
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Data Sektor Publik |
6310602011 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
3 |
11 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.
|
Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.
|
TJITJIK RAHAJU |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu menguasai berbagai metode penelitian terkini dalam bidang administrasi publik agar dapat melakukan tugas penelitian, dengan menggunakan metode ilmiah dengan inter dan multidisiplin |
PLO-9 |
Mampu menyusun rekomendasi kebijakan penyelesaian masalah melalui analisis kebijakan publik yang berdasarkan bukti (evidence based) |
PLO-10 |
Mampu merumuskan, melaksanakan, mengkomunikasikan, dan mengadvokasi kebijakan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis fungsi dan pemanfaatan data sektor publik dalam proses pengambilan kebijakan
|
PO - 2 |
Menyusun data sektor publik yang sesuai dengan jenis-jenis dan metode analisis
|
PO - 3 |
Menganalisis analisis data kuantitatif dan kualitatif bidang keilmuan administrasi publik
|
PO - 4 |
Menyusun hasil evaluasi kebijakan berdasarkan data menggunakan perangkat lunak analisis data
|
PO - 5 |
Menginterpretasikan hasil analisis data secara kritis dan menyusunnya dalam bentuk laporan atau policy brief
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini berfokus pada pengembangan kemampuan analitis dalam mengelola dan mengevaluasi data yang berkaitan dengan kebijakan dan layanan publik. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik pengumpulan, analisis, dan interpretasi data kuantitatif serta kualitatif yang relevan untuk pengambilan keputusan di sektor publik. Mata kuliah ini menggabungkan teori dan praktik, dengan penekanan pada penggunaan perangkat lunak statistik serta model-model analisis yang mendukung penyusunan rekomendasi kebijakan yang berbasis bukti (evidence-based policy). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back
- Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana
- OECD (2021). Using Data to Improve Public Services
- Artiono dkk. Python Programming : Machine Learning. 2022. Sidoarjo.. Pt Mitra Publikasi dan Edukasi
|
Pendukung : |
|
- Pemilihan Algoritma Klasifikasi Terbaik Untuk Prediksi Jenis Keluhan MI User Interface. Journal of Informatics and Computer Science (JINACS). Volume 6 Nomor 2 Tahun 2024
- National Cybersecurity Policy Analysis for Effective Decision-Making in the Age of Artificial Intelligence. Journal of Human Security Volume 19 Nomor 2 Tahun 2023
|
Dosen Pengampu
|
WIYLI YUSTANTI FIRRE AN SUPRAPTO Dr. Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom. Dr. Wiyli Yustanti, S.Si., M.Kom. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menganalisis pentingnya Data Grab dan menemukenali produsen data sektoral |
Penguasaan materi oleh mahasiswa mengenai materi ppengenalan data grab dan menemukenali produsen data sectoral |
Kriteria:
Ketepatan penjelasan oleh mahasiswa mengenai materi pengenalan data grab dan menemukenali produsen data sectoral Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab 5,67 jam |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis pemanfaatan pendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini |
Penguasaan mahasiswa mengenai materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kondisi saat ini melalui paradigma data di era kolonial (lampau) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring
dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab 5,67 jam |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis data kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaannya |
Mahasiswa mampu menyusun argumen mengenai materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis data kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaannya |
Mahasiswa mampu menyusun argumen mengenai materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi data dan kelanjutan paradigma data era kolonial dengan tren paradigma era kekinian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Presentasi 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Presentasi 5,67 jam |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis Data Governance dan Keamanan Siber |
Mahasiswa mampu menyampaikan argumentasi mengenai Data Governance dan Keamanan Siber di era kekinian terhadap pengambilan keputusan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi pendekatan data di era kekinian terhadap pengambilan keputusan era saat ini Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas
e. Presentasi 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas
e. Presentasi 5,67 jam |
Materi: Data Grab Pustaka: Mejias, Ulises A and Couldry Nick. 2024. Data Grab The New Colonialism of Big Tech and How to Fight Back |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis transformasi data kewilayahan |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi wilayah data dan transformasi pekerjaan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaan data Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas
e. Presentasi 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas
e. Presentasi 5,67 jam |
Materi: Platform Satu Data Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana Materi: Improve Public Service Pustaka: OECD (2021). Using Data to Improve Public Services |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis transformasi data kewilayahan |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi wilayah data dan transformasi pekerjaan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaan data Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas
e. Presentasi 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas
e. Presentasi 5,67 jam |
Materi: Platform Satu Data Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana Materi: Improve Public Service Pustaka: OECD (2021). Using Data to Improve Public Services |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menguasai materi pertemuan 1-7 |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi wilayah data dan transformasi pekerjaan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kewilayahan data dan transformasi sebaran penggunaan data Bentuk Penilaian : Tes |
Mahasiswa secara luring mengerjakan soal UTS dan mengunggah LMS si DIA dengan :
a. Menjawab soal
b. Membaca referensi
c. Mereview artikel
d. Analisis kritis terhadap referensi 5,67 jam |
Mahasiswa secara daring melalui LMS dengan :
a. Menjawab soal
b. Membaca referensi
c. Mereview artikel
d. Analisis kritis terhadap referensi 5,67 jam |
Materi: Platform Satu Data Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana Materi: Improve Public Service Pustaka: OECD (2021). Using Data to Improve Public Services |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan pada ekosistem perencanaan dan penganggaran pembangunan |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi ekosistem data perencanaan dan penganggaran pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Materi: Ekosistem Data Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis data sebagai dasar Konfirmasi atau Eksplorasi untuk Pengambilan Keputusan |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Materi: Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun Visualisasi Data Sektor Publik menggunakan perangkat lunak kecerdasan bisnis (business intelligence) |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Materi: Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun Visualisasi Data Sektor Publik menggunakan perangkat lunak kecerdasan bisnis (business intelligence) |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Materi: Pengembangan Sistem Informasi dan Proses Bisnis Data Pembangunan Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi kecerdasan bisnis (business intelligence) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kecerdasan bisnis (business intelligence) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Menyusun tugas 5,67 jam |
Materi: Kecerdasan bisnis (business intelligence) Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi kecerdasan bisnis (business intelligence) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kecerdasan bisnis (business intelligence) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Presentasi 5,67 |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Presentasi 5,67 jam |
Materi: Kecerdasan bisnis (business intelligence) Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data |
Mahasiswa mampu menyusun argumentasi mengenai materi kecerdasan bisnis (business intelligence) |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi kecerdasan bisnis (business intelligence) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa belajar luring dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Presentasi 5,67 |
Mahasiswa belajar daring secara sinkronus dengan :
a. Membaca referensi
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
d. Presentasi 5,67 jam |
Materi: Kecerdasan bisnis (business intelligence) Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
15% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa mampu menyusun materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data |
Kriteria:
Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mahasiswa secara luring menyelesaikan materi UAS dan mengunggah LMS si DIA dengan :
a. Membaca referensi
b. Mengidentifikasi referensi
c. Mereview artikel yang relevan
d. Analisis kritis terhadap referensi
e. Menyusun policy brief
f. Menunggah ke LMS Si DIA 5,67 jam |
Mahasiswa secara daring menyelesaikan materi UAS dan mengunggah LMS si DIA dengan :
a. Membaca referensi
b. Mengidentifikasi referensi
c. Mereview artikel yang relevan
d. Analisis kritis terhadap referensi
e. Menyusun policy brief
f. Menunggah ke LMS Si DIA 5,67 jam |
Materi: Waterfall Model dan Desain Pengembangan Platform Satu Data Pustaka: Suprapto, Firre An. Laporan Manajemen Data Penyusunan Platform Satu Data Sarana dan Prasarana |
20% |