Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini

8620702252

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

1 Februari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Naufal Fairuzillah, M.Pd., M.Ed.




Sri Widayati, S.Pd., M.Pd.




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

PLO-8

Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini sesuai kurikulum yang berlaku

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-5PLO-7PLO-8
PO-1   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa PG-PAUD dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menggunakan Bahasa Inggris secara komunikatif dalam konteks pendidikan anak usia dini. Fokus utama mata kuliah ini adalah penguasaan kosakata dasar, struktur kalimat sederhana, dan ungkapan-ungkapan fungsional yang digunakan dalam kegiatan bermain, bernyanyi, bercerita, dan pembelajaran tematik di lingkungan PAUD.Melalui pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual, mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan kreatif (CPL-3) dalam merancang kegiatan dan media pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini (CPL-8). Mahasiswa juga dilatih untuk menerapkan prinsip-prinsip pedagogis (CPL-5), serta teori belajar dan kurikulum anak usia dini (CPL-7) dalam pengenalan Bahasa Inggris secara menyenangkan dan bermakna. Mata kuliah ini juga menekankan pembentukan karakter mahasiswa yang tangguh, kolaboratif, inovatif, dan adaptif (CPL-2) dalam menghadapi tantangan pembelajaran multibahasa dan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan berbudaya. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan praktik langsung, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi pendidik PAUD yang profesional dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Pustaka

Utama :

  1. Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson.
  2. Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
  4. Bernhard, J. K., & Pacini-Ketchabaw, V. (Eds.). 2020. Contemporary perspectives on language and cultural diversity in early childhood education. Information Age Publishing.​
  5. Valente, D., & Xerri, D. 2022. Innovative practices in early English language education. Springer.​
  6. Thompson, A. S. 2021. The role of context in language teachers' self-development and motivation. Multilingual Matters.
  7. Lightfoot, D. W. 2020. Born to parse: How children select their languages. The MIT Press.​

Pendukung :

  1. Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Copland, F., & Garton, S. (2024). Innovations in teaching English to young learners: Global perspectives and classroom practice. Routledge.
  3. Pinter, A., & Wood, D. (2024). Children learning English: A research-informed approach (3rd ed.). Oxford University Press.
  4. Mourão, S., & Bland, J. (Eds.). (2025). Early years second language education: Policy, pedagogy, and practice. Springer.
  5. Reilly, V., & Reilly, J. (2025). Playful learning in the early English classroom. Cambridge University Press.

Dosen Pengampu

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

FATIHA KHOIROTUNNISA ELFAHMI

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mapu mengetahui arah kajian pengembangan bahasa Inggris AUD

Memahami cakupan kajian yang akan dibahas dalam mata kuliah

Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Pengembangan bahasa Inggris AUD
Pustaka: Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson.

Materi: Orientasi Perkuliahan
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami dasar pendidikan bilingual

  1. Memahami definisi pendidikan bilingual
  2. Memahami manfaat pendidikan bilingual pada anak usia dini
  3. Memahami tantangan pendidikan bilingual pada anak usia dini
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan diskusi grup
2 x 50

2 x 50
Materi: Pendidikan bilingual pada anak usia dini
Pustaka: Lightfoot, D. W. 2020. Born to parse: How children select their languages. The MIT Press.​
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami Culturally Responsive Teaching

  1. Mahasiswa memahami definisi Culturally Responsive Teaching
  2. Mahasiswa mengidentifikasi pentingnya Culturally Responsive Teaching
  3. Mahasiswa mampu memahami strategi penerapan Culturally Responsive Teaching
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Culturally Responsive Teaching pada anak usia dini
Pustaka: Bernhard, J. K., & Pacini-Ketchabaw, V. (Eds.). 2020. Contemporary perspectives on language and cultural diversity in early childhood education. Information Age Publishing.​
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini

  1. Mahamahami pentingnya literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini
  2. Memahami strategi mengenalkan literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

2 x 50
Materi: literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami kurikulum internasional di PAUD

  1. Memahami penerapan bahasa Internasional di PAUD
  2. Memahami strategi penerapan bahasa Internasional di PAUD
  3. Memahami tantangan penerapan bahasa Internasional di PAUD
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah, diskusi, dan stimulasi
2 x 50
Materi: Bahasa Internasional di lemabaga PAUD
Pustaka: Thompson, A. S. 2021. The role of context in language teachers' self-development and motivation. Multilingual Matters.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus

  1. Memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus
  2. Memahami strategi pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50
Materi: pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus
Pustaka: Thompson, A. S. 2021. The role of context in language teachers' self-development and motivation. Multilingual Matters.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami model pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini

  1. Mengidentifikasi macam-macam model pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
Kriteria:

Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Model pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

8

Minggu ke 8

Evaluasi tengah semester

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerakan ujian tengah semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Case study
2 x 50
Materi: Evaluasi tengah semester
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini

  1. Memahami definisi metode Total Physical Response (TPR)
  2. Memahami manfaat Total Physical Response (TPR)
  3. Mempraktikan prinsip Total Physical Response (TPR)
Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
  2. Keseuaian praktik konsep Total Physical Response (TPR)

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, bermain, menari, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Total Physical Response (TPR)
Pustaka: Valente, D., & Xerri, D. 2022. Innovative practices in early English language education. Springer.​
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini

  1. Memahami definisi metode Suggestopedia dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
  2. Memahami manfaat metode Suggestopedia dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
  3. Mempraktikan konsep metode Suggestopedia dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
  2. Keseuaian praktik konsep metode Suggestopedia

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, bermain, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Metode Suggestopedia
Pustaka: Valente, D., & Xerri, D. 2022. Innovative practices in early English language education. Springer.​
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini

  1. Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD
  2. Memahami manfaat metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
  3. Mempraktikan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
  2. Kesesuaian praktikan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, menyanyi dan stimulasi
2 x 50

Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami teknik teaching sounds pada anak usia dini

kegiatan pengajaran bunyi bahasa Inggris untuk AUD

Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
  2. Kesesuaian praktik pengajaran bunyi bahasa Inggris untuk AUD

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Techniques for Teaching Sounds to Children
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami teknik pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini

Kegiatan pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini

Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
  2. Kesesuaian praktik pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

Materi: teknik pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami teknik pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini

Kegiatan pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini

Kriteria:
  1. Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
  2. Kesesuaian teknik pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Kegiatan pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini

Teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini

Kriteria:
  1. Kegiatan pembelajaran dapat diaplikasikan dan dibuktikan dengan video implementasi
  2. Kesesuaian teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi
2 x 50

Materi: Teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi Akhir Semester

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes

Pembelajaran berbasis proyek
2 x 50
Materi: Evaluasi Akhir Semester
Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
2. Praktik / Unjuk Kerja 25%
3. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.