
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proyek Perangkat Lunak |
5720103181 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I KADEK DWI NURYANA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-9 |
Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital |
PLO-11 |
Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi. |
PLO-14 |
Mampu memahami dan menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi mulai dari pengembangan sistem berorientasi objek, software development life cycle (SDLC), dan pengembangan agile |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu merencanakan dan mengelola proyek perangkat lunak secara efektif
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan metode dan teknik rekayasa perangkat lunak dalam pengembangan proyek
|
PO - 3 |
Mampu merancang dan mengembangkan perangkat lunak sesuai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna
|
PO - 4 |
Mampu melakukan pengujian perangkat lunak dan menjamin kualitas produk
|
PO - 5 |
Mampu berkolaborasi dalam tim untuk menyelesaikan proyek perangkat lunak dan melakukan dokumentasi yang efektif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-9 | PLO-11 | PLO-14 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata Kuliah Proyek Perangkat Lunak memberikan pemahaman tentang manajemen proyek perangkat lunak, dari perencanaan hingga implementasi. Mahasiswa belajar metodologi pengembangan, perancangan sistem, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak melalui proyek nyata atau simulasi, untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang dan menyampaikan solusi perangkat lunak. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sommerville, I. (2016). Software Engineering (10th ed.). Pearson.
- Schwalbe, K. (2018). Information Technology Project Management (9th ed.). Cengage Learning.
- Boehm, B. W., & Turner, R. (2004). Balancing Agility and Discipline: A Guide for the Perplexed.
- Robertson, S., & Robertson, J. (2012). Mastering the Requirements Process: Getting Requirements Right (3rd ed.). Addison-Wesley.
- Pressman, R. S. (2014). Software Engineering: A Practitioner's Approach (8th ed.). McGraw-Hill.
- McConnell, S. (2004). Code Complete (2nd ed.). Microsoft Press.
- Beizer, B. (1995). Software Testing Techniques (2nd ed.). Van Nostrand Reinhold.
- Gack, D. (2011). The Complete Guide to Software Documentation. CRC Press.
- Parnas, D. L. (2003). Software Aging. ACM Computing Surveys.
- Hillson, D. (2003). Effective Risk Management: Some Keys to Success. International Journal of Project Management.
- Katzenbach, J. R., & Smith, D. K. (2005). The Wisdom of Teams: Creating the High-Performance Organization. Harvard Business Review Press.
- Stone, D., Patton, B., & Heen, S. (2010). Difficult Conversations: How to Discuss What Matters Most. Penguin Books.
- Duarte, N., & Snyder, B. (2006). Slide:ology: The Art and Science of Creating Great Presentations. O'Reilly Media.
- McConnell, S. (2006). Software Project Survival Guide. Microsoft Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar manajemen proyek perangkat lunak |
Dapat menjelaskan istilah dan konsep dasar manajemen proyek perangkat lunak, seperti siklus hidup proyek dan metodologi |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar manajemen proyek perangkat lunak, siklus hidup proyek, metodologi manajemen proyek. Pustaka: Sommerville, I. (2016). Software Engineering (10th ed.). Pearson. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menyusun rencana proyek perangkat lunak |
Dapat membuat rencana proyek yang mencakup penjadwalan, alokasi sumber daya, dan identifikasi risiko |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Penyusunan rencana proyek, penjadwalan, alokasi sumber daya, manajemen risiko Pustaka: Schwalbe, K. (2018). Information Technology Project Management (9th ed.). Cengage Learning. |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Menerapkan metode rekayasa perangkat lunak |
Dapat memilih dan menerapkan metode rekayasa perangkat lunak yang sesuai untuk proyek tertentu |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Metode pengembangan perangkat lunak (Agile, Scrum, Waterfall), prinsip dan praktik Pustaka: Boehm, B. W., & Turner, R. (2004). Balancing Agility and Discipline: A Guide for the Perplexed. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mengumpulkan dan menganalisis kebutuhan pengguna |
Dapat menyusun dan menganalisis dokumen kebutuhan berdasarkan wawancara dan survei dengan pengguna |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Teknik pengumpulan kebutuhan, analisis kebutuhan, dokumentasi kebutuhan Pustaka: Robertson, S., & Robertson, J. (2012). Mastering the Requirements Process: Getting Requirements Right (3rd ed.). Addison-Wesley. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Merancang sistem perangkat lunak berdasarkan kebutuhan pengguna |
Dapat membuat desain sistem yang mencakup diagram arsitektur, alur data, dan model data |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Desain sistem perangkat lunak, diagram arsitektur, model data Pustaka: Pressman, R. S. (2014). Software Engineering: A Practitioner's Approach (8th ed.). McGraw-Hill. |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mengembangkan perangkat lunak sesuai dengan desain yang telah dibuat |
Dapat menulis kode dan mengimplementasikan fitur-fitur perangkat lunak sesuai spesifikas |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Teknik pengembangan perangkat lunak, implementasi kode, best practices coding Pustaka: McConnell, S. (2004). Code Complete (2nd ed.). Microsoft Press. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Melakukan pengujian perangkat lunak |
Dapat merancang dan melaksanakan rencana pengujian untuk memastikan perangkat lunak berfungsi sesuai dengan spesifikasi |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 3 x 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 x 50 |
Materi: Metode pengujian perangkat lunak, pengujian fungsional dan non-fungsional, pembuatan rencana pengujian Pustaka: Beizer, B. (1995). Software Testing Techniques (2nd ed.). Van Nostrand Reinhold. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UTS 3 X 50 |
UTS 3 X 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun dokumentasi proyek perangkat lunak |
Dapat membuat dokumentasi teknis dan pengguna yang komprehensif untuk proyek perangkat lunak |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Teknik dokumentasi proyek, dokumentasi teknis dan pengguna Pustaka: Gack, D. (2011). The Complete Guide to Software Documentation. CRC Press. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Melakukan pemeliharaan dan perbaikan perangkat lunak |
Dapat mengidentifikasi dan memperbaiki bug serta melakukan pemeliharaan perangkat lunak yang ada |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Pemeliharaan perangkat lunak, teknik perbaikan, manajemen bug Pustaka: Parnas, D. L. (2003). Software Aging. ACM Computing Surveys. |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mengelola risiko dalam proyek perangkat lunak |
Dapat mengidentifikasi, menilai, dan merespons risiko yang muncul selama pengembangan proyek |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
|
Ceramah dan Diskusi 3 x 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 x 50 |
Materi: Identifikasi dan manajemen risiko dalam proyek perangkat lunak Pustaka: Hillson, D. (2003). Effective Risk Management: Some Keys to Success. International Journal of Project Management. |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Berkolaborasi efektif dalam tim proyek |
Dapat bekerja sama dalam tim, berkomunikasi dengan jelas, dan menyelesaikan tugas sesuai tanggung jawab tim |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi
|
Materi: Teknik kolaborasi tim, komunikasi dalam tim proyek Pustaka: Katzenbach, J. R., & Smith, D. K. (2005). The Wisdom of Teams: Creating the High-Performance Organization. Harvard Business Review Press. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memberikan dan menerima umpan balik dalam proyek |
Dapat memberikan umpan balik konstruktif dan menerima umpan balik tentang pekerjaan mereka |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Teknik memberikan dan menerima umpan balik, penilaian proyek Pustaka: Stone, D., Patton, B., & Heen, S. (2010). Difficult Conversations: How to Discuss What Matters Most. Penguin Books. |
6% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun dan menyampaikan presentasi akhir proyek perangkat lunak |
Dapat menyiapkan dan menyajikan presentasi akhir proyek perangkat lunak secara efektif kepada audiens |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
3 X 50 |
Materi: Teknik presentasi proyek, penyusunan laporan akhir Pustaka: Duarte, N., & Snyder, B. (2006). Slide:ology: The Art and Science of Creating Great Presentations. O'Reilly Media. |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis hasil akhir proyek perangkat lunak |
Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil akhir proyek dan menyusun kesimpulan serta rekomendasi untuk perbaikan di masa depan |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 30%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Evaluasi hasil proyek, penyusunan kesimpulan dan rekomendas Pustaka: McConnell, S. (2006). Software Project Survival Guide. Microsoft Press. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UAS 3 X 50 |
UAS 3 X 50 |
Materi: UAS Pustaka: |
30% |