
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seni Rupa Anak Usia Dini |
8620702250 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nurul Khotima M.Pd
|
Dr. Nurul Khotima M.Pd
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Menguasai konsep bidang seni anak usia dini sesuai kebutuhan perkembangan anak usia dini. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami Konsep Dasar Seni Rupa untuk Anak Usia Dini
|
PO - 2 |
Mendesain Kegiatan Seni Rupa yang Sesuai dengan Usia Anak
|
PO - 3 |
Menerapkan Teknik Seni Rupa yang Sederhana dan Aman untuk Anak Usia Dini
|
PO - 4 |
Menggunakan Seni Rupa sebagai Media Pembelajaran untuk Perkembangan Kognitif, Sosial, dan Emosional Anak
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Seni Rupa Anak Usia Dini dirancang untuk membekali mahasiswa Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini dengan landasan teoritis dan keterampilan praktis dalam memahami, merancang, dan mengimplementasikan kegiatan seni rupa yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Mata kuliah ini mengkaji berbagai konsep dasar seni rupa, peran seni dalam pendidikan anak, serta kontribusinya terhadap pengembangan motorik halus, kreativitas, daya imajinasi, apresiasi estetika, dan ekspresi diri anak.
Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik dasar seni rupa seperti menggambar, mewarnai, melukis, mencetak, kolase, dan berbagai bentuk kerajinan tangan berbasis bahan alam maupun bahan daur ulang. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk menganalisis serta merancang kegiatan seni rupa yang kontekstual, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangan usia anak, baik secara individual maupun kelompok.
Pembelajaran dalam mata kuliah ini dilakukan melalui pendekatan teoritik dan praktik langsung, didukung metode ceramah interaktif, diskusi, demonstrasi, observasi hasil karya anak, hingga proyek kreatif yang terintegrasi dengan tema pembelajaran PAUD. Mahasiswa juga didorong untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal, pendidikan karakter, serta prinsip pedagogi yang ramah anak dalam setiap rancangan kegiatan seni rupa.
Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pendidik yang peka terhadap potensi artistik anak dan mampu mengembangkan pembelajaran seni rupa yang bermakna, inovatif, serta mendukung perkembangan holistik anak usia dini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family:
- Wright, S. (2022). Children, meaning-making and the arts (3rd ed.). Pearson Australia.
- Kindler, A. M. (Ed.). (2023). Visual arts education: A global reader for the early years. Springer.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurul Khotimah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan
|
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended Learning Pembelajaran asinkron di Vinesa
Blended learning
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Dapat menjelaskan pengertian seni Dapat menyebutkan jenis-jenis seni Dapat menyebutkan tujuan seni Dapat menjelaskan pengertian menggambar dan melukis Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: Materi: Dapat menjelaskan pengertian menggambar dan melukis Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Nurul Khotimah. 2015. Fine Arts Education Recognition Technique Dyeing In Early Childhood. Proceeding Internasional ISBN 978-979- 028-742-6 Nurul Khotimah. 2018. Pembelajaran menggambar ISBN: 978-602-449-196-3. Unesa university Press Nurul Khotimah. 2012. Pembelajaran berbasus anak dalam pengembangan bidang seni (rupa) di paud batik dan paud sabitul azmi sidoarjo. Journal of Arts research and education Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
UTS |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual |
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menjelaskan bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh, Menjelaskan bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang.Menjelaskan pengalaman menggambar, Menjelaskan pengalaman melukis, Menjelaskan pengalaman kolase, Menjelaskan pengalaman seni grafis, Menjelaskan pengalaman seni rajut, Menjelaskan pengalaman seni komputer, Menjelaskan merancang kegiatan tiga dimensi. Menjelaskan kekuatan seni visual |
- Bagaimana seni visual membantu anak-anak tumbuh Bagaimana kegiatan dua dimensi dirancang. Pengalaman menggambar Pengalaman melukis Pengalaman kolase Pengalaman seni grafis Pengalaman seni rajut Pengalaman seni komputer Merancang kegiatan tiga dimensi Kekuatan seni visual
|
Kriteria:
- Baik sekali 85-100
- Baik= 75=84
- Kurang== 60-74
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Luring 2x50 |
|
Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: Materi: ceramah Pustaka: David. dkk . 2015. Teaching The Arts Early Childhood & Primary Education . Sydney: Cambridge University Press. Beal, Nancy. dkk . 2001. The Art of Teaching Art to Children in School and at Home . New York: Farrar, Straus and Giroux . @font-face {font-family: |
24% |