Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovations in Mathematics Teaching)

8410203171

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Susanah, M.Pd.




Dr. Susanah, M.Pd




Dr. Agung Lukito, M.S.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif

PLO-8

Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis.

PLO-9

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi secara mandiri dan kritis penelitian pendidikan matematika kontemporer

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengidentifikasi dan memberi contoh inovasi pembelajaran di abad 21.

PO - 2

Mengidentifikasi dan memberi contoh inovasi pembelajaran matematika

PO - 3

Memahami penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika.

PO - 4

Presentrasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu)

PO - 5

Presentrasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu)

PO - 6

Presentrasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu)

PO - 7

Memilih ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu) tertentu

PO - 8

Menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika.

PO - 9

Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika yang telah dipilih

PO - 10

Penerapan rancangan inovasi pembelajaran matematika secara umum

PO - 11

Penerapan rancangan inovasi pembelajaran matematika terkait materi tertentu

PO - 12

Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika terkait materi yang telah dipilih

PO - 13

Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11  
PO-12  
PO-13  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan inovasi dalam pembelajaran matematika. Cakupan materi meliputi konsep dasar inovasi, sejarah inovasi pembelajaran matematika,pendekatan/model/strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika, pencarian contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi iterature, pencarian contoh inovasi di internet dan lapangan serta proyek pengembangan inovasi pada level yang diinginkan

Pustaka

Utama :

  1. [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264311671-en

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Susanah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep inovasi pembelajaran di abad 21.

mengutarakan ide atau pendapat inovasi pembelajaran di abad 21.

Kriteria:

Diskusi
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep inovasi pembelajaran matematika di abad 21.

Mengutarakan pendapat atau gagasan pembelajaran matematika di abad 21.

Kriteria:

Diskusi
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
0%

3

Minggu ke 3

Memahami penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika

    Presentasi
    3 x 50 menit

    Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
    Pustaka:

    Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi.
    Pustaka:

    Materi: macam-maca model pembelajaran
    Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
    0%

    4

    Minggu ke 4

    1. Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika
    2. Menentukan ide dan merancang inovasi pembelajaran matematika

    Kriteria:
    1. 20

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

    3 x 50 menit

    Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi.
    Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......

    Materi: 2. Mengkaji Literature, pencarian contoh inovasi.
    Pustaka:
    20%

    5

    Minggu ke 5

    Presentrasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu)

    Memilih ide/topik inovasi pembelajaran matematika

    Presentasi
    3 x 50 menit

    Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika
    Pustaka:
    0%

    6

    Minggu ke 6

    Presentrasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu)


      3 x 50 menit

      Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika
      Pustaka:
      0%

      7

      Minggu ke 7

      1. Workshop Pengembangan inovasi pembelajaran matematika
      2. Menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika

        3 x 50 menit

        Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
        Pustaka:
        0%

        8

        Minggu ke 8

        UTS

        Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.

        Kriteria:

        15


        Bentuk Penilaian :
        Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja

        3 x 50 menit

        Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
        Pustaka:
        30%

        9

        Minggu ke 9

        Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu).

          Presentasi
          3 x 50 menit

          Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
          Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
          0%

          10

          Minggu ke 10

          Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu).

          5


          Bentuk Penilaian :
          Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

          3 x 50 menit

          Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
          Pustaka:

          Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
          Pustaka:
          0%

          11

          Minggu ke 11

          Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu).

          Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika yang telah dipilih


          3 x 50 menit

          Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
          Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
          0%

          12

          Minggu ke 12

          Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu).

            Presentasi
            3 x 50 menit

            Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
            Pustaka:

            Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi.
            Pustaka:
            0%

            13

            Minggu ke 13

            Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika

            Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.

            Kriteria:

            Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.


            3 x 50 menit

            Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
            Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
            0%

            14

            Minggu ke 14

            Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika

            1. Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
            2. Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
            Kriteria:

            5


            Bentuk Penilaian :
            Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

            3 x 50 menit

            Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
            Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......

            Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
            Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
            0%

            15

            Minggu ke 15

            Presentasi Laporan akhir hasil perancangan inovasi pembelajaran matematika

            Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.


            3 x 50 menit

            Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
            Pustaka:
            0%

            16

            Minggu ke 16

            Presentrasi penerapan inovasi pembelajaran matematika (Individu).

            50


            Bentuk Penilaian :
            Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum
            PjBL
            3x50 menit

            Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
            Pustaka:

            Materi: UAS
            Pustaka:

            Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
            Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......

            Materi: UAS
            Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
            50%



            Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

            No Evaluasi Persentase
            1. Aktifitas Partisipasif 10%
            2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 16.67%
            3. Penilaian Portofolio 41.67%
            4. Penilaian Praktikum 16.67%
            5. Praktik / Unjuk Kerja 15%
            100%

            Catatan

            1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
            2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
            3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
            4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
            5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
            6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
            7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
            8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
            9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
            10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
            11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
            12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.