
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teknologi Kendaraan Listrik |
8320303306 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
4 |
19 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.
|
.......................................
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis komponen dan sistem pada kendaraan listrik untuk memahami prinsip kerja dan interaksi antar komponen (C4)
|
PO - 2 |
Mengevaluasi efisiensi dan efektivitas sistem kendaraan listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan (C5)
|
PO - 3 |
Merancang sistem kendaraan listrik yang inovatif dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan teknologi terkini (C6)
|
PO - 4 |
Menganalisis dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan listrik dibandingkan dengan kendaraan konvensional (C4)
|
PO - 5 |
Mengevaluasi kinerja dan keandalan komponen kendaraan listrik menggunakan metode pengujian standar industri (C5)
|
PO - 6 |
Menciptakan solusi untuk meningkatkan efisiensi pengisian daya kendaraan listrik melalui inovasi teknologi (C6)
|
PO - 7 |
Menganalisis tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi kendaraan listrik untuk mengidentifikasi peluang inovasi (C4)
|
PO - 8 |
Mengevaluasi kebijakan dan regulasi terkait kendaraan listrik untuk memastikan kepatuhan dan optimalisasi operasional (C5)
|
PO - 9 |
Menciptakan model simulasi untuk memprediksi performa kendaraan listrik dalam berbagai kondisi operasional (C6)
|
PO - 10 |
Menganalisis kasus studi kegagalan pada kendaraan listrik untuk menentukan penyebab dan mengembangkan solusi perbaikan (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | ✔ | ✔ | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | ✔ | | ✔ | PO-7 | ✔ | ✔ | ✔ | PO-8 | | ✔ | | PO-9 | | ✔ | ✔ | PO-10 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Teknologi Kendaraan Listrik membahas tentang prinsip dasar, komponen, dan sistem yang terkait dengan kendaraan listrik. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar tentang motor listrik, baterai, pengisian daya, sistem kontrol, dan teknologi terkini dalam industri kendaraan listrik. Mata kuliah ini juga menekankan pada aspek keberlanjutan dan lingkungan dalam pengembangan kendaraan berbasis listrik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang teknologi kendaraan listrik, serta mempersiapkan mereka untuk berkontribusi dalam industri otomotif yang semakin berkembang menuju mobilitas berkelanjutan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Soeryanto, M.Pd. Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd. Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis komponen dan sistem pada kendaraan listrik dengan baik untuk memahami prinsip operasionalnya. |
- Analisis komponen kendaraan listrik
- Pemahaman prinsip operasional kendaraan listrik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan proyek online
|
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Pengisian, Motor Listrik, Kontroler dan Inverter Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis komponen dan sistem pada kendaraan listrik dengan kemampuan kognitif level C4. |
- Analisis komponen kendaraan listrik
- Pemahaman prinsip operasional sistem kendaraan listrik
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis komponen kendaraan listrik, Pengembangan laporan portofolio tentang sistem kendaraan listrik
|
Materi: Sistem Propulsi Listrik, Baterai dan Manajemen Energi, Motor Listrik, Kontroler Motor Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efisiensi dan efektivitas berbagai jenis motor listrik dalam kendaraan listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
- Performa motor listrik
- Efisiensi energi
- Dampak lingkungan
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang perbandingan efisiensi motor listrik berdasarkan kriteria teknis dan lingkungan
|
Materi: Jenis-jenis motor listrik, Kriteria teknis dalam pemilihan motor listrik, Pengaruh lingkungan dalam pemilihan motor listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien sesuai dengan standar yang ditetapkan. Mereka juga diharapkan dapat berkolaborasi dalam tim, beradaptasi dengan perubahan, serta menunjukkan inovasi dan kreativitas dalam pemecahan masalah. |
- Kemampuan merancang sistem pengisian listrik inovatif
- Kemampuan menerapkan konsep efisiensi dalam desain
- Kemampuan berkolaborasi dalam tim
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan proyek desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien
|
Materi: Konsep Teknologi Pengisian Kendaraan Listrik, Prinsip Desain Inovatif, Strategi Meningkatkan Efisiensi Pengisian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menciptakan desain sistem pengisian kendaraan listrik yang inovatif dan efisien dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
- Kemampuan merancang sistem pengisian kendaraan listrik
- Kemampuan menerapkan pemikiran kritis dan logis dalam desain
- Kemampuan menghasilkan solusi inovatif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang ide desain inovatif sistem pengisian listrik, Presentasi proyek desain sistem pengisian kendaraan listrik
|
Materi: Prinsip dasar pengisian kendaraan listrik, Teknologi pengisian listrik yang ada, Inovasi dalam desain sistem pengisian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak penggunaan kendaraan listrik terhadap lingkungan untuk memahami keberlanjutan teknologi ini. |
- analisis dampak penggunaan kendaraan listrik
- pemahaman keberlanjutan teknologi kendaraan listrik
- kontribusi kendaraan listrik terhadap lingkungan
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Pengantar Kendaraan Listrik, Dampak Lingkungan dari Kendaraan Konvensional, Keberlanjutan Teknologi Kendaraan Listrik, Analisis Dampak Penggunaan Kendaraan Listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi kebijakan dan regulasi terkait dengan kendaraan listrik serta memahami implikasinya dalam pengembangan dan implementasi teknologi tersebut. |
- Analisis kebijakan kendaraan listrik
- Evaluasi regulasi terkait kendaraan listrik
- Rekomendasi perbaikan kebijakan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Penugasan tulis tentang analisis kebijakan kendaraan listrik
|
Materi: Peran pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik, Analisis kebijakan kendaraan listrik, Evaluasi regulasi terkait kendaraan listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi yang tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta memiliki jiwa kewirausahaan dalam mengatasi tantangan adopsi kendaraan listrik di Indonesia. |
- Kemampuan berpikir kreatif
- Kemampuan berkolaborasi
- Kemampuan berinovasi
- Kemampuan beradaptasi
- Kemampuan inklusif
- Jiwa kewirausahaan
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang solusi adopsi kendaraan listrik, Penugasan membuat proposal solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
|
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan adopsi kendaraan listrik, Studi kasus solusi adopsi kendaraan listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi yang inovatif dan efektif untuk mengatasi tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia. |
- Kemampuan analisis
- Kemampuan sintesis
- Kemampuan evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL (Problem-Based Learning).
|
Diskusi daring tentang solusi inovatif untuk adopsi kendaraan listrik
|
Materi: Tantangan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia, Strategi mengatasi hambatan dalam adopsi kendaraan listrik, Studi kasus implementasi solusi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam mengevaluasi strategi manajemen baterai untuk kendaraan listrik. |
- Analisis kelebihan dan kekurangan strategi manajemen baterai
- Kemampuan memilih strategi yang paling efektif
- Kemampuan menyusun rekomendasi strategi yang tepat
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan analisis kelebihan dan kekurangan strategi manajemen baterai
|
Materi: Pengenalan teknologi baterai kendaraan listrik, Strategi pengelolaan baterai, Analisis umur baterai Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menciptakan prototipe kendaraan listrik yang memenuhi standar keamanan dan kenyamanan pengguna. |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam kendaraan listrik
- Kemampuan menciptakan prototipe kendaraan listrik yang sesuai dengan standar keamanan
- Kemampuan menjelaskan konsep kenyamanan pengguna dalam kendaraan listrik
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan desain prototipe kendaraan listrik yang memenuhi standar keamanan dan kenyamanan pengguna
|
Materi: Standar Keamanan Kendaraan Listrik, Prinsip Kenyamanan Pengguna dalam Kendaraan Listrik, Proses Pengembangan Prototipe Kendaraan Listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Lulusan mampu menganalisis tren dan inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik untuk mengidentifikasi peluang pengembangan produk. |
- Analisis tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
- Identifikasi inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
- Penyusunan rekomendasi pengembangan produk
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Penyusunan rekomendasi pengembangan produk berbasis inovasi
|
Materi: Tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Strategi pengembangan produk Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis tren dan inovasi terbaru dalam teknologi kendaraan listrik untuk mengidentifikasi peluang pengembangan produk. |
- Analisis tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik
- Identifikasi peluang pengembangan produk berdasarkan inovasi terkini
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang tren terbaru dalam teknologi kendaraan listrik, Membuat analisis peluang pengembangan produk berdasarkan inovasi terkini
|
Materi: Tren Terbaru dalam Teknologi Kendaraan Listrik, Inovasi Terbaru dalam Kendaraan Listrik, Strategi Identifikasi Peluang Produk Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |