
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Vektor |
2020103457 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
15 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Miftahur Rohman, S.T., M.T.
|
Endryansyah, S.T., M.T.
|
Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro |
PLO-7 |
Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen di laboratorium/lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mendefinisikan dan mengklasifiskasikan model Persamaan Diferensial
|
PO - 2 |
Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak
|
PO - 3 |
Mampu menggunakan analisis PD untuk menentukan fungsi orthogonal
|
PO - 4 |
Mampu menjelaskan orde dua, tipe khusus orde dua (Euler-Cauchy dan Legendre) dalam hal persamaan diferensial linear homogen dengan koefisien konsta
|
PO - 5 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler, PD Linier Non-Homogen
|
PO - 6 |
Mampu mengaplikasikan model PD untuk sistem gerak harmonic
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | PO-4 | | ✔ | | ✔ | PO-5 | | ✔ | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Melalui perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan PD Orde Satu Derajat Satu: Pembentukan PD, Pemisahan Variabel, Homogen, Linear, Eksak dan Tidak Eksak; Aplikasi PD Orde Satu Derajat Satu: Trayektori dan Rangkaian Elektrik; PD Linear Homogen dengan KoefisienKonstan: Orde Dua, Orde n, Tipe Khusus Orde Dua (Euler-Cauchy dan Legendre); PD Linear Non Homogen dengan Koefisien Konstan: Koefisien yang Belum Ditentukan, Operator Inversi, Variasi Parameter, PD Linear Simultan; Aplikasi PD Orde Dua Derajat Satu: Osilasi dan Rangkaian elektrik; |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Purcell, E.J. dan Verberg. 1999. Kalkulus dan Geometri Analitik 1. Terjemahan I.N Susila, B Kartasasmita dan Rawuh. Jakarta: Erlangga.
|
Pendukung : |
|
- Thomas & Finney, 1988. Calculus dan Analityc Geometry. USA: Addition 7th – Wisley Publishing Company, Inc
- Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu mendefinisikan dan mengklasifiskasikan model Persamaan Diferensial |
- Mampu menjelaskan definisi persamaan diferensial
- Mampu mengklasifikasikan persamaan diferensial
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Konsep Dasar Persamaan Diferensial Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mendefinisikan dan mengklasifiskasikan model Persamaan Diferensial |
- Mampu menjelaskan bentuk-bentuk solusi persamaan diferensial
- Mampu menjelaskan pembentukan persamaan diferensial
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Konsep Dasar Persamaan Diferensial Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak dan menggunakan program Matlab |
- Mampu menyelesaikan PD orde 1 dengan integrasi langsung
- Mampu Menyelesaikan PD orde 1 dengan pemisahan variabel
- Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen Orde 1
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak dan menggunakan program Matlab |
- Mampu menyelesaikan persamaan bernoulli
- Mampu menyelesaikan PD Eksak dan Tak-Eksak
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menggunakan analisis PD untuk menentukan fungsi orthogonal |
Mampu menyelesaikan trayektori orthogonal |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Penerapan PDB orde satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu membuat grafik trayektori orthogoal dengan program matlab |
Mampu menggunakan matlab dalam membuat grafik trayektori orthogonal |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Penerapan PDB orde satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu membuat dan menyelesaikan model PD untuk rangkaian RC dan RL seri |
- Mampu membuat model PD pada rangkaian RL dan RC seri
- Mampu menyelesaikan model PD pada rangkaian RL dan RC seri
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Penerapan PDB orde satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Ketepatan dalam menyelesaikan soal yang telah disediakan dalam waktu yang telah disediakan |
Kriteria:
Masing-masing butir soal memiliki bobot penilaian disesuaikan dengan kemampuan menjawab mahasiswa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
|
Materi: Materi Pertemuan 1 - 7 Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler |
Mampu menjelaskan konsep PD linier |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Linier Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler |
- Mampu menjelaskan konsep ketakbebasan linier, determinan wronski dan super posisi
- Mampu menjelaskan metode penyelesaian PD Homogen orde 2
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Linier Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Non-Homogen |
Mampu menjelaskan metode penyelesaian PD takhomogen |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Linier Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu membuat model PD untuk sistem gerak harmonic |
- Mampu membuat model PD pada sistem gerak
- Mampu menjelaskan klasifikasi sitem gerak
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyelesaikan model sistem gerak Undamped, Underdamped, Overdamped dan Critically damped |
- Mampu menjelaskan model sistem gerak undamped, underdamped, overdamped, dan critically damped
- Mampu menyelesaikan model sistem gerak undamped, underdamped, overdamped, dan critically damped
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu membuat dan menyelesaiakn model PD untuk RLC seri |
- Mampu membuat model PD pada klasifikasi sistem gerak
- Mampu menyelesaikan PD pada klasifikasi sistem gerak
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu membuat program respon model PD RLC seri dengan program Matlab |
- Mampu membuat model pada rangkaian listrik LC dan RLC seri menggunakan matlab
- Mampu menyelesaikan PD pada rangkaian listrik LC dan RLC seri menggunakan matlab
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Ketepatan dalam menyelesaikan soal yang telah disediakan dalam waktu yang telah disediakan |
Kriteria:
Masing-masing butir soal memiliki bobot penilaian disesuaikan dengan kemampuan menjawab mahasiswa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Akhir Semester 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 - 15 Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
30% |