Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Vektor

2020103457

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

15 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Miftahur Rohman, S.T., M.T.




Endryansyah, S.T., M.T.




Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik elektro

PLO-7

Mampu mendesain dan melaksanakan eksperimen di laboratorium/lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik

PLO-8

Mampu menerapkan prinsip – prinsip keteknikan, mengidentifikasi, merumuskan, dan menganalisis data/ informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang elektro

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mendefinisikan dan mengklasifiskasikan model Persamaan Diferensial

PO - 2

Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak

PO - 3

Mampu menggunakan analisis PD untuk menentukan fungsi orthogonal

PO - 4

Mampu menjelaskan orde dua, tipe khusus orde dua (Euler-Cauchy dan Legendre) dalam hal persamaan diferensial linear homogen dengan koefisien konsta

PO - 5

Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler, PD Linier Non-Homogen

PO - 6

Mampu mengaplikasikan model PD untuk sistem gerak harmonic

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Melalui perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan PD Orde Satu Derajat Satu: Pembentukan PD, Pemisahan Variabel, Homogen, Linear, Eksak dan Tidak Eksak; Aplikasi PD Orde Satu Derajat Satu: Trayektori dan Rangkaian Elektrik; PD Linear Homogen dengan KoefisienKonstan: Orde Dua, Orde n, Tipe Khusus Orde Dua (Euler-Cauchy dan Legendre); PD Linear Non Homogen dengan Koefisien Konstan: Koefisien yang Belum Ditentukan, Operator Inversi, Variasi Parameter, PD Linear Simultan; Aplikasi PD Orde Dua Derajat Satu: Osilasi dan Rangkaian elektrik;

Pustaka

Utama :

  1. Purcell, E.J. dan Verberg. 1999. Kalkulus dan Geometri Analitik 1. Terjemahan I.N Susila, B Kartasasmita dan Rawuh. Jakarta: Erlangga.

Pendukung :

  1. Thomas & Finney, 1988. Calculus dan Analityc Geometry. USA: Addition 7th – Wisley Publishing Company, Inc
  2. Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu mendefinisikan dan mengklasifiskasikan model Persamaan Diferensial

  1. Mampu menjelaskan definisi persamaan diferensial
  2. Mampu mengklasifikasikan persamaan diferensial
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Konsep Dasar Persamaan Diferensial
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

2

Minggu ke 2

Mampu mendefinisikan dan mengklasifiskasikan model Persamaan Diferensial

  1. Mampu menjelaskan bentuk-bentuk solusi persamaan diferensial
  2. Mampu menjelaskan pembentukan persamaan diferensial
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Konsep Dasar Persamaan Diferensial
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

3

Minggu ke 3

Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak dan menggunakan program Matlab

  1. Mampu menyelesaikan PD orde 1 dengan integrasi langsung
  2. Mampu Menyelesaikan PD orde 1 dengan pemisahan variabel
  3. Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen Orde 1
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menyelesaikan Persamaan Diferensial orde satu dengan metode integrasi langsung, pemisahan variabel, Subtitusi y=v.x, PD linier dg faktor inegrasi , PD Bernoulli, PD Eksak TakEksak dan menggunakan program Matlab

  1. Mampu menyelesaikan persamaan bernoulli
  2. Mampu menyelesaikan PD Eksak dan Tak-Eksak
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

5

Minggu ke 5

Mampu menggunakan analisis PD untuk menentukan fungsi orthogonal

Mampu menyelesaikan trayektori orthogonal

Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Penerapan PDB orde satu
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

6

Minggu ke 6

Mampu membuat grafik trayektori orthogoal dengan program matlab

Mampu menggunakan matlab dalam membuat grafik trayektori orthogonal

Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Penerapan PDB orde satu
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
5%

7

Minggu ke 7

Mampu membuat dan menyelesaikan model PD untuk rangkaian RC dan RL seri

  1. Mampu membuat model PD pada rangkaian RL dan RC seri
  2. Mampu menyelesaikan model PD pada rangkaian RL dan RC seri
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Penerapan PDB orde satu
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

8

Minggu ke 8

UTS

Ketepatan dalam menyelesaikan soal yang telah disediakan dalam waktu yang telah disediakan

Kriteria:

Masing-masing butir soal memiliki bobot penilaian disesuaikan dengan kemampuan menjawab mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Tengah Semester
3 X 50

Materi: Materi Pertemuan 1 - 7
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
20%

9

Minggu ke 9

Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler

Mampu menjelaskan konsep PD linier

Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Persamaan Diferensial Linier
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menyelesaikan PD Linier Homogen orde-n, PD Cauchy-Euler

  1. Mampu menjelaskan konsep ketakbebasan linier, determinan wronski dan super posisi
  2. Mampu menjelaskan metode penyelesaian PD Homogen orde 2
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Persamaan Diferensial Linier
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

11

Minggu ke 11

Mampu menyelesaikan PD Linier Non-Homogen

Mampu menjelaskan metode penyelesaian PD takhomogen

Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Persamaan Diferensial Linier
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

12

Minggu ke 12

Mampu membuat model PD untuk sistem gerak harmonic

  1. Mampu membuat model PD pada sistem gerak
  2. Mampu menjelaskan klasifikasi sitem gerak
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Aplikasi PD tingkat dua
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menyelesaikan model sistem gerak Undamped, Underdamped, Overdamped dan Critically damped

  1. Mampu menjelaskan model sistem gerak undamped, underdamped, overdamped, dan critically damped
  2. Mampu menyelesaikan model sistem gerak undamped, underdamped, overdamped, dan critically damped
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Aplikasi PD tingkat dua
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

14

Minggu ke 14

Mampu membuat dan menyelesaiakn model PD untuk RLC seri

  1. Mampu membuat model PD pada klasifikasi sistem gerak
  2. Mampu menyelesaikan PD pada klasifikasi sistem gerak
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Aplikasi PD tingkat dua
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

15

Minggu ke 15

Mampu membuat program respon model PD RLC seri dengan program Matlab

  1. Mampu membuat model pada rangkaian listrik LC dan RLC seri menggunakan matlab
  2. Mampu menyelesaikan PD pada rangkaian listrik LC dan RLC seri menggunakan matlab
Kriteria:

Rubrik evaluasi menggunakan metode analisis (proses pemberian nilai berdasarkan analisis yang disesuaikan dengan jawaban yang telah disediakan berdasarkan tingkat kebenarannya)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Melalui kegiatan ceramah, tanya jawab dan penugasan
3 X 50

Materi: Aplikasi PD tingkat dua
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
3%

16

Minggu ke 16

UAS

Ketepatan dalam menyelesaikan soal yang telah disediakan dalam waktu yang telah disediakan

Kriteria:

Masing-masing butir soal memiliki bobot penilaian disesuaikan dengan kemampuan menjawab mahasiswa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian Akhir Semester
3 X 50

Materi: Materi pertemuan 1 - 15
Pustaka: Stround, K.A. dan Erwin Sucipto. 1995. Matematika untuk Teknik. Jakarta: Erlangga
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.