Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovations in Mathematics Teaching)

8410203171

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Susanah, M.Pd.




Dr. Susanah, M.Pd




AGUNG LUKITO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif

PLO-8

Mampu mengerjakan suatu masalah yang kompleks dalam matematika dan pendidikan matematika, mempresentasikan, dan mendiskusikan hasilnya secara ilmiah baik secara lisan maupun tertulis.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengidentifikasi dan memberi contoh inovasi pembelajaran di abad 21.

PO - 2

Mengidentifikasi dan memberi contoh inovasi pembelajaran matematika

PO - 3

Memahami penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika.

PO - 4

Mengidentifikasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT.

PO - 5

Mengidentifikasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT.

PO - 6

Menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum.

PO - 7

Menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi matemati tertentu.

PO - 8

Penerapan rancangan inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi matemati tertentu.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan inovasi dalam pembelajaran matematika. Cakupan materi meliputi konsep dasar inovasi, sejarah inovasi pembelajaran matematika,pendekatan/model/strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika, pencarian contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi iterature, pencarian contoh inovasi di internet dan lapangan serta proyek pengembangan inovasi pada level yang diinginkan

Pustaka

Utama :

  1. [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264311671-en

Pendukung :

  1. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264311671-en

Dosen Pengampu

SUSANAH

Dr. Susanah, M.Pd.

Dr. Susanah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep inovasi pembelajaran di abad 21.

mengutarakan ide atau pendapat inovasi pembelajaran di abad 21.

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep inovasi pembelajaran matematika di abad 21.

Mengutarakan pendapat gagasan dan memberi contoh inovasi pembelajaran matematika

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika

Menjelaskan penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:

Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi.
Pustaka:

Materi: macam-maca model pembelajaran
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......
5%

4

Minggu ke 4

Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika

Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
3 x 50 menit

Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi.
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/.........

Materi: 2. Mengkaji Literature, pencarian contoh inovasi.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika

Memberi contoh penerapan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran matematika

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika
Pustaka:
0%

6

Minggu ke 6

Presentasi konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu)

Mampu menjelaskan konsep/ide rancangan inovasi pembelajaran matematika (Individu)

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Mengidentifikasi rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu.

  1. Menjelaskan pengembangan inovasi pembelajaran matematika
  2. Mampu menentukan dan merancang inovasi pembelajaran matematika
Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi kolaboratif
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
2%

8

Minggu ke 8

Mengidentifikasi inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT

Menjelaskan ide inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT pada materi tertentu

Kriteria:

Mampu menjelaskan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tes Sumatif Tengah Semester
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi konsep/ide inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT

Menjelaskan konsep/ide inovasi pembelajaran matematika

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
2%

10

Minggu ke 10

Mentukan konsep/ide inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu.

Mampu menjelaskan rancangan inovasi pembelajaran matematika (secara individu)

Kriteria:

Kemampuan menjelaskan rancangan inovasi pembelajaran matematika (secara individu)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
3%

11

Minggu ke 11

Menentukan konsep/ide inovasi pembelajaran matematika berbasis ICT secara umum

Presentrasi rancangan inovasi pembelajaran matematika yang telah dipilih

Kriteria:

Kemampuan menjelaska rancangan inovasi pembelajaran matematika dengan detail


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/...
1%

12

Minggu ke 12

Menentukan rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu.

Presentasi rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu.

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
3 x 50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:

Materi: 1. Contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi.
Pustaka:
2%

13

Minggu ke 13

Merancang inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu.

presentasi rancangan inovasi pemebelajaran matematika berbasis ICT secara umum terkait materi tertentu.

Kriteria:

Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......
5%

14

Minggu ke 14

Penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu.

Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu.

Kriteria:

Kemampuan menjelaskan penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi
3 x 50 menit

Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/.........

Materi: Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:
2%

15

Minggu ke 15

Penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu.

Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu.

Kriteria:

Kemampuan menjelaskan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu dengan jelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50 menit

Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
Pustaka:
3%

16

Minggu ke 16

Presentasi penerapan inovasi pembelajaran matematika (Individu)

Kemampua menjelaskan penerapan inovasi pembelajaran matematika pada materi tertentu

Kriteria:
  1. Kesesuaian proyek final sesuai ketentuan
  2. Simulasi penerapan inovasi pembelajaran matematika yang telah dirancang pada materi matematika tertentu.

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
3x50 menit

Materi: Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield
Pustaka:

Materi: UAS
Pustaka:

Materi: Pendekatan/model/ strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika.
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/.........

Materi: UAS
Pustaka: [1]. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem Solving. Lanham: Rowman & Littlefield [2]. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons [3]. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya [4]. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/......
50%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 9.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.