Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Tata Busana

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Rekayasa Tekstil

9441003186

T=1

P=2

ECTS=4.77

2

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




IRMA RUSSANTI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu mengaplikasikan berbagai teknik pembuatan pola dan teknologi menjahit dalam pembuatan busana sesuai standar industri

Program Objectives (PO)

PO - 1

menganalisis perkembangan manipulating fabrik pada trend fashion

PO - 2

mampu membuat frahmen berbagai jenis manipulating fabrik

PO - 3

Penerapan jenis manipulating fabrik pada produk fashion

PO - 4

mampu mengembangkan pemikiran yang kreatif dalam penerapan manipulating fabrik pada produk fashion

PO - 5

Memahami Konsep cording

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3   
PO-4  
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Materi kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar manipulating fabric (pengertian, tujuan, dan manfaat manipulating fabric), mempraktekkan macam-macam teknik manipulating fabric yaitu suplementary fullness (gathering, shirring), suplementary fullness (ruffle, flounce, godet), sistematic folding (pleating, tucking) dan mix manipulating fabric serta penerapannya pada busana. Membuat personal project penerapan creative combination technique pada sebuah karya busana. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan scientific . Kegiatan praktek membuat karya busana menggunakan model pembelajaran project base learning untuk memanipulasi kain dengan mengkombinasikan beberapa teknik yang dipilih sesuai desain.

Pustaka

Utama :

  1. Mary Sckoeser. 1995 . International Textile Design . New York: John Wiley & Sons, Inc
  2. Singer, Ruth. 2013. Fabric Manipulation: 150 Creative Sewing techniques. David and Charles Publisher
  3. Wolff Colette. 1996, The Art Of Manipulating Fabric. Kause Publications Manufactured in the United States Of America
  4. Wasinger, Susan. 2009. Fabricate, 20 Innovative Sewing Projects That Make That Make Fabric The Star. Asia Pasific Offset: China

Pendukung :

Dosen Pengampu

URIP WAHYUNINGSIH

YUHRI INANG PRIHATINA

Dr. Yuhri Inang Prihatina, S.Pd., M.Sn.

Dr. Yuhri Inang Prihatina, S.Pd., M.Sn.

Dra. Urip Wahyuningsih, M.Pd.

Dra. Urip Wahyuningsih, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Konsep dasar manipulating fabric

Konsep dasar manipulating fabrik, tujuan dan kegunaan serta penggolongan jenis manipulating fabrik

Kriteria:
  1. 1. Kemampuan presentasi dan komunikasi
  2. 2. Kualitas isi makalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

menjelaskan konsep dasar manipulating fabrik
3 x 100
Materi: memahami pengertian, dan penggolongan teknik manipulating fabric
Pustaka: Wolff Colette. 1996, The Art Of Manipulating Fabric. Kause Publications Manufactured in the United States Of America
5%

2

Minggu ke 2

Memahami Konsep dasar manipulating fabric

  1. Mampu menjelaskan penggolongan teknik manipulating fabric
  2. Mampu melakukan riset contoh penerapan manipulating fabric pada busana
Kriteria:
  1. 1. Kemampuan presentasi dan komunikasi
  2. 2. Kualitas isi makalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
menjelaskan konsep dasar manipulating fabrik

3 x 100
Materi: memahami pengertian, dan penggolongan teknik manipulating fabric
Pustaka: Wolff Colette. 1996, The Art Of Manipulating Fabric. Kause Publications Manufactured in the United States Of America
15%

3

Minggu ke 3

memahami konsep gathering

1. hasil produk gathering

Kriteria:
  1. kerapian
  2. teknik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
demontrasi dan praktek gathering

Materi: proses pembuatan gathering
Pustaka:
0%

4

Minggu ke 4

Memahami Konsep shirring

produk pembuatan shiring

Kriteria:

kesesuaian teknik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
demontrasi pembuatan shiring

Materi: proses pembuatan shiring
Pustaka:
0%

5

Minggu ke 5

Memahami Konsep shirring

produk pembuatan shiring

Kriteria:
  1. kesesuaian teknik
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
demontrasi pembuatan shiring

Materi: proses pembuatan shiring
Pustaka:
0%

6

Minggu ke 6

Memahami Konsep pleating

Produk hasil pleating

Kriteria:
  1. teknik
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
demontrasi praktek teknik pleating

Materi: jenis dan teknik pembuatan pleating
Pustaka:
0%

7

Minggu ke 7

Memahami Konsep tucking

produk hasil tucking

Kriteria:
  1. kesuaian teknik
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
demontrasi praktek tucking

Materi: jenis, ciri dan proses pembuatan tucking
Pustaka:
0%

8

Minggu ke 8

Memahami Konsep tucking

Produk hasil gathering

Kriteria:
  1. kesuaian teknik
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
demontrasi praktek ruffle

Materi: jenis, kharakteristik dan proses pembuatan reffel
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Memahami Konsep flounces

produk hasil flouce

Kriteria:

ketepatan teknik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
demontrasi pembuatan flounce

Materi: jenis , karakteristik dan proses pembuatan flounce
Pustaka:
0%

10

Minggu ke 10

Memahami Konsep applique dan reverse applique

produk hasil applique dan reverse applique

Kriteria:
  1. ketepatan teknik
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
demontrasi pembuatan applique dan reverse applique

Materi: jenis. karakteristik dan proses pembuatan applique serta reverse applique
Pustaka:
0%

11

Minggu ke 11

Memahami Konsep cording

produk hasil cording

Kriteria:
  1. ketepatan teknik
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
demontrasi pembuatan cording

Materi: jenis. karakteristik dan proses pembuatan cording
Pustaka:
0%

12

Minggu ke 12

Memahami Konsep cording

produk hasil cording

Kriteria:
  1. ketepatan teknik
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
demontrasi pembuatan cording

Materi: jenis. karakteristik dan proses pembuatan cording
Pustaka:
20%

13

Minggu ke 13

project akhir fabric manipulating

  1. Kesesuaian produk dengan desain
  2. teknik
  3. kerapian
Kriteria:
  1. keserasian ukuran
  2. ketepatan teknik
  3. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
praktek penerapan jenis manipulating fabrik pada prosuk fashion

Materi: karaktristik desain busana, pemilihan jenis manipulating, hasil pembuatan produk
Pustaka:
0%

14

Minggu ke 14

project akhir fabric manipulating

hasil produk manipulating fabrik pada busana

Kriteria:
  1. keserasian ukuran
  2. ketepatan teknik
  3. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
praktek penerapan jenis manipulating fabrik pada prosuk fashion

Materi: karaktristik desain busana, pemilihan jenis manipulating, hasil pembuatan produk
Pustaka:
0%

15

Minggu ke 15

project akhir fabric manipulating

hasil project manipulating pada busana

Kriteria:
  1. keserasian ukuran
  2. ketepatan teknik
  3. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
praktek penerapan jenis manipulating fabrik pada prosuk fashion

Materi: karaktristik desain busana, pemilihan jenis manipulating, hasil pembuatan produk
Pustaka:
30%

16

Minggu ke 16

UAS

hasil produk

Kriteria:
  1. Kesesuaian produk dengan desain
  2. kerapian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
tes/pembuatan project

Materi: manipulating fabrik
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Penilaian Portofolio 10%
4. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.