Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S3 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PROBLEMATIKA PENDIDIKAN EKONOMI

8700302017

T=4

P=0

ECTS=10.08

2

1 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Jun Surjanti, SE., M.Si Prof. Waspodo, M.Pd. Dr. Norida Canda Sakti. M.Si




Prof. Dr. Jun Surjanti, SE., M.Si




Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

PLO-6

Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.

PLO-7

Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.

PLO-8

Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai permasalahan dalam pendidikan ekonomi secara mendalam.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengembangkan solusi inovatif terhadap permasalahan pendidikan ekonomi berdasarkan teori dan penelitian

PO - 3

Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori pendidikan ekonomi dalam konteks praktis dan penelitian.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini menyajikan analisis berbagai permasalahan dalam pendidikan ekonomi secara mendalam dengan mengembangkan solusi inovatif terhadap permasalahan pendidikan ekonomi berdasarkan teori dan penelitian yang diaplikasikan pada penyelesaian masalah pendidikan ekonomi dalam konteks praktis melalui penelitian dengan model Project Based Learning dengan metode diskusi, presentasi, observasi, unjuk kerja/produk, tanya jawab serta tes.

Pustaka

Utama :

  1. Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi RI. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.
  2. Arend, Richard I. and Kilcher Ann. 2010. Teaching for Student Learning, Becoming an Accomplished Teacher. New York: Taylor & Francis.
  3. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana
  4. Schwartz, R. G. (2010). "Teaching Economics for Justice and Sustainability." Routledge. Topik: Mengajarkan ekonomi untuk keadilan dan keberlanjutan.
  5. Stiglitz, J. E. (2012). "The Price of Inequality: How Today's Divided Society Endangers Our Future." W.W. Norton & Company.Topik: Dampak ketidaksetaraan ekonomi pada masa depan.
  6. Sen, A. (1999). "Development as Freedom." Oxford University Press. Topik: Pengembangan ekonomi dan kebebasan individu.
  7. Krugman, P. R., & Wells, R. (2018). "Economics." Worth Publishers.Topik: Dasar-dasar ekonomi dan aplikasi praktis.

Pendukung :

  1. Rachma, E.A. (2020). "Pendidikan Ekonomi di Indonesia: Tantangan dan Peluang dalam Meningkatkan Literasi Ekonomi." Jurnal Ekodik, 8(1), 25-30.Topik: Tantangan dan peluang dalam meningkatkan literasi ekonomi di Indonesia
  2. Ashari, F., & Sihaloho, S. (2020). "Membangun Literasi Ekonomi Siswa: Peran Pendidikan Ekonomi dalam Pengambilan Keputusan Finansial." Jurnal Ekodik, 8(1), 31-40.Topik: Peran literasi ekonomi dalam pengambilan keputusan finansial siswa.
  3. Surjanti J, Soesatyo Y, Wahyono H, Mufida A, Lutfiyah A, Ainiyah MU. EKONOMI dalam PENDIDIKAN Teori dan Implementasi. Vol. 11. Yogyakarta: Deepublish; 2024. 1–249 p.
  4. Surjanti J, Hakim L, Fitrayati D, Kamalia PU, Nasikh, Noviani L, et al. Kurikulum Pendidikan Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish; 2024. p. 1–130.
  5. Surjanti J. HPjBL UNTUK MENGOPTIMALKAN OUTPUT MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERTEMA SDGs. In: Pemikiran Guru Besar Unesa. 2024.
  6. Surjanti J, Dewi RM, Fitrayati D, Ghofur MA, Wulandari W, Musfidah H, et al. HPjBL to optimize output SDGs themed. In: E3S Web of Conferences. 2024. p. 1–9.
  7. Surjanti J, Rafsanjani MA, Kurniawan RY, Fitrayati D, Musfidah H. Exploring the Predictor of Pre-Service Teacher Intention Toward Environmental Education : Lesson from Adiwiyata School in Indonesia. Int J Sustain Dev Plan. 2024;19(11):4463–72.
  8. Surjanti J, Soejoto A, Seno DN, Waspodo. Mangrove forest ecotourism: Participatory ecological learning and sustainability of students’ behavior through self-efficacy and self-concept. Soc Sci Humanit Open [Internet]. 2020;2(1):100009. Available from: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100009
  9. Surjanti J, Nugrohoseno D, Budiono, Musfidah H. The implementation of interest-based entrepreneurship curriculum in the Theory of Economics course. IOP Conf Ser Mater Sci Eng. 2018;296(1).
  10. Sakti NC, Soesatyo Y, Surjanti J, Fitrayati D, Indah Nurlaili E. Pengembangan Strategi Membangun Critical Thinking Melalui Pembelajaran Ekonomi Berbasis Konstruktivistik. J Pendidik Ekon Undiksha. 2023;15(1):36–45.

Dosen Pengampu

Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.

Dr. Norida Canda Sakti, M.Si.

Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai permasalahan dalam pendidikan ekonomi secara mendalam.

  1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah pendidikan ekonomi yang spesifik.
  2. Mahasiswa mampu menyusun kerangka teori untuk analisis masalah tersebut.
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi Penyusunan Artikel
Materi: Mahasiswa mampu menganalisis berbagai permasalahan dalam pendidikan ekonomi secara mendalam.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa menghasilkan solusi berdasarkan literatur dan penelitian terbaru.
  2. Mahasiswa mampu menyusun proposal inovatif untuk mengatasi masalah pendidikan ekonomi.
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
Penyusunan
Artikel
Materi: Mahasiswa mampu mengembangkan solusi inovatif terhadap permasalahan pendidikan ekonomi berdasarkan teori dan penelitian
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori pendidikan ekonomi dalam konteks praktis dan penelitian.

  1. Mahasiswa dapat mengimplementasikan solusi dalam konteks pendidikan yang relevan.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas solusi yang diterapkan.
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- PresentasiPenyusunan Artikel

Materi: Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori pendidikan ekonomi dalam konteks praktis dan penelitian.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Fokus Bidang 1: Digitalisasi dalam Pendidikan: Penelitian tentang pengaruh teknologi digital terhadap pendidikan dan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 1: Digitalisasi dalam Pendidikan: Penelitian tentang pengaruh teknologi digital terhadap pendidikan dan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Fokus Bidang 2 : Pendidikan dan Ketahanan Ekonomi: Studi tentang bagaimana pendidikan dapat membantu individu dan masyarakat bertahan dalam situasi ekonomi yang tidak stabil, termasuk masa krisis.

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 2 : Pendidikan dan Ketahanan Ekonomi: Studi tentang bagaimana pendidikan dapat membantu individu dan masyarakat bertahan dalam situasi ekonomi yang tidak stabil, termasuk masa krisis.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Fokus Bidang 3: Pendidikan Entrepreneurship Leadership Fokus tentang aplikasi entrepreneurship leadership pada pendidikan, misalnya : entrepreneur maiset for student, strategik planning, dll

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 3: Pendidikan Entrepreneurship Leadership Fokus tentang aplikasi entrepreneurship leadership pada pendidikan, misalnya : entrepreneur maiset for student, strategik planning, dll
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Fokus Bidang 4 : Pembangunan Modal Sosial: Penelitian tentang bagaimana pendidikan dapat berkontribusi pada pembangunan modal sosial, seperti keterampilan sosial dan emosional, yang penting untuk keberhasilan individu dan masyarakat

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 4 : Pembangunan Modal Sosial: Penelitian tentang bagaimana pendidikan dapat berkontribusi pada pembangunan modal sosial, seperti keterampilan sosial dan emosional, yang penting untuk keberhasilan individu dan masyarakat
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

9

Minggu ke 9

Fokus Bidang 5: Pengembangan Profesional Guru: Studi tentang bagaimana pengembangan profesional dan pencegahan kelelahan guru dapat mempengaruhi hasil pendidikan.

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 5: Pengembangan Profesional Guru: Studi tentang bagaimana pengembangan profesional dan pencegahan kelelahan guru dapat mempengaruhi hasil pendidikan.
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Fokus Bidang 6 : Pendidikan dan Kesehatan Mental: Penelitian tentang hubungan antara pendidikan dan kesehatan mental siswa, serta strategi untuk mendukung kesehatan mental dalam lingkungan pendidikan.

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 6 : Pendidikan dan Kesehatan Mental: Penelitian tentang hubungan antara pendidikan dan kesehatan mental siswa, serta strategi untuk mendukung kesehatan mental dalam lingkungan pendidikan.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Fokus Bidang 7: Pendidikan Berkelanjutan: Fokus pada bagaimana pendidikan dapat mendukung keberlanjutan ekologis dan sosial, termasuk pendidikan lingkungan.

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional
Kriteria:

Pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 7: Pendidikan Berkelanjutan: Fokus pada bagaimana pendidikan dapat mendukung keberlanjutan ekologis dan sosial, termasuk pendidikan lingkungan.
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Fokus Bidang 8 : Pendidikan dan Ketimpangan Sosial: Studi tentang bagaimana pendidikan dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi dalam masyarakat

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 8 : Pendidikan dan Ketimpangan Sosial: Studi tentang bagaimana pendidikan dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi dalam masyarakat
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Fokus Bidang 9: Education outcomes/ Education and inequalities

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 9: Education outcomes/ Education and inequalities
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Fokus Bidang 10 : Online/blended learning/ Innovative learning

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 10 : Online/blended learning/ Innovative learning
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

  1. Penyusunan Artikel
  2. Proof-read Artikel
  3. Seminar kelas
  4. Submid Artikel Internasional

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode:
Pembelajaran berbasis Proyek (PjBL), diskusi dan tanya jawab
Penugasan:
- Problematika PE
- Studi literatur
- Presentasi
- Penyusunan Artikel

Materi: Fokus Bidang 11 : Education quality/Financing education
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.