Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi Kendaraan Listrik

8320303306

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

4

7 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.




.......................................




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mengerti dan memahami teori Sistem Managemen dan Monitoring Electric Power dan Electric Motor di Kendaraan Listrik

PO - 2

Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori Sistem Managemen dan Monitoring Electric Power dan Electric Motor di Kendaraan Listrik

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis kasus - kasus dan kendala-kendala pada Sistem Managemen dan Monitoring Electric Power dan Electric Motor di Kendaraan Listrik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Teknologi Kendaraan Listrik membahas tentang prinsip dasar, komponen, dan sistem yang terkait dengan kendaraan listrik. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar tentang motor listrik, baterai, pengisian daya, sistem kontrol, dan teknologi terkini dalam industri kendaraan listrik. Mata kuliah ini juga menekankan pada aspek keberlanjutan dan lingkungan dalam pengembangan kendaraan berbasis listrik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang teknologi kendaraan listrik, serta mempersiapkan mereka untuk berkontribusi dalam industri otomotif yang semakin berkembang menuju mobilitas berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

  1. Bosch Professional Automotive Information
  2. ELECTRIC VEHICLE TECHNOLOGY EXPLAINED
  3. HandOut

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Soeryanto, M.Pd.

Dr. Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.

Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Teori dasar kelistrikan pada kendaraan listrik

Tegangan, Arus, Hambatan

Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan proyek online
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Pengisian, Motor Listrik, Kontroler dan Inverter
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu memahami jenis-jenis kendaran listrik

Jenis dan tipe kendaran listrik

Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis komponen kendaraan listrik, Pengembangan laporan portofolio tentang sistem kendaraan listrik
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Manajemen Energi, Motor Listrik, Kontroler Motor
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Sistem Penggerak Kendaraan Listrik

  1. Memahami prinsip kerja sistem penggerak kendaraan listrik
  2. Mengetahui komponen utama sistem penggerak, seperti motor listrik, inverter, dan kontroler.
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang perbandingan efisiensi motor listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan
Materi: Jenis-jenis motor listrik, Kriteria teknis dalam pemilihan motor listrik, Pengaruh lingkungan dalam pemilihan motor listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar dan jenis motor listrik pada kendaraan listrik

  1. Memahani prinsip dasar motor listrik
  2. Jenis dan tipe motor listrik
Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang perbandingan efisiensi motor listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan
Materi: Jenis-jenis motor listrik, Kriteria teknis dalam pemilihan motor listrik, Pengaruh lingkungan dalam pemilihan motor listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis prinsip kerja motor listrik dengan melakukan ujicoba hukum fleming

  1. Menganalisis data hasil ujicoba aplikasi hukum fleming
  2. Mampu menganalisis hubungan kekuatan magnit, jumlah lilitan, dan tegangan
Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan proyek desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien
Materi: Konsep Teknologi Pengisian Kendaraan Listrik, Prinsip Desain Inovatif, Strategi Meningkatkan Efisiensi Pengisian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami tentang baterai kendaraan listrik I: Jenis dan Fungsi

  1. Memahami jenis-jenis baterai yang digunakan dalam kendaraan listrik.
  2. Mengetahui prinsip kerja baterai kendaraan listrik
Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Pengantar Kendaraan Listrik, Dampak Lingkungan dari Kendaraan Konvensional, Keberlanjutan Teknologi Kendaraan Listrik, Analisis Dampak Penggunaan Kendaraan Listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami sistem manajemen baterai (BMS)

  1. Memahami fungsi dan peran dari sistem manajemen baterai (BMS) dalam kendaraan listrik
  2. Mengetahui cara BMS mengatur pengisian, pemakaian daya, dan pemantauan baterai
Kriteria:


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Penugasan tulis tentang analisis kebijakan kendaraan listrik
Materi: Peran pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik, Analisis kebijakan kendaraan listrik, Evaluasi regulasi terkait kendaraan listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa memahami tentang Kontroler Kendaraan Listrik I: Fungsi dan Prinsip Kerja

  1. Memahami fungsi kontroler dalam kendaraan listrik
  2. Mengetahui prinsip kerja kontroler untuk motor listri
Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi kelompok dan studi kasus.

Materi: Kontroler Kendaraan Listrik
Pustaka: Bosch Professional Automotive Information
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami tentang Kontroler Kendaraan Listrik II: Implementasi pada Sistem Penggerak

  1. Mengetahui implementasi kontroler dalam sistem penggerak kendaraan listrik
  2. Memahami pengaturan motor listrik dengan kontroler untuk efisiensi energi
Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL (Problem-Based Learning).
Diskusi daring tentang solusi adopsi kendaraan listrik, Penugasan membuat proposal solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan adopsi kendaraan listrik, Studi kasus solusi adopsi kendaraan listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami pengisian dan infrastruktur pengisian kendaraan listrik

Mengetahui berbagai metode pengisian baterai kendaraan listrik dan infrastrukturnya

Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
PBL (Problem-Based Learning).
Diskusi daring tentang solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan dalam adopsi kendaraan listrik, Studi kasus implementasi solusi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami elektrifikasi sistem kendaraan

Memahami proses elektrifikasi pada kendaraan dan tantangan yang dihadapi

Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kelompok, diskusi dan tanya jawab

Materi: Elektrifikasi Kendaraan Listrik
Pustaka: ELECTRIC VEHICLE TECHNOLOGY EXPLAINED
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami keamanan kendaraan listrik

Mengetahui potensi bahaya dan cara mitigasi risiko pada kendaraan listrik

Kriteria:

10


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan analisis kelebihan dan kekurangan strategi manajemen baterai
Materi: Pengenalan teknologi baterai kendaraan listrik, Strategi pengelolaan baterai, Analisis umur baterai
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami keberlanjutan dan dampak lingkungan kendaraan listrik

Menganalisis dampak lingkungan kendaraan listrik dan prospek keberlanjutan

Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan desain prototipe kendaraan listrik yang memenuhi standar keamanan dan kenyamanan pengguna
Materi: Standar Keamanan Kendaraan Listrik, Prinsip Kenyamanan Pengguna dalam Kendaraan Listrik, Proses Pengembangan Prototipe Kendaraan Listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis inovasi terkini dalam teknologi kendaraan listrik

  1. Memahami inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
  2. Menganalisis potensi dan tantangan teknologi masa depan
Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Penyusunan rekomendasi pengembangan produk berbasis inovasi
Materi: Tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Strategi pengembangan produk
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu memahami Tantangan dan Prospek Kendaraan Listrik di Masa Depan

  1. Menyimpulkan tantangan dan prospek kendaraan listrik di masa depan
  2. Menyusun prediksi arah perkembangan kendaraan listrik
Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Membuat analisis peluang pengembangan produk berdasarkan inovasi terkini
Materi: Tren Terbaru dalam Teknologi Kendaraan Listrik, Inovasi Terbaru dalam Kendaraan Listrik, Strategi Identifikasi Peluang Produk
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mampu mengejakan soal dengan benar

Kriteria:

Bedasarkan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Test

Materi: UAS
Pustaka: HandOut
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50.84%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 9.17%
3. Penilaian Portofolio 15.84%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 19.17%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.