Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PERENCANAAN PROGRAM LATIHAN CABANG OLAHRAGA WOODBALL

8520204755

T=1

P=1

ECTS=3.18

4

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memahami konsep dasar perencanaan program latihan

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan latihan berdasarkan karakteristik cabang olahraga.

PO - 3

Mahasiswa mampu menyusun periodisasi latihan berdasarkan prinsip-prinsip fisiologis dan pedagogis.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengimplementasikan program latihan dalam konteks kepelatihan olahraga.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas teori dan praktik dalam perencanaan program latihan olahraga. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar latihan, prinsip periodisasi, metode pengukuran dan evaluasi latihan, serta implementasi program latihan dalam berbagai cabang olahraga.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, T. (2015). Periodization Training for Sports. Human Kinetics
  2. Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins
  3. Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics

Pendukung :

Dosen Pengampu

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Konsep Dasar Latihan

Partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins
5%

2

Minggu ke 2

Analisis kebutuhan Latihan

Tugas analisis

Kriteria:

mampu menganalisis kebutuhan latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins
5%

3

Minggu ke 3

Analisis kebutuhan Latihan

kuis

Kriteria:

mampu menjawab semua soal/kuis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins
5%

4

Minggu ke 4

menyusun program latihan makro, meso, dan mikro

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan meso


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Tes
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins
5%

5

Minggu ke 5

menyusun program latihan makro, meso, dan mikro

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan mikro


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins
5%

6

Minggu ke 6

menyusun program latihan makro, meso, dan mikro

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan mikro


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins
5%

7

Minggu ke 7

menyusun program latihan kekuatan

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan kekuatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
5%

8

Minggu ke 8

menyusun program latihan kecepatan

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan kecepatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
10%

9

Minggu ke 9

menyusun program latihan power

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan kecepatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
10%

10

Minggu ke 10

menyusun program latihan power

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan kelincahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
5%

11

Minggu ke 11

menyusun program latihan fleksibilitas

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan fleksibilitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
5%

12

Minggu ke 12

menyusun program latihan mental

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program latihan mental


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
5%

13

Minggu ke 13

menyusun program monitoring dalam evaluasi latihan

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program monitoring dan evaluasi latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
5%

14

Minggu ke 14

menyusun program monitoring dalam evaluasi latihan

tugas kelompok

Kriteria:

mampu mengerjakan program monitoring dan evaluasi latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
5%

15

Minggu ke 15

review program latihan

tugas kelompok

Kriteria:

mereview program latihan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
kerja kelompok, diskusi
200 menit
studi literatur di internet
100 menit
Materi: konsep dasar latihan
Pustaka: Plowman, S. A., & Smith, D. L. (2013). Exercise Physiology for Health, Fitness, and Performance. Lippincott Williams & Wilkins

Materi: chapter 1
Pustaka: Wilmore, J. H., & Costill, D. L. (2012). Physiology of Sport and Exercise. Human Kinetics
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
100 menit

15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 34.76%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30.59%
3. Penilaian Praktikum 6.42%
4. Praktik / Unjuk Kerja 11.01%
5. Tes 17.25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.