Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Akuntansi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Strategi Bisnis

6220103166

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

8 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Insyirah Putikadea, S.E., M.A., CPA




Rendra Arief Hidayat, S.Pd., M.Sc.




Dr. Rohmawati Kusumaningtias, S.E., Ak., MSA.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan nilai-nilai budaya nasiona dan etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PO - 2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PO - 3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PO - 4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai konsep dan ruang lingkup strategi bisnis, kebijakan bisnis, model dan isu strategik dalam pengambilan keputusan bisnis, isu strategik dalam persaingan bisnis sejenis, perumusan matriks strategi, serta evaluasi strategi alternatif.

Pustaka

Utama :

  1. David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing
  2. John A. Pearce, II, Cornelis A. De Kluyver. 2021. Global Business Strategy. New York: Business Expert Press
  3. Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami konsep dan ruang lingkup strategi bisnis serta mampu menjelaskan kebijakan bisnis

  1. Kontrak perkuliahan
  2. Ketepatan memahami konsep strategi bisnis
  3. Ketepatan memahami ruang lingkup strategi bisnis
  4. Ketepatan mengidentifikasi perbedaan antara leader dan manajer dalam menyikapi strategi
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan memahami dan mengidentifikasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 1-2
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 1-2
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami konsep dan ruang lingkup strategi bisnis serta mampu menjelaskan kebijakan bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan kebijakan bisnis
  2. Ketepatan menjelaskan tahap perumusan strategi
  3. Ketepatan menggambarkan model strategi pada bisnis
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 2-4
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 1-2
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

3

Minggu ke 3

Mampu mengidentifikasi isu strategik dalam pengambilan keputusan bisnis

  1. Ketepatan mengidentifikasi isu-isu strategik
  2. Ketepatan menganalisa isu strategik dan isu non strategik
  3. Ketepatan menghubungkan isu strategis dengan perumusan strategi dalam pengambilan keputusan bisnis
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi dan menganalisa


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 3-4
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 1-3
Pustaka: John A. Pearce, II, Cornelis A. De Kluyver. 2021. Global Business Strategy. New York: Business Expert Press

Materi: Chapter 1-2
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mengidentifikasi isu strategik dalam persaingan bisnis

  1. Ketepatan mngidentifikasi isu strategik persaingan bisnis
  2. Ketepatan Menjelaskan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis
  3. Ketepatan menggambarkan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis dari sisi internal perusahaan dan eksternal perusahaan
  4. Ketepatan menganalisa langkah menghindari persaingan bisnis tidak sehat melalui pendekatan blue ocean strategy
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisa


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 3-4
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengidentifikasi isu strategik dalam persaingan bisnis

  1. Ketepatan mngidentifikasi isu strategik persaingan bisnis
  2. Ketepatan Menjelaskan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis
  3. Ketepatan menggambarkan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis dari sisi internal perusahaan dan eksternal perusahaan
  4. Ketepatan menganalisa langkah menghindari persaingan bisnis tidak sehat melalui pendekatan blue ocean strategy
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisa


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 3-4
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

6

Minggu ke 6

Mampu mengidentifikasi isu strategik dalam persaingan bisnis

  1. Ketepatan mngidentifikasi isu strategik persaingan bisnis
  2. Ketepatan Menjelaskan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis
  3. Ketepatan menggambarkan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis dari sisi internal perusahaan dan eksternal perusahaan
  4. Ketepatan menganalisa langkah menghindari persaingan bisnis tidak sehat melalui pendekatan blue ocean strategy
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisa


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 3-4
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengidentifikasi isu strategik dalam persaingan bisnis

  1. Ketepatan mngidentifikasi isu strategik persaingan bisnis
  2. Ketepatan Menjelaskan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis
  3. Ketepatan menggambarkan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis dari sisi internal perusahaan dan eksternal perusahaan
  4. Ketepatan menganalisa langkah menghindari persaingan bisnis tidak sehat melalui pendekatan blue ocean strategy
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisa


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 3-4
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

8

Minggu ke 8

Mampu mengidentifikasi isu strategik dalam persaingan bisnis

  1. Ketepatan mngidentifikasi isu strategik persaingan bisnis
  2. Ketepatan Menjelaskan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis
  3. Ketepatan menggambarkan faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis dari sisi internal perusahaan dan eksternal perusahaan
  4. Ketepatan menganalisa langkah menghindari persaingan bisnis tidak sehat melalui pendekatan blue ocean strategy
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisa


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 3-4
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
15%

9

Minggu ke 9

Mampu menjelaskan isu strategik dalam kerjasama perusahaan

  1. Ketepatan menjelaskan isu strategik yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan
  2. Ketepatan mengimplementasikan teori berlian Porter guna meningkatkan daya saing di suatu wilayah
  3. Ketepatan menjelaskan kluster bisnis dalam meningkatkan saya saing
  4. Ketepatan mengidentifikasi manfaat kerjasama perusahaan guna meningkatkan daya saing bisnis sejenis
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: John A. Pearce, II, Cornelis A. De Kluyver. 2021. Global Business Strategy. New York: Business Expert Press

Materi: Chapter 5-6
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menjelaskan isu strategik dalam kerjasama perusahaan

  1. Ketepatan menjelaskan isu strategik yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan
  2. Ketepatan mengimplementasikan teori berlian Porter guna meningkatkan daya saing di suatu wilayah
  3. Ketepatan menjelaskan kluster bisnis dalam meningkatkan saya saing
  4. Ketepatan mengidentifikasi manfaat kerjasama perusahaan guna meningkatkan daya saing bisnis sejenis
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengimplementasikan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 5-6
Pustaka: John A. Pearce, II, Cornelis A. De Kluyver. 2021. Global Business Strategy. New York: Business Expert Press

Materi: Chapter 5-6
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

11

Minggu ke 11

Mampu membedakan strategi generik

  1. Ketepatan menjelaskan konsep strategi generik
  2. Ketepatan mengidentifikasi manfaat strategi generik dalam perusahaan
  3. Ketepatan mengidentifikasi jenis strategi generik
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan mengidentifikasi, menjelaskan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 10-12
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing
5%

12

Minggu ke 12

Mampu merumuskan strategi dengan pendekatan matriks strategi bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan matriks strategi bisnis
  2. Ketepatan merumuskan strategi bisnis dengan pendekatan matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT
  3. Ketepatan menganalisis beberapa pendekatan matriks tersebut dalam strategi alternatif
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan menjelaskan, merumuskan, dan menganalisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 10-12
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

13

Minggu ke 13

Mampu merumuskan strategi dengan pendekatan matriks strategi bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan matriks strategi bisnis
  2. Ketepatan merumuskan strategi bisnis dengan pendekatan matriks IFE, EFE, IE, dan SWOT
  3. Ketepatan menganalisis beberapa pendekatan matriks tersebut dalam strategi alternatif
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan menjelaskan, merumuskan, dan menganalisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Observasi dan membuat laporan terkait dengan strategi bisnis organisasi
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 10-12
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengevaluasi alternatif strategi bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan teknik evaluasi alternatif strategi bisnis
  2. Ketepatan mengimplementasikan teknik evaluasi alternatif strategi bisnis berdasarkan suitability, feasibility, dan acceptability
  3. Ketepatan menganalisis hasil evaluasi alternatif strategi bisnis
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan menjelaskan, mengimplementasikan, dan menganalisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Mahasiswa menyusun draft laporan akhir
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 11-12
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 11-12
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengevaluasi alternatif strategi bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan teknik evaluasi alternatif strategi bisnis
  2. Ketepatan mengimplementasikan teknik evaluasi alternatif strategi bisnis berdasarkan suitability, feasibility, dan acceptability
  3. Ketepatan menganalisis hasil evaluasi alternatif strategi bisnis
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan menjelaskan, mengimplementasikan, dan menganalisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Mahasiswa menyusun draft laporan akhir
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 11-12
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 11-12
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
5%

16

Minggu ke 16

Mampu mengevaluasi alternatif strategi bisnis

  1. Ketepatan menjelaskan teknik evaluasi alternatif strategi bisnis
  2. Ketepatan mengimplementasikan teknik evaluasi alternatif strategi bisnis berdasarkan suitability, feasibility, dan acceptability
  3. Ketepatan menganalisis hasil evaluasi alternatif strategi bisnis
Kriteria:

Rubrik deskriptif; Ketepatan menjelaskan, mengimplementasikan, dan menganalisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan

Proyek Mahasiswa: Mahasiswa menyusun draft laporan akhir
3 x 50
Perkuliahan dilaksanakan melalui LMS Vinesa: SIDIA
3 x 50
Materi: Chapter 11-12
Pustaka: David Campbell, David Edgar & George Stonehouse. 2017. Business Strategy: An Introduction. UK: Bloomsbury Publishing

Materi: Chapter 11-12
Pustaka: Fred R. David, Forest R. David, Meredith E. David. 2023. Strategic Management: a Competitive Advantage Approach. UK: Pearson
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Praktik / Unjuk Kerja 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.