Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya

8820902064

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Drs. Bambang Sugito, M.Sn.




Dr. Retnayu Prasetyanti, M.Si.




Dr. Welly Suryandoko, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menerapkan landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan untuk menguasai teori belajar dan pembelajaran serta kurikulum sekolah.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran

PO - 2

2Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran

PO - 3

9

PO - 4

Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi

PO - 5

Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.

PO - 6

Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.

PO - 7

Menjelaskan tingkat capaian kompetensi

PO - 8

Menjelaskan tingkat capaian kompetensi

PO - 9

Menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya

PO - 10

Ujian Tengah Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.

PO - 11

Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.

PO - 12

Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.

PO - 13

Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.

PO - 14

Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.

PO - 15

Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya

PO - 16

Ujian Akhir Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-5
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11  
PO-12  
PO-13  
PO-14  
PO-15  
PO-16  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15
PO-16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

memberikan pemahaman dasar dan keterampilan dalam mengevaluasi proses belajar-mengajar dengan pendekatan case study. Melalui studi kasus nyata, mahasiswa dilatih menganalisis dan merancang evaluasi pembelajaran yang efektif sesuai konteks pendidikan, sehingga dapat memahami bagaimana mengukur keberhasilan proses pembelajaran dan mengidentifikasi area untuk perbaikan. Pendekatan ini berfokus pada lifelong learning, mendorong mahasiswa untuk terus mengembangkan kemampuan evaluasi dan adaptasi dalam beragam situasi pendidikan. Selain itu, mata kuliah ini mengintegrasikan prinsip kewirausahaan, dengan menumbuhkan kemampuan berpikir inovatif sehingga mahasiswa dapat menciptakan atau menawarkan solusi evaluasi yang berdaya saing di industri pendidikan.

Pustaka

Utama :

  1. Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Bambang Sugito, M.Sn.

Dr. Trisakti, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran

Mampu mendeskripsikan pengertian, tujuan dan fungsi evaluasi.

Kriteria:

Kejelasan dan ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab Diskusi
6 X 50

Materi: Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran

Mampu mendeskripsikan pengertian, tujuan dan fungsi evaluasi.

Kriteria:

Kejelasan dan ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab Diskusi
6 X 50

Materi: Menjelaskan hakikat evaluasi pembelajaran
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
9%

3

Minggu ke 3

Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi

Mampu mendeskripsikan prinsip-prinsip dan jenis evaluasi

Kriteria:

Kejelasan dan ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab = Diskusi
6 X 50

Materi: Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi

Mampu mendeskripsikan prinsip-prinsip dan jenis evaluasi

Kriteria:

Kejelasan dan ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
- Menjelaskan / ceramah - Tanya jawab = Diskusi
6 X 50

Materi: Menjelaskan prinsip dan jenis evaluasi
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.

Mampu mendeskripsikan pengertian penilaian kelas, prinsip penilaian dan tujuan penilaian kelas.

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.

Mampu mendeskripsikan pengertian penilaian kelas, prinsip penilaian dan tujuan penilaian kelas.

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Menjelaskan konsep penilaian kelas berbasis kompetensi.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
10%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan tingkat capaian kompetensi

Mampu mendeskripsikan penilaian berbasis kompetensi dan taksonomi.

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan
3 X 50

Materi: Menjelaskan tingkat capaian kompetensi
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

8

Minggu ke 8

Menjelaskan tingkat capaian kompetensi

Mampu mendeskripsikan penilaian berbasis kompetensi dan taksonomi.

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan
3 X 50

Materi: Menjelaskan tingkat capaian kompetensi
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
6%

9

Minggu ke 9

Menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya

Mampu menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3).


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
1. Diskusi 2. Latihan
3 X 50

Materi: Menyusun kompetensi dalam penilaian seni budaya
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
4%

10

Minggu ke 10

Ujian Tengah Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.

Mampu mendeskripsikan keseluruhan materi yang telah diberikan

Kriteria:

Skor perolehan dibagi skor maksimal dikalikan seratus.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menjelaskan soal uraian.
3 X 50

Materi: Ujian Tengah Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.

Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya berdasarkan aspek penilaian.

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan
3 X 50

Materi: Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
1%

12

Minggu ke 12

Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.

Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya berdasarkan aspek penilaian.

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan
3 X 50

Materi: Menyusun langkah-langkah penyusunan penilaian.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.

Mampu menyusun teknik dan bentuk penilaian mata pelajaran seni budaya.

Kriteria:

Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. latihan
3 X 50

Materi: Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
10%

14

Minggu ke 14

Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.

Mampu menyusun teknik dan bentuk penilaian mata pelajaran seni budaya.

Kriteria:

Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. latihan
3 X 50

Materi: Menyusun teknik dan bentuk penilaian seni budaya.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya

Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran seni budaya di sekola.

Kriteria:

1. Penilaian produk/tugas evaluasi pembelajaran, nilai dirata-rata, kemudian diberi bobot (3).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Menjelaskan / ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Latihan
3 X 50

Materi: Mampu menyusun perangkat penilaian seni budaya
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.

Mampu mendeskripsikan keseluruhan materi yang telah diberikan

Kriteria:

Skor perolehan dibagi skor maksimal dikalikan seratus.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menjelaskan soal uraian.
3 X 50

Materi: Ujian Akhir Semester menguasai keseluruhan materi yang telah diberikan.
Pustaka: Bloom, B. S. et. Al.1971. Handbook of Formative and Summative Evaluation of Student Learning . New York: Mc. Graw Hill Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara Purwanto, Ngalim. 1991. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bina Aksara
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 83%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Penilaian Praktikum 8%
5. Praktik / Unjuk Kerja 2%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.