Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

teori-teori politik

6720102044

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

25 September 2022

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si




Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta kepedulian terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (CPL Asosiasi)

PLO-6

Memahami konsep-konsep dasar, teori dan dasar metodologi ilmu politik. (CPL Asosiasi)

PLO-7

Mampu menganalisis fenomena politik dan isu-isu kontemporer. (CPL Asosiasi)

PLO-9

Mampu mengkomunikasikan gagasan dan hasil kajian politik secara efektif melalui media serta membangun jejaring kerja lintas sektor di era digital

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menganalisis struktur dan fungsi lembaga politik menggunakan teori-teori politik yang relevan (C4)

PO - 2

Mahasiswa dapat mengevaluasi kebijakan publik dari perspektif teori politik yang berbeda (C5)

PO - 3

Mahasiswa dapat menciptakan model teoretis baru untuk memahami fenomena politik yang kompleks (C6)

PO - 4

Mahasiswa dapat menggunakan teori politik untuk merumuskan solusi atas masalah politik kontemporer (C3)

PO - 5

Mahasiswa dapat menganalisis peran teori politik dalam pengembangan strategi politik (C4)

PO - 6

Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas teori politik dalam menjelaskan perubahan politik di berbagai negara (C5)

PO - 7

Mahasiswa dapat menciptakan pendekatan interdisipliner dengan mengintegrasikan teori politik dengan disiplin ilmu lain (C6)

PO - 8

Mahasiswa dapat menerapkan teori politik untuk memprediksi hasil dari peristiwa politik tertentu (C3)

PO - 9

Mahasiswa dapat menganalisis dampak teori politik terhadap pembuatan kebijakan di tingkat lokal dan internasional (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Teori-Teori Politik pada jenjang S1 program studi Ilmu Politik membahas tentang berbagai teori politik yang menjadi landasan dalam memahami fenomena politik. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai berbagai teori politik yang berkembang mulai dari teori klasik hingga kontemporer. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman terhadap konsep-konsep dasar politik, pemikiran para tokoh politik, serta aplikasi teori politik dalam analisis fenomena politik kontemporer.

Pustaka

Utama :

  1. Andrew Heywood (2004).
  2. Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan
  3. GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE
  4. SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Dr. Mochamad Arif Affandi, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar teori-teori politik klasik dan modern

Mahasiswa dapat menjelaskan definisi teori politik dengan tepat dalam bentuk lisan atau tulisan

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Andrew Heywood (2004).
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat membedakan teori politik normatif dan empiris

Mahasiswa mampu menyebutkan minimal dua perbedaan utama antara teori normatif dan empiris

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri utama teori politik klasik

Mahasiswa mampu menyebutkan tiga ciri utama teori politik klasik beserta contohnya

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran politik dari tokoh-tokoh klasik seperti Plato dan Aristoteles.

Mahasiswa mampu Menyusun uraian pemikiran Plato dan Aristoteles dalam tulisan singkat atau presentasi.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menyusun kesimpulan analitis tentang efektivitas lembaga politik menggunakan kerangka teori politik tertentu.

Menyampaikan kesimpulan yang logis dan argumentatif dengan rujukan pada teori.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran politik modern seperti dari Hobbes, Locke, dan Rousseau.

Mahasiswa mampu Menguraikan ide dasar masing-masing tokoh dalam jawaban esai atau diskusi.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menjelaskan teori kekuasaan menurut Machiavelli dan Weber.

Mahasiswa mampu Menjelaskan konsep kekuasaan menurut masing-masing tokoh secara komparatif.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan
7%

8

Minggu ke 8

uts

uts

Kriteria:

uts


Bentuk Penilaian :
Tes
offline
120 menit

Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat menghubungkan antara teori politik dengan sistem pemerintahan.

Mahasiswa mampu Menjelaskan keterkaitan teori tertentu dengan praktik sistem parlementer atau presidensial.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat mendeskripsikan struktur lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif dalam sistem politik.

Mahasiswa mampu Menggambarkan struktur lembaga-lembaga tersebut melalui bagan atau tulisan.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Andrew Heywood (2004).
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menerapkan teori politik untuk menjelaskan fungsi masing-masing lembaga politik.

Mahasiswa mampu Memberikan contoh penerapan teori terhadap fungsi lembaga (contoh: Montesquieu dan trias politica).

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat membandingkan fungsi lembaga politik dalam sistem parlementer dan presidensial.

Mahasiswa mampu Menyusun perbandingan dalam bentuk tabel atau esai analisis.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menganalisis peran partai politik dan kelompok kepentingan dalam teori pluralisme.

Mahasiswa dapat Mampu menjelaskan peran dan fungsi kedua aktor tersebut dalam konteks teori pluralisme.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: Andrew Shorten (2016), Contemporary Politicai Theory, NY: Palgrave Macmillan
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menggunakan teori elitisme untuk menelaah dominasi kekuasaan dalam lembaga politik.

Mahasiswa mampu Menyusun argumentasi atau studi kasus tentang praktik elitisme dalam lembaga tertentu.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study

Materi: -
Pustaka: SP VARMA (1987), Teori Politik Modern, Jakarta: Rajawali Press
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat mengaitkan teori marxis dengan fungsi lembaga politik dalam sistem kapitalis.

Mahasiswa mampu Menjelaskan fungsi lembaga melalui perspektif Marxis dalam suatu tulisan atau diskusi.

Kriteria:

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab dan menyampaikan gagasan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
100 menit

Materi: -
Pustaka: GERALD F. GAUS AND CHANDRAN KUKATHAS (2004), HANDBOOK of POLITICAL THEORY, London: SAGE
3%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

uas


Bentuk Penilaian :
Tes
Offline
120 menit

Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.