Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi Kendaraan Listrik

8320303306

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

4

19 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.




.......................................




Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis komponen dan sistem pada kendaraan listrik untuk memahami prinsip kerja dan interaksi antar komponen (C4)

PO - 2

Mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem kendaraan listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan (C5)

PO - 3

Merancang sistem kendaraan listrik yang inovatif dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan teknologi terkini (C6)

PO - 4

Menganalisis dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan listrik dibandingkan dengan kendaraan konvensional (C4)

PO - 5

Mengevaluasi kinerja dan keandalan komponen kendaraan listrik menggunakan metode pengujian standar industri (C5)

PO - 6

Menciptakan solusi untuk meningkatkan efisiensi pengisian daya kendaraan listrik melalui inovasi teknologi (C6)

PO - 7

Menganalisis tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi kendaraan listrik untuk mengidentifikasi peluang inovasi (C4)

PO - 8

Mengevaluasi kebijakan dan regulasi terkait kendaraan listrik untuk memastikan kepatuhan dan optimalisasi operasional (C5)

PO - 9

Menciptakan model simulasi untuk memprediksi performa kendaraan listrik dalam berbagai kondisi operasional (C6)

PO - 10

Menganalisis kasus studi kegagalan pada kendaraan listrik untuk menentukan penyebab dan mengembangkan solusi perbaikan (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4  
PO-5  
PO-6 
PO-7
PO-8  
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Teknologi Kendaraan Listrik membahas tentang prinsip dasar, komponen, dan sistem yang terkait dengan kendaraan listrik. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar tentang motor listrik, baterai, pengisian daya, sistem kontrol, dan teknologi terkini dalam industri kendaraan listrik. Mata kuliah ini juga menekankan pada aspek keberlanjutan dan lingkungan dalam pengembangan kendaraan berbasis listrik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang teknologi kendaraan listrik, serta mempersiapkan mereka untuk berkontribusi dalam industri otomotif yang semakin berkembang menuju mobilitas berkelanjutan.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Soeryanto, M.Pd.

Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd.

Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis komponen dan sistem pada kendaraan listrik dengan baik untuk memahami prinsip operasionalnya.

  1. Analisis komponen kendaraan listrik
  2. Pemahaman prinsip operasional kendaraan listrik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan proyek online
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Pengisian, Motor Listrik, Kontroler dan Inverter
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis komponen dan sistem pada kendaraan listrik dengan kemampuan kognitif level C4.

  1. Analisis komponen kendaraan listrik
  2. Pemahaman prinsip operasional sistem kendaraan listrik

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis komponen kendaraan listrik, Pengembangan laporan portofolio tentang sistem kendaraan listrik
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Manajemen Energi, Motor Listrik, Kontroler Motor
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efisiensi dan efektivitas berbagai jenis motor listrik dalam kendaraan listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

  1. Performa motor listrik
  2. Efisiensi energi
  3. Dampak lingkungan

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang perbandingan efisiensi motor listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan
Materi: Jenis-jenis motor listrik, Kriteria teknis dalam pemilihan motor listrik, Pengaruh lingkungan dalam pemilihan motor listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien sesuai dengan standar yang ditetapkan. Mereka juga diharapkan dapat berkolaborasi dalam tim, beradaptasi dengan perubahan, serta menunjukkan inovasi dan kreativitas dalam pemecahan masalah.

  1. Kemampuan merancang sistem pengisian listrik inovatif
  2. Kemampuan menerapkan konsep efisiensi dalam desain
  3. Kemampuan berkolaborasi dalam tim

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan proyek desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien
Materi: Konsep Teknologi Pengisian Kendaraan Listrik, Prinsip Desain Inovatif, Strategi Meningkatkan Efisiensi Pengisian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

5

Minggu ke 5

Mampu menciptakan desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

  1. Kemampuan merancang sistem pengisian kendaraan listrik
  2. Kemampuan menerapkan pemikiran kritis dan logis dalam desain
  3. Kemampuan menghasilkan solusi inovatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang ide desain inovatif sistem pengisian listrik, Presentasi proyek desain sistem pengisian kendaraan listrik
Materi: Prinsip dasar pengisian kendaraan listrik, Teknologi pengisian listrik yang ada, Inovasi dalam desain sistem pengisian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak penggunaan kendaraan listrik terhadap lingkungan untuk memahami keberlanjutan teknologi ini.

  1. analisis dampak penggunaan kendaraan listrik
  2. pemahaman keberlanjutan teknologi kendaraan listrik
  3. kontribusi kendaraan listrik terhadap lingkungan

Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Pengantar Kendaraan Listrik, Dampak Lingkungan dari Kendaraan Konvensional, Keberlanjutan Teknologi Kendaraan Listrik, Analisis Dampak Penggunaan Kendaraan Listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi kebijakan dan regulasi terkait dengan kendaraan listrik serta memahami implikasinya dalam pengembangan dan implementasi teknologi tersebut.

  1. Analisis kebijakan kendaraan listrik
  2. Evaluasi regulasi terkait kendaraan listrik
  3. Rekomendasi perbaikan kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Penugasan tulis tentang analisis kebijakan kendaraan listrik
Materi: Peran pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik, Analisis kebijakan kendaraan listrik, Evaluasi regulasi terkait kendaraan listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

8

Minggu ke 8

UTS



0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi yang tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta memiliki jiwa kewirausahaan dalam mengatasi tantangan adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

  1. Kemampuan berpikir kreatif
  2. Kemampuan berkolaborasi
  3. Kemampuan berinovasi
  4. Kemampuan beradaptasi
  5. Kemampuan inklusif
  6. Jiwa kewirausahaan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL (Problem-Based Learning).
Diskusi daring tentang solusi adopsi kendaraan listrik, Penugasan membuat proposal solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan adopsi kendaraan listrik, Studi kasus solusi adopsi kendaraan listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi yang inovatif dan efektif untuk mengatasi tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

  1. Kemampuan analisis
  2. Kemampuan sintesis
  3. Kemampuan evaluasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL (Problem-Based Learning).
Diskusi daring tentang solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan dalam adopsi kendaraan listrik, Studi kasus implementasi solusi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam mengevaluasi strategi manajemen baterai untuk kendaraan listrik.

  1. Analisis kelebihan dan kekurangan strategi manajemen baterai
  2. Kemampuan memilih strategi yang paling efektif
  3. Kemampuan menyusun rekomendasi strategi yang tepat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan analisis kelebihan dan kekurangan strategi manajemen baterai
Materi: Pengenalan teknologi baterai kendaraan listrik, Strategi pengelolaan baterai, Analisis umur baterai
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menciptakan prototipe kendaraan listrik yang memenuhi standar keamanan dan kenyamanan pengguna.

  1. Kemampuan menganalisis kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam kendaraan listrik
  2. Kemampuan menciptakan prototipe kendaraan listrik yang sesuai dengan standar keamanan
  3. Kemampuan menjelaskan konsep kenyamanan pengguna dalam kendaraan listrik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan desain prototipe kendaraan listrik yang memenuhi standar keamanan dan kenyamanan pengguna
Materi: Standar Keamanan Kendaraan Listrik, Prinsip Kenyamanan Pengguna dalam Kendaraan Listrik, Proses Pengembangan Prototipe Kendaraan Listrik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

14

Minggu ke 14

Lulusan mampu menganalisis tren dan inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik untuk mengidentifikasi peluang pengembangan produk.

  1. Analisis tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
  2. Identifikasi inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
  3. Penyusunan rekomendasi pengembangan produk

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Penyusunan rekomendasi pengembangan produk berbasis inovasi
Materi: Tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Strategi pengembangan produk
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis tren dan inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik untuk mengidentifikasi peluang pengembangan produk.

  1. Analisis tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
  2. Identifikasi peluang pengembangan produk berdasarkan inovasi terkini

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Membuat analisis peluang pengembangan produk berdasarkan inovasi terkini
Materi: Tren Terbaru dalam Teknologi Kendaraan Listrik, Inovasi Terbaru dalam Kendaraan Listrik, Strategi Identifikasi Peluang Produk
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.