
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proposal Tugas Akhir |
8610703029 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
6 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM
|
TIM
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai konsep dan teori PAUD, metode penelitian terkini tentang AUD, manajemen mutu, sumber belajar multi moda, dan isu terkini terkait kebijakan PAUD dan implementasinya; (Pengetahuan); |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis isu-isu aktual dan relevan dalam bidang ilmu sesuai program studi sebagai dasar perumusan masalah penelitian.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merumuskan tujuan, manfaat, dan pertanyaan penelitian secara logis dan sistematis berdasarkan studi literatur yang relevan dan mutakhir.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengkaji dan menerapkan teori, konsep, dan pendekatan ilmiah untuk mendukung penyusunan kerangka berpikir dalam proposal penelitian.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menyusun metode penelitian yang tepat (kuantitatif, kualitatif, atau campuran) secara kritis dan relevan dengan masalah yang dikaji.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menyusun dokumen proposal tesis yang sistematis dan argumentatif sesuai dengan kaidah akademik dan etika penelitian.
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan dan mempertahankan proposal tugas akhir/tesis secara ilmiah dan terbuka di hadapan dosen dan sejawat.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ | PO-6 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dalam merancang dan menyusun proposal tugas akhir/tesis sebagai langkah awal pelaksanaan penelitian ilmiah. Materi yang dikaji mencakup pemilihan topik penelitian yang relevan dengan bidang keilmuan, penyusunan rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, landasan teori, metodologi penelitian (kuantitatif, kualitatif, atau campuran), serta sistematika penulisan proposal. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun proposal tesis yang memenuhi standar akademik dan etika penelitian. Proses pembelajaran dilakukan melalui diskusi, bimbingan individual, telaah jurnal, presentasi proposal, dan peer review. Mata kuliah ini juga melatih kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, sistematis, dan reflektif sebagai bekal dalam menyusun dan melaksanakan penelitian yang bermutu di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (atau bidang sesuai program studi). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications.
- Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.
- Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
- Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications.
|
Pendukung : |
|
- Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
- Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2022). Research Methods in Education (9th ed.). Routledge.
- Punch, K. F., & Oancea, A. (2022). Introduction to Research Methods in Education (3rd ed.). SAGE Publications.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes. Dr. Sri Setyowati, M.Pd. Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.,Psikolog Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., Ph.D. Dr. Mallevi Agustin Ningrum, S.Pd., M.Pd. Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan penelitian berdasarkan fenomena faktual dan relevansi keilmuan dalam bidang studinya. |
Menjelaskan hakikat dan tujuan proposal tesis |
Kriteria:
Ketepatan konsep, logika penjelasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Perbedaan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed methods Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan penelitian berdasarkan fenomena faktual dan relevansi keilmuan dalam bidang studinya. |
Identifikasi masalah penelitian |
Kriteria:
Relevansi dan aktualitas isu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Ciri-ciri masalah penelitian yang layak dikaji, Teknik identifikasi gap penelitian, dan Teknik perumusan masalah Pustaka: Neuman, W. L. (2022). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson. |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis terhadap berbagai sumber referensi ilmiah untuk menyusun latar belakang masalah yang logis dan sistematis. |
Menyusun latar belakang |
Kriteria:
Sistematika, argumentasi, rujukan mutakhir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Penyusunan rumusan masalah penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran. Pustaka: Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya. |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara fokus, tajam, dan operasional sesuai kaidah ilmiah. |
Merumuskan masalah |
Kriteria:
Fokus, kejelasan, keterukuran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara fokus, tajam, dan operasional sesuai kaidah ilmiah. |
Merumuskan masalah |
Kriteria:
Fokus, kejelasan, keterukuran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian secara fokus, tajam, dan operasional sesuai kaidah ilmiah. |
Merumuskan masalah |
Kriteria:
Fokus, kejelasan, keterukuran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Yin, R. K. (2023). Case Study Research and Applications: Design and Methods (7th ed.). SAGE Publications. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merancang metode penelitian yang sesuai dengan pendekatan dan jenis penelitian yang dipilih (kualitatif, kuantitatif, atau mixed methods). |
Merancang metode penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian pendekatan, validitas metodologi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu merancang metode penelitian yang sesuai dengan pendekatan dan jenis penelitian yang dipilih (kualitatif, kuantitatif, atau mixed methods). |
Merancang metode penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian pendekatan, validitas metodologi Bentuk Penilaian : Tes |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memilih dan menjelaskan teknik analisis data yang tepat, baik kualitatif maupun kuantitatif, berdasarkan desain penelitian. |
Merancang metode penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian pendekatan, validitas metodologi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun rancangan instrumen penelitian yang sahih dan reliabel atau kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. |
Rancangan instrumen penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian indikator, validitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun rancangan instrumen penelitian yang sahih dan reliabel atau kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. |
Rancangan instrumen penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian indikator, validitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun rancangan instrumen penelitian yang sahih dan reliabel atau kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. |
Rancangan instrumen penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian indikator, validitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, studi kasus, penugasan 3x50 |
|
Materi: Mixed methods dan R&D dalam konteks PAUD/pendidikan. Pustaka: Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2023). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal tesis secara lisan dengan argumentasi logis dan runtut serta menerima masukan secara terbuka. |
Rancangan instrumen penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian indikator, validitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
offline
|
|
Materi: validitas Pustaka: |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melakukan revisi proposal berdasarkan hasil evaluasi dosen dan masukan dari forum diskusi akademik. |
Kesesuaian indikator, validitas |
Kriteria:
Kesesuaian indikator, validitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
|
Materi: validitas Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publications. |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menelaah kembali seluruh isi proposal untuk memastikan koherensi dan kesesuaian antara setiap komponen proposal. |
Rancangan instrumen penelitian |
Kriteria:
Kesesuaian indikator, validitas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
|
Materi: validitas Pustaka: Moleong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya. |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menelaah kembali seluruh isi proposal untuk memastikan koherensi dan kesesuaian antara setiap komponen proposal. |
Kesesuaian indikator, validitas |
Kriteria:
Kesesuaian indikator, validitas Bentuk Penilaian : Tes |
luring
|
|
Materi: validitas Pustaka: Punch, K. F., & Oancea, A. (2022). Introduction to Research Methods in Education (3rd ed.). SAGE Publications. |
10% |