
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pemerintahan Daerah |
6320103653 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
EVA HANY FANIDA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Menguasai konsep pelayanan publik, governansi dan pembangunan, pemerintahan daerah, serta governansi digital. |
PLO-11 |
Mampu menyusun analisis kebijakan dalam ruang lingkup dan kompleksitas tertentu. |
PLO-12 |
Mampu memimpin dan mengelola organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah. |
PLO-13 |
Mampu mengorganisasikan kegiatan pelayanan publik dan pembangunan, baik organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang memenuhi kepentingan publik yang berintegritas. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dan teori administrasi pemerintahan daerah.
|
PO - 2 |
Menganalisis struktur organisasi pemerintahan daerah
|
PO - 3 |
Mengidentifikasi permasalahan dan tantangan dalam administrasi pemerintahan daerah
|
PO - 4 |
Merumuskan kebijakan publik di tingkat pemerintahan daerah
|
PO - 5 |
Mengaplikasikan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)
|
PO - 6 |
Menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja pemerintahan daerah
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-11 | PLO-12 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | | ✔ | PO-5 | | | | ✔ | PO-6 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan gambaran serta penjelasan tentang konsep dasar pemerintahan daerah, azas penyelenggaraan pemerintahan daerah, pola hubungan pemerintahan pusat dan daerah, pembagian kewenangan serta konsep pemerintahan lokal. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan konsep dasar serta azas penyelenggaraan pemerintahan daerah dan juga mampu untuk menganalisis perbedaan antara kewenangan yang ada di pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu
- Mahmudi. 2012. Analisis Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah. UPP STIM YKPN
- Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu
- Smith, Kevin B. 2014. Governing States and Localities. SAGE Publication Ltd.
- Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
- Rosenbloom, David H; dan Kravichuk Robert S. 2005. Public Administration: Understanding Management Politics and Law in the Public Sector. Mc Graw Hill
- Wasistiono, Sadu; dan Petrus Polyando. 2017. Politik Desentralisasi di Indonesia. Edisi Revisi yang diperluas. Sumedang: IPDN Press.
- Smith, Kevin B. 2014. Governing States and Localities. SAGE Publication Ltd.
- Smith, Kevin B. 2014. State and Local Government. SAGE Publica Lions (Asia Pasifik)
- Fauzi, M. (2023). Desentralisasi dan Otonomi Daerah: Teori, Implementasi, dan Tantangan. Jakarta: Penerbit Media Abadi.
|
Pendukung : |
|
- Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Prabowo, H., & Syamsuddin, A. (2024). Kebijakan Pemerintahan Daerah dalam Konteks Otonomi dan Kemandirian Daerah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Dosen Pengampu
|
MUHAMMAD FARID MA'RUF GALIH WAHYU PRADANA M. NOER FALAQ AL AMIN Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP. Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP. M.Noer Falaq Al Amin, S.I.P., M.K.P. M. Noer Falaq Al Amin, SIP., M.KP. Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si. Galih Wahyu Pradana, S.A.P., M.Si. M.Noer Falaq Al Amin, S.I.P., M.K.P. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian otonomi daerah dan pemerintah daerah. |
Menjelaskan sistem otonomi daerah dan dasar pembentukan pemerintah daerah. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Mimbar
Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Otonomi dan Pemerintah Daerah Pustaka: Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sentralisasi, dekosentrasi dan tugas pembantuan dalam penyelenggaran pemerintahan. |
- Menjelaskan perbedaan sentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan.
- Menganalisis hak dan kewajiban pemerintah daerah.
- Mengidentifikasikan aktor birokrasi lokal.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kelompok KerjaDiskusi 3 X 50 |
|
Materi: Sentralisasi, dekosentrasi dan tugas pembantuan dalam penyelenggaran pemerintahan. Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sentralisasi, dekosentrasi dan tugas pembantuan dalam penyelenggaran pemerintahan. |
- Menjelaskan perbedaan sentralisasi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan.
- Menganalisis hak dan kewajiban pemerintah daerah.
- Mengidentifikasikan aktor birokrasi lokal.
|
Kriteria:
Mampu menjelaskan konsep sentralisasi, dekosentrasi dan tugas pembantuan dalam penyelenggaran pemerintahan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kelompok Kerja
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Sentralisasi, dekosentrasi dan tugas pembantuan dalam penyelenggaran pemerintahan. Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pola hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah. |
- Menjelaskan pola hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.
- Mengidentifikasi pola-pola penyelenggaraan pemerintahan daerah di masing- masing daerah.
|
Kriteria:
Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam mengkaitkan hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, menganalisis pembagian urusan dan potensi daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kelompok Kerja
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Pola hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pola hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah. |
- Menjelaskan pola hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.
- Mengidentifikasi pola-pola penyelenggaraan pemerintahan daerah di masing- masing daerah.
|
Kriteria:
Lembar penilaian 2 digunakan untuk menilai penguasaan mahasiswa dalam mengkaitkan hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, menganalisis pembagian urusan dan potensi daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kelompok Kerja
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Pola hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis persyaratan dan prosedur kewenangan ke daerah. |
- Mampu menejelaskan persyaratan penyerahan kewenangan.
- Mampu menganalisis faktor-faktor penghambat penyerahan kewenangan.
- Mampu mengidentifikasi ego sektoral daerah dalam bekerja sama.
|
Kriteria:
Pemahaman terhadap materi fungsi dan tugas penyelenggara pemerintah daerah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Mimbar
Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Persyaratan dan prosedur kewenangan ke daerah Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis persyaratan dan prosedur kewenangan ke daerah. |
- Mampu menejelaskan persyaratan penyerahan kewenangan.
- Mampu menganalisis faktor-faktor penghambat penyerahan kewenangan.
- Mampu mengidentifikasi ego sektoral daerah dalam bekerja sama.
|
Kriteria:
Pemahaman terhadap materi fungsi dan tugas penyelenggara pemerintah daerah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah Mimbar
Tanya Jawab 3 X 50 |
|
Materi: Persyaratan dan prosedur kewenangan ke daerah Pustaka: Afiffudin. 2014. Administrasi Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
7% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) |
Mahasiswa menguasai Materi Pertemuan pertama sampai Ketujuh |
Kriteria:
Jumlah skor per butir soal Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Ujian Tertulis 3 X 50 |
|
Materi: Materi 1-7 Pustaka: Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan keuangan daerah. |
- Mampu menjelaskan proses pengelolaan keuangan daerah.
- Mampu mengidentifikasi faktor-faktor lemahnya pengawasan keuangan daerah.
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan keuangan daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Mimbar
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Keuangan Daerah Pustaka: Mahmudi. 2012. Analisis Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah. UPP STIM YKPN |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menjelaskan keuangan daerah. |
- Mampu menjelaskan proses pengelolaan keuangan daerah.
- Mampu mengidentifikasi faktor-faktor lemahnya pengawasan keuangan daerah.
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan keuangan daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Mimbar
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Keuangan Daerah Pustaka: Mahmudi. 2012. Analisis Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah. UPP STIM YKPN |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan peranan masing-masing lembaga Pemerintahan Daerah. |
- Mampu menjelaskan hubungan kepala daerah dengan DPRD.
- Mampu menganalisis pola hubungan instansi vertikal pada pemerintah daerah.
- Mampu mengidentifikasi faktor-faktor penghambat pola hubungan tersebut.
|
Kriteria:
Mampu menjelaskan peranan masing-masing lembaga Pemerintahan Daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbarTanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Peranan lembaga Pemerintahan Daerah Pustaka: Wasistiono, Sadu; dan Petrus Polyando. 2017. Politik Desentralisasi di Indonesia. Edisi Revisi yang diperluas. Sumedang: IPDN Press. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan produk-produk kebijakan daerah. |
Mampu menjelaskan berbagai produk kebijakan, siapa pelaksananya dan mekanisme evaluasi kebijakan tersebut. |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan produk-produk kebijakan daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbarTanya jawab 3 X 50 |
|
Materi: Produk-produk kebijakan daerah Pustaka: Wasistiono, Sadu; dan Petrus Polyando. 2017. Politik Desentralisasi di Indonesia. Edisi Revisi yang diperluas. Sumedang: IPDN Press. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menjelaskan pelayanan pemerintahan daerah. |
- Mampu menjelaskan jenis-jenis pelayanan Pemerintahan Daerah.
- Mampu menganalisis fungsi pelayanan Pemerintahan Daerah.
- Mampu mengidentifikasi kesejahteraan masyarakat pengguna pelayanan.
|
Kriteria:
Mampu menjelaskan pelayanan pemerintahan daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Pelayanan pemerintahan daerah. Pustaka: Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menjelaskan pelayanan pemerintahan daerah. |
- Mampu menjelaskan jenis-jenis pelayanan Pemerintahan Daerah.
- Mampu menganalisis fungsi pelayanan Pemerintahan Daerah.
- Mampu mengidentifikasi kesejahteraan masyarakat pengguna pelayanan.
|
Kriteria:
Mampu menjelaskan pelayanan pemerintahan daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah mimbar
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Pelayanan pemerintahan daerah. Pustaka: Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Graha Ilmu |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pembinaan dan pengawasan Pemerintahan Daerah. |
- Mampu menjelaskan prosedur pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah.
- Mampu menganalisis mekanisme pengawasan oleh masyarakat.
|
Kriteria:
Mahasiswa mampu menjelaskan pembinaan dan pengawasan Pemerintahan Daerah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Mimbar
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Pembinaan dan pengawasan Pemerintahan Daerah Pustaka: Wasistiono, Sadu; dan Petrus Polyando. 2017. Politik Desentralisasi di Indonesia. Edisi Revisi yang diperluas. Sumedang: IPDN Press. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
|
Jumlah skor per butir soal |
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 3 x 50 |
|
Materi: Materi 9 - 16 Pustaka: Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah |
30% |