
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Anggar |
8520206711 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
5 |
9 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga. |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
PLO-11 |
Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga |
PLO-12 |
Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga |
PLO-13 |
Mampu melatih teknik, fisik, taktik, dan mental dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip analisis biomekanika dalam mengevaluasi teknik dasar anggar (serangan, pertahanan, dan kontra-serangan) (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis data performa atlet anggar melalui video analisis dan statistik pertandingan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan teknik (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas taktik dan strategi yang diterapkan atlet anggar berdasarkan analisis pola permainan dan situasi pertandingan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan program latihan spesifik berdasarkan hasil analisis performa untuk meningkatkan kelemahan teknik dan taktik atlet anggar (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan metode pengukuran dan evaluasi kondisi fisik atlet anggar sesuai dengan karakteristik cabang olahraga tersebut (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi performa atlet anggar dalam kompetisi (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi perkembangan performa atlet anggar secara periodik berdasarkan data longitudinal dan standar kompetisi (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan sistem monitoring dan evaluasi performa atlet anggar yang komprehensif dan terintegrasi (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan etika profesional dalam melakukan analisis performa dan memberikan umpan balik kepada atlet anggar (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis kasus-kasus spesifik performa atlet anggar elite untuk pengembangan model analisis yang inovatif (C4)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PLO-12 | PLO-13 | | PO-1 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | PO-7 | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | PO-8 | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | PO-9 | ✔ | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | PO-10 | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Anggar membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisis aspek-aspek performa atlet anggar secara komprehensif. Isi mata kuliah mencakup prinsip-prinsip biomekanika gerak spesifik anggar (seperti langkah, serangan, dan pertahanan), analisis teknik dasar dan lanjutan, evaluasi komponen fisik (kecepatan, daya tahan, kelincahan), serta aspek taktis dan mental. Tujuan utama mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan performa atlet, merancang program latihan yang berbasis bukti, dan memberikan umpan balik yang efektif untuk peningkatan prestasi. Ruang lingkup pembahasan meliputi penggunaan teknologi analisis (seperti video analisis dan sensor), interpretasi data performa, dan penerapan hasil analisis dalam konteks kepelatihan yang spesifik untuk cabang olahraga anggar. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
RINI ISMALASARI Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes. Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |