Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir

8610703029

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

6 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM




TIM




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai konsep dan teori PAUD, metode penelitian terkini tentang AUD, manajemen mutu, sumber belajar multi moda, dan isu terkini terkait kebijakan PAUD dan implementasinya; (Pengetahuan);

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu aktual dan relevan dalam bidang ilmu sesuai program studi sebagai dasar perumusan masalah penelitian.

PO - 2

Mahasiswa mampu merumuskan tujuan, manfaat, dan pertanyaan penelitian secara logis dan sistematis berdasarkan studi literatur yang relevan dan mutakhir.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengkaji dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan ilmiah untuk mendukung penyusunan kerangka berpikir dalam proposal penelitian.

PO - 4

Mahasiswa mampu menyusun metode penelitian yang tepat (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) secara kritis dan relevan dengan masalah yang dikaji.

PO - 5

Mahasiswa mampu menyusun dokumen proposal tesis yang sistematis dan argumentatif sesuai dengan kaidah akademik dan etika penelitian.

PO - 6

Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mempertahankan proposal tugas akhir/tesis secara ilmiah dan terbuka di hadapan dosen dan sejawat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dalam merancang dan menyusun proposal tugas akhir/tesis sebagai langkah awal pelaksanaan penelitian ilmiah. Materi yang dikaji mencakup pemilihan topik penelitian yang relevan dengan bidang keilmuan, penyusunan rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, landasan teori, metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran), serta sistematika penulisan proposal. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun proposal tesis yang memenuhi standar akademik dan etika penelitian. Proses pembelajaran dilakukan melalui diskusi, bimbingan individual, telaah jurnal, presentasi proposal, dan peer review. Mata kuliah ini juga melatih kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, sistematis, dan reflektif sebagai bekal dalam menyusun dan melaksanakan penelitian yang bermutu di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (atau bidang sesuai program studi).

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
  2. Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.
  3. Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
  4. Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications.

Pendukung :

  1. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
  2. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2022). Research Methods in Education (9th ed.). Routledge.
  3. Punch, K. F., & Oancea, A. (2022). Introduction to Research Methods in Education (3rd ed.). SAGE Publications.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.

Dr. Sri Setyowati, M.Pd.

Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D.

Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd.

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan penelitian berdasarkan fenomena faktual dan relevansi keilmuan dalam bidang studinya.

Menjelaskan hakikat dan tujuan proposal tesis

Kriteria:

Ketepatan konsep, logika penjelasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Perbedaan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed methods
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan penelitian berdasarkan fenomena faktual dan relevansi keilmuan dalam bidang studinya.

Identifikasi masalah penelitian

Kriteria:

Relevansi dan aktualitas isu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Ciri-ciri masalah penelitian yang layak dikaji, Teknik identifikasi gap penelitian, dan Teknik perumusan masalah
Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.
6%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis terhadap berbagai sumber referensi ilmiah untuk menyusun latar belakang masalah yang logis dan sistematis.

Menyusun latar belakang

Kriteria:

Sistematika, argumentasi, rujukan mutakhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Penyusunan rumusan masalah penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran.
Pustaka: Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
7%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara fokus, tajam, dan operasional sesuai kaidah ilmiah.

Merumuskan masalah

Kriteria:

Fokus, kejelasan, keterukuran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara fokus, tajam, dan operasional sesuai kaidah ilmiah.

Merumuskan masalah

Kriteria:

Fokus, kejelasan, keterukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara fokus, tajam, dan operasional sesuai kaidah ilmiah.

Merumuskan masalah

Kriteria:

Fokus, kejelasan, keterukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merancang metode penelitian yang sesuai dengan pendekatan dan jenis penelitian yang dipilih (kualitatif, kuantitatif, atau mixed methods).

Merancang metode penelitian

Kriteria:

Kesesuaian pendekatan, validitas metodologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
6%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu merancang metode penelitian yang sesuai dengan pendekatan dan jenis penelitian yang dipilih (kualitatif, kuantitatif, atau mixed methods).

Merancang metode penelitian

Kriteria:

Kesesuaian pendekatan, validitas metodologi


Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memilih dan menjelaskan teknik analisis data yang tepat, baik kualitatif maupun kuantitatif, berdasarkan desain penelitian.

Merancang metode penelitian

Kriteria:

Kesesuaian pendekatan, validitas metodologi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menyusun rancangan instrumen penelitian yang sahih dan reliabel atau kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Rancangan instrumen penelitian

Kriteria:

Kesesuaian indikator, validitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyusun rancangan instrumen penelitian yang sahih dan reliabel atau kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Rancangan instrumen penelitian

Kriteria:

Kesesuaian indikator, validitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
7%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyusun rancangan instrumen penelitian yang sahih dan reliabel atau kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Rancangan instrumen penelitian

Kriteria:

Kesesuaian indikator, validitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, studi kasus, penugasan
3x50

Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan.
Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
7%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal tesis secara lisan dengan argumentasi logis dan runtut serta menerima masukan secara terbuka.

Rancangan instrumen penelitian

Kriteria:

Kesesuaian indikator, validitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline

Materi: validitas
Pustaka:
7%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melakukan revisi proposal berdasarkan hasil evaluasi dosen dan masukan dari forum diskusi akademik.

Kesesuaian indikator, validitas

Kriteria:

Kesesuaian indikator, validitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring

Materi: validitas
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menelaah kembali seluruh isi proposal untuk memastikan koherensi dan kesesuaian antara setiap komponen proposal.

Rancangan instrumen penelitian

Kriteria:

Kesesuaian indikator, validitas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring

Materi: validitas
Pustaka: Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
8%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menelaah kembali seluruh isi proposal untuk memastikan koherensi dan kesesuaian antara setiap komponen proposal.

Kesesuaian indikator, validitas

Kriteria:

Kesesuaian indikator, validitas


Bentuk Penilaian :
Tes
luring

Materi: validitas
Pustaka: Punch, K. F., & Oancea, A. (2022). Introduction to Research Methods in Education (3rd ed.). SAGE Publications.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 75%
2. Penilaian Portofolio 10%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.