
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Dimensi IPS SD |
8624303011 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
2 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Roni Rodiyana, M.Pd.; Muhammad Imaduddin, M.Pd.
|
Muhammad Imaduddin, M.Pd.
|
Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-10 |
Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menyimpulkan kembali perspektif, orientasi, dan analisis materi pembelajaran IPS
|
PO - 2 |
Menerapkan dimensi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai pembelajaran IPS SD
|
PO - 3 |
Merancang dan menyusun skenario pembelajaran IPS SD
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | PO-3 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | | | | | | ✔ | | | | | ✔ | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pengembangan dimensi IPS SD merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang IPS sebagai program pendidikan. Mata kuliah ini meliputi hakekat dan karakteristik pendidikan IPS, kedudukan dan peranan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran IPS, muatan kompetensi dasar, materi dan tema pembelajaran IPS, dimensi pembelajaran IPS (pengetahuan, keterampilan, dan sikap), standar proses pembelajaran IPS SD, pemanfaatan media dan sumber pembelajaran IPS, penyusunan alat penilaian pembelajaran IPS SD. Mata kuliah ini dirancang melalui nuansa pembelajaran yang berorientasi proyek dan berberbasis aktivitas, pengembangan kemampuan berfikir ( High Order Thinking Skills ), menghasilkan produk/karya serta melalui kegiatan ekspositori, tanya jawab, diskusi, CTL, inkuiri, investigasi kelompok, serta berorientasi penyelesaian masalah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bisland, Beverly Milner. (2009). Two Traditions in the Social Studies Curriculum for the Elementary Grades: The Textbooks of Paul R. Hanna and Harold O. Rugg . Journal of Social Studies Research 33.2 (Fall 2009): 155-196. http://search.proquest.com.
- Boyle-Baise, M., Hsu, M. C., Johnson, S., Serriere, S. C., & Stewart, D. (2008). Putting reading first: Teaching social studies in elementary classrooms. Theory & Research in Social Education , 36 (3), 233-255
- Burcu, S. E. L., & SÖZER, M. A. (2020). Change and continuity perception skills in social studies curriculum in turkey and america within the scope of teaching historical time. Uşak Üniversitesi Eğitim Araştırmaları Dergisi, 6(1), 1-19.
- Farris , Pamela J. 2015. Elementary and Middle School Social Studies : An Interdisciplinary, Multicultural Approach. Waveland Press
- Katilmis, A. (2017). Values education as perceived by social studies teachers in objective and practice dimensions. Educational Sciences: Theory and Practice, 17(4), 1231-1254.
- Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1)
- Latifah, U. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep IPS melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match pada Siswa Kelas VA SD Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Yang DiPubiikasikan.
- Morrison, G. R., Ross, S. J., Morrison, J. R., & Kalman, H. K. (2019). Designing effective instruction. John Wiley & Sons.
- N. Supriatna, S. Mulyani, danA.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. BahanBelajarMandiriUniversitasPendidikan Indonesia. UPI Press Bandung.
- Permana, P., & Aryaningrum, K. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 257–365.
- Purnomo, A., & Kurniawan, G. F. (2021, May). Environmental ethics in Indonesian Social Studies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012044). IOP Publishing.
- Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya
- Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana.
- Urbani, J. M., Roshandel, S., Michaels, R., & Truesdell, E. (2017). Developing and modeling 21st century skills with preservice teachers. Teacher Education Quarterly, 44(4), 27–50.
- Zhao, Y., & Hoge, J. D. (2005). What elementary students and teachers say about social studies. The social studies , 96 (5), 216-221.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Roni Rodiyana, M.Pd. Muhammad Imaduddin, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskrispikan hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD |
- Menjelaskan pengertian pendidikan IPS
- Mengidentifikasi tujuan pendidikan IPS di SD
- Kontribusi IPS di SD
|
Kriteria:
- Aspek kognitif: pengertian, tujuan, dan kontribusi IPS di SD
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
|
Dosen bersama mahasiswa berdiskusi tentang hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD 3 X 50 |
Mahasiswa membaca bahan ajar melalui aplikasi SIDIA
|
Materi: hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana. Materi: Hakikat IPS dan kontribusinya dalam pembelajaran di SD Pustaka: Farris , Pamela J. 2015. Elementary and Middle School Social Studies : An Interdisciplinary, Multicultural Approach. Waveland Press Materi: Kontribusi IPS di SD Pustaka: . Zhao, Y., & Hoge, J. D. (2005). What elementary students and teachers say about social studies. The social studies , 96 (5), 216-221. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi capaian pembelajaran IPS dalam strukur kurikulum di SD |
- Mengidentifikasi capaian pembelajaran IPS di SD
- Menganalisis capaian pembelajaran IPS di SD
|
Kriteria:
- Aspek Kognitif: pengertian, tujuan, dan ruang lingkup IPS dan ilmu-ilmu sosial
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori, tanya jawab, diskusi, penugasan 3 X 50 |
Mahasiswa membaca bahan ajar melalui aplikasi SIDIA
|
Materi: muatan kompetensi dasar atau capaian pembelajaran IPS dalam strukur kurikulum diSD Pustaka: Bisland, Beverly Milner. (2009). Two Traditions in the Social Studies Curriculum for the Elementary Grades: The Textbooks of Paul R. Hanna and Harold O. Rugg . Journal of Social Studies Research 33.2 (Fall 2009): 155-196. http://search.proquest.com/....... Materi: Capaian pembelajaran IPS dalam strukur kurikulum di SD Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis muatan materi dan analisis tugas berdasarkan Kompetensi Dasar IPS SD |
- Menganalisis kedalaman materi IPS di SD
- Mengembangkan materi IPS di SD
|
Kriteria:
- Aspek Kognitif: pengertian, tujuan, dan ruang lingkup IPS dan ilmu-ilmu sosial
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi, presentasi, tanya jawab, diskusi, inkuiri 3 X 50 |
|
Materi: materi pembelajaran IPS SD Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya Materi: social studies Pustaka: Burcu, S. E. L., & SÖZER, M. A. (2020). Change and continuity perception skills in social studies curriculum in turkey and america within the scope of teaching historical time. Uşak Üniversitesi Eğitim Araştırmaları Dergisi, 6(1), 1-19. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis relevansi materi dan bab-bab pembelajaran IPS (antara NCSS dan Kurikulum Merdeka) |
- Menganalisis kedalaman materi IPS di SD
- Menganalisis keluasan materi IPS di SD Mengorganisasikan tema-tema pembelajaran IPS di SD (koneksi Kurikulum Merdeka dan NCSS)
|
Kriteria:
- Aspek Kognitif: kesesuaian materi dengan tema
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori, inkuiri, tanya jawab, diskusi 3 X 50 |
Melalui pemanfaatan berbagai platform media digital (sinkronus dan asinkronus) seperti
zoom meeting, presensi kehadiran google form/bitly, Learning Management System (LMS)
|
Materi: materi pembelajaran IPS di SD Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya Materi: Pembelajaran IPS Pustaka: Katilmis, A. (2017). Values education as perceived by social studies teachers in objective and practice dimensions. Educational Sciences: Theory and Practice, 17(4), 1231-1254. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis dimensi pengetahuan dalam IPS meliputi fakta, konsep, dan generalisasi |
- Mengidentifikasi aspek materi fakta dalam pendidikan IPS SD
- Mengidentifikasi aspek materi konsep dalam pendidikan IPS SD
|
Kriteria:
- Aspek Kognitif: fakta, konsep, dan generalisasi dalam IPS
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Dosen bersama mahasiswa berdiskusi tentang fakta, konsep, dan generalisasi dalam IPS
2. Dosen bersama mahasiswa menganalisis empat jenis pengetahuan dalam dimensi pengetahuan 3 X 50 |
Mempelajari bahan ajar melalui pemanfaatan aplikasi SIDIA
|
Materi: Dimensi pengetahuan dalam IPS Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana. Materi: Konsep IPS Pustaka: Latifah, U. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep IPS melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match pada Siswa Kelas VA SD Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Yang DiPubiikasikan. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis dimensi keterampilan dalam IPS |
- Mengidentifikasi jenis keterampilan IPS di SD
- Menjelaskan karakteristik keterampilan dalam IPS di SD
- Menyimpulkan implikasi dimensi keterampilan dalam pembelajaran IPS di SD
|
Kriteria:
- Aspek Kognitif: keterampilan IPS di SD
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori, simulasi, tanya jawab, diskusi, presentasi 3 X 50 |
Mempelajari bahan ajar melalui pemanfaatan aplikasi SIDIA
|
Materi: dimensi keterampilan dalam IPS SD Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana. Materi: Karakteristik keterampilan dalam IPS di SD Pustaka: Morrison, G. R., Ross, S. J., Morrison, J. R., & Kalman, H. K. (2019). Designing effective instruction. John Wiley & Sons. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis dimensi nilai dan sikap dalam IPS |
- Menjelaskan hakikat pengajaran nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD
- Menjelaskan urgensi pengajaran nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD
- Menyimpulkan implikasi pengajaran nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD
|
Kriteria:
Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berpikir kritis) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ekspositori, simulasi, tanya jawab, diskusi, presentasi, penugasan 3 X 50 |
|
Materi: dimensi nilai dan sikap dalam IPS SD Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana. Materi: Nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS di SD Pustaka: Burcu, S. E. L., & SÖZER, M. A. (2020). Change and continuity perception skills in social studies curriculum in turkey and america within the scope of teaching historical time. Uşak Üniversitesi Eğitim Araştırmaları Dergisi, 6(1), 1-19. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UJIAN TENGAH SEMESTER |
Pemahaman mahasiswa terkait dimensi pengembangan IPS SD |
Kriteria:
Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berpikir kritis) Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
Melalui pemanfaatanberbagai platform media digital dalam pengerjaan UTS
|
Materi: Pengembangan Dimensi IPS SD Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana. |
12% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami standar proses dalam pembelajaran IPS SD melalui melalui kegiatan berbasis masalah dalam IPS SD |
- Menjelaskan penerapan standar proses dalam pembelajaran IPS SD
- Merumuskan penerapan model pembelajaran inkuiri sosial, discovery, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS SD
- Menyimpulkan implikasi penerapan standar proses terhadap pembelajaran IPS di SD
|
Kriteria:
Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berfikir kritis) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ekspositori, observasi, inkuiri, tanya jawab, diskusi 3 X 50 |
Melalui pemanfaatan berbagai platform media digital (sinkronus dan asinkronus) seperti
zoom meeting, presensi kehadiran google form/bitly, Learning Management System (LMS)
|
Materi: Model pembelajaran inkuiri sosial, discovery, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS SD Pustaka: Sapriya. 2017.Pendidikan IPS dan Pembelajaran .Bandung: RemajaRosdakarya Materi: Standar proses dalam pembelajaran Pustaka: Permana, P., & Aryaningrum, K. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 257–365. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi objek/peristiwa yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber belajar IPS di SD |
- Mengidentifikasi objek atau peristiwa sebagai media dan sumber belajar IPS SD
- Merancang pemanfaatan objek/peristiwa sebagai media dan sumber belajar IPS SD
|
Kriteria:
- Aspek Kognitif: identifikasi peristiwa sebagai sumber belajar
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: merancang
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ekspositori, observasi, tanya jawab, diskusi, presentasi 3 X 50 |
|
Materi: Media pembelajaran IPS Pustaka: Permana, P., & Aryaningrum, K. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 257–365. Materi: Sumber belajar IPS Pustaka: Purnomo, A., & Kurniawan, G. F. (2021, May). Environmental ethics in Indonesian Social Studies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012044). IOP Publishing. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
membuat alat penilaian berupa soal IPS SD berdasarlan taxonomy Bloom |
- Menjelaskan indikator setiap tingkatan taxonomy Bloom
- Merancang penyusunan soal IPS SD dan alat pengukuran dalam pembelajaran IPS SD sesuai taxonomy Bloom
|
Kriteria:
Penilaian pengetahuan (pemahaman), penilaian keterampilan (berfikir kritis) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa menyususn alat evaluasi IPS 3 X 50 |
|
Materi: evaluasi pembelajaran IPS SD berdasarlan taxonomy Bloom Pustaka: . Taba, H. (1967). Teachers handbook for elementary social studies. Materi: Menyusun alat evaluasi Pustaka: . Susanto, Ahmad. 2014 Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Kencana. |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi) |
Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran |
Kriteria:
- Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran 3 X 50 |
|
Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu. Materi: Skenario pembelajaran Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1) |
8% |
13
Minggu ke 13 |
Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi) |
Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran |
Kriteria:
- Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran 3 X 50 |
|
Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu. Materi: Skenario pembelajaran Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1) |
8% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi) |
Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran |
Kriteria:
- Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran 3 X 50 |
|
Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu. Materi: Skenario pembelajaran Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1) |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi Tugas Project: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Produk: Skenario/ rancangan pembelajaran (Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media, Evaluasi) |
Kesesuaian antara model dengan skenario pembelajaran |
Kriteria:
- Aspek Kognitif: kesesuaian antara pemilihan model dengan materi
- Aspek afektif : sikap mahasiswa saat berdiskusi ( kerjasama, toleransi, tanggungjawab)
- Aspek Psikomotor: Keterampilan berfikir
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Dosen membimbing mahasiswa membuat produk skenario pembelajaran 3 X 50 |
|
Materi: Pengembangan Dimensi IPS dalam Pembelajaran di SD Pustaka: Lif Khoiru Ahmadi. Pemegmbangkan Pembelajaran IPSTerpadu. Materi: Skenario pembelajaran Pustaka: Koçoğlu, E. (2015). Social Studies teachers' perspective of religion education in Turkey. International Online Journal of Educational Sciences, 7(1) |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UJIAN AKHIR SEMESTER |
analisis pengembangan dimensi pembelajaran IPS berdasarkan studi kasus di SD |
Kriteria:
Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Tes |
pengumpulan project hasil analisis pengembangan IPS berdasarkan studi kasus yang ada di SD 3 X 50 |
pengumpulan project hasil analisis pengembangan IPS berdasarkan studi kasus yang ada di SD
|
Materi: Studi Kasus mengenai dimensi pengembangan IPS SD Pustaka: N. Supriatna, S. Mulyani, danA.Rokhayati. (2007). Pendidikan IPS di SD. BahanBelajarMandiriUniversitasPendidikan Indonesia. UPI Press Bandung. |
12% |