Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Dimensi IPS SD

8624303011

T=0

P=0

ECTS=0

2

31 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Roni Rodiyana, M.Pd.; Muhammad Imaduddin, M.Pd.




Muhammad Imaduddin, M.Pd.




Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-8

Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

PLO-10

Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menyimpulkan kembali perspektif, orientasi, dan analisis materi pembelajaran IPS

PO - 2

Menerapkan dimensi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai pembelajaran IPS SD

PO - 3

Merancang dan menyusun skenario pembelajaran IPS SD

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-8PLO-10
PO-1   
PO-2  
PO-3   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengembangan dimensi IPS SD merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang IPS sebagai program pendidikan. Mata kuliah ini meliputi hakekat dan karakteristik pendidikan IPS, kedudukan dan peranan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran IPS, muatan kompetensi dasar, materi dan tema pembelajaran IPS, dimensi pembelajaran IPS (pengetahuan, keterampilan, dan sikap), standar proses pembelajaran IPS SD, pemanfaatan media dan sumber pembelajaran IPS, penyusunan alat penilaian pembelajaran IPS SD. Mata kuliah ini dirancang melalui nuansa pembelajaran yang berorientasi proyek dan berberbasis aktivitas, pengembangan kemampuan berfikir ( High Order Thinking Skills ), menghasilkan produk/karya serta melalui kegiatan ekspositori, tanya jawab, diskusi, CTL, inkuiri, investigasi kelompok, serta berorientasi penyelesaian masalah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).

Pustaka

Utama :

  1. Bisland, Beverly Milner. (2009). Two Traditions in the Social Studies Curriculum for the Elementary Grades: The Textbooks of Paul R. Hanna and Harold O. Rugg . Journal of Social Studies Research 33.2 (Fall 2009): 155-196. http://search.proquest.com.
  2. Boyle-Baise, M., Hsu, M. C., Johnson, S., Serriere, S. C., & Stewart, D. (2008). Putting reading first: Teaching social studies in elementary classrooms. Theory & Research in Social Education , 36 (3), 233-255
  3. Burcu, S. E. L., & SÖZER, M. A. (2020). Change and continuity perception skills in social studies curriculum in turkey and america within the scope of teaching historical time. Uşak Üniversitesi Eğitim Araştırmaları Dergisi, 6(1), 1-19.
  4. Farris , Pamela J. 2015. Elementary and Middle School Social Studies : An Interdisciplinary, Multicultural Approach. Waveland Press
  5. Katilmis, A. (2017). Values education as perceived by social studies teachers in objective and practice dimensions. Educational Sciences: Theory and Practice, 17(4), 1231-1254.
  6. Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1)
  7. Latifah, U. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep IPS melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match pada Siswa Kelas VA SD Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Yang DiPubiikasikan.
  8. Morrison, G. R., Ross, S. J., Morrison, J. R., & Kalman, H. K. (2019). Designing effective instruction. John Wiley & Sons.
  9. N. Supriatna, S. Mulyani, danA.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. BahanBelajarMandiriUniversitasPendidikan Indonesia. UPI Press Bandung.
  10. Permana, P., & Aryaningrum, K. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 257–365.
  11. Purnomo, A., & Kurniawan, G. F. (2021, May). Environmental ethics in Indonesian Social Studies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012044). IOP Publishing.
  12. Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya
  13. Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.
  14. Urbani, J. M., Roshandel, S., Michaels, R., & Truesdell, E. (2017). Developing and modeling 21st century skills with preservice teachers. Teacher Education Quarterly, 44(4), 27–50.
  15. Zhao, Y., & Hoge, J. D. (2005). What elementary students and teachers say about social studies. The social studies , 96 (5), 216-221.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Roni Rodiyana, M.Pd.

Muhammad Imaduddin, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskrispikan hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD

  1. Menjelaskan pengertian pendidikan IPS
  2. Mengidentifikasi tujuan pendidikan IPS di SD
  3. Kontribusi IPS di SD
Kriteria:
  1. Aspek kognitif: pengertian, tujuan, dan kontribusi IPS di SD
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Dosen bersama mahasiswa berdiskusi tentang hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD
3 X 50
Mahasiswa membaca bahan ajar melalui aplikasi SIDIA
Materi: hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD
Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.

Materi: Hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD
Pustaka: Farris , Pamela J. 2015. Elementary and Middle School Social Studies : An Interdisciplinary, Multicultural Approach. Waveland Press

Materi: Kontribusi IPS di SD
Pustaka: . Zhao, Y., & Hoge, J. D. (2005). What elementary students and teachers say about social studies. The social studies , 96 (5), 216-221.
4%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi capaian pembelajaran IPS dalam strukur kurikulum di SD

  1. Mengidentifikasi capaian pembelajaran IPS di SD
  2. Menganalisis capaian pembelajaran IPS di SD
Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: pengertian, tujuan, dan ruang lingkup IPS dan ilmu-ilmu sosial
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori, tanya jawab, diskusi, penugasan
3 X 50
Mahasiswa membaca bahan ajar melalui aplikasi SIDIA
Materi: muatan kompetensi dasar atau capaian pembelajaran IPS dalam strukur kurikulum diSD
Pustaka: Bisland, Beverly Milner. (2009). Two Traditions in the Social Studies Curriculum for the Elementary Grades: The Textbooks of Paul R. Hanna and Harold O. Rugg . Journal of Social Studies Research 33.2 (Fall 2009): 155-196. http://search.proquest.com/.......

Materi: Capaian pembelajaran IPS dalam strukur kurikulum di SD
Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya
4%

3

Minggu ke 3

Menganalisis muatan materi dan analisis tugas berdasarkan Kompetensi Dasar IPS SD

  1. Menganalisis kedalaman materi IPS di SD
  2. Mengembangkan materi IPS di SD
Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: pengertian, tujuan, dan ruang lingkup IPS dan ilmu-ilmu sosial
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Simulasi, presentasi, tanya jawab, diskusi, inkuiri
3 X 50

Materi: materi pembelajaran IPS SD
Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya

Materi: social studies
Pustaka: Burcu, S. E. L., & SÖZER, M. A. (2020). Change and continuity perception skills in social studies curriculum in turkey and america within the scope of teaching historical time. Uşak Üniversitesi Eğitim Araştırmaları Dergisi, 6(1), 1-19.
4%

4

Minggu ke 4

Menganalisis relevansi materi dan bab-bab pembelajaran IPS (antara NCSS dan Kurikulum Merdeka)

  1. Menganalisis kedalaman materi IPS di SD
  2. Menganalisis keluasan materi IPS di SD Mengorganisasikan tema-tema pembelajaran IPS di SD (koneksi Kurikulum Merdeka dan NCSS)
Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: kesesuaian materi dengan tema
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori, inkuiri, tanya jawab, diskusi
3 X 50
Melalui pemanfaatan berbagai platform media digital (sinkronus dan asinkronus) seperti
zoom meeting, presensi kehadiran google form/bitly, Learning Management System (LMS)
Materi: materi pembelajaran IPS di SD
Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya

Materi: Pembelajaran IPS
Pustaka: Katilmis, A. (2017). Values education as perceived by social studies teachers in objective and practice dimensions. Educational Sciences: Theory and Practice, 17(4), 1231-1254.
4%

5

Minggu ke 5

Menganalisis dimensi pengetahuan dalam IPS meliputi fakta, konsep, dan generalisasi

  1. Mengidentifikasi aspek materi fakta dalam pendidikan IPS SD
  2. Mengidentifikasi aspek materi konsep dalam pendidikan IPS SD
Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: fakta, konsep, dan generalisasi dalam IPS
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Dosen bersama mahasiswa berdiskusi tentang fakta, konsep, dan generalisasi dalam IPS
2. Dosen bersama mahasiswa menganalisis empat jenis pengetahuan dalam dimensi pengetahuan
3 X 50
Mempelajari bahan ajar melalui pemanfaatan aplikasi SIDIA
Materi: Dimensi pengetahuan dalam IPS
Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.

Materi: Konsep IPS
Pustaka: Latifah, U. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep IPS melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match pada Siswa Kelas VA SD Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Yang DiPubiikasikan.
4%

6

Minggu ke 6

Menganalisis dimensi keterampilan dalam IPS

  1. Mengidentifikasi jenis keterampilan IPS di SD
  2. Menjelaskan karakteristik keterampilan dalam IPS di SD
  3. Menyimpulkan implikasi dimensi keterampilan dalam pembelajaran IPS di SD
Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: keterampilan IPS di SD
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori, simulasi, tanya jawab, diskusi, presentasi
3 X 50
Mempelajari bahan ajar melalui pemanfaatan aplikasi SIDIA
Materi: dimensi keterampilan dalam IPS SD
Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.

Materi: Karakteristik keterampilan dalam IPS di SD
Pustaka: Morrison, G. R., Ross, S. J., Morrison, J. R., & Kalman, H. K. (2019). Designing effective instruction. John Wiley & Sons.
4%

7

Minggu ke 7

Menganalisis dimensi nilai dan sikap dalam IPS

  1. Menjelaskan hakikat pengajaran nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD
  2. Menjelaskan urgensi pengajaran nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD
  3. Menyimpulkan implikasi pengajaran nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD
Kriteria:

Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berpikir kritis)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ekspositori, simulasi, tanya jawab, diskusi, presentasi, penugasan
3 X 50

Materi: dimensi nilai dan sikap dalam IPS SD
Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.

Materi: Nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD
Pustaka: Burcu, S. E. L., & SÖZER, M. A. (2020). Change and continuity perception skills in social studies curriculum in turkey and america within the scope of teaching historical time. Uşak Üniversitesi Eğitim Araştırmaları Dergisi, 6(1), 1-19.
4%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Pemahaman mahasiswa terkait dimensi pengembangan IPS SD

Kriteria:

Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berpikir kritis)


Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50
Melalui pemanfaatanberbagai platform media digital dalam pengerjaan UTS
Materi: Pengembangan Dimensi IPS SD
Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.
12%

9

Minggu ke 9

Memahami standar proses dalam pembelajaran IPS SD melalui melalui kegiatan berbasis masalah dalam IPS SD

  1. Menjelaskan penerapan standar proses dalam pembelajaran IPS SD
  2. Merumuskan penerapan model pembelajaran inkuiri sosial, discovery, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS SD
  3. Menyimpulkan implikasi penerapan standar proses terhadap pembelajaran IPS di SD
Kriteria:

Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berfikir kritis)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspositori, observasi, inkuiri, tanya jawab, diskusi
3 X 50
Melalui pemanfaatan berbagai platform media digital (sinkronus dan asinkronus) seperti
zoom meeting, presensi kehadiran google form/bitly, Learning Management System (LMS)
Materi: Model pembelajaran inkuiri sosial, discovery, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS SD
Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya

Materi: Standar proses dalam pembelajaran
Pustaka: Permana, P., & Aryaningrum, K. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 257–365.
5%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi objek/peristiwa yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber belajar IPS di SD

  1. Mengidentifikasi objek atau peristiwa sebagai media dan sumber belajar IPS SD
  2. Merancang pemanfaatan objek/peristiwa sebagai media dan sumber belajar IPS SD
Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: identifikasi peristiwa sebagai sumber belajar
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: merancang

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ekspositori, observasi, tanya jawab, diskusi, presentasi
3 X 50

Materi: Media pembelajaran IPS
Pustaka: Permana, P., & Aryaningrum, K. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 257–365.

Materi: Sumber belajar IPS
Pustaka: Purnomo, A., & Kurniawan, G. F. (2021, May). Environmental ethics in Indonesian Social Studies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012044). IOP Publishing.
5%

11

Minggu ke 11

membuat alat penilaian berupa soal IPS SD berdasarlan taxonomy Bloom

  1. Menjelaskan indikator setiap tingkatan taxonomy Bloom
  2. Merancang penyusunan soal IPS SD dan alat pengukuran dalam pembelajaran IPS SD sesuai taxonomy Bloom
Kriteria:

Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berfikir kritis)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Mahasiswa menyususn alat evaluasi IPS
3 X 50

Materi: evaluasi pembelajaran IPS SD berdasarlan taxonomy Bloom
Pustaka: . Taba, H. (1967). Teachers handbook for elementary social studies.

Materi: Menyusun alat evaluasi
Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.
8%

12

Minggu ke 12

Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi)

Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran

Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran
3 X 50

Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD
Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu.

Materi: Skenario pembelajaran
Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1)
8%

13

Minggu ke 13

Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi)

Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran

Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran
3 X 50

Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD
Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu.

Materi: Skenario pembelajaran
Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1)
8%

14

Minggu ke 14

Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi)

Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran

Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran
3 X 50

Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD
Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu.

Materi: Skenario pembelajaran
Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1)
8%

15

Minggu ke 15

Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi)

Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran

Kriteria:
  1. Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
  2. Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
  3. Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran
3 X 50

Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD
Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu.

Materi: Skenario pembelajaran
Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1)
10%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER

analisis pengembangan dimensi pembelajaran IPS berdasarkan studi kasus di SD

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
pengumpulan project hasil analisis pengembangan IPS berdasarkan studi kasus yang ada di SD
3 X 50
pengumpulan project hasil analisis pengembangan IPS berdasarkan studi kasus yang ada di SD
Materi: Studi Kasus mengenai dimensi pengembangan IPS SD
Pustaka: N. Supriatna, S. Mulyani, danA.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. BahanBelajarMandiriUniversitasPendidikan Indonesia. UPI Press Bandung.
12%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 24%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 52%
3. Tes 24%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.