
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
teori-teori politik |
6720102044 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
25 September 2022 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si
|
Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi) |
PLO-6 |
Memahami konsep-konsep dasar, teori dan dasar metodologi ilmu politik. (CPL Asosiasi) |
PLO-7 |
Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi) |
PLO-9 |
Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menganalisis struktur dan fungsi lembaga politik menggunakan teori-teori politik yang relevan (C4)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi kebijakan publik dari perspektif teori politik yang berbeda (C5)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menciptakan model teoretis baru untuk memahami fenomena politik yang kompleks (C6)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menggunakan teori politik untuk merumuskan solusi atas masalah politik kontemporer (C3)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menganalisis peran teori politik dalam pengembangan strategi politik (C4)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas teori politik dalam menjelaskan perubahan politik di berbagai negara (C5)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat menciptakan pendekatan interdisipliner dengan mengintegrasikan teori politik dengan disiplin ilmu lain (C6)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori politik untuk memprediksi hasil dari peristiwa politik tertentu (C3)
|
PO - 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis dampak teori politik terhadap pembuatan kebijakan di tingkat lokal dan internasional (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | | | ✔ | PO-4 | | | ✔ | | | PO-5 | | | | ✔ | | PO-6 | | | ✔ | | | PO-7 | | | ✔ | | | PO-8 | | | | | ✔ | PO-9 | | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | | PO-7 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | ✔ | | PO-8 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Teori-Teori Politik pada jenjang S1 program studi Ilmu Politik membahas tentang berbagai teori politik yang menjadi landasan dalam memahami fenomena politik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai berbagai teori politik yang berkembang mulai dari teori klasik hingga kontemporer. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap konsep-konsep dasar politik, pemikiran para tokoh politik, serta aplikasi teori politik dalam analisis fenomena politik kontemporer. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Andrew Heywood (2004).
- Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan
- GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE
- SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar teori-teori politik klasik dan modern |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi teori politik dengan tepat dalam bentuk lisan atau tulisan |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Andrew Heywood (2004). |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat membedakan teori politik normatif dan empiris |
Mahasiswa mampu menyebutkan minimal dua perbedaan utama antara teori normatif dan empiris |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri utama teori politik klasik |
Mahasiswa mampu menyebutkan tiga ciri utama teori politik klasik beserta contohnya |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran politik dari tokoh-tokoh klasik seperti Plato dan Aristoteles. |
Mahasiswa mampu Menyusun uraian pemikiran Plato dan Aristoteles dalam tulisan singkat atau presentasi. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menyusun kesimpulan analitis tentang efektivitas lembaga politik menggunakan kerangka teori politik tertentu. |
Menyampaikan kesimpulan yang logis dan argumentatif dengan rujukan pada teori. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran politik modern seperti dari Hobbes, Locke, dan Rousseau. |
Mahasiswa mampu Menguraikan ide dasar masing-masing tokoh dalam jawaban esai atau diskusi. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menjelaskan teori kekuasaan menurut Machiavelli dan Weber. |
Mahasiswa mampu Menjelaskan konsep kekuasaan menurut masing-masing tokoh secara komparatif. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan |
7% |
8
Minggu ke 8 |
uts |
uts |
Kriteria:
uts Bentuk Penilaian : Tes |
offline 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menghubungkan antara teori politik dengan sistem pemerintahan. |
Mahasiswa mampu Menjelaskan keterkaitan teori tertentu dengan praktik sistem parlementer atau presidensial. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif dalam sistem politik. |
Mahasiswa mampu Menggambarkan struktur lembaga-lembaga tersebut melalui bagan atau tulisan. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Andrew Heywood (2004). |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menerapkan teori politik untuk menjelaskan fungsi masing-masing lembaga politik. |
Mahasiswa mampu Memberikan contoh penerapan teori terhadap fungsi lembaga (contoh: Montesquieu dan trias politica). |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat membandingkan fungsi lembaga politik dalam sistem parlementer dan presidensial. |
Mahasiswa mampu Menyusun perbandingan dalam bentuk tabel atau esai analisis. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menganalisis peran partai politik dan kelompok kepentingan dalam teori pluralisme. |
Mahasiswa dapat Mampu menjelaskan peran dan fungsi kedua aktor tersebut dalam konteks teori pluralisme. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menggunakan teori elitisme untuk menelaah dominasi kekuasaan dalam lembaga politik. |
Mahasiswa mampu Menyusun argumentasi atau studi kasus tentang praktik elitisme dalam lembaga tertentu. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study
|
|
Materi: - Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat mengaitkan teori marxis dengan fungsi lembaga politik dalam sistem kapitalis. |
Mahasiswa mampu Menjelaskan fungsi lembaga melalui perspektif Marxis dalam suatu tulisan atau diskusi. |
Kriteria:
Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 100 menit |
|
Materi: - Pustaka: GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
uas Bentuk Penilaian : Tes |
Offline 120 menit |
|
Materi: - Pustaka: |
30% |