
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Musik Ilustrasi Drama |
8820902241 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
24 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembelajarandan pengembangan keterampilan tentang jenis, fungsi dan teknik penataan suarauntuk panggung dan media elektronika berdasarkan lakon/naskah drama.Pengetahuan tentang efek yang ditimbulkan oleh bunyi dan sound system gunamengembangkan pencarian bentuk baru penataan suara |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Edwin Wilson , 1988,The Theatre Experience, New York:McGraw-Hill Book Company
- AutarAbdillah, 2008,Dramaturgi I,Surabaya: Unesa Press
- Putu Wijaya, 2007, Teater, BukuPelajaran Seni Budaya, Jakarta: LPSN
- N. Riantiarno, 2003,Menyentuh Teater, Tanya Jawab Seputar Teater Kita,Jakarta: MU: 3 Books
- A. Adjib Hamzah, 1985,Pengantar Bermain Drama, Bandung: Rosda Karya
- HermanJ. Waluyo, 2001,Drama dan TeoriPengajarannya, Hanindata Graha Widya
- Santoso, Eko. 2008,Pengetahuan Teater,Jakarta : DirektoratPembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Heri Murbiyantoro, M.Pd. Joko Winarko, S.Sn., M.Sn. Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan pengertian Tata suara dan efek. |
Menjelaskan pengertian tata suara dan Efek |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian soun dengan benar |
Diskusi dan ceramah 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menjelaskan fungsi tata suara dan efek |
ahasiswa mampu memahami fungsi tata suara dan efek |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menguraikan kis kisi hakekat sound dan fungsinya |
Ceramah dan diskusi 1 X 1 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menjelaskan perkembangan tata suara dan efek |
Mahasiswa Mampu menjelaskan perkembangan tata suara dan efek |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menjelaskan sjarah perkembangan sound dengan menggunakan perlatan musik modern |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menguasai tata suar dan efek music manual |
Mahasiswa mampu menguasai tata laksana sound efekc musik manual |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menciptakan suasana tertentu dari efek bunyi peralatan musik manual atau akustik |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai tata suar dan efek music manual |
Mahasiswa mampu menciptakan bunyi mimetik alam tata suar dan efek music manual |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menciptakan produksi bunyi mimetik alam |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Menguasai tata suar dan efek music manual |
Mahasiswa mampu menguasai dan mengoprasikan tata suar dan efek music manual |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika menguasai teknik oprasional sound dan menemukan temuan metode penghasil bunyi |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Menguasai tata suar dan efek music tekno |
Mahasiswa mampu mengoprasionalkan dan menguasai teknik penciptaan bunyi dari tata suar dan efek music tekhno |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan belajar jika mampu mengoprasikan dan menemukan sumber bunyi serta memproduksinya dalam bentuk suasana dari softwere |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Membuat musik efek atau musik iringan sebuah lakon dari berbagai macam sumber alat |
Mahasiswa mempunyai kemampuan mengungkap suasana melalui bunyiMahasiswa mampu mengaplikasikan kemampuanya mengolah bunyi dan peralatan |
Kriteria:
Mahasiswa dianggap mencapai ketuntsan materi belajarnya jika mampu mensinergikan gagasan dalam bentuk peristiwa dan bunyi |
Unjuk kerja 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai tata suar dan efek music tekhno |
Mahasiswa mampu menguasai teknik tata suar dan efek music elektrik dan komputer |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menguasai secara teknis oprasional softwere komputer untuk menciptakan bunyi |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai tata suar dan efek music tekhno |
Mahasiswa mampu mengoprasikan dan membuat komposisi bunyi dari hasil eksplorasi tata suar dan efek music elektrik dan komputer |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu mengoprasikan komputer dan memproduksi bunyi |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memciptakan tata suara dan efek ilustrasi dengan menggunakan music manual, elektronik dan komputer |
Mahasiswa mampu menguasai dan menciptakan komposisi bunyi dari teknik tata suar dan efek music manual, elektrik dan komputer |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menciptakan produksi bunyi dari ansambel komputer, akustik dan alt musik elektronik |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memciptakan tata suara dan efek ilustrasi dengan menggunakan music manual, elektronik dan komputer |
Mahasiswa mampu membuat komposisi ansambel yang dihasilkan dari tata suar dan efek music manual, elektrik dan komputer |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu membuat komposisi dari sumber bunyi yang berbedaTer |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memciptakan tata suara dan efek ilustrasi dengan menggunakan music manual, elektronik dan komputer |
Mahasiswa mampu mengoprasikan dan membuat komposisi tata suar dan efek music manual, elektrik dan komputer |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai berhasil mencapai ketuntasan materi jika mampu melakukan kerja ansambel dengan berbagai alat dan berbagai skill |
Praktek, unjuk kerja 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memciptakan tata suara dan efek dengan mengabungkan unsure efek |
Mahasiswa mampu Menguasi kemungkinan menciptakan tata suara dan efek dengan menggunakan alat alternative seperti DJ |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan belajar jika bisa mengoprasikan peralatan dj |
Praktek, unjuk kerja, latihan 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menejemen produksi Pementasan |
Mahasiswa mampu menyajikan temuanya dalam bentuk Menyelenggarakan pertunjukan secara sederhana |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materinya jika mampu melakukan kerja ansambel dalam produksi karya yang terorganisir dengan baik dengan manajemen pertunjukan free style |
Praktek 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Menejemen produksi Pementasan |
Penataan soud dan hasil penciptaan music ilustrasi dengan menggunakan beberapa unsure dalam pertunjukan pantomim |
Kriteria:
Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan belajarnya jika mampu melakukan kerja kolektif dan menciptakan karya dalam sebuah pertunjukan secara harmoni |
Praktek/unjuk kerja 2 X 50 |
|
|
0% |