Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Komposisi

7920103188

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

8

22 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Diding W Rohaedi, M.Hum.; Dr. Agusniar D Savitri; Arie Yuanita, M.Si.




Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menguasai tata kalimat bahasa Indonesia dengan memanfaatkan konsep frasa, klausa, dan kalimat melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan karangan, suntingan, dan/atau rekaman berbahasa Indonesia

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-6
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Menguasai tata kalimat bahasa Indonesia dengan memanfaatkan konsep frasa, klausa, dan kalimat melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan karangan, suntingan, dan/atau rekaman berbahasa Indonesia untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan.

Pustaka

Utama :

  1. Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press.
  4. Mulyono, Iyo. 2012. Ihwal Kalimat Bahasa Indonesia dan Problematika Penggunaannya . Bandung: Yrama Widya.
  5. Ramlan. 1987. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis . Yogyakarta: C.V. Karyono.
  6. Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berahasa Indonesia dengan Benar . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  7. Sumadi. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia . Malang: A3.

Pendukung :

  1. Beberapa buku dan penelitian terkait sintaksis

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami ruang lingkup sintaksis

Menjelaskan ruang lingkup sintaksis

Kriteria:
  1. 3: penjelasan 3 ruang lingkup benar
  2. 2: penjelasan 2 ruang lingkup benar
  3. 1: penjelasan 1 ruang lingkup benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PPT Presentasi, diskusi
4 X 50

Materi: ruang lingkup sintaksis
Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press.
10%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi kalimat

Menjelaskan ciri-ciri kalimat

Kriteria:
  1. 2: penjelasan 2 ciri benar
  2. 1: penjelasan 1 ciri benar
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
4 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: ciri-ciri kalimat
Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi klausa

1. Menjelaskan ciri klausa 2. Membedakan klausa dengan kalimat 3. Mengidentifikasi klausa dalam berbagai kalimat

Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: klausa
Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
5%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi frasa dalam kalimat

1. Menjelaskan ciri frasa 2. Menyebutkan jenis frasa 3. Membedakan frasa dengan klausa dan kalimat 4. Mengidentifikasi frasa dalam berbagai kalimat

Kriteria:
  1. 3: penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar
  5. 5: 5 hal yang disebutkan benar
  6. 4: 4 hal yang disebutkan benar
  7. 3: 3 hal yang disebutkan benar
  8. 2: 2 hal yang disebutkan benar
  9. 1: 1 hal yang disebutkan benar
  10. 0: tidak ada hal yang benar
  11. 2: 2 hal yang disebutkan benar
  12. 1: 1 hal yang disebutkan benar
  13. 0: tidak ada hal yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: frasa dan kalimat
Pustaka: Mulyono, Iyo. 2012. Ihwal Kalimat Bahasa Indonesia dan Problematika Penggunaannya . Bandung: Yrama Widya.
10%

5

Minggu ke 5

Menganalisis kalimat berdasarkan struktur konstituennya

1. Menjelaskan konsep konstituen 2. Mengidentifikasi jenis konstituen dalam berbagai kalimat 3. Mengidentifikasi frasa berdasarkan kategori konstituennya

Kriteria:

1. Menjelaskan konsep konstituen 2. Mengidentifikasi jenis konstituen dalam berbagai kalimat 3. Mengidentifikasi frasa berdasarkan kategori konstituennya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: struktur konstituen
Pustaka: Ramlan. 1987. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis . Yogyakarta: C.V. Karyono.
5%

6

Minggu ke 6

Menganalisis kalimat berdasarkan struktur fungsi gramatikalnya

1. Menjelaskan konsep fungsi gramatikal 2. Mengidentifikasi jenis fungsi gramatikal dalam berbagai kalimat 3. Mengidentifikasi frasa berdasarkan kategori konstituennya

Kriteria:

kalimat berdasarkan struktur fungsi gramatikalnya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: kalimat berdasarkan struktur fungsi gramatikalnya
Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mengidentifikasi predikat kalimat

1. Menjelaskan ciri predikat 2. Mengidentifikasi predikat berbagai kalimat

Kriteria:

1. Menjelaskan ciri predikat 2. Mengidentifikasi predikat berbagai kalimat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: predikat kalimat
Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

1. Menjelaskan ciri subjek 2. Mengidentifikasi subjek berbagai kalimat

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press.
10%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi objek dan pelengkap kalimat

1. Menjelaskan ciri objek dan pelengkap 2. Mengidentifikasi objek dan pelengkap berbagai kalimat

Kriteria:

objek dan pelengkap kalimat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: objek dan pelengkap kalimat
Pustaka: Mulyono, Iyo. 2012. Ihwal Kalimat Bahasa Indonesia dan Problematika Penggunaannya . Bandung: Yrama Widya.
5%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi keterangan kalimat

1. Menjelaskan ciri keterangan 2. Menyebutkan jenis keterangan 3. Mengidentifikasi keterangan berbagai kalimat

Kriteria:

keterangan kalimat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: keterangan kalimat
Pustaka: Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berahasa Indonesia dengan Benar . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
5%

11

Minggu ke 11

Menganalisis kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya

1. Menjelaskan konsep peran semantis 2. Mengidentifikasi jenis peran semantis dalam struktur kalimat 3. Menganalisis kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya

Kriteria:

kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya
Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
10%

12

Minggu ke 12

Menjelaskan korespondensi kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat

1. Menjelaskan korespondensi kategori, fungsi, dan peran unsur kalimat 2. Membuat matrik korespondensi antara kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat

Kriteria:

korespondensi kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: korespondensi kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat
Pustaka: Ramlan. 1987. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis . Yogyakarta: C.V. Karyono.
5%

13

Minggu ke 13

Mengidentifikasi kalimat inti dan inti kalimat

1. Menjelaskan konsep kalimat inti dan inti kalimat 2. Mengidentifikasi kalimat inti dan inti berbagai kalimat

Kriteria:

kalimat inti dan inti kalimat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
Materi: kalimat inti dan inti kalimat
Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun kalimat dasar dan transformasi

1. Menjelaskan konsep kalimat dasar dan transformasi 2. Mengidentifikasi kalimat dasar dan transformasi dalam suatu wacana 3. menyusun beberapa kalimat dasar dan transformasi

Kriteria:

kalimat dasar dan transformasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
diskusi
Materi: kalimat dasar dan transformasi
Pustaka: Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.
5%

15

Minggu ke 15

Menyusun kalimat tunggal

1. Menjelaskan konsep kalimat tunggal 2. Mengidentifikasi kalimat tunggal dalam suatu wacana 3. menyusun beberapa kalimat tunggal

Kriteria:

kalimat tunggal


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
diskusi
Materi: kalimat tunggal
Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10%
3. Penilaian Portofolio 20%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.