMEs
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
5%

13

Minggu ke 13

Simulasi pitching

Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial.

Kriteria:

Draft pitch deck


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulation, role play
100

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: perbedaan TNC dan SMEs
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
5%

14

Minggu ke 14

Presentasi pitching

Praktek produk hasil usaha

Kriteria:

Pitching presentation


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi tim
100

Materi: TNC SMES
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
5%

15

Minggu ke 15

Kampanye & advokasi multimedia

Mahasiswa dapat menghasilkan konten kampanye (poster, video, media sosial)

Kriteria:

Produk kampanye


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Creative project, workshop
100

Materi: TNC SMES
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
5%

16

Minggu ke 16

Refleksi akhir & evaluasi proyek

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Final project (proposal, prototipe, kampanye)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Akhir Semester
100

Materi: TNC SMES
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.