
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovations in Mathematics Teaching) |
8410203171 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Susanah, M.Pd.
|
Dr. Susanah, M.Pd
|
AGUNG LUKITO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif |
PLO-8 |
Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengidentifikasi dan memberi contoh inovasi pembelajaran di abad 21.
|
PO - 2 |
Mengidentifikasi dan memberi contoh inovasi pembelajaran matematika
|
PO - 3 |
Memahami penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika.
|
PO - 4 |
Mengidentifikasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT.
|
PO - 5 |
Mengidentifikasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT.
|
PO - 6 |
Menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum.
|
PO - 7 |
Menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi matemati tertentu.
|
PO - 8 |
Penerapan rancangan inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi matemati tertentu.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | ✔ | | PO-4 | ✔ | | PO-5 | | ✔ | PO-6 | | ✔ | PO-7 | ✔ | | PO-8 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan inovasi dalam pembelajaran matematika. Cakupan materi meliputi konsep dasar inovasi, sejarah inovasi pembelajaran matematika,pendekatan/model/strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika, pencarian contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi iterature, pencarian contoh inovasi di internet dan lapangan serta proyek pengembangan inovasi pada level yang diinginkan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264311671-en
|
Pendukung : |
|
- Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264311671-en
|
Dosen Pengampu
|
SUSANAH Dr. Susanah, M.Pd. Dr. Susanah, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep inovasi pembelajaran di abad 21. |
mengutarakan ide atau pendapat inovasi pembelajaran di abad 21. |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep inovasi pembelajaran matematika di abad 21. |
Mengutarakan pendapat gagasan dan memberi contoh inovasi pembelajaran matematika |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Menjelaskan penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pustaka: Materi: macam-maca model pembelajaran Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......... Materi: 2. Mengkaji Literature, pencarian contoh inovasi. Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika Pustaka: |
0% |
6
Minggu ke 6 |
Presentasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu) |
Mampu menjelaskan konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu) |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu. |
- Menjelaskan pengembangan inovasi pembelajaran matematika
- Mampu menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika
|
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi kolaboratif 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Mengidentifikasi inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT |
Menjelaskan ide inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT pada materi tertentu |
Kriteria:
Mampu menjelaskan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tes Sumatif Tengah Semester 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi konsep/ide inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT |
Menjelaskan konsep/ide inovasi pembelajaran matematika |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mentukan konsep/ide inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu. |
Mampu menjelaskan rancangan inovasi pembelajaran matematika (secara individu) |
Kriteria:
Kemampuan menjelaskan rancangan inovasi pembelajaran matematika (secara individu) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menentukan konsep/ide inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum |
Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika yang telah dipilih |
Kriteria:
Kemampuan menjelaska rancangan inovasi pembelajaran matematika dengan detail Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/... |
1% |
12
Minggu ke 12 |
Menentukan rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu. |
Presentasi rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu. |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pustaka: |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu. |
presentasi rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu. |
Kriteria:
Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...... |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu. |
Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu. |
Kriteria:
Kemampuan menjelaskan penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......... Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...... Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu. |
Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu. |
Kriteria:
Kemampuan menjelaskan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu dengan jelas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi penerapan inovasi pembelajaran matematika (Individu) |
Kemampua menjelaskan penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu |
Kriteria:
- Kesesuaian proyek final sesuai ketentuan
- Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 3x50 menit |
|
Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield Pustaka: Materi: UAS Pustaka: Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika. Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......... Materi: UAS Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...... |
50% |