
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya |
8820902064 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Drs. Bambang Sugito, M.Sn.
|
Dr. Retnayu Prasetyanti, M.Si.
|
Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menerapkan landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan untuk menguasai teori belajar dan pembelajaran serta kurikulum sekolah. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran
|
PO - 2 |
2Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran
|
PO - 3 |
9
|
PO - 4 |
Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi
|
PO - 5 |
Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.
|
PO - 6 |
Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.
|
PO - 7 |
Menjelaskan tingkat capaian kompetensi
|
PO - 8 |
Menjelaskan tingkat capaian kompetensi
|
PO - 9 |
Menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya
|
PO - 10 |
Ujian Tengah Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.
|
PO - 11 |
Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.
|
PO - 12 |
Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.
|
PO - 13 |
Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.
|
PO - 14 |
Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.
|
PO - 15 |
Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya
|
PO - 16 |
Ujian Akhir Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | PO-5 | | | ✔ | PO-6 | | | ✔ | PO-7 | | | ✔ | PO-8 | | | ✔ | PO-9 | | | ✔ | PO-10 | | | ✔ | PO-11 | | | ✔ | PO-12 | | | ✔ | PO-13 | | | ✔ | PO-14 | | | ✔ | PO-15 | | | ✔ | PO-16 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-14 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-15 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-16 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
memberikan pemahaman dasar dan keterampilan dalam mengevaluasi proses belajar-mengajar dengan pendekatan case study. Melalui studi kasus nyata, mahasiswa dilatih menganalisis dan merancang evaluasi pembelajaran yang efektif sesuai konteks pendidikan, sehingga dapat memahami bagaimana mengukur keberhasilan proses pembelajaran dan mengidentifikasi area untuk perbaikan. Pendekatan ini berfokus pada lifelong learning, mendorong mahasiswa untuk terus mengembangkan kemampuan evaluasi dan adaptasi dalam beragam situasi pendidikan. Selain itu, mata kuliah ini mengintegrasikan prinsip kewirausahaan, dengan menumbuhkan kemampuan berpikir inovatif sehingga mahasiswa dapat menciptakan atau menawarkan solusi evaluasi yang berdaya saing di industri pendidikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Bambang Sugito, M.Sn. Dr. Trisakti, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran |
Mampu mendeskripsikan pengertian, tujuan dan fungsi evaluasi. |
Kriteria:
Kejelasan dan ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab Diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran |
Mampu mendeskripsikan pengertian, tujuan dan fungsi evaluasi. |
Kriteria:
Kejelasan dan ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab Diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
9% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi |
Mampu mendeskripsikan prinsip-prinsip dan jenis evaluasi |
Kriteria:
Kejelasan dan ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab = Diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi |
Mampu mendeskripsikan prinsip-prinsip dan jenis evaluasi |
Kriteria:
Kejelasan dan ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab = Diskusi 6 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi. |
Mampu mendeskripsikan pengertian penilaian kelas, prinsip penilaian dan tujuan penilaian kelas. |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi. |
Mampu mendeskripsikan pengertian penilaian kelas, prinsip penilaian dan tujuan penilaian kelas. |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan tingkat capaian kompetensi |
Mampu mendeskripsikan penilaian berbasis kompetensi dan taksonomi. |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan 3 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan tingkat capaian kompetensi Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menjelaskan tingkat capaian kompetensi |
Mampu mendeskripsikan penilaian berbasis kompetensi dan taksonomi. |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan 3 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan tingkat capaian kompetensi Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya |
Mampu menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3). Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
1. Diskusi 2. Latihan 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Ujian Tengah Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan. |
Mampu mendeskripsikan keseluruhan materi yang telah diberikan |
Kriteria:
Skor perolehan dibagi skor maksimal dikalikan seratus. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menjelaskan soal uraian. 3 X 50 |
|
Materi: Ujian Tengah Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian. |
Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya berdasarkan aspek penilaian. |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
1% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian. |
Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya berdasarkan aspek penilaian. |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya. |
Mampu menyusun teknik dan bentuk penilaian mata pelajaran seni budaya. |
Kriteria:
Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. latihan 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya. |
Mampu menyusun teknik dan bentuk penilaian mata pelajaran seni budaya. |
Kriteria:
Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3) Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. latihan 3 X 50 |
|
Materi: Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya |
Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran seni budaya di sekola. |
Kriteria:
1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan 3 X 50 |
|
Materi: Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan. |
Mampu mendeskripsikan keseluruhan materi yang telah diberikan |
Kriteria:
Skor perolehan dibagi skor maksimal dikalikan seratus. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menjelaskan soal uraian. 3 X 50 |
|
Materi: Ujian Akhir Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan. Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara |
10% |