
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA TINJU |
8520204743 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
5 |
3 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-12 |
Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan teknik dan strategi dasar tinju dalam skenario latihan yang berbeda untuk meningkatkan performa atlet (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis video pertandingan tinju untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet serta lawan mereka (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas program latihan berdasarkan output performa atlet dan memberikan rekomendasi perbaikan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan rencana pelatihan yang inovatif berdasarkan analisis data performa atlet yang terkini (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan prinsip-prinsip biomekanika untuk meningkatkan teknik pukulan dan pertahanan atlet tinju (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet dan mengembangkan strategi untuk mengoptimalkan kinerja mental mereka (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi nutrisi untuk atlet tinju berdasarkan kebutuhan energi dan pemulihan mereka (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metode evaluasi performa yang baru dan lebih efektif menggunakan teknologi terkini (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan etika dan nilai-nilai keolahragaan dalam setiap aspek pelatihan dan kompetisi tinju (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai pendekatan pelatihan dari berbagai budaya untuk mengembangkan program pelatihan yang inklusif dan efektif (C4)
|
PO - 11 |
Menganalisis dan mengevaluasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-9 | PLO-12 | PO-1 | | | | | | | PO-2 | | | | | | | PO-3 | | | | | | | PO-4 | | | | | | | PO-5 | | | | | | | PO-6 | | | | | | | PO-7 | | | | | | | PO-8 | | | | | | | PO-9 | ✔ | ✔ | | | | | PO-10 | | ✔ | | | | | PO-11 | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Tinju pada jenjang S1 program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teknik analisis performa atlet tinju. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode dan teknik analisis performa atlet tinju, termasuk pengukuran fisik, evaluasi teknik tinju, strategi pertandingan, dan faktor-faktor penentu keberhasilan atlet. Ruang lingkup mata kuliah mencakup teori dan praktik analisis performa atlet tinju, serta penerapan pengetahuan tersebut dalam meningkatkan kinerja atlet tinju secara efektif dan efisien. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Androulakis-Korakakis, P., Fisher, J. P., & Steele, J. (2020). The Minimum Effective Training Dose Required to Increase 1RM Strength in ResistanceTrained Men: A Systematic Review and Meta-Analysis. In Sports Medicine. https://doi.org/10.1007/s40279-019-01236-0.
- Abdurrojak, H., & Imanudin, I. (2016). Hubungan Antara Reaction Time Dan Kekuatan Maksimal Otot Lengan Dengan Kecepatan Pukulan Pada Cabang Olahraga Tinju. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i2.2681
- Abdimas Julio Virsa. (2016). Analisis Pukulan Hook Terhadap Perolehan Poin Tim Tinju Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Kejuaraan Tinju Amatir Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) Cup Tahun 2016. Repository UNJ.
|
Pendukung : |
|
- Abdurrojak, H., & Imanudin, I. (2016). Hubungan Antara Reaction Time Dan Kekuatan Maksimal Otot Lengan Dengan Kecepatan Pukulan Pada Cabang Olahraga Tinju. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i2.2681
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik dan strategi dasar tinju dalam skenario latihan yang berbeda untuk meningkatkan performa atlet (C3) |
- Pemahaman teknik dasar tinju
- Kemampuan menerapkan strategi tinju dalam latihan
- Kreativitas dalam mengadaptasi teknik dan strategi tinju
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik dan strategi tinju dalam skenario latihan, Pengumpulan video demonstrasi penerapan teknik tinju
|
Materi: Teknik dasar tinju (stance, jab, cross, hook, uppercut), Strategi tinju (counter-punching, in-fighting, out-fighting), Penerapan teknik dan strategi dalam skenario latihan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
1% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis video pertandingan tinju dengan baik untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet serta lawan mereka. |
- analisis kekuatan atlet
- analisis kelemahan atlet
- analisis kekuatan lawan
- analisis kelemahan lawan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Video.
|
Diskusi Online tentang Analisis Performa Atlet Tinju
|
Materi: Teknik Analisis Video Pertandingan Tinju, Strategi Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Atlet, Penilaian Performa Lawan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menguasai kemampuan kognitif tingkat evaluasi (C5) dalam Taksonomi Bloom, yaitu mampu mengevaluasi efektivitas program latihan atlet berdasarkan output performa atlet dan memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat. |
- Analisis data performa atlet
- Identifikasi kelemahan program latihan
- Merumuskan rekomendasi perbaikan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis data performa atlet dan rekomendasi perbaikan
|
Materi: Analisis data performa atlet, Teknik evaluasi program latihan, Strategi perbaikan performa atlet Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan atlet tinju berdasarkan data performa terkini, merancang program pelatihan yang inovatif, dan mampu menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan performa atlet. |
- Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan pelatihan atlet
- Kemampuan merancang program pelatihan inovatif
- Kemampuan menerapkan strategi pelatihan yang efektif
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis data performa atlet tinju dan perancangan program pelatihan inovatif
|
Materi: Analisis data performa atlet tinju, Identifikasi kebutuhan pelatihan atlet, Perancangan program pelatihan inovatif, Strategi pelatihan yang efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan rencana pelatihan yang inovatif untuk atlet tinju berdasarkan analisis data performa terkini |
- Rencana pelatihan inovatif
- Keterkaitan dengan analisis data performa atlet
- Kreativitas dalam merancang program pelatihan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan online memungkinkan. Jenis penugasan: Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
|
Materi: Analisis data performa atlet tinju, Pengembangan rencana pelatihan inovatif, Implementasi program pelatihan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip biomekanika untuk meningkatkan teknik pukulan dan pertahanan atlet tinju. |
- Pemahaman konsep biomekanika
- Kemampuan mengaplikasikan prinsip-prinsip biomekanika dalam teknik pukulan dan pertahanan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, simulasi, dan praktik langsung.
|
Diskusi daring tentang penerapan biomekanika dalam teknik pukulan dan pertahanan tinju
|
Materi: Konsep biomekanika, Penerapan biomekanika dalam teknik pukulan, Penerapan biomekanika dalam pertahanan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak psikologis kompetisi pada atlet tinju serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan kinerja mental atlet. |
- Analisis dampak psikologis kompetisi
- Pengembangan strategi kinerja mental
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang strategi kinerja mental atlet
|
Materi: Teori psikologi dalam olahraga, Strategi kinerja mental atlet, Studi kasus atlet tinju Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |