
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bahasa Jepang I |
2130202073 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
10 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Dyah Riandadari, S.T., M.T
|
Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-6 |
Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis secara akurat dan sahih kepada pihak lain yang membutuhkan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dalam situasi komunikasi sehari-hari (C3)
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan memahami penggunaan partikel Bahasa Jepang dalam kalimat (C4)
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang (C5)
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat menciptakan dialog singkat menggunakan kosakata dan gramatika yang telah dipelajari (C6)
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan tentang budaya Jepang dalam pembuatan presentasi lisan (C3)
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat menganalisis perbedaan budaya dan etika komunikasi antara Indonesia dan Jepang (C4)
|
PO - 7 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi pengaruh budaya Jepang terhadap etika kerja dan komunikasi (C5)
|
PO - 8 |
Mahasiswa dapat menciptakan materi ajar sederhana tentang Bahasa Jepang untuk teman sekelas (C6)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | | PO-6 | ✔ | | PO-7 | ✔ | | PO-8 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Bahasa Jepang I pada jenjang D4 program studi Teknik Mesin bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa Jepang kepada mahasiswa. Mata kuliah ini mencakup pembelajaran kosa kata, tata bahasa, serta pola kalimat dasar dalam bahasa Jepang. Mahasiswa akan belajar untuk memahami dan menggunakan bahasa Jepang secara sederhana dalam konteks sehari-hari. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi pengenalan hiragana, kata-kata umum, percakapan sederhana, dan pengetahuan dasar tentang budaya Jepang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Minna no Nihongo 1
|
Pendukung : |
|
- website pembelajaran jepang
|
Dosen Pengampu
|
Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D. Dyah Riandadari, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dengan lancar dan tepat dalam situasi komunikasi sehari-hari. |
- Kemampuan menyusun kalimat dasar Bahasa Jepang dengan benar
- Kemampuan menggunakan kosakata yang sesuai dalam konteks komunikasi sehari-hari
|
Kriteria:
kehadiran dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Pengumpulan Video Presentasi Bahasa Jepang
|
Materi: Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang, Kosakata Umum dalam Komunikasi Sehari-hari, Latihan Menyusun Kalimat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dengan tepat dalam situasi komunikasi sehari-hari. |
- Penggunaan struktur kalimat dasar dengan benar
- Kemampuan menyusun kalimat dalam konteks komunikasi sehari-hari
|
Kriteria:
kehadiran dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis tugas dan latihan langsung.
|
Penugasan menulis dialog sederhana dalam Bahasa Jepang untuk situasi sehari-hari
|
Materi: Pola kalimat dasar Bahasa Jepang, Kosa kata sehari-hari, Latihan menyusun kalimat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memahami penggunaan partikel Bahasa Jepang dalam kalimat dengan baik (C4). |
- penggunaan partikel Bahasa Jepang yang tepat
- kemampuan menganalisis makna kalimat dengan partikel
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Pengumpulan dan analisis kalimat Bahasa Jepang dengan partikel yang diberikan
|
Materi: Fungsi partikel dalam kalimat Bahasa Jepang, Contoh penggunaan partikel dalam kalimat sehari-hari Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dengan baik penggunaan partikel Bahasa Jepang dalam kalimat serta memahami dampaknya terhadap makna kalimat secara keseluruhan. |
- penggunaan partikel Bahasa Jepang yang tepat
- kemampuan menganalisis makna kalimat
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Membuat kalimat Bahasa Jepang dengan menggunakan partikel yang tepat
|
Materi: Fungsi partikel dalam Bahasa Jepang, Perbedaan penggunaan partikel は (wa) dan が (ga), Penggunaan partikel を (wo) dalam kalimat verba Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang. |
- Kemampuan mengevaluasi kesalahan penggunaan kata kerja
- Kemampuan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Menyusun Kalimat dengan Kata Kerja yang Benar
|
Materi: Penggunaan Kata Kerja dalam Bahasa Jepang, Kesalahan Umum dalam Penggunaan Kata Kerja, Teknik Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang (C5) |
- Kemampuan mengevaluasi kesalahan penggunaan kata kerja
- Kemampuan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja
|
Kriteria:
kehadiran dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang
|
Materi: Penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang, Kesalahan umum dalam penggunaan kata kerja, Teknik memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan dialog singkat yang menggunakan kosakata dan gramatika Bahasa Jepang dengan baik dan benar. |
- Kemampuan menggunakan kosakata yang tepat
- Kemampuan menggunakan struktur gramatika yang benar
- Kreativitas dalam menciptakan dialog
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Pembuatan dialog singkat dalam Bahasa Jepang menggunakan kosakata dan struktur gramatika yang telah dipelajari.
|
Materi: Kosakata Bahasa Jepang, Struktur Gramatika Dasar Bahasa Jepang, Cara menciptakan dialog singkat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan struktur kalimat dasar Bahasa Jepang dengan benar dalam situasi komunikasi sehari-hari. |
- Penggunaan pola kalimat dasar dengan tepat
- Kemampuan menyusun kalimat sederhana dengan kosakata yang benar
- Kemampuan berkomunikasi dalam situasi sehari-hari dengan lancar
|
Kriteria:
Kesesuaian jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Penugasan Menyusun Kalimat Bahasa Jepang
|
Materi: Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang, Kosakata Umum dalam Komunikasi Sehari-hari, Latihan Menyusun Kalimat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan dialog singkat yang menggunakan kosakata dan gramatika Bahasa Jepang dengan baik dan benar. |
- Kemampuan menciptakan dialog singkat
- Penggunaan kosakata yang tepat
- Penggunaan gramatika yang benar
|
Kriteria:
kehadiran dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Pengumpulan dialog singkat melalui forum online
|
Materi: Kosakata Bahasa Jepang, Gramatika Dasar Bahasa Jepang, Cara menciptakan dialog singkat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan budaya Jepang dalam presentasi lisan mereka. |
- Kemampuan menyajikan informasi budaya Jepang dengan jelas dan menarik
- Kemampuan menjelaskan hubungan antara budaya Jepang dengan topik presentasi
- Kemampuan merespons pertanyaan terkait budaya Jepang dengan baik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Diskusi daring tentang aspek budaya Jepang yang akan disajikan dalam presentasi, Pengumpulan materi presentasi secara daring
|
Materi: Aspek-aspek budaya Jepang yang relevan, Teknik menyusun presentasi lisan yang efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pengetahuan tentang budaya Jepang dalam pembuatan presentasi lisan dengan baik dan benar. |
- Penggunaan bahasa Jepang yang tepat dalam presentasi
- Ketepatan dalam menyajikan informasi budaya Jepang
- Kreativitas dalam menyampaikan materi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Presentasi lisan tentang budaya Jepang dengan menggunakan bahasa Jepang formal
|
Materi: Aspek budaya Jepang, Teknik presentasi lisan, Penggunaan bahasa Jepang formal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menganalisis perbedaan budaya dan etika komunikasi antara Indonesia dan Jepang. |
- budaya komunikasi Indonesia
- etika komunikasi Jepang
- analisis perbedaan budaya
|
Kriteria:
kehadiran dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang perbedaan budaya komunikasi antara Indonesia dan Jepang
|
Materi: Konsep budaya komunikasi, Etika komunikasi Jepang, Perbedaan budaya Indonesia dan Jepang Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh budaya Jepang terhadap etika kerja dan komunikasi, serta menerapkan pemahaman tersebut dalam konteks pekerjaan dan komunikasi sehari-hari. |
- budaya Jepang dalam etika kerja
- budaya Jepang dalam komunikasi
- penerapan budaya Jepang dalam konteks kerja dan komunikasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan budaya Jepang dalam situasi kerja
|
Materi: Aspek budaya Jepang dalam etika kerja, Pengaruh budaya Jepang dalam komunikasi bisnis, Studi kasus budaya Jepang dalam konteks kerja Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memahami bahasa jepang sederhana |
Kreativitas dalam merancang kalimat sederhana |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Kolaboratif.
|
|
Materi: Pengenalan Bahasa Jepang, Struktur Kalimat Dasar, Kosakata Umum Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengingat beberapa kosa kata Bahasa Jepang yang dapat dipahami dan dinikmati oleh teman sekelasnya. |
Kemampuan untuk merespons pertanyaan dari teman sekelas |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Menghafalkan beberapa kosakata
|
Materi: Struktur Kalimat Dasar Bahasa Jepang, Kosakata Sehari-hari dalam Bahasa Jepang, Pola Percakapan Sederhana Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang. |
- Kemampuan mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata kerja
- Kemampuan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja
- Kemampuan menjelaskan perbaikan yang dilakukan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja dalam Bahasa Jepang
|
Materi: Penggunaan kata kerja dalam kalimat Bahasa Jepang, Jenis-jenis kesalahan penggunaan kata kerja, Strategi memperbaiki kesalahan penggunaan kata kerja Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |