
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kesehatan dan Keselamatan Kerja |
8721002151 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
8 November 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Durinda Puspasari, S.Pd., M.pd
|
Dr. Farij Ibadil Maula
|
BRILLIAN ROSY |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran administrasi perkantoran secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, prinsip, dan regulasi K3 di lingkungan kerja.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko di tempat kerja berdasarkan pendekatan sistem manajemen K3.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menyusun program pencegahan kecelakaan kerja dan promosi kesehatan kerja.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan prosedur K3 dalam simulasi situasi darurat dan sistem tanggap bencana.
|
PO - 5 |
Mahasiswa menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap budaya keselamatan dan kesehatan kerja.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-8 | | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan regulasi K3 serta penerapannya dalam mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Mahasiswa dilatih mengidentifikasi risiko, menyusun prosedur kerja aman, dan menerapkan sistem manajemen K3 berbasis regulasi nasional dan standar internasional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja.
- ISO 45001:2018 – Occupational health and safety management systems – Requirements with guidance for use.
- Suardi, R. (2021). Kesehatan dan keselamatan kerja dalam perspektif manajemen. Prenadamedia Group.
- Budiono, Y. (2020). Manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Deepublish.
- Goetsch, D. L. (2022). Occupational safety and health for technologists, engineers, and managers (10th ed.). Pearson.
- Reese, C. D. (2018). Occupational health and safety management: A practical approach (3rd ed.). CRC Press.
- Hughes, P., & Ferrett, E. (2016). Introduction to health and safety at work: For the NEBOSH national general certificate in occupational health and safety (6th ed.). Routledge.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, tujuan, dan urgensi K3 dalam dunia kerja. |
Menjelaskan konsep K3 secara lisan atau tertulis dengan benar. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: . Pustaka: Hughes, P., & Ferrett, E. (2016). Introduction to health and safety at work: For the NEBOSH national general certificate in occupational health and safety (6th ed.). Routledge. Materi: . Pustaka: Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi jenis bahaya kerja (fisik, kimia, biologis, ergonomi, psikososial). |
Menyusun daftar potensi bahaya di berbagai lingkungan kerja. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami hukum, peraturan, dan standar nasional K3 (UU No. 1/1970, Permenaker, ISO 45001). |
Menjelaskan isi regulasi K3 dan relevansinya dengan praktik kerja. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: . Pustaka: Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja. |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi sistem manajemen K3 (SMK3). |
Menggambar atau memaparkan struktur SMK3 dan komponennya. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
Materi: . Pustaka: Suardi, R. (2021). Kesehatan dan keselamatan kerja dalam perspektif manajemen. Prenadamedia Group. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan identifikasi bahaya dan penilaian risiko (HIRARC). |
Melakukan simulasi penilaian risiko pada studi kasus sederhana. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat merancang alat pelindung diri (APD) dan menjelaskan penggunaannya. |
Menyusun daftar APD sesuai jenis pekerjaan dan menjelaskan fungsinya. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menyusun prosedur kerja aman (SOP K3) untuk aktivitas tertentu. |
Membuat dokumen SOP K3 berdasarkan skenario kerja. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami prinsip ergonomi dalam merancang tempat kerja yang aman dan sehat. |
Menilai dan merancang ulang layout kerja berbasis ergonomi. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menjelaskan teknik pemadaman kebakaran dan evakuasi darurat. |
Mengikuti simulasi tanggap darurat dan menjelaskan prosedurnya. |
Kriteria:
rubrik penilaian |
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat merancang program pelatihan K3 bagi karyawan. |
Menyusun rencana pelatihan K3 dengan tujuan dan metode pembelajaran. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan audit K3 skala sederhana. |
Menggunakan daftar periksa untuk menilai kesesuaian praktik kerja dengan standar K3. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi insiden kerja berdasarkan data dan laporan kecelakaan. |
Membuat analisis penyebab kecelakaan kerja menggunakan metode fishbone atau 5-Why. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan program K3 dan mempresentasikannya. |
Menyusun dan menyampaikan laporan proyek K3 dalam kelompok secara profesional. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa menunjukkan sikap peduli, etis, dan bertanggung jawab terhadap budaya keselamatan. |
Menunjukkan partisipasi aktif, kepatuhan terhadap aturan keselamatan selama perkuliahan atau simulasi. |
Kriteria:
rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |