
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS PENDIDIKAN INKLUSI |
8500103020 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
3 |
26 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-9 |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.
|
PO - 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.
|
PO - 3 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
|
PO - 4 |
Mampu merancang dan mengembangkan model intervensi pendidikan inklusi dalam Pendidikan Jasmani yang inovatif dan berkelanjutan berdasarkan kajian teoritis dan hasil riset mutakhir.
|
PO - 5 |
Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap kebijakan, program, dan praktik pendidikan inklusi di bidang Pendidikan Jasmani serta memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan kualitas dan keberlanjutan.
|
PO - 6 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang mendalam mengenai pendidikan inklusi dalam konteks Pendidikan Jasmani, untuk menghasilkan temuan ilmiah yang valid dan aplikatif.
|
PO - 7 |
Mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip pendidikan inklusi dalam pengembangan kebijakan, kurikulum, dan praktik pembelajaran Pendidikan Jasmani yang responsif terhadap keberagaman peserta didik.
|
PO - 8 |
Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pembelajaran Pendidikan Jasmani yang inklusif, inovatif, dan berbasis teknologi untuk mendukung partisipasi optimal semua peserta didik.
|
PO - 9 |
Mampu melakukan kajian kritis dan sintesis literatur ilmiah mutakhir mengenai teori, praktik, dan kebijakan pendidikan inklusi dalam konteks Pendidikan Jasmani untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional.
|
PO - 10 |
UTS
|
PO - 11 |
Mampu mengkritisi dan mengembangkan kebijakan pendidikan inklusi dalam Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan multidisipliner, prinsip keadilan sosial, dan bukti empiris untuk mendukung pemerataan akses dan kualitas pendidikan
|
PO - 12 |
Mampu memimpin dan mengelola tim riset interdisipliner dalam melakukan penelitian dan pengembangan pendidikan inklusi di bidang Pendidikan Jasmani untuk menghasilkan inovasi yang berdampak luas.
|
PO - 13 |
Mampu mengembangkan framework teoretis dan praktis yang inovatif untuk pendidikan inklusi di bidang Pendidikan Jasmani berdasarkan kajian komprehensif literatur dan hasil penelitian terkini.
|
PO - 14 |
Mampu mengevaluasi dan merefleksikan peran sosial, etika, dan profesionalisme dalam penerapan pendidikan inklusi pada Pendidikan Jasmani untuk mendukung pembangunan pendidikan yang berkeadilan dan berkelanjutan.
|
PO - 15 |
UAS
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | | PO-6 | | ✔ | | | PO-7 | | ✔ | | | PO-8 | | ✔ | | | PO-9 | | ✔ | | | PO-10 | | ✔ | | | PO-11 | | ✔ | | | PO-12 | | ✔ | | | PO-13 | | ✔ | | | PO-14 | | ✔ | | | PO-15 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
mengkaji secara mendalam konsep, teori, kebijakan, dan praktik pendidikan inklusi dalam konteks Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada tingkat doktoral. Fokus utama adalah analisis kritis terhadap tantangan, peluang, dan inovasi dalam mengembangkan sistem pendidikan jasmani yang inklusif, yang mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik dengan berbagai kemampuan, latar belakang, dan kondisi khusus. Mahasiswa dibekali kemampuan untuk melakukan penelitian dan pengembangan berbasis bukti ilmiah yang mendukung penerapan pendidikan inklusi secara efektif dan berkelanjutan di lingkungan pendidikan jasmani nasional maupun internasional. Mata kuliah ini bertujuan membentuk doktor yang memiliki keahlian tinggi dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi program pendidikan jasmani yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap dinamika sosial budaya serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ainscow, M., Booth, T., & Dyson, A. (2006). Improving Schools, Developing Inclusion. Routledge.
- Florian, L. (2014). The SAGE Handbook of Special Education. SAGE Publications.
- Slee, R. (2011). The Irregular School: Exclusion, Schooling and Inclusive Education. Routledge.
- Sherrill, C. (2004). Adapted Physical Activity, Recreation, and Sport: Crossdisciplinary and Lifespan. McGraw-Hill.
- Smith, D. (2020). Inclusive Physical Education: A Practical Guide to Supporting Students with Special Needs. Human Kinetics.
|
Pendukung : |
|
- Journal of Inclusive Education
- Adapted Physical Activity Quarterly
- International Journal of Disability, Development and Education
|
Dosen Pengampu
|
DWI CAHYO KARTIKO Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |