
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PERENCANAAN PROGRAM LATIHAN CABANG OLAHRAGA JIU JITSU |
8520204754 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
4 |
7 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip dasar perencanaan program latihan Jiu Jitsu dan mampu menginterpretasikannya sesuai dengan kebutuhan atlet.
|
PO - 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.
|
PO - 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.
|
PO - 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep perencanaan latihan untuk menyusun program latihan Jiu Jitsu yang efektif dan sesuai dengan kondisi atlet.
|
PO - 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program latihan Jiu Jitsu yang telah dilaksanakan berdasarkan kriteria atau standar tertentu.
|
PO - 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program latihan Jiu Jitsu yang telah dilaksanakan dengan menggunakan kriteria atau standar tertentu.
|
PO - 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menggabungkan berbagai metode dan teknik pelatihan untuk menciptakan program latihan Jiu Jitsu yang inovatif, serta mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga dan mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.
|
PO - 8 |
UTS
|
PO - 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik, dan taktik atlet Jiu Jitsu serta mengaplikasikan analisis tersebut dalam perencanaan program latihan yang efektif.
|
PO - 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan penelitian berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mampu mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah bereputasi.
|
PO - 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi peluang inovasi dalam pelatihan Jiu Jitsu, mengembangkan ide-ide kreatif untuk peningkatan kinerja atlet, serta memiliki kemampuan bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok.
|
PO - 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan standar etika dan tanggung jawab profesional dalam merancang dan melaksanakan program latihan Jiu Jitsu.
|
PO - 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan tepat berdasarkan analisis informasi, serta mampu merancang dan melaksanakan penelitian berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan.
|
PO - 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengoptimalkan proses pembelajaran dan pelatihan Jiu Jitsudengan pendekatan berorientasi pada hasil.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | | PO-5 | | | | ✔ | | PO-6 | | | | ✔ | | PO-7 | | | | ✔ | | PO-8 | | | | | ✔ | PO-9 | | | | | | PO-10 | | | | ✔ | | PO-11 | | | ✔ | | | PO-12 | | | | ✔ | | PO-13 | | | ✔ | | | PO-14 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | ✔ | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang perencanaan program latihan untuk cabang olahraga Jiu Jitsu. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar dalam perencanaan program latihan yang efektif dan efisien untuk atlet Jiu Jitsu. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap karakteristik atlet Jiu Jitsu, penentuan tujuan latihan, desain program latihan yang sesuai, evaluasi kinerja atlet, serta faktor-faktor lain yang memengaruhi keberhasilan program latihan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu merancang program latihan yang optimal untuk meningkatkan performa atlet Jiu Jitsu secara berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
ANDRI SUYOKO DEWANGGA YUDHISTIRA MUHAMAD FAUZI ANTONI Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes. Muhamad Fauzi Antoni, S.Pd., M.Kes. Andri Suyoko, S.Pd., M.Kes. Andri Suyoko, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip dasar perencanaan program latihan Jiu Jitsu dan menginterpretasikannya sesuai dengan kebutuhan atlet (C2) |
Mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip dasar perencanaan program latihan Jiu Jitsu dan mampu menginterpretasikannya sesuai dengan kebutuhan atlet. |
Kriteria:
Tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Luring
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip dasar perencanaan program latihan Jiu Jitsu dan menginterpretasikannya sesuai dengan kebutuhan atlet (C2) |
Mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip dasar perencanaan program latihan Jiu Jitsu dan mampu menginterpretasikannya sesuai dengan kebutuhan atlet. |
Kriteria:
Tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Luring
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep perencanaan latihan dalam menyusun program latihan Jiu Jitsu yang efektif dan sesuai dengan kondisi atlet (C3) |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menerapkan konsep perencanaan latihan dalam menyusun program latihan Judo yang efektif dan sesuai dengan kondisi atlet (C3) |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep perencanaan latihan untuk menyusun program latihan Judo yang efektif dan sesuai dengan kondisi atlet. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program latihan Jiu Jitsu yang telah dilaksanakan, berdasarkan kriteria atau standar tertentu (C5) |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program latihan Jiu Jitsu yang telah dilaksanakan berdasarkan kriteria atau standar tertentu. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program latihan Jiu Jitsu yang telah dilaksanakan, berdasarkan kriteria atau standar tertentu (C5) |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi efektivitas program latihan Jiu Jitsu yang telah dilaksanakan dengan menggunakan kriteria atau standar tertentu. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menggabungkan berbagai metode dan teknik pelatihan untuk menciptakan program latihan Jiu Jitsu yang inovatif (C6) |
Mahasiswa diharapkan mampu menggabungkan berbagai metode dan teknik pelatihan untuk menciptakan program latihan Jiu Jitsu yang inovatif, serta mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga dan mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UTS
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menggabungkan berbagai metode dan teknik pelatihan untuk menciptakan program latihan Jiu Jitsu yang inovatif (C6) |
Mahasiswa diharapkan mampu menggabungkan berbagai metode dan teknik pelatihan untuk menciptakan program latihan Jiu Jitsu yang inovatif sesuai dengan Taksonomi Bloom level C6. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan fisik, teknik, dan taktik atlet Jiu Jitsu untuk mengembangkan program latihan yang sesuai (C4) |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kebutuhan fisik, teknik, dan taktik atlet Jiu Jitsu serta mengaplikasikan analisis tersebut dalam perencanaan program latihan yang efektif. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat merancang dan melaksanakan penelitian terkait efektivitas teknik dan strategi dalam Judo, serta mempublikasikan hasilnya (C6) |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan melaksanakan penelitian berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mampu mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah bereputasi. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi peluang inovasi dalam pelatihan Judo dan mengembangkan ide-ide kreatif untuk peningkatan kinerja atlet (C6) |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi peluang inovasi dalam pelatihan Judo, mengembangkan ide-ide kreatif untuk peningkatan kinerja atlet, serta memiliki kemampuan bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat memahami dan menerapkan standar etika dan tanggung jawab profesional dalam merancang dan melaksanakan program latihan Jiu Jitsu (C3) |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan standar etika dan tanggung jawab profesional dalam merancang dan melaksanakan program latihan Jiu Jitsu. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan menyesuaikan program latihan Jiu Jitsu berdasarkan analisis data dan informasi terkini dari penelitian dan pengembangan di bidang keolahragaan (C4) |
Mahasiswa diharapkan mampu mengambil keputusan tepat berdasarkan analisis informasi, serta mampu merancang dan melaksanakan penelitian berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengoptimalkan proses pembelajaran dan pelatihan Jiu Jitsu dengan menggunakan pendekatan yang berorientasi pada hasil (C5) |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan mengoptimalkan proses pembelajaran dan pelatihan Jiu Jitsu dengan pendekatan berorientasi pada hasil. |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
ceramah dan praktek
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
tugas dan praktek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UAS
|
|
Materi: Mahasiswa memahami tujuan pembelajaran Pustaka: Cawley, P. (2001). The Evaluation of Physical Education Teaching. London: Routledge. |
20% |