
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kemitraan Dalam Pendidikan Nonformal |
8610502058 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
3 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd.
|
Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd.
|
Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mampu menerapkan kemitraan strategi dan jejaring dalam penyelenggaraan pendidikan berkelanjutan, pengembangan masyarakat dan pendidikan nonformal |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar, prinsip, dan teori kemitraan dalam pendidikan nonformal sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan jejaring dan kolaborasi
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kebijakan, regulasi, dan paradigma terbaru terkait kemitraan dalam pendidikan nonformal di tingkat lokal, nasional, dan global
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis model-model kemitraan pendidikan nonformal yang inklusif, inovatif, dan berkelanjutan berdasarkan studi kasus yang relevan
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang strategi membangun jejaring kemitraan yang adaptif, kolaboratif, dan berbasis pada kebutuhan masyarakat melalui pendekatan pedagogik, andragogi, dan heutagogi
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi negosiasi dan komunikasi dalam membangun dan mengelola kemitraan yang efektif di bidang pendidikan nonformal
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas kemitraan pendidikan nonformal berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu merancang program kemitraan pendidikan nonformal berbasis teknologi dan pendekatan bisnis sosial untuk pengembangan masyarakat yang berkelanjutan
|
PO - 8 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan komprehensif dan mempresentasikan hasil rancangan kemitraan yang inovatif, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | ✔ | PO-2 | | ✔ | | ✔ | PO-3 | | ✔ | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | | ✔ | PO-6 | | ✔ | | ✔ | PO-7 | | | ✔ | ✔ | PO-8 | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan praktik kemitraan dalam pendidikan nonformal sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan relevansi program pembelajaran di masyarakat. Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar teori kemitraan, kebijakan terkait, dan model-model kolaborasi antara berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dunia usaha, dan donor internasional. Selain itu, mata kuliah ini juga mengeksplorasi teknik membangun jejaring, strategi negosiasi, serta manajemen kemitraan yang efektif dalam konteks pendidikan nonformal. Melalui pendekatan teoritis dan praktis, mahasiswa diharapkan mampu merancang, mengelola, dan mengevaluasi program kemitraan yang berkelanjutan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bray, M. (2020). Partnerships in Education: Strengthening Collaborations for Improved Learning Outcomes. New York: Routledge
- Haddad, W. D., & Demsky, T. (2021). Education Policy-Planning Process: An Applied Framework. UNESCO
- UNESCO. (2022). Embracing Nonformal Education: A Guide to Building Community Partnerships. Paris: UNESCO Publishing
- Rogers, A. (2019). Nonformal Education: Flexible Schooling or Participatory Education? New York: Springer
- Billett, S. (2020). Lifelong Learning and the Changing Nature of Work. London: Palgrave Macmillan
|
Pendukung : |
|
- OECD. (2021). Education at a Glance 2021: Highlights of Global Trends in Education and Training. Paris: OECD Publishing
- Cummings, C., & Tamayo, S. (2020). Building Effective Partnerships: Case Studies from the Global South. Washington, DC: Brookings Institution Press
- Faure, E., et al. (2021). Learning to Be: The World of Education Today and Tomorrow. UNESCO
- Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2020). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. New York: Routledge
- World Bank. (2023). Lifelong Learning and Skills Development: Strengthening Systems through Partnerships. Washington, DC: The World Bank
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Rofik Jalal Rosyanafi, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tujuan, dan manfaat kemitraan dalam pendidikan nonformal |
Mahasiswa mampu mendefinisikan konsep kemitraan, menjelaskan prinsip dasar kemitraan, dan mengidentifikasi elemen dasar teori kemitraan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Kuliah interaktif dan diskusi kelompok untuk membahas konsep dasar, prinsip, dan teori kemitraan. 2 x45 |
Kuliah interaktif dan diskusi kelompok untuk membahas konsep dasar, prinsip, dan teori kemitraan. 2 x45 |
Materi: Konsep dasar, prinsip, dan teori kemitraan Pustaka: Bray, M. (2020). Partnerships in Education: Strengthening Collaborations for Improved Learning Outcomes. New York: Routledge |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kebijakan dan regulasi terkait kemitraan pendidikan nonformal di tingkat lokal dan nasional |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi kebijakan nasional terkait kemitraan (90%) dan menjelaskan penerapannya di tingkat lokal (80%). |
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan kebijakan (85%), kemampuan menganalisis hubungan kebijakan nasional dan lokal (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembahasan regulasi terbaru di bidang PNF melalui studi kasus kebijakan nasional dan lokal terkait kemitraan 2 X 45 |
Pembahasan regulasi terbaru di bidang PNF melalui studi kasus kebijakan nasional dan lokal terkait kemitraan 2 X 45 |
Materi: Kebijakan, regulasi, dan paradigma kemitraan Pustaka: Haddad, W. D., & Demsky, T. (2021). Education Policy-Planning Process: An Applied Framework. UNESCO |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan paradigma global tentang kemitraan pendidikan nonformal |
Kemampuan mahasiswa menjelaskan paradigma global (85%), menghubungkan relevansi dengan konteks lokal (80%) |
Kriteria:
Pemahaman terhadap paradigma global (85%), kemampuan memberikan contoh relevansi ke konteks lokal (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan analisis artikel jurnal global tentang paradigma baru kemitraan di dunia pendidikan nonformal 2X 45 |
Diskusi kelompok dan analisis artikel jurnal global tentang paradigma baru kemitraan di dunia pendidikan nonformal 2 X 45 |
Materi: Paradigma global dalam kemitraan pendidikan nonformal Pustaka: UNESCO. (2022). Embracing Nonformal Education: A Guide to Building Community Partnerships. Paris: UNESCO Publishing |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis model kemitraan yang inklusif dan inovatif berdasarkan studi kasus |
Kemampuan mahasiswa memilih studi kasus relevan (85%), menganalisis komponen inklusif dan inovatif (80%) |
Kriteria:
Kedalaman analisis (85%), akurasi dalam memetakan komponen model kemitraan (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus model kemitraan yang sukses di negara berkembang, diskusi, dan presentasi kelompok 2 X 45 |
Studi kasus model kemitraan yang sukses di negara berkembang, diskusi, dan presentasi kelompok 2 X 45 |
Materi: Model kemitraan yang inklusif dan inovatif Pustaka: Cummings, C., & Tamayo, S. (2020). Building Effective Partnerships: Case Studies from the Global South. Washington, DC: Brookings Institution Press |
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
Kemampuan menganalisis kekuatan dan kelemahan dengan indikator terukur (85%), menyampaikan solusi untuk pengembangan model (80%) |
Kriteria:
Ketepatan evaluasi kekuatan dan kelemahan model (85%), kreativitas dalam memberikan rekomendasi (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi panel mengenai berbagai model kemitraan, analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) 2 X45 |
Diskusi panel mengenai berbagai model kemitraan, analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) 2 X 45 |
Materi: Evaluasi model kemitraan Pustaka: Billett, S. (2020). Lifelong Learning and the Changing Nature of Work. London: Palgrave Macmillan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu merancang strategi membangun jejaring kemitraan yang adaptif dan kolaboratif |
Mahasiswa dapat merancang strategi kemitraan berbasis kebutuhan lokal (85%), menampilkan pola kolaborasi yang adaptif (80%) |
Kriteria:
Kejelasan strategi yang dirancang (85%), kreativitas solusi dalam simulasi negosiasi (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop interaktif untuk menyusun strategi membangun jejaring kemitraan, simulasi negosiasi kemitraan 2 X 45 |
Workshop interaktif untuk menyusun strategi membangun jejaring kemitraan, simulasi negosiasi kemitraan 2 X 45 |
Materi: Strategi membangun jejaring kemitraan Pustaka: Bray, M. (2020). Partnerships in Education: Strengthening Collaborations for Improved Learning Outcomes. New York: Routledge |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan rancangan strategi membangun jejaring kemitraan pendidikan nonformal |
Kemampuan menyampaikan presentasi dengan runtut (85%), ketepatan dalam merumuskan jejaring kemitraan (80%) |
Kriteria:
Kejelasan presentasi (85%), kemampuan merespons masukan dari audiens (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi kelompok untuk memaparkan rancangan strategi jejaring kemitraan, mendapatkan masukan dari dosen dan teman sejawat 2 X 45 |
Presentasi kelompok untuk memaparkan rancangan strategi jejaring kemitraan, mendapatkan masukan dari dosen dan teman sejawat 2 X 45 |
Materi: Rancangan strategi jejaring kemitraan Pustaka: Rogers, A. (2019). Nonformal Education: Flexible Schooling or Participatory Education? New York: Springer |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Akurasi dalam menjawab soal ujian teori (90%), kemampuan menyelesaikan soal studi kasus (85%) |
Kriteria:
Ketepatan dan kedalaman analisis (85%), kemampuan menyelesaikan ujian dalam waktu yang ditentukan (80%) Bentuk Penilaian : Tes |
Evaluasi komprehensif terkait konsep dasar, kebijakan, model, dan strategi kemitraan pendidikan nonformal 2 X 45 |
Evaluasi komprehensif terkait konsep dasar, kebijakan, model, dan strategi kemitraan pendidikan nonformal 2 X 45 |
Materi: Semua materi hingga minggu ke-7 Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan strategi komunikasi dalam membangun kemitraan pendidikan nonformal |
Kemampuan mahasiswa melakukan simulasi komunikasi efektif (85%), menyusun strategi negosiasi yang tepat (80%) |
Kriteria:
Kejelasan strategi komunikasi (85%), kreativitas dalam role play (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi komunikasi dan negosiasi, studi peran (role play) dalam membangun kemitraan 2 x 45 |
Simulasi komunikasi dan negosiasi, studi peran (role play) dalam membangun kemitraan 2 x 45 |
Materi: Teknik komunikasi dan negosiasi dalam kemitraan Pustaka: Bray, M. (2020). Partnerships in Education: Strengthening Collaborations for Improved Learning Outcomes. New York: Routledge |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengelola kemitraan berdasarkan studi kasus yang relevan |
Kemampuan menganalisis kasus pengelolaan kemitraan (85%), menyusun strategi manajemen kemitraan (80%) |
Kriteria:
Kejelasan analisis kasus (85%), kreativitas dalam memberikan solusi manajemen (80%). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kasus nyata pengelolaan kemitraan pendidikan nonformal, simulasi implementasi solusi 2 x 45 |
Diskusi kasus nyata pengelolaan kemitraan pendidikan nonformal, simulasi implementasi solusi 2 x 45 |
Materi: Manajemen kemitraan pendidikan nonformal Pustaka: Haddad, W. D., & Demsky, T. (2021). Education Policy-Planning Process: An Applied Framework. UNESCO |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas kemitraan pendidikan nonformal berdasarkan indikator keberhasilan |
Ketepatan analisis data evaluasi (85%), kemampuan memberikan rekomendasi yang spesifik dan relevan (80%) |
Kriteria:
Penilaian hasil evaluasi, diskusi kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi evaluasi program kemitraan yang sedang berjalan, analisis kasus berdasarkan indikator keberhasilan, dan simulasi penyusunan rekomendasi perbaikan 2 x 45 |
Diskusi evaluasi program kemitraan yang sedang berjalan, analisis kasus berdasarkan indikator keberhasilan, dan simulasi penyusunan rekomendasi perbaikan 2 x 45 |
Materi: Evaluasi efektivitas kemitraan dan indikator keberhasilannya Pustaka: Cummings, C., & Tamayo, S. (2020). Building Effective Partnerships: Case Studies from the Global South. Washington, DC: Brookings Institution Press |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan evaluasi kemitraan yang relevan dan komprehensif |
Mahasiswa mampu menyusun laporan evaluasi yang sistematis (85%), menyampaikan temuan-temuan secara komprehensif (80%) |
Kriteria:
Sistematika laporan (85%), akurasi temuan dan analisis dalam laporan (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penulisan laporan evaluasi berdasarkan studi kasus, pembimbingan kelompok, dan presentasi draft awal laporan untuk mendapatkan masukan dari dosen dan teman sejawat 2 X 45 |
Penulisan laporan evaluasi berdasarkan studi kasus, pembimbingan kelompok, dan presentasi draft awal laporan untuk mendapatkan masukan dari dosen dan teman sejawat 2 X 45 |
Materi: Teknik penyusunan laporan evaluasi kemitraan Pustaka: Bray, M. (2020). Partnerships in Education: Strengthening Collaborations for Improved Learning Outcomes. New York: Routledge |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu merancang program kemitraan berbasis teknologi untuk pengembangan masyarakat |
Kemampuan menyusun rancangan program berbasis teknologi (85%), integrasi model bisnis sosial dalam rancangan (80%) |
Kriteria:
Kejelasan dan inovasi rancangan program (85%), relevansi teknologi yang digunakan (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop penyusunan rancangan program kemitraan berbasis teknologi, simulasi desain model bisnis sosial untuk mendukung keberlanjutan kemitraan pendidikan nonformal 2 X 45 |
Workshop penyusunan rancangan program kemitraan berbasis teknologi, simulasi desain model bisnis sosial untuk mendukung keberlanjutan kemitraan pendidikan nonformal 2 X 45 |
Materi: Program kemitraan berbasis teknologi dan model bisnis sosial Pustaka: World Bank. (2023). Lifelong Learning and Skills Development: Strengthening Systems through Partnerships. Washington, DC: The World Bank |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kendala potensial dalam implementasi program kemitraan berbasis teknologi |
Kemampuan menganalisis kendala potensial (85%), memberikan solusi yang inovatif dan relevan (80%) |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi kendala (85%), kreativitas solusi (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi panel tentang kendala-kendala implementasi program kemitraan berbasis teknologi, studi kasus, dan penyusunan solusi inovatif untuk mengatasi kendala tersebut 2 X 45 |
Diskusi panel tentang kendala-kendala implementasi program kemitraan berbasis teknologi, studi kasus, dan penyusunan solusi inovatif untuk mengatasi kendala tersebut 2 X 45 |
Materi: Kendala implementasi program berbasis teknologi dan solusinya Pustaka: Haddad, W. D., & Demsky, T. (2021). Education Policy-Planning Process: An Applied Framework. UNESCO |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan program kemitraan pendidikan nonformal yang inovatif |
Kemampuan menyampaikan presentasi dengan jelas (85%), kemampuan merespons masukan (80%) |
Kriteria:
Kejelasan presentasi (85%), kemampuan merespons pertanyaan audiens (80%) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi hasil proyek kelompok tentang rancangan program kemitraan berbasis teknologi, mendapatkan masukan dari dosen dan peserta lainnya, refleksi hasil belajar 2 X 45 |
Presentasi hasil proyek kelompok tentang rancangan program kemitraan berbasis teknologi, mendapatkan masukan dari dosen dan peserta lainnya, refleksi hasil belajar 2 X 45 |
Materi: Rancangan akhir program kemitraan berbasis teknologi Pustaka: Bray, M. (2020). Partnerships in Education: Strengthening Collaborations for Improved Learning Outcomes. New York: Routledge |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa mampu menjawab soal UAS terkait analisis teori, studi kasus, dan implementasi program kemitraan (85%) |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan solusi yang diajukan dalam ujian (85%), kedalaman jawaban terkait teori dan studi kasus (80%) Bentuk Penilaian : Tes |
Evaluasi komprehensif kemampuan mahasiswa dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program kemitraan pendidikan nonformal berbasis teknologi dan strategi jejaring 2 X 45 |
Evaluasi komprehensif kemampuan mahasiswa dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program kemitraan pendidikan nonformal berbasis teknologi dan strategi jejaring 2 X 45 |
Materi: Semua materi hingga minggu ke-15 Pustaka: |
15% |