Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

DIGITAL SERVICE DAN SIMPEG

6330103071

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

24 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




WENI ROSDIANA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PO - 2

Mampu mengaktualisasikan pengembangan diri dan kerjasama tim

PO - 3

Mampu menerapkan kebijakan pembangunan dengan menggunakan berbagai metode dan analisis untuk menghasilkan karya/produk administrasi negara/publik terapan yang didiseminasikan ke khalayak luas

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Digital Service Dan Simpeg membekali mahasiswa dengan pemahaman konseptual dan praktis mengenai implementasi layanan digital dalam konteks administrasi negara, khususnya sistem informasi kepegawaian (Simpeg). Materi mencakup prinsip-prinsip layanan digital, transformasi layanan konvensional ke digital, manajemen data kepegawaian, integrasi sistem, serta analisis dampak teknologi terhadap efisiensi dan transparansi birokrasi. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu merancang, mengelola, dan mengevaluasi layanan digital yang efektif, serta memahami penerapan Simpeg dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang modern dan akuntabel. Ruang lingkup meliputi studi kasus nasional dan internasional, regulasi terkait, keamanan data, serta pengembangan solusi inovatif untuk tantangan administrasi kepegawaian di sektor publik.

Pustaka

Utama :

  1. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dan Electronic Government oleh Gading Gamaputra, S.AP., M.PA. (2024)
  2. Digital Government: Strategy, Government Models and Technology oleh Bernd W. Wirtz (Springer, 2024)
  3. Digital Government Excellence: Lessons from Effective Digital Leaders oleh Siim Sikkut (2022)
  4. Digital Governance: Applying Advanced Technologies to Improve Public Service (edisi ke-2, Routledge, 2021) oleh Michael E. Milakovich

Pendukung :

Dosen Pengampu

MAFRUR UDHIF NOFAIZZI

YUYUN EKA KARTIKA SARI

I GDE AGUNG SRI SIDHIMANTRA

I Gde Agung Sri Sidhimantra, S.Kom., M.Kom.

I Gde Agung Sri Sidhimantra, S.Kom., M.Kom.

Mafrur Udhif Nofaizzi, S.Pd., M.Pd.

Mafrur Udhif Nofaizzi, S.Pd., M.Pd.

Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA.

Yuyun Eka Kartika Sari, S.Sos., MPA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menganalisis peran digital service dan Simpeg dalam transformasi pelayanan publik serta mengidentifikasi tantangan dan peluang penerapannya.

  1. Kemampuan menjelaskan konsep digital service dan Simpeg secara sistematis
  2. Kemampuan mengidentifikasi contoh penerapan digital service dalam konteks administrasi negara
  3. Kemampuan menganalisis manfaat dan tantangan implementasi Simpeg

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan tanya jawab.

Materi: Konsep dasar digital service dalam sektor publik, Pengenalan Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg), Standar kompetensi kerja bidang administrasi negara terkait teknologi digital, Studi kasus implementasi digital service di instansi pemerintah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah spesifik dalam digital service dan Simpeg menggunakan pendekatan yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah dengan pendekatan logis
  2. Kemampuan menganalisis informasi secara kritis
  3. Kemampuan menyusun solusi secara sistematis
  4. Kemampuan menghasilkan ide kreatif dalam penyelesaian masalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi problem solving.

Materi: Konsep pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif, Aplikasi pemikiran kritis dalam analisis digital service, Teknik penyusunan solusi sistematis untuk masalah Simpeg, Pengembangan ide kreatif dalam inovasi layanan digital
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.