
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komposisi |
7920103188 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
8 |
22 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Diding W Rohaedi, M.Hum.; Dr. Agusniar D Savitri; Arie Yuanita, M.Si.
|
Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menguasai tata kalimat bahasa Indonesia dengan memanfaatkan konsep frasa, klausa, dan kalimat melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan karangan, suntingan, dan/atau rekaman berbahasa Indonesia
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Menguasai tata kalimat bahasa Indonesia dengan memanfaatkan konsep frasa, klausa, dan kalimat melalui kegiatan tatap muka, pelatihan, tugas terstruktur, belajar mandiri, dan simulasi guna menghasilkan karangan, suntingan, dan/atau rekaman berbahasa Indonesia untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.
- Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara.
- Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press.
- Mulyono, Iyo. 2012. Ihwal Kalimat Bahasa Indonesia dan Problematika Penggunaannya . Bandung: Yrama Widya.
- Ramlan. 1987. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis . Yogyakarta: C.V. Karyono.
- Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berahasa Indonesia dengan Benar . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Sumadi. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia . Malang: A3.
|
Pendukung : |
|
- Beberapa buku dan penelitian terkait sintaksis
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami ruang lingkup sintaksis |
Menjelaskan ruang lingkup sintaksis |
Kriteria:
- 3: penjelasan 3 ruang lingkup benar
- 2: penjelasan 2 ruang lingkup benar
- 1: penjelasan 1 ruang lingkup benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PPT Presentasi, diskusi 4 X 50 |
|
Materi: ruang lingkup sintaksis Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi kalimat |
Menjelaskan ciri-ciri kalimat |
Kriteria:
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 4 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: ciri-ciri kalimat Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi klausa |
1. Menjelaskan ciri klausa 2. Membedakan klausa dengan kalimat 3. Mengidentifikasi klausa dalam berbagai kalimat |
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: klausa Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi frasa dalam kalimat |
1. Menjelaskan ciri frasa 2. Menyebutkan jenis frasa 3. Membedakan frasa dengan klausa dan kalimat 4. Mengidentifikasi frasa dalam berbagai kalimat |
Kriteria:
- 3: penjelasan 3 ciri benar
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
- 5: 5 hal yang disebutkan benar
- 4: 4 hal yang disebutkan benar
- 3: 3 hal yang disebutkan benar
- 2: 2 hal yang disebutkan benar
- 1: 1 hal yang disebutkan benar
- 0: tidak ada hal yang benar
- 2: 2 hal yang disebutkan benar
- 1: 1 hal yang disebutkan benar
- 0: tidak ada hal yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: frasa dan kalimat Pustaka: Mulyono, Iyo. 2012. Ihwal Kalimat Bahasa Indonesia dan Problematika Penggunaannya . Bandung: Yrama Widya. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis kalimat berdasarkan struktur konstituennya |
1. Menjelaskan konsep konstituen 2. Mengidentifikasi jenis konstituen dalam berbagai kalimat 3. Mengidentifikasi frasa berdasarkan kategori konstituennya |
Kriteria:
1. Menjelaskan konsep konstituen 2. Mengidentifikasi jenis konstituen dalam berbagai kalimat 3. Mengidentifikasi frasa berdasarkan kategori konstituennya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: struktur konstituen Pustaka: Ramlan. 1987. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis . Yogyakarta: C.V. Karyono. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis kalimat berdasarkan struktur fungsi gramatikalnya |
1. Menjelaskan konsep fungsi gramatikal 2. Mengidentifikasi jenis fungsi gramatikal dalam berbagai kalimat 3. Mengidentifikasi frasa berdasarkan kategori konstituennya |
Kriteria:
kalimat berdasarkan struktur fungsi gramatikalnya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: kalimat berdasarkan struktur fungsi gramatikalnya Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi predikat kalimat |
1. Menjelaskan ciri predikat 2. Mengidentifikasi predikat berbagai kalimat |
Kriteria:
1. Menjelaskan ciri predikat 2. Mengidentifikasi predikat berbagai kalimat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: predikat kalimat Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
1. Menjelaskan ciri subjek 2. Mengidentifikasi subjek berbagai kalimat |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Mulyono. 2018. Sintaksis 1: Analisis Struktur Kalimat . Surabaya: Unesa University Press. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi objek dan pelengkap kalimat |
1. Menjelaskan ciri objek dan pelengkap 2. Mengidentifikasi objek dan pelengkap berbagai kalimat |
Kriteria:
objek dan pelengkap kalimat Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: objek dan pelengkap kalimat Pustaka: Mulyono, Iyo. 2012. Ihwal Kalimat Bahasa Indonesia dan Problematika Penggunaannya . Bandung: Yrama Widya. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi keterangan kalimat |
1. Menjelaskan ciri keterangan 2. Menyebutkan jenis keterangan 3. Mengidentifikasi keterangan berbagai kalimat |
Kriteria:
keterangan kalimat Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: keterangan kalimat Pustaka: Sugono, Dendy. 2009. Mahir Berahasa Indonesia dengan Benar . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya |
1. Menjelaskan konsep peran semantis 2. Mengidentifikasi jenis peran semantis dalam struktur kalimat 3. Menganalisis kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya |
Kriteria:
kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: kalimat berdasarkan struktur peran semantisnya Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan korespondensi kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat |
1. Menjelaskan korespondensi kategori, fungsi, dan peran unsur kalimat 2. Membuat matrik korespondensi antara kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat |
Kriteria:
korespondensi kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: korespondensi kategori, fungsi, dan peran semantis unsur kalimat Pustaka: Ramlan. 1987. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis . Yogyakarta: C.V. Karyono. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mengidentifikasi kalimat inti dan inti kalimat |
1. Menjelaskan konsep kalimat inti dan inti kalimat 2. Mengidentifikasi kalimat inti dan inti berbagai kalimat |
Kriteria:
kalimat inti dan inti kalimat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
|
Materi: kalimat inti dan inti kalimat Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun kalimat dasar dan transformasi |
1. Menjelaskan konsep kalimat dasar dan transformasi 2. Mengidentifikasi kalimat dasar dan transformasi dalam suatu wacana 3. menyusun beberapa kalimat dasar dan transformasi |
Kriteria:
kalimat dasar dan transformasi Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
diskusi
|
Materi: kalimat dasar dan transformasi Pustaka: Alwi, Hasan, dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun kalimat tunggal |
1. Menjelaskan konsep kalimat tunggal 2. Mengidentifikasi kalimat tunggal dalam suatu wacana 3. menyusun beberapa kalimat tunggal |
Kriteria:
kalimat tunggal Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
diskusi
|
Materi: kalimat tunggal Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Khairah, Miftahul dan Ridwan, Sakura. 2014. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi. Jakarta: Bumi Aksara. |
5% |