Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan Sosial

6920102331

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=2

ECTS=3.18

4

20 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.




.......................................




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya;

PLO-8

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

PLO-10

Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan IT dalam memperoleh sumber tentang konsep-konsep dasar yang digunakan untuk menganalisis masalah sosial dan urgensi kewirausahaan sosial

PO - 2

Menguasai dan menghitung konsep-konsep sosiologi sebagai implementasi nilai-nilai kewirausahaan sosial dan dampaknya

PO - 3

Membuat keputusan tentang konsep-konsep sosiologi yang relevan dalam mengindetifikasi konsep kewirausahaan sosial.

PO - 4

Bertanggungjawab terhadap kinerja pembelajaran diri dan kelompok dalam mewujudkan semangat berwirausahan sebagai bentuk pengembangan kapabilitas mahasiswa.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-8PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Kewirausahaan Sosial membahas konsep, prinsip, dan praktik kewirausahaan yang berorientasi pada perubahan sosial. Kursus ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman kritis mengenai bagaimana inovasi dan model bisnis dapat digunakan untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan secara berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

  1. Canals, J. (2015). Shaping Entrepreneurial Mindsets: Innovation and Entrepreneurship in Leadership Development. Palgrave Macmillan.
  2. Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.
  3. Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.
  4. Praszkier, R., & Nowak, A. (2012). Social Entrepreneurship: Theory and Practice. Cambridge University Press.
  5. Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.
  6. Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
  7. Alatabani, A. & Alibhai, S. (2016). Women Entrepreneurs in Indonesia: A Pathway to Increasing Shared Prosperity. The World Bank.
  8. Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
  9. Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
  10. Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.
  11. Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.

Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.

Eufrasia Kartika Hanindraputri, M.Sos.

Wardatul Adawiah, S.Pd., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memamahi teori dasar mengenai kewirausahaan sosial

Konsep dan Teori Kewirausahaan Sosial ;

Kriteria:

diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ekspositoris, Ceramah, diskusi
100

Materi: konsep dan teori kewirausahaan sosial
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.

Materi: social entreprenuership
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.
3%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep, teori, model , proses dan kelompok yang terlibat dalam kewirausahaan sosial

Mampu memahami konsep , teori, model dan proses kelompok terlibat

Kriteria:

Ekspositoris, Ceramah, diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model Pengembangan Bisnis Kewirausahaan Sosial
100

Materi: pengembangan bisnis kewirausahaan sosial\
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.

Materi: model kewirausahaan sosial
Pustaka: Dey, P., & Steyaert, C. (2018). Social Entrepreneurship: An Affirmative Critique. Edward Elgar Publishing.
3%

3

Minggu ke 3

Mampu mengidentifikasi konsep, teori dari kewirausahaan sosial

Memahami konsep, teori, model , proses dan kelompok yang terlibat

Kriteria:

Kesesuaian Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositoris, Ceramah, diskusi
100

Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat
Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.

Materi: Marshalling social entrepreneurship
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.
3%

4

Minggu ke 4

Memahami tantangan dan peluang kewirausahaan sosial

Mampu mennganalisa tantangan dan memberikan solusi dari kewirausahaan sosial

Kriteria:

Kesesuaian penjelasan tentang peluang dan tantangan kewirausahaan sosial


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositoris, Ceramah, diskusi
100

Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat
Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.
3%

5

Minggu ke 5

Memahami tantangan dan peluang kewirausahaan sosial

Menjelaskan dan mengidentifikasi best practice dalam kewirausahaan sosial

Kriteria:

kesesuaian pemahaman dengan best practice kewirausahaan sosial


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspositoris, Ceramah, diskusi
100

Materi: kelompok dan komunitas yang terlibat
Pustaka: Nicholls, A. (2006). Social Entrepreneurship: New Models of Sustainable Social Change. Oxford University Press.

Materi: kewirausahaan sosial dan implementasinya di masyarakat
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
6%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan pemahaman dan penulisan proposal kewirausahaan sosial.

Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial.

Kriteria:

kesesuaian penjelasan konsep dasar sosiollogi dan penerapan dalam kewirausahaan sosial


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Materi: kait menjadi pengusaha muda
Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
6%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan pemahaman dan penulisan proposal kewirausahaan sosial.

Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial.

Kriteria:

Kesesuaian pemahaman konsep sosiologi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Materi: kait menjadi pengusaha muda
Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
6%

8

Minggu ke 8

Mengembangkan pemahaman dan penulisan proposal kewirausahaan sosial.

Mampu mengidentifikasi konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial.

Kriteria:

Kesesuaian Tugas dalam penulisan proposal keiwirausahaan sosial


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menjelaskan konsep-konsep dasar sosiologi dan penerapannya dalam kewirausahaan sosial.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Bacq, S., Geoghegan, W., Josefy, M., Stevenson, R., & Williams, T. (2020). Marshaling Social Entrepreneurship to Rapidly Respond to Urgent Grand Challenges. Business Horizons, 63(6), 705-723.

Materi: Indeks Kesetaraan Gender, Indeks Kepuasan Hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan Indikator Pembangunan
Pustaka: Baihaqi, M. (2023). Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Lingkungan Kerja. Hafara Group.

Materi: kait menjadi pengusaha muda
Pustaka: Allen, K. (2023). Entrepreneurship For Dummies (2nd Edition). Wiley Publishing.
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial yaitu inovasi sosial

Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial

Kriteria:

Kesesuaian Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Konstrutivistik,Implementasi bentuk Usaha dan Diskusi

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
6%

10

Minggu ke 10

Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial yaitu inovasi sosial

Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial.

Kriteria:

Kesesuaian analisa dalam pengembangan kewirausahaan sosial


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Konstrutivistik,Implementasi bentuk Usaha dan Diskusi

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.
6%

11

Minggu ke 11

Merumuskan urgensi kewirausahaan sosial

Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial

Kriteria:

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian tentang pengembangan kewirausahaan sosial


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Konstrutivistik,Implementasi bentuk Usaha dan Diskusi

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: perbedaan TNC dan SMEs
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
6%

12

Minggu ke 12

Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial

Mengidentifikasi dan Memilih Konsep, dan Metode untuk mengimplementasikan usahanya.

Kriteria:

kesesuaian dengan rancangan project dalam gelar karya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Konstrutivistik,Implementasi bentuk Usaha dan Diskusi

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: perbedaan TNC dan SMEs
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
6%

13

Minggu ke 13

Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial melalui gelar karya

Melakukan analisa kasus masalah dalam pengembangan kewirausahaan sosial.

Kriteria:

Kesesuaian rencana dengan gelar karya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Konstrutivistik,Implementasi bentuk Usaha dan Diskusi

Materi: - Definisi dan Karakteristik Masyarakat Maya - Komunitas Virtual dan Interaksi Sosial
Pustaka: Hamdan, H. (2023). Sociopreneur dalam Kewirausahaan: Alasan, Dampak, dan Implementasi Pada Kearifan Lokal. Proxy Media.

Materi: Penjabaran Kewirausahaan teori dan aplikasi
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: Pengantar Kewirausahaan
Pustaka: Anwar, Muhammad. (2017). Pengantar Kewirausahaan, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Kencana.

Materi: perbedaan TNC dan SMEs
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
6%

14

Minggu ke 14

Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial melalui gelar karya

Praktek produk hasil usaha.

Kriteria:

Kesesuaian Praktek produk atau sistem hasil usaha


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: TNC SMES
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
6%

15

Minggu ke 15

Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial melalui gelar karya

Praktek produk hasil usaha.

Kriteria:

Kesesuaian Praktek produk atau sistem hasil usaha


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: TNC SMES
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
6%

16

Minggu ke 16

Mampu menyampaikan dan menganalisa model usaha dengan kekhasan kewirausahaan sosial melalui gelar karya

Praktek produk hasil usaha.

Kriteria:

Kesesuaian Praktek produk atau sistem hasil usaha


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
100

Materi: TNC SMES
Pustaka: Altenburg, T. (2000). Linkages and Spill-overs between TNC and SMEs in Developing Countries – Opportunities and Policies. German Development Institute.
18%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 46%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 53%
3. Penilaian Portofolio 1%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.