
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702261 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
11 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.
|
Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
|
PO - 2 |
Mampu bekerja sama menyusun visi dan misi lembaga PAUD sesuai karakteristik peserta didik, kebutuhan masyarakat, lingkungan, dan perkembangan zaman
|
PO - 3 |
Merancang dokumen perencanaan pembelajaran PAUD.
|
PO - 4 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang perencanaan pembelajaran PAUDsesuai kurikulum yang berlaku.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang bermakna, holistik, dan kontekstual bagi anak usia dini sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Mahasiswa akan mempelajari secara komprehensif tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran yang mencakup pemahaman kurikulum, penyusunan dokumen perencanaan, serta pengembangan perangkat ajar yang mendukung implementasi pembelajaran berbasis proyek dan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5).
Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi:
(1) Dasar-dasar Kurikulum Merdeka: Mengkaji pedoman dan peraturan kurikulum merdeka PAUD, (2) Penyusunan Visi dan Misi Lembaga PAUD: Membimbing mahasiswa memahami dan menyusun visi-misi lembaga yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional dan karakteristik anak usia dini, (3) Kalender Pendidikan: Menyusun kalender pendidikan tahunan lembaga PAUD sebagai dasar perencanaan program pembelajaran. (4) Penyusunan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem): Mengembangkan perencanaan jangka panjang dan jangka menengah pembelajaran PAUD secara sistematis. (5)Penyusunan Modul Ajar: Merancang modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak. (6)Penyusunan dan Implementasi P5 di Lembaga PAUD: Merancang program penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD.
Mata kuliah ini dirancang secara aplikatif, mengintegrasikan teori dan praktik melalui diskusi, observasi, dan simulasi penyusunan perangkat ajar. Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan dokumen perencanaan pembelajaran PAUD yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik anak, serta selaras dengan arah kebijakan pendidikan nasional
Melalui pendekatan teoritik dan praktik, mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan rancangan pembelajaran lengkap yang aplikatif dan inovatif, sesuai dengan konteks satuan pendidikan. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini dilaksanakan melalui ceramah interaktif, diskusi, praktik penyusunan perangkat ajar, perancangan proyek, dan presentasi rancangan pembelajaran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
- Gordon, A. M., & Browne, K. W. (2022). Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education (11th ed.). Cengage Learning.
- Essa, E. L., & Burnham, M. M. (2023). Planning and administering early childhood programs (12th ed.). Pearson.
- PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
- PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PROSES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
- PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR ISI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
- KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA
|
Pendukung : |
|
- Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press
|
Dosen Pengampu
|
Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman tentang hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan dan hubungan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum |
Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran. |
Kriteria:
Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran. dengan tepat Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kolaboratif 2 X 50 |
Kolaboratif 2 X 50 |
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka |
Menjelaskan dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka |
Kriteria:
Menjelaskan hakikat dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kolaboratif 2x50 |
Kolaboratif 2x50 |
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. Materi: dasar perencanaan pembelajaran Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka |
Menjelaskan dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka |
Kriteria:
Menjelaskan hakikat dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kolaboratif 2x50 |
Kolaboratif 2x50 |
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. Materi: dasar perencanaan pembelajaran Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Penyusunan Visi, Misi dan Tujuan pembelajaran |
Uraian Visi, Misi dan Tujuan pembelajaran |
Kriteria:
Jawaban rinci dan tepat. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi dan presentasi 2x50 |
diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Tujuan Pembelajaran Pustaka: Essa, E. L., & Burnham, M. M. (2023). Planning and administering early childhood programs (12th ed.). Pearson. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Pemetaan kalender pendidikan dan penyusunan program tahunan, serta program semester |
Memetakan kalender pendidikan dan uraian penyusunan program tahunan, serta program semester |
Kriteria:
Jawaban rinci dan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi dan presentasi 2x50 |
diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pemetaan kalender pendidikan dan penyusunan program tahunan, serta program semester |
Memetakan kalender pendidikan dan uraian program tahunan, serta program semester |
Kriteria:
Jawaban rinci dan tepat. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi dan presentasi 2x50 |
diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Review modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak |
Ketepatan penyampaian unsur-unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak |
Kriteria:
Unsur-unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak benar dan sesuai Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Portofolio perancangan program tahunan dan program semester |
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar. |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar. Bentuk Penilaian : Tes |
tes 2x50 |
tes 2x50 |
Materi: Perencanaan Pembelajaran PAUD Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok |
Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok |
Kriteria:
Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok yang benar dan tepat Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Model ajar kelompok Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok |
Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok |
Kriteria:
Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok yang benar dan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Model ajar kelompok Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran area |
Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area |
Kriteria:
Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area yang benar dan tepat Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Model ajar kelompok Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran area |
Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area |
Kriteria:
Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area yang benar dan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Model ajar kelompok Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran sentra |
Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran sentra |
Kriteria:
Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran sentra yang benar dan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
Materi: Model ajar kelompok Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Perancangan program penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD. |
Mahasiswa dapat menyusun perencanaan harian dengan menggunakan salah satu model pembelajaran TK dengan benar. |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menyusun Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD dengan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik 2x50 |
saintifik 2x50 |
Materi: DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA Pustaka: KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Penerapan perencanaan harian yang telah disusun |
Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik 2x50 |
Saintifik 2x50 |
Materi: Penyusunan Perencanaan Harian Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press Materi: DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA Pustaka: KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Portofolio modul pembelajaran berbasis kearifan lokal |
Unsur-unsur modul pembelajaran berbasis kearifan lokal |
Kriteria:
Unsur-unsur modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Proyek 2x50 |
Proyek 2x50 |
Materi: Penguasaan materi Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press Materi: penguasaan materi Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press. |
10% |