
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Vektor |
2020103457 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
22 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Parama Diptya Widayaka, S.ST., M.T.
|
Endryansyah, S.T., M.T.
|
LUSIA RAKHMAWATI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro |
PLO-8 |
Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro |
PLO-9 |
Mampu menerapkan metode, keterampilan, dan piranti teknik elektro modern yang diperlukan untuk memecahkan masalah di bidang keteknikan, khususnya memiliki pengetahuan lanjut pada salah satu bidang keahlian Teknik Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Komputasi Cerdas, Teknik Elektronika, dan Teknik Pengatutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mendefinisikan skalar dan vektor serta mampu menganalisa operasi skalar dan vektor
|
PO - 2 |
Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak
|
PO - 3 |
Mampu menggunakan analisis PD untuk menentukan fungsi orthogonal
|
PO - 4 |
Mampu menjelaskan orde dua, tipe khusus orde dua (Euler-Cauchy dan Legendre) dalam hal persamaan diferensial linear homogen dengan koefisien konsta
|
PO - 5 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler, PD Linier Non-Homogen
|
PO - 6 |
Mampu mengaplikasikan model PD untuk sistem gerak harmonic
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | ✔ | | PO-4 | | ✔ | ✔ | | PO-5 | | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah "Analisis Vektor" dalam program studi S1 Teknik Elektro memberikan dasar-dasar pemahaman teori dan analisis berkaitan tentang konsep vektor dan skalar, sifat-sifat, notasi vektor, operasi matematika vektor dengan skalar, sistem koordinat, teorema green, teorema gauss, teorema stokes, dan gradien. Melalui pemahaman mendalam tentang materi pada mata kuliah Analisis Vektor, mahasiswa diharapkam mampu menganalisis, merancang dan mengaplikasikan keilmuan ke dalam sistem yang kompleks untuk berbagai aplikasi teknik elektro. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya pemikiran analitis dan keterampilan pemecahan masalah, yang akan sangat berguna dalam berbagai bidang teknik dan ilmu komputer. Dengan demikian, mata kuliah Analisis Vektor menjadi landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi ke topik-topik yang lebih maju dan aplikatif dalam karier profesional mereka. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Silalahi, Eva Magdalena. 2024. Buku Ajar Analisis Vektor. Jakarta: UKI Press.
- Joag, Pramod S. 2016. An Introduction to Vectors, Vector Operators and Vector Analysis. Cambridge University Press.
- Spiegel, Murray R. 1959. Vector Analysis and An Introduction to Tensor Analysis. McGraw-Hill.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
RIFQI FIRMANSYAH HESTI KHUZAIMAH NURUL YUSUFIYAH PARAMA DIPTYA WIDAYAKA Hesti Khuzaimah Nurul Yusufiyah, S.Si., M.Eng. Hesti Khuzaimah Nurul Yusufiyah, S.Si., M.Eng. Parama Diptya Widayaka, S.ST., M.T. Parama Diptya Widayaka, S.ST., M.T. Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D. Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep vektor dan skalar serta mampu menghitung operasi penjumlahan dan perkalian vektor dengan skalar. |
- Ketepatan dalam menjelaskan konsep vektor dan skalar
- Ketepatan dalam melakukan perhitungan operasi matematika pada vektor dan skalar
|
Kriteria:
Ketepatan sesuai pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
- Kuliah
- Diskusi
- Penugasan mandiri 3 X 50 |
- Kuliah
- Diskusi
- Penugasan mandiri 3 X 50 |
Materi: Konsep vektor dan skalar serta operasi vektor dan skalar Pustaka: Silalahi, Eva Magdalena. 2024. Buku Ajar Analisis Vektor. Jakarta: UKI Press. Materi: Konsep vektor dan skalar serta operasi vektor dan skalar Pustaka: Joag, Pramod S. 2016. An Introduction to Vectors, Vector Operators and Vector Analysis. Cambridge University Press. Materi: Konsep vektor dan skalar serta operasi vektor dan skalar Pustaka: Spiegel, Murray R. 1959. Vector Analysis and An Introduction to Tensor Analysis. McGraw-Hill. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mendefinisikan dan mengklasifiskasikan model Persamaan Diferensial |
- Mampu menjelaskan bentuk-bentuk solusi persamaan diferensial
- Mampu menjelaskan pembentukan persamaan diferensial
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Konsep Dasar Persamaan Diferensial Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak dan menggunakan program Matlab |
- Mampu menyelesaikan PD orde 1 dengan integrasi langsung
- Mampu Menyelesaikan PD orde 1 dengan pemisahan variabel
- Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen Orde 1
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak dan menggunakan program Matlab |
- Mampu menyelesaikan persamaan bernoulli
- Mampu menyelesaikan PD Eksak dan Tak-Eksak
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menggunakan analisis PD untuk menentukan fungsi orthogonal |
Mampu menyelesaikan trayektori orthogonal |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Penerapan PDB orde satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu membuat grafik trayektori orthogoal dengan program matlab |
Mampu menggunakan matlab dalam membuat grafik trayektori orthogonal |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Penerapan PDB orde satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu membuat dan menyelesaikan model PD untuk rangkaian RC dan RL seri |
- Mampu membuat model PD pada rangkaian RL dan RC seri
- Mampu menyelesaikan model PD pada rangkaian RL dan RC seri
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Penerapan PDB orde satu Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Ketepatan dalam menyelesaikan soal yang telah disediakan dalam waktu yang telah disediakan |
Kriteria:
Masing-masing butir soal memiliki bobot penilaian disesuaikan dengan kemampuan menjawab mahasiswa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Tengah Semester 3 X 50 |
|
Materi: Materi Pertemuan 1 - 7 Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler |
Mampu menjelaskan konsep PD linier |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Linier Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler |
- Mampu menjelaskan konsep ketakbebasan linier, determinan wronski dan super posisi
- Mampu menjelaskan metode penyelesaian PD Homogen orde 2
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Linier Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menyelesaikan PD Linier Non-Homogen |
Mampu menjelaskan metode penyelesaian PD takhomogen |
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Persamaan Diferensial Linier Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu membuat model PD untuk sistem gerak harmonic |
- Mampu membuat model PD pada sistem gerak
- Mampu menjelaskan klasifikasi sitem gerak
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menyelesaikan model sistem gerak Undamped, Underdamped, Overdamped dan Critically damped |
- Mampu menjelaskan model sistem gerak undamped, underdamped, overdamped, dan critically damped
- Mampu menyelesaikan model sistem gerak undamped, underdamped, overdamped, dan critically damped
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu membuat dan menyelesaiakn model PD untuk RLC seri |
- Mampu membuat model PD pada klasifikasi sistem gerak
- Mampu menyelesaikan PD pada klasifikasi sistem gerak
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu membuat program respon model PD RLC seri dengan program Matlab |
- Mampu membuat model pada rangkaian listrik LC dan RLC seri menggunakan matlab
- Mampu menyelesaikan PD pada rangkaian listrik LC dan RLC seri menggunakan matlab
|
Kriteria:
Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan 3 X 50 |
|
Materi: Aplikasi PD tingkat dua Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Ketepatan dalam menyelesaikan soal yang telah disediakan dalam waktu yang telah disediakan |
Kriteria:
Masing-masing butir soal memiliki bobot penilaian disesuaikan dengan kemampuan menjawab mahasiswa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Akhir Semester 3 X 50 |
|
Materi: Materi pertemuan 1 - 15 Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga |
30% |