Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Material Magnetik dan Sensor

4520102288

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Nugrahani Primary Putri




MUNASIR

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis sifat magnetik dan konduktivitas material serta mengaitkannya dengan prinsip kerja sensor berbasis fisika secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PO - 2

Mahasiswa mampu menguasai dan menjelaskan penerapan teknologi sensor berbasis material magnetik maupun konduktif, serta mengaplikasikannya dalam bentuk prototipe sederhana.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Material Magnetik dan Sensor (2 SKS) membahas prinsip dasar sifat magnetik material, klasifikasi material magnetik (paramagnetik, diamagnetik, feromagnetik, ferrimagnetik), serta karakteristik bahan konduktif yang banyak digunakan dalam teknologi sensor. Kajian meliputi fenomena mikroskopik penyebab sifat magnetik, hubungan struktur dan sifat magnet, prinsip konduktivitas listrik pada material logam, polimer konduktif, maupun nanomaterial, serta penerapannya pada berbagai jenis sensor modern. Topik sensor yang dibahas mencakup sensor berbasis material magnetik (misalnya magnetoresistive sensor, Hall effect sensor) dan sensor berbasis material konduktif (seperti sensor resistif, kapasitif, dan sensor berbasis polianilin atau graphene). Selain aspek teori, mahasiswa akan dilatih mengembangkan keterampilan praktis melalui studi kasus dan proyek berbasis riset mini, seperti perancangan dan pengujian prototipe sensor sederhana menggunakan material magnetik maupun material konduktif. Model pembelajaran yang digunakan adalah Project Based Learning (PjBL), di mana mahasiswa secara berkelompok merancang, melaksanakan, dan melaporkan proyek yang mengintegrasikan konsep material magnetik dan konduktif dengan aplikasi sensor. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi ilmiah, serta kolaborasi tim.

Pustaka

Utama :

  1. NP Putri, E Suaebah, ZAI Supardi, FU Ermawati, Komposit Polianilin/Oksida Logam Sebagai Bahan Aktif Sensor Gas, 2022

Pendukung :

  1. AM Riska, NK Hanifa, I Sabillah, L Syafa'ah, and NP Putri. Characterization of PANI as BTX gas sensor functional material, AIP Conference Proceeding, 2025
  2. NP Putri, AY Komariyah, IS Prasya, and F Fitriana. INVESTIGATION OF PANI/ZnO NANOCOMPOSITE FOR ALCOHOL VAPOR SENSOR, Eureka, 6, 2024
  3. NP Putri, E Suaebah, DN Islami, L Rohmawati, DH Kusumawati, Fitriana, and ZAI Supardi. Synthesis and Characterization of PVA/PANI Nanofiber as Active Material for Humidity Sensors, TiS 21(6), 2024
  4. NP Putri, SR Wibowo, LN Maulida, E Suaebah, L Rohmawati, FU Ermawati, and ZAI Supardi. Application of Pani/metal oxide composite as an active material of liquified petroleum gas sensors, DJNB, 18 (2), 2023
  5. NP Putri, E Suaebah, L Rohmawati, DJDH Santjojo, Masruroh, SP Sakti. Implications of the Electrodeposition Scan Rate on the Morphology of Polyaniline Layer and the Impedance of a QCM Sensor, TiS 20(3), 2023

Dosen Pengampu

NUGRAHANI PRIMARY PUTRI

EVI SUAEBAH

Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc.

Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc.

Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si.

Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.