
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Program Latihan Elit Atlet Cabang Olahraga Aquatic |
8520203682 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
5 |
2 September 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes
|
Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu merancang, menyusun dan mengaplikasikan Program latihan renang dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mempresentasikannya dg sikap bertanggungjawab.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini merupakan matakuliah yang membahas tentang prosedur penyusunan program latihan mikro dan macro pada program latihan renang dan selam. mahasiswa diberikan kesempatan dalam memahami dan praktre |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bompa, Tudor O. 2015. Conditioning Young Athletes. United States. Human Kinetics.
- Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics.
- Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA.
- Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
IMAM MARSUDI BAYU AGUNG PRAMONO FAJAR EKA SAMUDRA Fajar Eka Samudra, S.Or., M.Kes. Fajar Eka Samudra, S.Or., M.Kes. Fajar Eka Samudra, S.Or., M.Kes. Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si. Prof.Dr. Imam Marsudi, M.Si. Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes. Bayu Agung Pramono, S.Pd., M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman konsep teoritis pembuatan rencana program latihan renang di darat dan di air |
- Mampu memahami konsep teoritis pembuatan rencana program latihan
- Mampu menentukan target dan tujuan dari rencana pembuatan program
|
Kriteria:
Sesuai penilaian yang ada di UNESA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, ceramah dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: dasar-dasar penyusunan program latihan olahraga renang Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman konsep teoritis pembuatan rencana program latihan renang di darat dan di air |
- Mampu memahami konsep teoritis pembuatan rencana program latihan
- Mampu menentukan target dan tujuan dari rencana pembuatan program
|
Kriteria:
Sesuai penilaian yang ada di UNESA Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, ceramah dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: dasar-dasar penyusunan program latihan olahraga renang Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
pemahaman konsep tujuan dan manfaat periodesasi latihan |
- memahami pengertian periodesasi latihan
- memahami konsep tujuan pembuatan periodesasi latihan
- memahami manfaat periodesasi latihan
|
Kriteria:
TES DAN PRAKTEK Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Tes |
Observasi dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan periodesasi latihan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman konsep dasar periodesasi latihan pada rencana tahunan dan kemampuan biomotor |
Mampu memahami konsep dasar periodesasi latihan pada rencana tahunan dan kemampuan biomotor |
Kriteria:
presentasi dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi presentasio bservasi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan program latihan gerak Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami pembuatan periodesasi rencana tahunan program latihan renang di darat dan di air |
Mampu membuat periodesasi tahunan |
Kriteria:
presentasi dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi presentasi observasi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan program latihan gerak Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami pembuatan periodesasi rencana tahunan program latihan renang di darat dan di air |
Mampu membuat periodesasi tahunan |
Kriteria:
presentasi dan praktek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi presentasi observasi 4 X 50 |
|
Materi: konsep penyusunan program latihan gerak Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. Materi: tahapan-tahanpan belajar gerak di olahraga renang Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor |
Mampu membuat periodesasi latihan berdasarkan kemampuan biomotor |
Kriteria:
sesuai kriteria yang ditetapkan unesa Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
diskusi dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: pembelajaran motorik atlet renang Pustaka: Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor |
Mampu membuat periodesasi latihan berdasarkan kemampuan biomotor |
Kriteria:
sesuai kriteria yang ditetapkan unesa Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 4 X 50 |
|
Materi: periodesasi Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
9% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami pembuatan periodesasi pengembangan kemampuan biomotor |
mahasiswa dapat mengembangkan dan membuat program peningkatan biomotor atlet renang |
Kriteria:
sesuai kriteria unesa Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah dan praktek 4 X 50 |
|
Materi: latihan motorik atlet renanfg Pustaka: Knuttgen, Howard G. 2005. Handbook of Sports Medicine and Science Swimming. Blackwell Science Ltd |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami teori periode transisi pada program latihan renang |
- Menjelaskan pengertian periode transisi
- Menjelaskan evaluasi hasil pertandingan dari hasil pertandingan renang kualifikasi dan langsung
- Menjelaskan rekaveri usai pertandaingan pada tiap seri yang diikuti
|
Kriteria:
sesuai dengan kriteria unesa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
diskusi 4 X 50 |
|
Materi: teori periode transisi pada program latihan renang Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan harian dan sesi latihan. |
- Menjelaskan penyusunan program satu hari.
- Menjelaskan penyusunan program latihan harian.
- Menjelaskan penyusunan program sesi latihan.
|
Kriteria:
praktek Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan harian dan sesi latihan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan mingguan. |
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan.
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan satu puncak.
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan dua puncak.
- Menjelaskan penyusunan program latihan mingguan tiga puncak.
|
Kriteria:
diskusi dan praktei Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan mingguan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan bulanan. |
- Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan.
- Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan dua minggu.
- Menjelaskan penyusunan program latihan bulanan tiga minggu.
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria Penilaian Unesa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan bulanan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan tahunan. |
Menjelaskan penyusunan program latihan tahunan. |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan tahunan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami dan menyusun program latihan tahunan. |
Menjelaskan penyusunan program latihan tahunan. |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi praktek 4 X 50 |
|
Materi: program latihan tahunan Pustaka: Bompa, Tudor O. 2014. Periodization training for sports. United States. Human Kinetics. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menyelesaikan ujian dengan memahami dan mampu menyusun program latihan sesuai materi 1-15 |
Lulus Ujian matakuliah |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian UNESA Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UJIAN UAS 4 X 50 |
|
Materi: peeiodesasi Pustaka: Gordon,Richard. 2013. A Shorter Guide To Long Term Athlete Development (LTAD). United Stated. ASA. |
20% |