Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi polimer dan membrane

4710203032

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

4 Desember 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si




Prof.Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si




Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai teori struktur dan sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro dan makromolekul dan terapannya

PLO-6

Menguasai konsep teoretis tentang fungsi instrumen kimia mutakhir dan cara pengoperasiannya, serta menguasai penerapan teknologi kimia yang relevan

PLO-7

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data

PLO-9

Memiliki kemampuan berinovasi dalam pengembangan kewirausahaan dan mempunyai kemampuan manajerial

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami orientasi matakuliah Teknologi Polymer dan Membran

PO - 2

Teknik Reaksi pembentukan polimer

PO - 3

memahami bahan polimer

PO - 4

Sifat Bahan polimer

PO - 5

Sifat Bahan polimer

PO - 6

Presentasi dan diskusi sifat bahan polimer

PO - 7

Pembuatan membran sederhana

PO - 8

Presentasi dan diskusi sifat membran sederhana

PO - 9

Karakterisasi membran sederhana

PO - 10

Membran komposit

PO - 11

Karakterisasi membran komposit

PO - 12

Sifat fluk dan rejeksi membran komposit

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9
PO-1       
PO-2       
PO-3       
PO-4       
PO-5       
PO-6       
PO-7       
PO-8       
PO-9       
PO-10       
PO-11       
PO-12       

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Membahas tentang aplikasi teknologi polimer dan membrane dalam berbagai bidang industri dan lingkungan. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai sifat, karakteristik, dan aplikasi polimer serta membrane dalam konteks kimia. Ruang lingkupnya meliputi pemahaman tentang sintesis polimer, karakterisasi material polimer, aplikasi polimer dalam industri, serta penggunaan membrane dalam proses pemisahan dan filtrasi.

Pustaka

Utama :

  1. Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Pirim Setiarso, M.Si.

Dr. Maria Monica Sianita Basukiwardojo, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Orientasi matakuliah Teknologi Polymer dan membran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
3x50
Daring
3x50
Materi: orientasi matakuliah
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
0%

2

Minggu ke 2

memahami teknik reaksi pembentukan polimer

mahsiswa memahami teknik reaksi pembentukan polimer

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x 50

Materi: Reaksi pembentukan polimer
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mengetahui bahan polimer dan sifatnya

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Bahan polimer dan sifatnya
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

4

Minggu ke 4

mengenal bahan polimer dan sifatnya

Mahasiswa mengetahui bahan polimer dan sifatnya

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
3x50

Materi: Bahan polimer dan sifatnya
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

5

Minggu ke 5

mahasiswa memahami bahan polimer dansifatnya

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Bahan dan sifat polimer
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

6

Minggu ke 6

Presentasi dan diskusi sifat bahan polimer

mahasiswa memahami bahan polimer dansifatnya

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: presentasi dan diskusi sifat bahan polimer
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

7

Minggu ke 7

Pembuatan membran sederhana

mahasiswa memahami pembuatan membran sederhana

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Membran sederhana
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

8

Minggu ke 8

Pembuatan membran sederhana

mahasiswa memahami pembuatan polimer sederhana disertai presentasi dan diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Pembutan membran polimer sederhana
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
20%

9

Minggu ke 9

Karakterisasi membran

mahasiswa memahami karakterisasi membran sederhana


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Sifat membran sederhana
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

10

Minggu ke 10

Karakterisasi membran

mahasiswa memahami karakterisasi membran sederhana


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Sifat membran sederhana
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

11

Minggu ke 11

Membran komposit

mahasiswa memahami membran komposit

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Membran komposit
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

12

Minggu ke 12

Membran komposit

mahasiswa memahami membran komposit

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Membran komposit
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

13

Minggu ke 13

Karakterisasi membran komposit

mahasiswa memahami Karakterisasi membran komposit

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Karakterisasi membran komposit
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

14

Minggu ke 14

Karakterisasi membran siafat kimia dan fisika

mahasiswa memahami sifat fisika dan kimia membran

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Karakterisasi kimia dan fisika membran
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

15

Minggu ke 15

Sifat membran fluk dan koefisien rejeksi

mahasiswa memahami sifat membran fluk dan koefisien rejeksi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Sifat membran fluk dan koefisien rejeksi
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
5%

16

Minggu ke 16

Membran ultrafilrasi

mahasiswa memahami membran ulra filtrasi

Kriteria:

Tes tulis dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
luring
3x50

Materi: Ultra filtrasi membran fouling dan biofouling
Pustaka: Koltzenburg, Maskos, and Nuyken covers, 2017, Polymer Chemistry, Springer-Verlag Berlin Heidelberg
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.