
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
DIGITAL SERVICE DAN SIMPEG |
6330103071 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
WENI ROSDIANA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
|
PO - 2 |
Mampu mengaktualisasikan pengembangan diri dan kerjasama tim
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan kebijakan pembangunan dengan menggunakan berbagai metode dan analisis untuk menghasilkan karya/produk administrasi negara/publik terapan yang didiseminasikan ke khalayak luas
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Digital Service Dan Simpeg membekali mahasiswa dengan pemahaman konseptual dan praktis mengenai implementasi layanan digital dalam konteks administrasi negara, khususnya sistem informasi kepegawaian (Simpeg). Materi mencakup prinsip-prinsip layanan digital, transformasi layanan konvensional ke digital, manajemen data kepegawaian, integrasi sistem, serta analisis dampak teknologi terhadap efisiensi dan transparansi birokrasi. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu merancang, mengelola, dan mengevaluasi layanan digital yang efektif, serta memahami penerapan Simpeg dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang modern dan akuntabel. Ruang lingkup meliputi studi kasus nasional dan internasional, regulasi terkait, keamanan data, serta pengembangan solusi inovatif untuk tantangan administrasi kepegawaian di sektor publik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dan Electronic Government oleh Gading Gamaputra, S.AP., M.PA. (2024)
- Digital Government: Strategy, Government Models and Technology oleh Bernd W. Wirtz (Springer, 2024)
- Digital Government Excellence: Lessons from Effective Digital Leaders oleh Siim Sikkut (2022)
- Digital Governance: Applying Advanced Technologies to Improve Public Service (edisi ke-2, Routledge, 2021) oleh Michael E. Milakovich
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MAFRUR UDHIF NOFAIZZI YUYUN EKA KARTIKA SARI I GDE AGUNG SRI SIDHIMANTRA I Gde Agung Sri Sidhimantra, S.Kom., M.Kom. I Gde Agung Sri Sidhimantra, S.Kom., M.Kom. Mafrur Udhif Nofaizzi, S.Pd., M.Pd. Mafrur Udhif Nofaizzi, S.Pd., M.Pd. Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA. Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menganalisis peran digital service dan Simpeg dalam transformasi pelayanan publik serta mengidentifikasi tantangan dan peluang penerapannya. |
- Kemampuan menjelaskan konsep digital service dan Simpeg secara sistematis
- Kemampuan mengidentifikasi contoh penerapan digital service dalam konteks administrasi negara
- Kemampuan menganalisis manfaat dan tantangan implementasi Simpeg
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan tanya jawab.
|
|
Materi: Konsep dasar digital service dalam sektor publik, Pengenalan Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg), Standar kompetensi kerja bidang administrasi negara terkait teknologi digital, Studi kasus implementasi digital service di instansi pemerintah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah spesifik dalam digital service dan Simpeg menggunakan pendekatan yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah dengan pendekatan logis
- Kemampuan menganalisis informasi secara kritis
- Kemampuan menyusun solusi secara sistematis
- Kemampuan menghasilkan ide kreatif dalam penyelesaian masalah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi problem solving.
|
|
Materi: Konsep pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif, Aplikasi pemikiran kritis dalam analisis digital service, Teknik penyusunan solusi sistematis untuk masalah Simpeg, Pengembangan ide kreatif dalam inovasi layanan digital Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |