Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA TINJU

8520204743

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

3 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teknik dan strategi dasar tinju dalam skenario latihan yang berbeda untuk meningkatkan performa atlet (C3)

PO - 2

Menganalisis video pertandingan tinju untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet serta lawan mereka (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas program latihan berdasarkan output performa atlet dan memberikan rekomendasi perbaikan (C5)

PO - 4

Menciptakan rencana pelatihan yang inovatif berdasarkan analisis data performa atlet yang terkini (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip-prinsip biomekanika untuk meningkatkan teknik pukulan dan pertahanan atlet tinju (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet dan mengembangkan strategi untuk mengoptimalkan kinerja mental mereka (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi nutrisi untuk atlet tinju berdasarkan kebutuhan energi dan pemulihan mereka (C5)

PO - 8

Menciptakan metode evaluasi performa yang baru dan lebih efektif menggunakan teknologi terkini (C6)

PO - 9

Menerapkan etika dan nilai-nilai keolahragaan dalam setiap aspek pelatihan dan kompetisi tinju (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai pendekatan pelatihan dari berbagai budaya untuk mengembangkan program pelatihan yang inklusif dan efektif (C4)

PO - 11

Menganalisis dan mengevaluasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-9PLO-12
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      
PO-6      
PO-7      
PO-8      
PO-9    
PO-10     
PO-11      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Tinju pada jenjang S1 program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet tinju. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik analisis performa atlet tinju, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik tinju, strategi pertandingan, dan faktor-faktor penentu keberhasilan atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik analisis performa atlet tinju, serta penerapan pengetahuan tersebut dalam meningkatkan kinerja atlet tinju secara efektif dan efisien.

Pustaka

Utama :

  1. Androulakis-Korakakis, P., Fisher, J. P., & Steele, J. (2020). The Minimum Effective Training Dose Required to Increase 1RM Strength in ResistanceTrained Men: A Systematic Review and Meta-Analysis. In Sports Medicine. https://doi.org/10.1007/s40279-019-01236-0.
  2. Abdurrojak, H., & Imanudin, I. (2016). Hubungan Antara Reaction Time Dan Kekuatan Maksimal Otot Lengan Dengan Kecepatan Pukulan Pada Cabang Olahraga Tinju. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i2.2681
  3. Abdimas Julio Virsa. (2016). Analisis Pukulan Hook Terhadap Perolehan Poin Tim Tinju Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Kejuaraan Tinju Amatir Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) Cup Tahun 2016. Repository UNJ.

Pendukung :

  1. Abdurrojak, H., & Imanudin, I. (2016). Hubungan Antara Reaction Time Dan Kekuatan Maksimal Otot Lengan Dengan Kecepatan Pukulan Pada Cabang Olahraga Tinju. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i2.2681

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dan strategi dasar tinju dalam skenario latihan yang berbeda untuk meningkatkan performa atlet (C3)

  1. Pemahaman teknik dasar tinju
  2. Kemampuan menerapkan strategi tinju dalam latihan
  3. Kreativitas dalam mengadaptasi teknik dan strategi tinju

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan teknik dan strategi tinju dalam skenario latihan, Pengumpulan video demonstrasi penerapan teknik tinju
Materi: Teknik dasar tinju (stance, jab, cross, hook, uppercut), Strategi tinju (counter-punching, in-fighting, out-fighting), Penerapan teknik dan strategi dalam skenario latihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
1%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis video pertandingan tinju dengan baik untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet serta lawan mereka.

  1. analisis kekuatan atlet
  2. analisis kelemahan atlet
  3. analisis kekuatan lawan
  4. analisis kelemahan lawan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Video.
Diskusi Online tentang Analisis Performa Atlet Tinju
Materi: Teknik Analisis Video Pertandingan Tinju, Strategi Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Atlet, Penilaian Performa Lawan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan kognitif tingkat evaluasi (C5) dalam Taksonomi Bloom, yaitu mampu mengevaluasi efektivitas program latihan atlet berdasarkan output performa atlet dan memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat.

  1. Analisis data performa atlet
  2. Identifikasi kelemahan program latihan
  3. Merumuskan rekomendasi perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis data performa atlet dan rekomendasi perbaikan
Materi: Analisis data performa atlet, Teknik evaluasi program latihan, Strategi perbaikan performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan atlet tinju berdasarkan data performa terkini, merancang program pelatihan yang inovatif, dan mampu menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan performa atlet.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan pelatihan atlet
  2. Kemampuan merancang program pelatihan inovatif
  3. Kemampuan menerapkan strategi pelatihan yang efektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis data performa atlet tinju dan perancangan program pelatihan inovatif
Materi: Analisis data performa atlet tinju, Identifikasi kebutuhan pelatihan atlet, Perancangan program pelatihan inovatif, Strategi pelatihan yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rencana pelatihan yang inovatif untuk atlet tinju berdasarkan analisis data performa terkini

  1. Rencana pelatihan inovatif
  2. Keterkaitan dengan analisis data performa atlet
  3. Kreativitas dalam merancang program pelatihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan: Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Materi: Analisis data performa atlet tinju, Pengembangan rencana pelatihan inovatif, Implementasi program pelatihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip biomekanika untuk meningkatkan teknik pukulan dan pertahanan atlet tinju.

  1. Pemahaman konsep biomekanika
  2. Kemampuan mengaplikasikan prinsip-prinsip biomekanika dalam teknik pukulan dan pertahanan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran aktif melalui diskusi, simulasi, dan praktik langsung.
Diskusi daring tentang penerapan biomekanika dalam teknik pukulan dan pertahanan tinju
Materi: Konsep biomekanika, Penerapan biomekanika dalam teknik pukulan, Penerapan biomekanika dalam pertahanan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet tinju serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan kinerja mental atlet.

  1. Analisis dampak psikologis kompetisi
  2. Pengembangan strategi kinerja mental

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang strategi kinerja mental atlet
Materi: Teori psikologi dalam olahraga, Strategi kinerja mental atlet, Studi kasus atlet tinju
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 15.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Penilaian Portofolio 6.67%
4. Praktik / Unjuk Kerja 4.17%
31.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.