Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PENDIDIKAN INKLUSI

8500103020

T=3

P=0

ECTS=7.56

3

26 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-9

Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.

PO - 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan, berkomunikasi dan berkolaborasi.

PO - 3

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

PO - 4

Mampu merancang dan mengembangkan model intervensi pendidikan inklusi dalam Pendidikan Jasmani yang inovatif dan berkelanjutan berdasarkan kajian teoritis dan hasil riset mutakhir.

PO - 5

Mampu melakukan evaluasi kritis terhadap kebijakan, program, dan praktik pendidikan inklusi di bidang Pendidikan Jasmani serta memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan kualitas dan keberlanjutan.

PO - 6

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang mendalam mengenai pendidikan inklusi dalam konteks Pendidikan Jasmani, untuk menghasilkan temuan ilmiah yang valid dan aplikatif.

PO - 7

Mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip pendidikan inklusi dalam pengembangan kebijakan, kurikulum, dan praktik pembelajaran Pendidikan Jasmani yang responsif terhadap keberagaman peserta didik.

PO - 8

Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pembelajaran Pendidikan Jasmani yang inklusif, inovatif, dan berbasis teknologi untuk mendukung partisipasi optimal semua peserta didik.

PO - 9

Mampu melakukan kajian kritis dan sintesis literatur ilmiah mutakhir mengenai teori, praktik, dan kebijakan pendidikan inklusi dalam konteks Pendidikan Jasmani untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional.

PO - 10

UTS

PO - 11

Mampu mengkritisi dan mengembangkan kebijakan pendidikan inklusi dalam Pendidikan Jasmani berdasarkan pendekatan multidisipliner, prinsip keadilan sosial, dan bukti empiris untuk mendukung pemerataan akses dan kualitas pendidikan

PO - 12

Mampu memimpin dan mengelola tim riset interdisipliner dalam melakukan penelitian dan pengembangan pendidikan inklusi di bidang Pendidikan Jasmani untuk menghasilkan inovasi yang berdampak luas.

PO - 13

Mampu mengembangkan framework teoretis dan praktis yang inovatif untuk pendidikan inklusi di bidang Pendidikan Jasmani berdasarkan kajian komprehensif literatur dan hasil penelitian terkini.

PO - 14

Mampu mengevaluasi dan merefleksikan peran sosial, etika, dan profesionalisme dalam penerapan pendidikan inklusi pada Pendidikan Jasmani untuk mendukung pembangunan pendidikan yang berkeadilan dan berkelanjutan.

PO - 15

UAS

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-9PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   
PO-11   
PO-12   
PO-13   
PO-14   
PO-15    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

mengkaji secara mendalam konsep, teori, kebijakan, dan praktik pendidikan inklusi dalam konteks Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada tingkat doktoral. Fokus utama adalah analisis kritis terhadap tantangan, peluang, dan inovasi dalam mengembangkan sistem pendidikan jasmani yang inklusif, yang mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik dengan berbagai kemampuan, latar belakang, dan kondisi khusus. Mahasiswa dibekali kemampuan untuk melakukan penelitian dan pengembangan berbasis bukti ilmiah yang mendukung penerapan pendidikan inklusi secara efektif dan berkelanjutan di lingkungan pendidikan jasmani nasional maupun internasional. Mata kuliah ini bertujuan membentuk doktor yang memiliki keahlian tinggi dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi program pendidikan jasmani yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap dinamika sosial budaya serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pustaka

Utama :

  1. Ainscow, M., Booth, T., & Dyson, A. (2006). Improving Schools, Developing Inclusion. Routledge.
  2. Florian, L. (2014). The SAGE Handbook of Special Education. SAGE Publications.
  3. Slee, R. (2011). The Irregular School: Exclusion, Schooling and Inclusive Education. Routledge.
  4. Sherrill, C. (2004). Adapted Physical Activity, Recreation, and Sport: Crossdisciplinary and Lifespan. McGraw-Hill.
  5. Smith, D. (2020). Inclusive Physical Education: A Practical Guide to Supporting Students with Special Needs. Human Kinetics.

Pendukung :

  1. Journal of Inclusive Education
  2. Adapted Physical Activity Quarterly
  3. International Journal of Disability, Development and Education

Dosen Pengampu

DWI CAHYO KARTIKO

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.