
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini |
8620702252 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
1 Februari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Naufal Fairuzillah, M.Pd., M.Ed.
|
Sri Widayati, S.Pd., M.Pd.
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini sesuai kurikulum yang berlaku
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa PG-PAUD dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menggunakan Bahasa Inggris secara komunikatif dalam konteks pendidikan anak usia dini. Fokus utama mata kuliah ini adalah penguasaan kosakata dasar, struktur kalimat sederhana, dan ungkapan-ungkapan fungsional yang digunakan dalam kegiatan bermain, bernyanyi, bercerita, dan pembelajaran tematik di lingkungan PAUD.Melalui pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual, mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan kreatif (CPL-3) dalam merancang kegiatan dan media pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini (CPL-8). Mahasiswa juga dilatih untuk menerapkan prinsip-prinsip pedagogis (CPL-5), serta teori belajar dan kurikulum anak usia dini (CPL-7) dalam pengenalan Bahasa Inggris secara menyenangkan dan bermakna. Mata kuliah ini juga menekankan pembentukan karakter mahasiswa yang tangguh, kolaboratif, inovatif, dan adaptif (CPL-2) dalam menghadapi tantangan pembelajaran multibahasa dan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan berbudaya. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan praktik langsung, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi pendidik PAUD yang profesional dan responsif terhadap perkembangan zaman. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson.
- Echols, John. M. dan Hassan Shadily. 2014.Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level.
- Bernhard, J. K., & Pacini-Ketchabaw, V. (Eds.). 2020. Contemporary perspectives on language and cultural diversity in early childhood education. Information Age Publishing.
- Valente, D., & Xerri, D. 2022. Innovative practices in early English language education. Springer.
- Thompson, A. S. 2021. The role of context in language teachers' self-development and motivation. Multilingual Matters.
- Lightfoot, D. W. 2020. Born to parse: How children select their languages. The MIT Press.
|
Pendukung : |
|
- Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Copland, F., & Garton, S. (2024). Innovations in teaching English to young learners: Global perspectives and classroom practice. Routledge.
- Pinter, A., & Wood, D. (2024). Children learning English: A research-informed approach (3rd ed.). Oxford University Press.
- Mourão, S., & Bland, J. (Eds.). (2025). Early years second language education: Policy, pedagogy, and practice. Springer.
- Reilly, V., & Reilly, J. (2025). Playful learning in the early English classroom. Cambridge University Press.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. FATIHA KHOIROTUNNISA ELFAHMI |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mapu mengetahui arah kajian pengembangan bahasa Inggris AUD |
Memahami cakupan kajian yang akan dibahas dalam mata kuliah |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Pengembangan bahasa Inggris AUD Pustaka: Azar, Betty Schrampfer and Stacy Hagen. 2014.Basic English Grammar Fourth Edition.New York: Pearson. Materi: Orientasi Perkuliahan Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami dasar pendidikan bilingual |
- Memahami definisi pendidikan bilingual
- Memahami manfaat pendidikan bilingual pada anak usia dini
- Memahami tantangan pendidikan bilingual pada anak usia dini
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yng sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi grup 2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: Pendidikan bilingual pada anak usia dini Pustaka: Lightfoot, D. W. 2020. Born to parse: How children select their languages. The MIT Press. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami Culturally Responsive Teaching |
- Mahasiswa memahami definisi Culturally Responsive Teaching
- Mahasiswa mengidentifikasi pentingnya Culturally Responsive Teaching
- Mahasiswa mampu memahami strategi penerapan Culturally Responsive Teaching
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Culturally Responsive Teaching pada anak usia dini Pustaka: Bernhard, J. K., & Pacini-Ketchabaw, V. (Eds.). 2020. Contemporary perspectives on language and cultural diversity in early childhood education. Information Age Publishing. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini |
- Mahamahami pentingnya literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini
- Memahami strategi mengenalkan literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: literasi bahasa Inggris untuk anak usia dini Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami kurikulum internasional di PAUD |
- Memahami penerapan bahasa Internasional di PAUD
- Memahami strategi penerapan bahasa Internasional di PAUD
- Memahami tantangan penerapan bahasa Internasional di PAUD
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah, diskusi, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: Bahasa Internasional di lemabaga PAUD Pustaka: Thompson, A. S. 2021. The role of context in language teachers' self-development and motivation. Multilingual Matters. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus |
- Memahami pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus
- Memahami strategi pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
Materi: pembelajaran bahasa Inggris untuk anak berkebutuhan khusus Pustaka: Thompson, A. S. 2021. The role of context in language teachers' self-development and motivation. Multilingual Matters. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami model pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini |
- Mengidentifikasi macam-macam model pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
|
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Model pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi tengah semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian tengah semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerakan ujian tengah semester dengan baik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Case study 2 x 50 |
Materi: Evaluasi tengah semester Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini |
- Memahami definisi metode Total Physical Response (TPR)
- Memahami manfaat Total Physical Response (TPR)
- Mempraktikan prinsip Total Physical Response (TPR)
|
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
- Keseuaian praktik konsep Total Physical Response (TPR)
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, bermain, menari, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Total Physical Response (TPR) Pustaka: Valente, D., & Xerri, D. 2022. Innovative practices in early English language education. Springer. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini |
- Memahami definisi metode Suggestopedia dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
- Memahami manfaat metode Suggestopedia dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
- Mempraktikan konsep metode Suggestopedia dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
|
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
- Keseuaian praktik konsep metode Suggestopedia
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, bermain, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Metode Suggestopedia Pustaka: Valente, D., & Xerri, D. 2022. Innovative practices in early English language education. Springer. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami metode pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini |
- Perencanaan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk AUD
- Memahami manfaat metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
- Mempraktikan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
|
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
- Kesesuaian praktikan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, menyanyi dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris AUD Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami teknik teaching sounds pada anak usia dini |
kegiatan pengajaran bunyi bahasa Inggris untuk AUD |
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
- Kesesuaian praktik pengajaran bunyi bahasa Inggris untuk AUD
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Techniques for Teaching Sounds to Children Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami teknik pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini |
Kegiatan pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini |
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
- Kesesuaian praktik pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: teknik pengajaran kosa kata bahasa inggris pada anak usia dini Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami teknik pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini |
Kegiatan pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini |
Kriteria:
- Kedalaman analisis jawaban berdasarkan data atau teori dan struktur ungkapan bahasa yang sistematis
- Kesesuaian teknik pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Kegiatan pengajaran listening bahasa inggris pada anak usia dini Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini |
Teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini |
Kriteria:
- Kegiatan pembelajaran dapat diaplikasikan dan dibuktikan dengan video implementasi
- Kesesuaian teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, pembelajaran berbaasis proyek, diskusi grup, dan stimulasi 2 x 50 |
|
Materi: Teknik pengajaran conversation bahasa inggris pada anak usia dini Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester |
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan ujian akhir semester dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
|
Pembelajaran berbasis proyek 2 x 50 |
Materi: Evaluasi Akhir Semester Pustaka: Abduh, Amirullah dan Rosmaladewi. 2016. Teaching English for Beginning Level. |
20% |