
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teknologi Kendaraan Listrik |
8320303306 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
4 |
7 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.
|
.......................................
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mengerti dan memahami teori Sistem Managemen dan Monitoring Electric Power dan Electric Motor di Kendaraan Listrik
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori Sistem Managemen dan Monitoring Electric Power dan Electric Motor di Kendaraan Listrik
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis kasus - kasus dan kendala-kendala pada Sistem Managemen dan Monitoring Electric Power dan Electric Motor di Kendaraan Listrik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Teknologi Kendaraan Listrik membahas tentang prinsip dasar, komponen, dan sistem yang terkait dengan kendaraan listrik. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar tentang motor listrik, baterai, pengisian daya, sistem kontrol, dan teknologi terkini dalam industri kendaraan listrik. Mata kuliah ini juga menekankan pada aspek keberlanjutan dan lingkungan dalam pengembangan kendaraan berbasis listrik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang teknologi kendaraan listrik, serta mempersiapkan mereka untuk berkontribusi dalam industri otomotif yang semakin berkembang menuju mobilitas berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bosch Professional Automotive Information
- ELECTRIC VEHICLE TECHNOLOGY EXPLAINED
- HandOut
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Soeryanto, M.Pd. Dr. Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd. Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Teori dasar kelistrikan pada kendaraan listrik |
Tegangan, Arus, Hambatan |
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Pengisian, Motor Listrik, Kontroler dan Inverter Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami jenis-jenis kendaran listrik |
Jenis dan tipe kendaran listrik |
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis komponen kendaraan listrik, Pengembangan laporan portofolio tentang sistem kendaraan listrik
|
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Manajemen Energi, Motor Listrik, Kontroler Motor Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Sistem Penggerak Kendaraan Listrik |
- Memahami prinsip kerja sistem penggerak kendaraan listrik
- Mengetahui komponen utama sistem penggerak, seperti motor listrik, inverter, dan kontroler.
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang perbandingan efisiensi motor listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan
|
Materi: Jenis-jenis motor listrik, Kriteria teknis dalam pemilihan motor listrik, Pengaruh lingkungan dalam pemilihan motor listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar dan jenis motor listrik pada kendaraan listrik |
- Memahani prinsip dasar motor listrik
- Jenis dan tipe motor listrik
|
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang perbandingan efisiensi motor listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan
|
Materi: Jenis-jenis motor listrik, Kriteria teknis dalam pemilihan motor listrik, Pengaruh lingkungan dalam pemilihan motor listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis prinsip kerja motor listrik dengan melakukan ujicoba hukum fleming |
- Menganalisis data hasil ujicoba aplikasi hukum fleming
- Mampu menganalisis hubungan kekuatan magnit, jumlah lilitan, dan tegangan
|
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan proyek desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien
|
Materi: Konsep Teknologi Pengisian Kendaraan Listrik, Prinsip Desain Inovatif, Strategi Meningkatkan Efisiensi Pengisian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memahami tentang baterai kendaraan listrik I: Jenis dan Fungsi |
- Memahami jenis-jenis baterai yang digunakan dalam kendaraan listrik.
- Mengetahui prinsip kerja baterai kendaraan listrik
|
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Pengantar Kendaraan Listrik, Dampak Lingkungan dari Kendaraan Konvensional, Keberlanjutan Teknologi Kendaraan Listrik, Analisis Dampak Penggunaan Kendaraan Listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami sistem manajemen baterai (BMS) |
- Memahami fungsi dan peran dari sistem manajemen baterai (BMS) dalam kendaraan listrik
- Mengetahui cara BMS mengatur pengisian, pemakaian daya, dan pemantauan baterai
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Penugasan tulis tentang analisis kebijakan kendaraan listrik
|
Materi: Peran pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik, Analisis kebijakan kendaraan listrik, Evaluasi regulasi terkait kendaraan listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa memahami tentang Kontroler Kendaraan Listrik I: Fungsi dan Prinsip Kerja |
- Memahami fungsi kontroler dalam kendaraan listrik
- Mengetahui prinsip kerja kontroler untuk motor listri
|
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
|
Materi: Kontroler Kendaraan Listrik Pustaka: Bosch Professional Automotive Information |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Kontroler Kendaraan Listrik II: Implementasi pada Sistem Penggerak |
- Mengetahui implementasi kontroler dalam sistem penggerak kendaraan listrik
- Memahami pengaturan motor listrik dengan kontroler untuk efisiensi energi
|
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang solusi adopsi kendaraan listrik, Penugasan membuat proposal solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
|
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan adopsi kendaraan listrik, Studi kasus solusi adopsi kendaraan listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami pengisian dan infrastruktur pengisian kendaraan listrik |
Mengetahui berbagai metode pengisian baterai kendaraan listrik dan infrastrukturnya |
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
|
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan dalam adopsi kendaraan listrik, Studi kasus implementasi solusi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami elektrifikasi sistem kendaraan |
Memahami proses elektrifikasi pada kendaraan dan tantangan yang dihadapi |
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kelompok, diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: Elektrifikasi Kendaraan Listrik Pustaka: ELECTRIC VEHICLE TECHNOLOGY EXPLAINED |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami keamanan kendaraan listrik |
Mengetahui potensi bahaya dan cara mitigasi risiko pada kendaraan listrik |
Kriteria:
10 Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan analisis kelebihan dan kekurangan strategi manajemen baterai
|
Materi: Pengenalan teknologi baterai kendaraan listrik, Strategi pengelolaan baterai, Analisis umur baterai Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami keberlanjutan dan dampak lingkungan kendaraan listrik |
Menganalisis dampak lingkungan kendaraan listrik dan prospek keberlanjutan |
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan desain prototipe kendaraan listrik yang memenuhi standar keamanan dan kenyamanan pengguna
|
Materi: Standar Keamanan Kendaraan Listrik, Prinsip Kenyamanan Pengguna dalam Kendaraan Listrik, Proses Pengembangan Prototipe Kendaraan Listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis inovasi terkini dalam teknologi kendaraan listrik |
- Memahami inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
- Menganalisis potensi dan tantangan teknologi masa depan
|
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Penyusunan rekomendasi pengembangan produk berbasis inovasi
|
Materi: Tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Strategi pengembangan produk Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami Tantangan dan Prospek Kendaraan Listrik di Masa Depan |
- Menyimpulkan tantangan dan prospek kendaraan listrik di masa depan
- Menyusun prediksi arah perkembangan kendaraan listrik
|
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Membuat analisis peluang pengembangan produk berdasarkan inovasi terkini
|
Materi: Tren Terbaru dalam Teknologi Kendaraan Listrik, Inovasi Terbaru dalam Kendaraan Listrik, Strategi Identifikasi Peluang Produk Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mampu mengejakan soal dengan benar |
Kriteria:
Bedasarkan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Test
|
|
Materi: UAS Pustaka: HandOut |
10% |