Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

8620702261

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

11 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.




Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD

PO - 2

Mampu bekerja sama menyusun visi dan misi lembaga PAUD sesuai karakteristik peserta didik, kebutuhan masyarakat, lingkungan, dan perkembangan zaman

PO - 3

Merancang dokumen perencanaan pembelajaran PAUD.

PO - 4

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang perencanaan pembelajaran PAUDsesuai kurikulum yang berlaku.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang bermakna, holistik, dan kontekstual bagi anak usia dini sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Mahasiswa akan mempelajari secara komprehensif tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran yang mencakup pemahaman kurikulum, penyusunan dokumen perencanaan, serta pengembangan perangkat ajar yang mendukung implementasi pembelajaran berbasis proyek dan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila (P5). Pokok bahasan dalam mata kuliah ini meliputi: (1) Dasar-dasar Kurikulum Merdeka: Mengkaji pedoman dan peraturan kurikulum merdeka PAUD, (2) Penyusunan Visi dan Misi Lembaga PAUD: Membimbing mahasiswa memahami dan menyusun visi-misi lembaga yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional dan karakteristik anak usia dini, (3) Kalender Pendidikan: Menyusun kalender pendidikan tahunan lembaga PAUD sebagai dasar perencanaan program pembelajaran. (4) Penyusunan Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem): Mengembangkan perencanaan jangka panjang dan jangka menengah pembelajaran PAUD secara sistematis. (5)Penyusunan Modul Ajar: Merancang modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak. (6)Penyusunan dan Implementasi P5 di Lembaga PAUD: Merancang program penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD. Mata kuliah ini dirancang secara aplikatif, mengintegrasikan teori dan praktik melalui diskusi, observasi, dan simulasi penyusunan perangkat ajar. Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan dokumen perencanaan pembelajaran PAUD yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik anak, serta selaras dengan arah kebijakan pendidikan nasional Melalui pendekatan teoritik dan praktik, mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan rancangan pembelajaran lengkap yang aplikatif dan inovatif, sesuai dengan konteks satuan pendidikan. Proses pembelajaran dalam mata kuliah ini dilaksanakan melalui ceramah interaktif, diskusi, praktik penyusunan perangkat ajar, perancangan proyek, dan presentasi rancangan pembelajaran.

Pustaka

Utama :

  1. Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
  2. Gordon, A. M., & Browne, K. W. (2022). Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education (11th ed.). Cengage Learning.
  3. Essa, E. L., & Burnham, M. M. (2023). Planning and administering early childhood programs (12th ed.). Pearson.
  4. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
  5. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PROSES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
  6. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR ISI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
  7. KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

Pendukung :

  1. Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press

Dosen Pengampu

Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman tentang hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan dan hubungan perencanaan pembelajaran dengan kurikulum

Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran.

Kriteria:

Menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran. dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kolaboratif
2 X 50
Kolaboratif
2 X 50
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
5%

2

Minggu ke 2

Pemahaman tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka

Menjelaskan dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka

Kriteria:

Menjelaskan hakikat dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan baik dan benar.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kolaboratif
2x50
Kolaboratif
2x50
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.

Materi: dasar perencanaan pembelajaran
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
5%

3

Minggu ke 3

Pemahaman tentang dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka

Menjelaskan dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka

Kriteria:

Menjelaskan hakikat dasar-dasar perencanaan pembelajaran dengan baik dan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kolaboratif
2x50
Kolaboratif
2x50
Materi: Memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAUD
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.

Materi: dasar perencanaan pembelajaran
Pustaka: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
5%

4

Minggu ke 4

Penyusunan Visi, Misi dan Tujuan pembelajaran

Uraian Visi, Misi dan Tujuan pembelajaran

Kriteria:

Jawaban rinci dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi dan presentasi
2x50
diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Tujuan Pembelajaran
Pustaka: Essa, E. L., & Burnham, M. M. (2023). Planning and administering early childhood programs (12th ed.). Pearson.
10%

5

Minggu ke 5

Pemetaan kalender pendidikan dan penyusunan program tahunan, serta program semester

Memetakan kalender pendidikan dan uraian penyusunan program tahunan, serta program semester

Kriteria:

Jawaban rinci dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
diskusi dan presentasi
2x50
diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
5%

6

Minggu ke 6

Pemetaan kalender pendidikan dan penyusunan program tahunan, serta program semester

Memetakan kalender pendidikan dan uraian program tahunan, serta program semester

Kriteria:

Jawaban rinci dan tepat.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi dan presentasi
2x50
diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Pemetaan STPPA, KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran serta muatan materi
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
10%

7

Minggu ke 7

Review modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak

Ketepatan penyampaian unsur-unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak

Kriteria:

Unsur-unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok, area, dan sentra yang berpusat pada anak benar dan sesuai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan presentasi
2x50
Diskusi dan presentasi
2x50
Materi: pengembangan tema semester ganjil dan genap
Pustaka: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137. 2014. Standar PAUD. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
5%

8

Minggu ke 8

Portofolio perancangan program tahunan dan program semester

Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar.

Kriteria:

Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan pada soal UTS dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Tes
tes
2x50
tes
2x50
Materi: Perencanaan Pembelajaran PAUD
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
10%

9

Minggu ke 9

Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok

Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok

Kriteria:

Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok yang benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan presentasi
2x50
Diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Model ajar kelompok
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
5%

10

Minggu ke 10

Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok

Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok

Kriteria:

Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran kelompok yang benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi
2x50
Diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Model ajar kelompok
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran area

Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area

Kriteria:

Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area yang benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan presentasi
2x50
Diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Model ajar kelompok
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran area

Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area

Kriteria:

Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran area yang benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi
2x50
Diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Model ajar kelompok
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
5%

13

Minggu ke 13

Penyusunan modul ajar berbasis model pembelajaran sentra

Kesesuaian unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran sentra

Kriteria:

Unsur penyusun modul ajar berbasis model pembelajaran sentra yang benar dan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi
2x50
Diskusi dan presentasi
2x50
Materi: Model ajar kelompok
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
5%

14

Minggu ke 14

Perancangan program penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD.

Mahasiswa dapat menyusun perencanaan harian dengan menggunakan salah satu model pembelajaran TK dengan benar.

Kriteria:

Mahasiswa dapat menyusun Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila secara konkret dan kontekstual dalam kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
2x50
saintifik
2x50
Materi: DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA
Pustaka: KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA
5%

15

Minggu ke 15

Penerapan perencanaan harian yang telah disusun

Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik

Kriteria:

Mahasiswa dapat menerapkan perencanaan harian yang telah disusun dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
2x50
Saintifik
2x50
Materi: Penyusunan Perencanaan Harian
Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press

Materi: DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA
Pustaka: KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 009/H/KR/2022 TENTANG DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA
5%

16

Minggu ke 16

Portofolio modul pembelajaran berbasis kearifan lokal

Unsur-unsur modul pembelajaran berbasis kearifan lokal

Kriteria:

Unsur-unsur modul pembelajaran berbasis kearifan lokal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Proyek
2x50
Proyek
2x50
Materi: Penguasaan materi
Pustaka: Eka Cahya Maulidiyah. 2017. Panduan Microteaching PAUD. IAIN Tulungagung Press

Materi: penguasaan materi
Pustaka: Hasibuan Rachma. 2017. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Surabaya Unesa University Press.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.