Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Musik Ilustrasi Drama

8820902241

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

24 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembelajarandan pengembangan keterampilan tentang jenis, fungsi dan teknik penataan suarauntuk panggung dan media elektronika berdasarkan lakon/naskah drama.Pengetahuan tentang efek yang ditimbulkan oleh bunyi dan sound system gunamengembangkan pencarian bentuk baru penataan suara

Pustaka

Utama :

  1. Edwin Wilson , 1988,The Theatre Experience, New York:McGraw-Hill Book Company
  2. AutarAbdillah, 2008,Dramaturgi I,Surabaya: Unesa Press
  3. Putu Wijaya, 2007, Teater, BukuPelajaran Seni Budaya, Jakarta: LPSN
  4. N. Riantiarno, 2003,Menyentuh Teater, Tanya Jawab Seputar Teater Kita,Jakarta: MU: 3 Books
  5. A. Adjib Hamzah, 1985,Pengantar Bermain Drama, Bandung: Rosda Karya
  6. HermanJ. Waluyo, 2001,Drama dan TeoriPengajarannya, Hanindata Graha Widya
  7. Santoso, Eko. 2008,Pengetahuan Teater,Jakarta : DirektoratPembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Heri Murbiyantoro, M.Pd.

Joko Winarko, S.Sn., M.Sn.

Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan pengertian Tata suara dan efek.

Menjelaskan pengertian tata suara dan Efek

Kriteria:

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian soun dengan benar

Diskusi dan ceramah
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mampu menjelaskan fungsi tata suara dan efek

ahasiswa mampu memahami fungsi tata suara dan efek

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menguraikan kis kisi hakekat sound dan fungsinya

Ceramah dan diskusi
1 X 1

0%

3

Minggu ke 3

Mampu menjelaskan perkembangan tata suara dan efek

Mahasiswa Mampu menjelaskan perkembangan tata suara dan efek

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menjelaskan sjarah perkembangan sound dengan menggunakan perlatan musik modern

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Menguasai tata suar dan efek music manual

Mahasiswa mampu menguasai tata laksana sound efekc musik manual

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menciptakan suasana tertentu dari efek bunyi peralatan musik manual atau akustik

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menguasai tata suar dan efek music manual

Mahasiswa mampu menciptakan bunyi mimetik alam tata suar dan efek music manual

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menciptakan produksi bunyi mimetik alam

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Menguasai tata suar dan efek music manual

Mahasiswa mampu menguasai dan mengoprasikan tata suar dan efek music manual

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika menguasai teknik oprasional sound dan menemukan temuan metode penghasil bunyi

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Menguasai tata suar dan efek music tekno

Mahasiswa mampu mengoprasionalkan dan menguasai teknik penciptaan bunyi dari tata suar dan efek music tekhno

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan belajar jika mampu mengoprasikan dan menemukan sumber bunyi serta memproduksinya dalam bentuk suasana dari softwere

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Membuat musik efek atau musik iringan sebuah lakon dari berbagai macam sumber alat

Mahasiswa mempunyai kemampuan mengungkap suasana melalui bunyiMahasiswa mampu mengaplikasikan kemampuanya mengolah bunyi dan peralatan

Kriteria:

Mahasiswa dianggap mencapai ketuntsan materi belajarnya jika mampu mensinergikan gagasan dalam bentuk peristiwa dan bunyi

Unjuk kerja
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Menguasai tata suar dan efek music tekhno

Mahasiswa mampu menguasai teknik tata suar dan efek music elektrik dan komputer

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menguasai secara teknis oprasional softwere komputer untuk menciptakan bunyi

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Menguasai tata suar dan efek music tekhno

Mahasiswa mampu mengoprasikan dan membuat komposisi bunyi dari hasil eksplorasi tata suar dan efek music elektrik dan komputer

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu mengoprasikan komputer dan memproduksi bunyi

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

Memciptakan tata suara dan efek ilustrasi dengan menggunakan music manual, elektronik dan komputer

Mahasiswa mampu menguasai dan menciptakan komposisi bunyi dari teknik tata suar dan efek music manual, elektrik dan komputer

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu menciptakan produksi bunyi dari ansambel komputer, akustik dan alt musik elektronik

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Memciptakan tata suara dan efek ilustrasi dengan menggunakan music manual, elektronik dan komputer

Mahasiswa mampu membuat komposisi ansambel yang dihasilkan dari tata suar dan efek music manual, elektrik dan komputer

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materi jika mampu membuat komposisi dari sumber bunyi yang berbedaTer

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Memciptakan tata suara dan efek ilustrasi dengan menggunakan music manual, elektronik dan komputer

Mahasiswa mampu mengoprasikan dan membuat komposisi tata suar dan efek music manual, elektrik dan komputer

Kriteria:

Mahasiswa dinilai berhasil mencapai ketuntasan materi jika mampu melakukan kerja ansambel dengan berbagai alat dan berbagai skill

Praktek, unjuk kerja
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Memciptakan tata suara dan efek dengan mengabungkan unsure efek

Mahasiswa mampu Menguasi kemungkinan menciptakan tata suara dan efek dengan menggunakan alat alternative seperti DJ

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan belajar jika bisa mengoprasikan peralatan dj

Praktek, unjuk kerja, latihan
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menejemen produksi Pementasan

Mahasiswa mampu menyajikan temuanya dalam bentuk Menyelenggarakan pertunjukan secara sederhana

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan materinya jika mampu melakukan kerja ansambel dalam produksi karya yang terorganisir dengan baik dengan manajemen pertunjukan free style

Praktek
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16

Menejemen produksi Pementasan

Penataan soud dan hasil penciptaan music ilustrasi dengan menggunakan beberapa unsure dalam pertunjukan pantomim

Kriteria:

Mahasiswa dinilai mencapai ketuntasan belajarnya jika mampu melakukan kerja kolektif dan menciptakan karya dalam sebuah pertunjukan secara harmoni

Praktek/unjuk kerja
2 X 50

0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.