Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bahasa Jepang I

2130202073

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

10 April 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Dyah Riandadari, S.T., M.T




Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-6

Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis secara akurat dan sahih kepada pihak lain yang membutuhkan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dalam situasi komunikasi sehari-hari (C3)

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisis dan memahami penggunaan partikel Bahasa Jepang dalam kalimat (C4)

PO - 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang (C5)

PO - 4

Mahasiswa dapat menciptakan dialog singkat menggunakan kosakata dan gramatika yang telah dipelajari (C6)

PO - 5

Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan tentang budaya Jepang dalam pembuatan presentasi lisan (C3)

PO - 6

Mahasiswa dapat menganalisis perbedaan budaya dan etika komunikasi antara Indonesia dan Jepang (C4)

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi pengaruh budaya Jepang terhadap etika kerja dan komunikasi (C5)

PO - 8

Mahasiswa dapat menciptakan materi ajar sederhana tentang Bahasa Jepang untuk teman sekelas (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Bahasa Jepang I pada jenjang D4 program studi Teknik Mesin bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa Jepang kepada mahasiswa. Mata kuliah ini mencakup pembelajaran kosa kata, tata bahasa, serta pola kalimat dasar dalam bahasa Jepang. Mahasiswa akan belajar untuk memahami dan menggunakan bahasa Jepang secara sederhana dalam konteks sehari-hari. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi pengenalan hiragana, kata-kata umum, percakapan sederhana, dan pengetahuan dasar tentang budaya Jepang.

Pustaka

Utama :

  1. Minna no Nihongo 1

Pendukung :

  1. website pembelajaran jepang

Dosen Pengampu

Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D.

Dyah Riandadari, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dengan lancar dan tepat dalam situasi komunikasi sehari-hari.

  1. Kemampuan menyusun kalimat dasar Bahasa Jepang dengan benar
  2. Kemampuan menggunakan kosakata yang sesuai dalam konteks komunikasi sehari-hari
Kriteria:

kehadiran dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Pengumpulan Video Presentasi Bahasa Jepang
Materi: Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang, Kosakata Umum dalam Komunikasi Sehari-hari, Latihan Menyusun Kalimat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dengan tepat dalam situasi komunikasi sehari-hari.

  1. Penggunaan struktur kalimat dasar dengan benar
  2. Kemampuan menyusun kalimat dalam konteks komunikasi sehari-hari
Kriteria:

kehadiran dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis tugas dan latihan langsung.
Penugasan menulis dialog sederhana dalam Bahasa Jepang untuk situasi sehari-hari
Materi: Pola kalimat dasar Bahasa Jepang, Kosa kata sehari-hari, Latihan menyusun kalimat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memahami penggunaan partikel Bahasa Jepang dalam kalimat dengan baik (C4).

  1. penggunaan partikel Bahasa Jepang yang tepat
  2. kemampuan menganalisis makna kalimat dengan partikel

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengumpulan dan analisis kalimat Bahasa Jepang dengan partikel yang diberikan
Materi: Fungsi partikel dalam kalimat Bahasa Jepang, Contoh penggunaan partikel dalam kalimat sehari-hari
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan baik penggunaan partikel Bahasa Jepang dalam kalimat serta memahami dampaknya terhadap makna kalimat secara keseluruhan.

  1. penggunaan partikel Bahasa Jepang yang tepat
  2. kemampuan menganalisis makna kalimat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Membuat kalimat Bahasa Jepang dengan menggunakan partikel yang tepat
Materi: Fungsi partikel dalam Bahasa Jepang, Perbedaan penggunaan partikel は (wa) dan が (ga), Penggunaan partikel を (wo) dalam kalimat verba
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang.

  1. Kemampuan mengevaluasi kesalahan penggunaan kata kerja
  2. Kemampuan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Menyusun Kalimat dengan Kata Kerja yang Benar
Materi: Penggunaan Kata Kerja dalam Bahasa Jepang, Kesalahan Umum dalam Penggunaan Kata Kerja, Teknik Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata Kerja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang (C5)

  1. Kemampuan mengevaluasi kesalahan penggunaan kata kerja
  2. Kemampuan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja
Kriteria:

kehadiran dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang
Materi: Penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang, Kesalahan umum dalam penggunaan kata kerja, Teknik memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan dialog singkat yang menggunakan kosakata dan gramatika Bahasa Jepang dengan baik dan benar.

  1. Kemampuan menggunakan kosakata yang tepat
  2. Kemampuan menggunakan struktur gramatika yang benar
  3. Kreativitas dalam menciptakan dialog

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis proyek.
Pembuatan dialog singkat dalam Bahasa Jepang menggunakan kosakata dan struktur gramatika yang telah dipelajari.
Materi: Kosakata Bahasa Jepang, Struktur Gramatika Dasar Bahasa Jepang, Cara menciptakan dialog singkat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dengan benar dalam situasi komunikasi sehari-hari.

  1. Penggunaan pola kalimat dasar dengan tepat
  2. Kemampuan menyusun kalimat sederhana dengan kosakata yang benar
  3. Kemampuan berkomunikasi dalam situasi sehari-hari dengan lancar
Kriteria:

Kesesuaian jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Penugasan Menyusun Kalimat Bahasa Jepang
Materi: Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang, Kosakata Umum dalam Komunikasi Sehari-hari, Latihan Menyusun Kalimat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan dialog singkat yang menggunakan kosakata dan gramatika Bahasa Jepang dengan baik dan benar.

  1. Kemampuan menciptakan dialog singkat
  2. Penggunaan kosakata yang tepat
  3. Penggunaan gramatika yang benar
Kriteria:

kehadiran dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis proyek.
Pengumpulan dialog singkat melalui forum online
Materi: Kosakata Bahasa Jepang, Gramatika Dasar Bahasa Jepang, Cara menciptakan dialog singkat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan budaya Jepang dalam presentasi lisan mereka.

  1. Kemampuan menyajikan informasi budaya Jepang dengan jelas dan menarik
  2. Kemampuan menjelaskan hubungan antara budaya Jepang dengan topik presentasi
  3. Kemampuan merespons pertanyaan terkait budaya Jepang dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis proyek.
Diskusi daring tentang aspek budaya Jepang yang akan disajikan dalam presentasi, Pengumpulan materi presentasi secara daring
Materi: Aspek-aspek budaya Jepang yang relevan, Teknik menyusun presentasi lisan yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan tentang budaya Jepang dalam pembuatan presentasi lisan dengan baik dan benar.

  1. Penggunaan bahasa Jepang yang tepat dalam presentasi
  2. Ketepatan dalam menyajikan informasi budaya Jepang
  3. Kreativitas dalam menyampaikan materi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis proyek.
Presentasi lisan tentang budaya Jepang dengan menggunakan bahasa Jepang formal
Materi: Aspek budaya Jepang, Teknik presentasi lisan, Penggunaan bahasa Jepang formal
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat menganalisis perbedaan budaya dan etika komunikasi antara Indonesia dan Jepang.

  1. budaya komunikasi Indonesia
  2. etika komunikasi Jepang
  3. analisis perbedaan budaya
Kriteria:

kehadiran dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang perbedaan budaya komunikasi antara Indonesia dan Jepang
Materi: Konsep budaya komunikasi, Etika komunikasi Jepang, Perbedaan budaya Indonesia dan Jepang
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh budaya Jepang terhadap etika kerja dan komunikasi, serta menerapkan pemahaman tersebut dalam konteks pekerjaan dan komunikasi sehari-hari.

  1. budaya Jepang dalam etika kerja
  2. budaya Jepang dalam komunikasi
  3. penerapan budaya Jepang dalam konteks kerja dan komunikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan budaya Jepang dalam situasi kerja
Materi: Aspek budaya Jepang dalam etika kerja, Pengaruh budaya Jepang dalam komunikasi bisnis, Studi kasus budaya Jepang dalam konteks kerja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memahami bahasa jepang sederhana

Kreativitas dalam merancang kalimat sederhana


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Kolaboratif.

Materi: Pengenalan Bahasa Jepang, Struktur Kalimat Dasar, Kosakata Umum
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengingat beberapa kosa kata Bahasa Jepang yang dapat dipahami dan dinikmati oleh teman sekelasnya.

Kemampuan untuk merespons pertanyaan dari teman sekelas


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Menghafalkan beberapa kosakata
Materi: Struktur Kalimat Dasar Bahasa Jepang, Kosakata Sehari-hari dalam Bahasa Jepang, Pola Percakapan Sederhana
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata kerja
  2. Kemampuan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja
  3. Kemampuan menjelaskan perbaikan yang dilakukan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Penugasan mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang
Materi: Penggunaan kata kerja dalam kalimat Bahasa Jepang, Jenis-jenis kesalahan penggunaan kata kerja, Strategi memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 62.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.