
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Mekanika dan Termodinamika Dasar |
8420304294 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=1 |
ECTS=6.36 |
1 |
17 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern |
PLO-6 |
Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
|
PO - 2 |
Mampu menguasai konsep besaran, satuan dan vektor; kinematika partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak parabolik, Gerak melingkar beraturan); dinamika partikel (Hukum 1, 2 dan 3 Newton serta penerapannya); usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar; fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas ideal; dan hukum termodinamika (nol dan satu)
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
|
PO - 4 |
Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
|
PO - 5 |
Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dan termodinamika dasar
|
PO - 6 |
Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | ✔ | | | PO-6 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengkaji besaran, satuan, angka penting dan vektor, kinematika partikel: Gerak 1D dan Gerak 2D; dinamika partikel; usaha dan energi: konservasi usaha dan energi serta penerapannya; gaya konservatif; impuls dan momentum; kesetimbangan benda tegar; fluida statis dan dinamis; getaran dan gelombang; termometri; suhu dan kalor; teori kinetik gas ideal; dan hukum termodinamika melalui pengamatan fenomena fisis dengan analisis matematis sederhana dengan menerapkan case study dan pengalaman pembelajaran dalam kegiatan laboratorium |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720.
- 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816.
- 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058.
- 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014.
|
Pendukung : |
|
- 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063.
- 2. Buku panduan Praktikum Fisika Dasar 1.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Titin Sunarti, M.Si. Drs. Imam Sucahyo, M.Si. Woro Setyarsih, S.Pd., M.Si. Abd. Kholiq, S.Pd., M.T. Endah Rahmawati, S.T., M.Si. Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah, S.Pd., M.Pd. Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep besaran, satuan dan vektor
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
|
- Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
- Menganalisis menggunakan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
- Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep besaran, satuan, angka penting dan vektor
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode: Case study - Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: 1. Besaran, satuan, angka penting dan vektor Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep kinematika partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak parabolik, Gerak melingkar beraturan)
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
- ampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dasar selama proses pembelajaran
|
- Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kinematika partikel
- Menganalisis menggunakan konsep kinematika partikel
- Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kinematika partikel
- Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kinematika partikel
- Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case study dan kegiatan laboratorium yang relevan
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: 2. Kinematika Partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak Parabolik, GMB) Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep dinamika partikel
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
- 2) Menganalisis menggunakan konsep dinamika partikel
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep dinamika partikel
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: Dinamika Partikel Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep dinamika partikel
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
- 2) Menganalisis menggunakan konsep dinamika partikel
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep dinamika partikel
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: Dinamika Partikel Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep dinamika partikel
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
- 2) Menganalisis menggunakan konsep usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep dinamika partikel
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep dinamika partikel
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanika dan termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep impuls dan momentum
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dan termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dan termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep dinamika partikel
- 2) Menganalisis menggunakan konsep usaha dan energi (konservasi usaha dan energi serta penerapannya); gaya konservatif
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep impuls dan momentum
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: impuls dan momentum Pustaka: 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep kesetimbangan benda tegar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep kesetimbangan benda tegar
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep kesetimbangan benda tegar dengan tepat
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait kesetimbangan benda tegar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
- 2) Menganalisis menggunakan konsep kesetimbangan benda tegar
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep kesetimbangan benda tegar
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep kesetimbangan benda tegar
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Case study dan praktikum, Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: kesetimbangan benda tegar Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Ujian Tengah Semester
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
|
Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat |
Kriteria:
Menyelesaikan semua soal ujian dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
UJian Tengah Semester 2x50‘ |
|
Materi: 1. Besaran, satuan, angka penting dan vektor 2. Kinematika Partikel: Gerak 1D (GLB, GLBB) dan Gerak 2D (Gerak Parabolik, GMB) 3. Dinamika Partikel: Hukum Newton (1, 2 dan 3) dan penerapannya 4. Usaha dan Energi: Konservasi usaha dan energi serta penerapannya 5. Gaya konservatif 6. Impuls dan Momentum 7. Kesetimbangan benda tegar Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. |
14% |
9
Minggu ke 9 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanikadasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep fluida statis dan fuida dinamis
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
- 2) Menganalisis menggunakan konsep fluida statis dan dinamis
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep fluida statis dan dinamis
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep fluida statis dan dinamis
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: Fluida statis dan fluida dinamis Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep mekanikadasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep getaran dan gelombang
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep mekanika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran mekanika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep mekanika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep getaran dan gelombang
- 2) Menganalisis menggunakan konsep getaran dan gelombang
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep getaran dan gelombang
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep getaran dan gelombang
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: getaran dan gelombang Pustaka: 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063. Materi: getaran dan gelombang Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep termometri
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep termometri
- 2) Menganalisis menggunakan konsep termometri
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep termometri
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep termometri
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: Termometri Pustaka: 1. Nowikow, I. and Heimbecker, B. 2017. Physics: concepts and connections: Book 1. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-720. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep suhu dan kalor
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu melakukan kegiatan laboratorium yang relevan sesuai dengan prosedur atau tata cara yang sistematis untuk memecahkan masalah yang melibatkan pengamatan dan pengukuran yang cermat serta hipotesis ilmiah
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep suhu dan kalor
- 2) Menganalisis menggunakan konsep suhu dan kalor
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan konsep suhu dan kalor
- 4) Membuat laporan kegiatan laboratorium yang relevan secara mandiri/tim berkaitan dengan konsep suhu dan kalor
- 5) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
- 1) Menyelesaikan tugas dengan lengkap
- 2) melakukan serangkaian praktikum (pralab, pengambilan data, laporan) dengan lengkap
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Case study dan praktikum
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: Suhu dan kalor Pustaka: 2. Heimbecker, B., Nowikow, I., Howes, C. T., Mantha, J., Smith, B. P., van Bemmel, H. M. 2002. Physics: concepts and connections: Book 2. Toronto, Canada: Irwin Publ., pp. 1-816. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep teori kinetik gas beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep teori kinetik gas
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsepteori kinetik gas dengan tepat
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran teori kinetik gas
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep teori kinetik gas selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep teori kinetik gas
- 2) Menganalisis menggunakan konsep teori kinetik gas
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori kinetik gas
- 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Dapat menghubungkan konsep-konsep dalam bentuk mind mapping dengan rinci Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: teori kinetik gas Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
- 2) Menganalisis menggunakan konsep teori hukum termodinamika
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori hukum termodinamika
- 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: Menyelesaikan tugas dengan lengkap Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mampu mendemonstrasikan penggunaan metode ilmiah untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran konsep-konsep termodinamika dasar beserta praktikumnya
- Mampu menguasai konsep hukum termodinamika
- Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat
- Mampu bekerja mandiri/tim secara efektif untuk menyelesaikan semua tugas pembelajaran termodinamika dasar
- Mampu berkomunikasi secara efektif terkait konsep termodinamika dasar selama proses pembelajaran
|
- 1) Menyajikan argumen ilmiah berkaitan konsep hukum termodinamika
- 2) Menganalisis menggunakan konsep teori hukum termodinamika
- 3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori hukum termodinamika
- 4) Mempresentasikan hasil laporan yang telah dibuat secara berkelompok/tim
|
Kriteria:
Menyelesaikan tugas dengan lengkap Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan presentasi
Penugasan mahasiswa 4x50‘ |
|
Materi: Menyelesaikan tugas dengan lengkap Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. Materi: Menyelesaikan tugas dengan lengkap Pustaka: 1. Abdullah, M. 2016. Fisika Dasar 1. Bandung: ITB Press, pp. 1-1063. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menganalisis permasalahan kontekstual menggunakan konsep termodinamika dasar dengan tepat |
3) Menganalisis masalah kontekstual berkaitan teori hukum mekanika dan termodinamika dasar |
Kriteria:
mengerjakan semua soal ujian dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Akhir Semester 2x50‘ |
|
Materi: Kesetimbangan benda tegar, fluida statis dan fluida dinamis, getaran dan gelombang, termometri, suhu dan kalor, teori kinetik gas ideal, hukum termodinamika Pustaka: 4. Halliday, R. Resnick, J. Walker. Fundamental of Physiscs, 10th Edition. Wiley: 2014. Materi: Kesetimbangan benda tegar, fluida statis dan fluida dinamis, getaran dan gelombang, termometri, suhu dan kalor, teori kinetik gas ideal, hukum termodinamika Pustaka: 3. Serway, R. A. 2018. College Physics. Belmont, US: ThomsonLearning Publ., pp. 1-1058. |
15% |