Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Mekanika dan Termodinamika Dasar

8420304294

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=1

ECTS=6.36

1

17 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern

PLO-6

Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya

PO - 2

Mampu menguasai konsep besaran, satuan dan vektor; kinematika partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak parabolik, Gerak melingkar beraturan); dinamika partikel (Hukum 1, 2 dan 3 Newton serta penerapannya); usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar; fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas ideal; dan hukum termodinamika (nol dan satu)

PO - 3

Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat

PO - 4

Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah

PO - 5

Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar

PO - 6

Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji besaran, satuan, angka penting dan vektor, kinematika partikel: Gerak 1D dan Gerak 2D; dinamika partikel; usaha dan energi: konservasi usaha dan energi serta penerapannya; gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar; fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas ideal; dan hukum termodinamika melalui pengamatan fenomena fisis dengan analisis matematis sederhana dengan menerapkan case study dan pengalaman pembelajaran dalam kegiatan laboratorium

Pustaka

Utama :

  1. 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
  2. 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
  3. 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
  4. 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.

Pendukung :

  1. 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063.
  2. 2. Buku panduan Praktikum Fisika Dasar 1.

Dosen Pengampu

Dr. Titin Sunarti, M.Si.

Drs. Imam Sucahyo, M.Si.

Woro Setyarsih, S.Pd., M.Si.

Abd. Kholiq, S.Pd., M.T.

Endah Rahmawati, S.T., M.Si.

Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah, S.Pd., M.Pd.

Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep besaran, satuan dan vektor
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  1. Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
  2. Menganalisis menggunakan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
  3. Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode: Case study - Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: 1. Besaran, satuan, angka penting dan vektor
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep kinematika partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak parabolik, Gerak melingkar beraturan)
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
  4. ampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dasar selama proses pembelajaran
  1. Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
  2. Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
  3. Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kinematika partikel
  4. Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
  5. Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case study dan kegiatan laboratorium yang relevan
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: 2. Kinematika Partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak Parabolik, GMB)
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
5%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep dinamika partikel
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep dinamika partikel
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep dinamika partikel
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep dinamika partikel
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep dinamika partikel
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep dinamika partikel
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: Dinamika Partikel
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep dinamika partikel
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep dinamika partikel
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep impuls dan momentum
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep impuls dan momentum
  4. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: impuls dan momentum
Pustaka: 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep kesetimbangan benda tegar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep kesetimbangan benda tegar
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep kesetimbangan benda tegar dengan tepat
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait kesetimbangan benda tegar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep kesetimbangan benda tegar
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kesetimbangan benda tegar
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: kesetimbangan benda tegar
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
5%

8

Minggu ke 8

  1. Ujian Tengah Semester
  2. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat

Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat

Kriteria:

Menyelesaikan semua soal ujian dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
UJian Tengah Semester
2x50‘

Materi: 1. Besaran, satuan, angka penting dan vektor 2. Kinematika Partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak Parabolik, GMB) 3. Dinamika Partikel: Hukum Newton (1, 2 dan 3) dan penerapannya 4. Usaha dan Energi: Konservasi usaha dan energi serta penerapannya 5. Gaya konservatif 6. Impuls dan Momentum 7. Kesetimbangan benda tegar
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
14%

9

Minggu ke 9

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanikadasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep fluida statis dan fuida dinamis
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep fluida statis dan dinamis
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep fluida statis dan dinamis
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: Fluida statis dan fluida dinamis
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanikadasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep getaran dan gelombang
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep getaran dan gelombang
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep getaran dan gelombang
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep getaran dan gelombang
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep getaran dan gelombang
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: getaran dan gelombang
Pustaka: 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063.

Materi: getaran dan gelombang
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep termometri
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep termometri
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep termometri
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep termometri
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep termometri
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: Termometri
Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep suhu dan kalor
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
  5. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep suhu dan kalor
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep suhu dan kalor
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep suhu dan kalor
  4. 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep suhu dan kalor
  5. 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:
  1. 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
  2. 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: Suhu dan kalor
Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep teori kinetik gas beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep teori kinetik gas
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsepteori kinetik gas dengan tepat
  4. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran teori kinetik gas
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep teori kinetik gas selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep teori kinetik gas
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep teori kinetik gas
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori kinetik gas
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Dapat menghubungkan konsep-konsep dalam bentuk mind mapping dengan rinci


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: teori kinetik gas
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep teori hukum termodinamika
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori hukum termodinamika
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: Menyelesaikan tugas dengan lengkap
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
  2. Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
  3. Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
  4. Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
  1. 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
  2. 2) Menganalisis menggunakan konsep teori hukum termodinamika
  3. 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori hukum termodinamika
  4. 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
Kriteria:

Menyelesaikan tugas dengan lengkap


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa
4x50‘

Materi: Menyelesaikan tugas dengan lengkap
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.

Materi: Menyelesaikan tugas dengan lengkap
Pustaka: 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat

3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori hukum mekanika dan termodinamika dasar

Kriteria:

mengerjakan semua soal ujian dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Akhir Semester
2x50‘

Materi: Kesetimbangan benda tegar, fluida statis dan fluida dinamis, getaran dan gelombang, termometri, suhu dan kalor, teori kinetik gas ideal, hukum termodinamika
Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.

Materi: Kesetimbangan benda tegar, fluida statis dan fluida dinamis, getaran dan gelombang, termometri, suhu dan kalor, teori kinetik gas ideal, hukum termodinamika
Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: Thomson­Learning Publ., pp. 1-1058.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 39.18%
2. Penilaian Portofolio 14.18%
3. Penilaian Praktikum 16.68%
4. Tes 29%
99.04%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.