Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proyek Perangkat Lunak

5720103181

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I KADEK DWI NURYANA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-9

Mampu memahami, mengidentifikasi,menganalisis, menerapkan konsep UI/UX, metodologi, dan bahasa pemrograman dan membangun perangkat lunak sistem informasi untuk mendukung inovasi digital

PLO-11

Mampu memahami, mengidentifikasi dan menerapkan konsep, teknik dan metodologi manajemen proyek sistem informasi.

PLO-14

Mampu memahami dan menjelaskan metodologi pengembangan sistem informasi mulai dari pengembangan sistem berorientasi objek, software development life cycle (SDLC), dan pengembangan agile

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu merencanakan dan mengelola proyek perangkat lunak secara efektif

PO - 2

Mampu menerapkan metode dan teknik rekayasa perangkat lunak dalam pengembangan proyek

PO - 3

Mampu merancang dan mengembangkan perangkat lunak sesuai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna

PO - 4

Mampu melakukan pengujian perangkat lunak dan menjamin kualitas produk

PO - 5

Mampu berkolaborasi dalam tim untuk menyelesaikan proyek perangkat lunak dan melakukan dokumentasi yang efektif

Matrik PLO-PO

 
POPLO-9PLO-11PLO-14
PO-1  
PO-2  
PO-3 
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata Kuliah Proyek Perangkat Lunak memberikan pemahaman tentang manajemen proyek perangkat lunak, dari perencanaan hingga implementasi. Mahasiswa belajar metodologi pengembangan, perancangan sistem, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak melalui proyek nyata atau simulasi, untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang dan menyampaikan solusi perangkat lunak.

Pustaka

Utama :

  1. Sommerville, I. (2016). Software Engineering (10th ed.). Pearson.
  2. Schwalbe, K. (2018). Information Technology Project Management (9th ed.). Cengage Learning.
  3. Boehm, B. W., & Turner, R. (2004). Balancing Agility and Discipline: A Guide for the Perplexed.
  4. Robertson, S., & Robertson, J. (2012). Mastering the Requirements Process: Getting Requirements Right (3rd ed.). Addison-Wesley.
  5. Pressman, R. S. (2014). Software Engineering: A Practitioner's Approach (8th ed.). McGraw-Hill.
  6. McConnell, S. (2004). Code Complete (2nd ed.). Microsoft Press.
  7. Beizer, B. (1995). Software Testing Techniques (2nd ed.). Van Nostrand Reinhold.
  8. Gack, D. (2011). The Complete Guide to Software Documentation. CRC Press.
  9. Parnas, D. L. (2003). Software Aging. ACM Computing Surveys.
  10. Hillson, D. (2003). Effective Risk Management: Some Keys to Success. International Journal of Project Management.
  11. Katzenbach, J. R., & Smith, D. K. (2005). The Wisdom of Teams: Creating the High-Performance Organization. Harvard Business Review Press.
  12. Stone, D., Patton, B., & Heen, S. (2010). Difficult Conversations: How to Discuss What Matters Most. Penguin Books.
  13. Duarte, N., & Snyder, B. (2006). Slide:ology: The Art and Science of Creating Great Presentations. O'Reilly Media.
  14. McConnell, S. (2006). Software Project Survival Guide. Microsoft Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar manajemen proyek perangkat lunak

Dapat menjelaskan istilah dan konsep dasar manajemen proyek perangkat lunak, seperti siklus hidup proyek dan metodologi

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Konsep dasar manajemen proyek perangkat lunak, siklus hidup proyek, metodologi manajemen proyek.
Pustaka: Sommerville, I. (2016). Software Engineering (10th ed.). Pearson.
2%

2

Minggu ke 2

Mampu menyusun rencana proyek perangkat lunak

Dapat membuat rencana proyek yang mencakup penjadwalan, alokasi sumber daya, dan identifikasi risiko

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Penyusunan rencana proyek, penjadwalan, alokasi sumber daya, manajemen risiko
Pustaka: Schwalbe, K. (2018). Information Technology Project Management (9th ed.). Cengage Learning.
2%

3

Minggu ke 3

Menerapkan metode rekayasa perangkat lunak

Dapat memilih dan menerapkan metode rekayasa perangkat lunak yang sesuai untuk proyek tertentu

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Metode pengembangan perangkat lunak (Agile, Scrum, Waterfall), prinsip dan praktik
Pustaka: Boehm, B. W., & Turner, R. (2004). Balancing Agility and Discipline: A Guide for the Perplexed.
3%

4

Minggu ke 4

Mengumpulkan dan menganalisis kebutuhan pengguna

Dapat menyusun dan menganalisis dokumen kebutuhan berdasarkan wawancara dan survei dengan pengguna

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Teknik pengumpulan kebutuhan, analisis kebutuhan, dokumentasi kebutuhan
Pustaka: Robertson, S., & Robertson, J. (2012). Mastering the Requirements Process: Getting Requirements Right (3rd ed.). Addison-Wesley.
4%

5

Minggu ke 5

Merancang sistem perangkat lunak berdasarkan kebutuhan pengguna

Dapat membuat desain sistem yang mencakup diagram arsitektur, alur data, dan model data

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 20%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Desain sistem perangkat lunak, diagram arsitektur, model data
Pustaka: Pressman, R. S. (2014). Software Engineering: A Practitioner's Approach (8th ed.). McGraw-Hill.
2%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan perangkat lunak sesuai dengan desain yang telah dibuat

Dapat menulis kode dan mengimplementasikan fitur-fitur perangkat lunak sesuai spesifikas

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Teknik pengembangan perangkat lunak, implementasi kode, best practices coding
Pustaka: McConnell, S. (2004). Code Complete (2nd ed.). Microsoft Press.
2%

7

Minggu ke 7

Melakukan pengujian perangkat lunak

Dapat merancang dan melaksanakan rencana pengujian untuk memastikan perangkat lunak berfungsi sesuai dengan spesifikasi

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3 x 50
Ceramah dan Diskusi
3 x 50
Materi: Metode pengujian perangkat lunak, pengujian fungsional dan non-fungsional, pembuatan rencana pengujian
Pustaka: Beizer, B. (1995). Software Testing Techniques (2nd ed.). Van Nostrand Reinhold.
3%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UTS
3 X 50
UTS
3 X 50
Materi: UTS
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Menyusun dokumentasi proyek perangkat lunak

Dapat membuat dokumentasi teknis dan pengguna yang komprehensif untuk proyek perangkat lunak

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Teknik dokumentasi proyek, dokumentasi teknis dan pengguna
Pustaka: Gack, D. (2011). The Complete Guide to Software Documentation. CRC Press.
4%

10

Minggu ke 10

Melakukan pemeliharaan dan perbaikan perangkat lunak

Dapat mengidentifikasi dan memperbaiki bug serta melakukan pemeliharaan perangkat lunak yang ada

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Pemeliharaan perangkat lunak, teknik perbaikan, manajemen bug
Pustaka: Parnas, D. L. (2003). Software Aging. ACM Computing Surveys.
2%

11

Minggu ke 11

Mengelola risiko dalam proyek perangkat lunak

Dapat mengidentifikasi, menilai, dan merespons risiko yang muncul selama pengembangan proyek

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%
Ceramah dan Diskusi
3 x 50
Ceramah dan Diskusi
3 x 50
Materi: Identifikasi dan manajemen risiko dalam proyek perangkat lunak
Pustaka: Hillson, D. (2003). Effective Risk Management: Some Keys to Success. International Journal of Project Management.
2%

12

Minggu ke 12

Berkolaborasi efektif dalam tim proyek

Dapat bekerja sama dalam tim, berkomunikasi dengan jelas, dan menyelesaikan tugas sesuai tanggung jawab tim

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
Materi: Teknik kolaborasi tim, komunikasi dalam tim proyek
Pustaka: Katzenbach, J. R., & Smith, D. K. (2005). The Wisdom of Teams: Creating the High-Performance Organization. Harvard Business Review Press.
5%

13

Minggu ke 13

Memberikan dan menerima umpan balik dalam proyek

Dapat memberikan umpan balik konstruktif dan menerima umpan balik tentang pekerjaan mereka

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Teknik memberikan dan menerima umpan balik, penilaian proyek
Pustaka: Stone, D., Patton, B., & Heen, S. (2010). Difficult Conversations: How to Discuss What Matters Most. Penguin Books.
6%

14

Minggu ke 14

Menyusun dan menyampaikan presentasi akhir proyek perangkat lunak

Dapat menyiapkan dan menyajikan presentasi akhir proyek perangkat lunak secara efektif kepada audiens

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan Diskusi
3 X 50

3 X 50
Materi: Teknik presentasi proyek, penyusunan laporan akhir
Pustaka: Duarte, N., & Snyder, B. (2006). Slide:ology: The Art and Science of Creating Great Presentations. O'Reilly Media.
6%

15

Minggu ke 15

Menganalisis hasil akhir proyek perangkat lunak

Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil akhir proyek dan menyusun kesimpulan serta rekomendasi untuk perbaikan di masa depan

Kriteria:
  1. Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 30%
  4. UAS = 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Materi: Evaluasi hasil proyek, penyusunan kesimpulan dan rekomendas
Pustaka: McConnell, S. (2006). Software Project Survival Guide. Microsoft Press.
7%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UAS
3 X 50
UAS
3 X 50
Materi: UAS
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 52.42%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.75%
3. Penilaian Portofolio 1.67%
4. Praktik / Unjuk Kerja 17.75%
5. Tes 13.42%
98.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.