Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Anggar

8520206711

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

9 November 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-10

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PLO-11

Menguasai konsep, teoritis dan praktis bidang kepelatihan dan kependidikan olahraga

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

PLO-13

Mampu melatih teknik, fisik, taktik, dan mental dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip analisis biomekanika dalam mengevaluasi teknik dasar anggar (serangan, pertahanan, dan kontra-serangan) (C3)

PO - 2

Menganalisis data performa atlet anggar melalui video analisis dan statistik pertandingan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan teknik (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas taktik dan strategi yang diterapkan atlet anggar berdasarkan analisis pola permainan dan situasi pertandingan (C5)

PO - 4

Menciptakan program latihan spesifik berdasarkan hasil analisis performa untuk meningkatkan kelemahan teknik dan taktik atlet anggar (C6)

PO - 5

Menerapkan metode pengukuran dan evaluasi kondisi fisik atlet anggar sesuai dengan karakteristik cabang olahraga tersebut (C3)

PO - 6

Menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi performa atlet anggar dalam kompetisi (C4)

PO - 7

Mengevaluasi perkembangan performa atlet anggar secara periodik berdasarkan data longitudinal dan standar kompetisi (C5)

PO - 8

Menciptakan sistem monitoring dan evaluasi performa atlet anggar yang komprehensif dan terintegrasi (C6)

PO - 9

Menerapkan etika profesional dalam melakukan analisis performa dan memberikan umpan balik kepada atlet anggar (C3)

PO - 10

Menganalisis kasus-kasus spesifik performa atlet anggar elite untuk pengembangan model analisis yang inovatif (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11PLO-12PLO-13
PO-1           
PO-2          
PO-3          
PO-4          
PO-5          
PO-6          
PO-7          
PO-8          
PO-9          
PO-10          

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Anggar membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisis aspek-aspek performa atlet anggar secara komprehensif. Isi mata kuliah mencakup prinsip-prinsip biomekanika gerak spesifik anggar (seperti langkah, serangan, dan pertahanan), analisis teknik dasar dan lanjutan, evaluasi komponen fisik (kecepatan, daya tahan, kelincahan), serta aspek taktis dan mental. Tujuan utama mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan performa atlet, merancang program latihan yang berbasis bukti, dan memberikan umpan balik yang efektif untuk peningkatan prestasi. Ruang lingkup pembahasan meliputi penggunaan teknologi analisis (seperti video analisis dan sensor), interpretasi data performa, dan penerapan hasil analisis dalam konteks kepelatihan yang spesifik untuk cabang olahraga anggar.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

RINI ISMALASARI

Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes.

Dr. Rini Ismalasari, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.