
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Matematika Anak Usia Dini |
8620702247 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep dasar perkembangan kognitif anak usia dini yang berkaitan dengan pembelajaran matematika
|
PO - 2 |
Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini
|
PO - 3 |
Merancang kegiatan pembelajaran matematika yang kreatif, kontekstual, dan berbasis permainan untuk anak usia dini
|
PO - 4 |
Mengembangkan media dan alat permainan edukatif yang mendukung pemahaman konsep matematika dasar pada anak usia dini
|
PO - 5 |
Mendemonstrasikan kemampuan dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran matematika yang menyenangkan dan interaktif
|
PO - 6 |
Mengevaluasi hasil pembelajaran matematika anak usia dini dengan menggunakan metode penilaian autentik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pengembangan Matematika Anak Usia Dini membahas konsep, prinsip, dan strategi dalam memperkenalkan serta mengembangkan kemampuan matematika dasar pada anak usia dini secara menyenangkan dan sesuai tahap perkembangan. Mahasiswa akan mempelajari pendekatan pembelajaran matematika yang konkret, kontekstual, dan berbasis permainan, meliputi pengenalan bilangan, pola, bentuk geometri, pengukuran, dan konsep ruang. Selain itu, mata kuliah ini juga membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang kegiatan pembelajaran yang kreatif dan stimulatif, guna menumbuhkan minat dan pemahaman matematika anak secara holistik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya matematika dalam kehidupan anak usia dini |
|
Kriteria:
Jawaban runtut, sesuai teori, dan menggunakan istilah yang tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok 2 X 50 |
Diskusi, pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok 2 X 50 |
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi tahap perkembangan kognitif anak usia dini menurut teori perkembangan |
|
Kriteria:
Minimal 3 tahapan dijelaskan secara tepat dengan contoh Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menjelaskan keterkaitan antara perkembangan kognitif dan kemampuan matematika anak usia dini |
Memberi contoh aktivitas matematika sesuai tahap kognitif |
Kriteria:
Relevansi antara tahap dan aktivitas tepat dan logis Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis pendekatan pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini |
Menguraikan pendekatan (konstruktivisme, bermain, tematik) |
Kriteria:
Menggunakan 2–3 pendekatan dengan penjelasan dan contoh kontekstual Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip pembelajaran matematika anak usia dini yang menyenangkan |
Menyebutkan dan menjelaskan prinsip pembelajaran PAUD berbasis matematika |
Kriteria:
Minimal 4 prinsip dijelaskan dan diberi contoh Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dan bermain dalam kegiatan matematika anak usia dini |
Menyusun analisis aktivitas berbasis bermain atau kontekstual |
Kriteria:
Aktivitas sesuai usia anak dan prinsip PAUD Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran matematika pada anak usia dini |
Menyusun evaluasi terhadap studi kasus atau video pembelajaran |
Kriteria:
Argumentasi didasarkan pada teori dan pengamatan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Penilaian capaian pemahaman mahasiswa |
Kriteria:
Soal esai dan studi kasus Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes 2 X 50 |
Tes 2 X 50 |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat merancang kegiatan pembelajaran matematika berbasis tema dan bermain |
Menyusun RPPH dengan kegiatan matematika yang kontekstual |
Kriteria:
RPPH sesuai struktur, tujuan, dan tema anak usia dini Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat mengembangkan ide kegiatan matematika berbasis kehidupan sehari-hari |
Membuat rancangan aktivitas berbasis pengalaman konkret anak |
Kriteria:
Aktivitas jelas, sederhana, dan aplikatif. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat mengembangkan media konkret untuk mendukung pembelajaran matematika anak usia dini |
Mendesain media edukatif (misal: kartu angka, balok berhitung) |
Kriteria:
Media sesuai konsep matematika dan usia anak Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menyusun alat permainan edukatif yang menstimulasi kemampuan berhitung anak |
Membuat prototipe alat permainan sederhana |
Kriteria:
Kreatif, aman, sesuai tujuan belajar Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat mempraktikkan strategi pembelajaran matematika secara menyenangkan dan interaktif |
Melakukan simulasi kegiatan pembelajaran |
Kriteria:
Interaktif, menggunakan metode bermain, dan sesuai indikator Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat mengimplementasikan kegiatan pembelajaran matematika di kelas simulasi |
Praktik microteaching pembelajaran matematika |
Kriteria:
Penyampaian, penguasaan materi, keterlibatan anak Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil pembelajaran matematika anak dengan asesmen autentik |
Menyusun rubrik dan melakukan penilaian berdasarkan video/simulasi |
Kriteria:
Rubrik sesuai indikator perkembangan dan lengkap Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
Diskusi, Project Based Learning 2 X 50 |
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mampu mempraktekkan sesuai teori yang diajarkan |
Kriteria:
Ujian berbasis proyek dan esai reflektif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes 2 X 50 |
Tes 2 X 50 |
|
10% |