Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

8603104953

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=4

P=0

ECTS=10.08

1

20 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd; Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd; Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd; Dr. Erny Roesminingsih




Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.




NUNUK HARIYATI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru substansi Manajemen Pendidikan melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PLO-8

Menghasilkan novelty pengembangan substansi manajemen pendidikan yang terkognisi dan/terpublikasi, baik nasional maupun internasional melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin (peneliti);

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional serta etika akademik dalam merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan bidang manajemen pendidikan

PO - 2

Mahasiswa mampu menunjukkan ketangguhan, sikap adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan dalam menghadapi tantangan penelitian dengan konsisten menyelesaikan setiap tahapan metodologi penelitian hingga menghasilkan karya ilmiah

PO - 3

Mahasiswa mampu mengkaji secara kritis paradigma, filsafat ilmu, pendekatan metodologis, serta perkembangan mutakhir penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D untuk mengembangkan pengetahuan baru dalam bidang manajemen pendidikan

PO - 4

Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara kolaboratif dan berkelanjutan melalui pemanfaatan literatur ilmiah mutakhir, teknologi pendukung penelitian, serta berbagai pendekatan metodologi penelitian.

PO - 5

Mahasiswa mampu membandingkan, mengevaluasi, dan mensintesis berbagai model dan desain penelitian kualitatif, kuantitatif, serta R&D guna menemukan keunggulan, keterbatasan, dan peluang pengembangan metodologi

PO - 6

Mahasiswa mampu merancang, merumuskan, mengembangkan, dan/atau memodifikasi desain penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D secara inovatif untuk menjawab permasalahan kompleks serta menganalisis state of the art untuk menghasilkan kebaruan (novelty) dalam bidang keilmuan Manajemen Pendidikan

PO - 7

Mahasiswa mampu menjunjung tinggi etika akademik, integritas, kejujuran ilmiah, serta kepekaan sosial pada setiap tahap dalam merancang penelitian, serta menginternalisasikan nilai-nilai kebaruan ilmiah untuk pengembangan kajian manajemen pendidikan dan kemaslahatan masyarakat

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     
PO-6     
PO-7     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif membekali mahasiswa dengan landasan filosofis, paradigma ilmiah, serta keterampilan metodologis dalam merancang, melaksanakan, menganalisis, dan menginterpretasi penelitian secara komprehensif. Kajian dalam mata kuliah ini mencakup pemahaman mendalam mengenai paradigma penelitian, desain dan strategi penelitian kualitatif maupun kuantitatif, teknik pengumpulan dan analisis data, serta etika penelitian. Mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif bertujuan untuk memahirkan mahasiswa dalam merancang melaksanakan, menganalisis, dan melaporkan penelitian kualitatif dan kuantitatif secara kritis, sistematis, dan etis, termasuk memahami paradigma, metode, teknik analisis, serta potensi integrasi keduanya dalam penelitian campuran (mixed methods) dan penelitian pengembangan. Pada matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen, mengumpulkan, dan menganalisis data dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tepat. Oleh karena itu, Mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dirancang dengan model pembelajaran Project Based Learning untuk mendorong mahasiswa menguasai konsep, prinsip, serta prosedur penelitian serta memastikan mahasiswa mengalami proses penelitian secara holistik. Luaran Matakuliah ini adalah menghasilkan proposal penelitian dengan pendekatan interdisiplin dan transdisiplin dalam Bidang Manajemen Pendidikan secara kreatif, orisinil, teruji serta menerapkan etika penelitian (Research Ethic).

Pustaka

Utama :

  1. Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (5th ed.). Boston, MA: Pearson Education, Inc.
  2. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge.
  3. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  4. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  5. Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). Boston, MA: Pearson Education
  6. Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage.
  7. Hayes, A. F. (2022). Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional Process Analysis: A Regression-Based Approach (3rd ed.). Guilford Press.
  8. Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  9. Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE.
  10. Brown, T. A. (2015). Confirmatory factor analysis for applied research (2nd ed.). The Guilford Press.
  11. George, D., & Mallery, P. (2020). IBM SPSS statistics 26 step by step: A simple guide and reference (16th ed.). Routledge.
  12. Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi (mixed methods) (Edisi revisi). Bandung: Alfabeta.

Pendukung :

  1. Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Boston, MA: Pearson Higher Ed.
  2. Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). SAGE.
  3. Fraenkel, J.R., & Wallen, N.E. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. 3rd ed. New York: McGraw-Hill Inc.
  4. Jackson, K., & Bazeley, P. (2019). Qualitative Data Analysis with NVivo (3rd ed.). London: SAGE Publications.
  5. McKenney, S., & Reeves, T. C. (2019). Conducting Educational Design Research (2nd ed.). New York: Routledge.
  6. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis (2nd ed.). London: Sage Publications.
  7. Paulus, T. M., Lester, J. N., & Dempster, P. G. (2014). Digital Tools for Qualitative Research. London: SAGE Publications.
  8. Richards, L. (2015). Handling Qualitative Data: A Practical Guide (3rd ed.). London: SAGE Publications.
  9. Riyanto, Y. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: SIC.
  10. Silverman, D. (2021). Interpreting Qualitative Data (6th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
  11. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, dan Teknik. Bandung: Alfabeta.
  12. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Terbaru). Alfabeta
  13. Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
  14. Hariyati, N., Sonhadji, A., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Using social exchange theory to describe cooperation partnership strategy between vocational high school with business/industrial world. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(8), 668–679.
  15. Purwoko, B., Sujarwanto, S., Ghozali, M. A., & Nurismawan, A. S. (2025). PEACE FROM COLLEGE: Conflict Resolution Textbook Development in Guidance and Counseling. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 16(2). https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i2.29511
  16. Hermawan, A. (2019). Etika penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya
  17. Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (pp. 105–117). SAGE Publications.
  18. Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.
  19. Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir
  20. Hox, J. J., Moerbeek, M., & van de Schoot, R. (2017). Multilevel analysis: Techniques and applications (3rd ed.). Routledge.
  21. Byrne, B. M. (2016). Structural equation modeling with AMOS: Basic concepts, applications, and programming (3rd ed.). Routledge.
  22. Plano Clark, V. L., & Ivankova, N. V. (2016). Mixed methods research: A guide to the field. Thousand Oaks, CA: Sage.
  23. Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research – Part A: An Introduction. Enschede: SLO.

Dosen Pengampu

MURTADLO

YATIM RIYANTO

RETNO TRI HARIASTUTI

ERNY ROESMININGSIH

BUDI PURWOKO

NUNUK HARIYATI

NENI MARIANA

AYU WULANDARI

Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd.

Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.

Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons.

Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.

Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.

Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd.

Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.

Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd.

Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd.

Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd.

Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa memahami capaian kompetensi dalam matakuliah metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif
  2. Mahasiswa mampu membuat refleksi tentang ruang lingkup metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif kritis
  3. Mahasiswa memahami peraturan dan kriteria penilaian pada matakuliah metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif
  1. Mahasiswa mampu menginisiasi kontrak perkuliahan yang berisi strategi belajar dalam menempuh perkuliahan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif baik secara individu maupun kelompok
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi sumber belajar dalam perkuliahan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif mandiri
  3. Mahasiswa mampu membangun persepsi yang tepat tentang konsep dasar metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif di bidang manajemen pendidikan
  4. Mahasiswa mampu mendialogkan integrasi nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional serta etika akademik dalam perkuliahan
  5. Mahasiswa mampu menyusun strategi penyelesaian tugas akhir dengan time table sesuai dengan pedoman penulisan tugas akhir
Kriteria:
  1. Inisiasi mahasiswa dalam menyusun kontrak perkuliahan
  2. Partisipasi aktif mahasiswa dalam diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Materi: Pendekatan penelitian kualitatif dn kuantitatif
Pustaka: Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Materi: Metode penelitian dalam bidang pendidikan
Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge.

Materi: Pendekatan penelitian, kualitatif, kuantitatif dan mixed methods
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Penelitian dan Pengembangan (R N D)
Pustaka: Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). Boston, MA: Pearson Education

Materi: Komponen pelaporan penelitian sesuai dengan pedoman penulisan tugas akhir
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Time Table penyelesain tugas akhir
Pustaka: Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir
2%

2

Minggu ke 2

  1. Menganalisis filosofi, paradigma, dan pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D dalam bidang manajemen pendidikan secara kritis
  2. Merumuskan etika penelitian dalam pelaksanaan penelitian dalam ragam pendekatan secara analistis dan adaptif
  1. Mahasiswa mampu menganalisis ontologi dan epistemologi pendekatan penelitian secara kritis
  2. Mahasiswa mampu mengkonstruksikan paradigma penelitian paradigma penelitian: positivisme, post-positivisme, konstruktivisme, pragmatisme yang melandasi pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D
  3. Mahasiswa mampu menyusun sintesis paradigma peneltian dari berbagai sumber (teori, literatur, hasil penelitian) untuk mendukung analisis.
  4. Mahasiswa mampu berdiskusi secara aktif mempertahankan argumen secara etis, dan menghargai perbedaan sudut pandang penelitian.
  5. Mahasiswa mampu mendialogkan etika penelitian dalam pelaksanaan penelitian dalam ragam pendekatan secara analistis dan adaptif
Kriteria:

Mahasiswa yang aktif bertanya/berdiskusi dan memperhatikan dalam proses perkuliahan menfapatkan poin tambahan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
4 X 50 Menit
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
4 X 50 Menit
Materi: Epistemologi & Ontologi Penelitian (Landasan filsafat kualitatif, kuantitatif, dan R&D)
Pustaka: Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Epistemologi & Ontologi Penelitian (Landasan filsafat kualitatif, kuantitatif, dan R&D)
Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge.

Materi: Epistemologi & Ontologi Penelitian (Landasan filsafat kualitatif, kuantitatif, dan R&D)
Pustaka: Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Terbaru). Alfabeta

Materi: Epistemologi & Ontologi Penelitian (Landasan filsafat kualitatif, kuantitatif, dan R&D)
Pustaka: Riyanto, Y. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: SIC.

Materi: Etika dalam penelitian pendidikan
Pustaka: Hermawan, A. (2019). Etika penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya
2%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik utama dalam peneltian kualitatif secara mendalam dan komprehensif
  2. Mahasiswa mampu menganalisis ragam desain penelitian kualitatif berikut karakteristiknya secara detail dan komprehensif
  3. Mahasiswa mampu mensitesiskan karakteristik desain penelitian kualitatif dengan isu strategis pada penelitian bidang manajemen pendidikan
  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik utama peneitian kualitatif secara sistematis dan sistemik
  2. Mahasiswa mampu memberikan contoh nyata penerapan karakteristik penelitian kualitatif secara tepat.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan keterbatasan penelitian kualitatif secara rasional
  4. Mahasiswa mampu menganalisis ragam desain penelitian kualitatif (Grounded Theory, Fenomenologi, Etnografi, Studi kasus, Narative Inquiry, dan Participatory Action Research (PAR) secara komprehensif
  5. Mahasiswa mampu membangun kerangka konseptual yang memadukan desain penelitian kualitatif dengan kebutuhan eksplorasi isu strategis di bidang manajemen pendidikan.
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih desain penelitian kualitatif yang paling sesuai untuk menjawab isu yang diteliti, disertai argumentasi teoritis dan praktis.
  7. Mahasiswa mampu menghubungkan karakteristik desain penelitian kualitatif dengan isu strategis dalam manajemen pendidikan
Kriteria:
  1. Kejelasan konseptual dan ketepatan kerangka teoritis
  2. Penguasaan materi dan kemampuan komunikasi penyajian
  3. Keterampilan sintesis dan analisis
  4. Struktur dan sistematika presentasi
  5. Kreatifitas dalam penyajian materi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang relevan
  6. Etika dalam berdiskusi, berargumentasi dan merespon jawaban
  7. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Materi: Konsep dan teori penelitian kualitatif
Pustaka: Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (5th ed.). Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Materi: Paradigma Penelitian kualitatif
Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (pp. 105–117). SAGE Publications.

Materi: Rancangan penelitian kualitatif
Pustaka: Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Rancangan studi kasus dalam penelitian kualitatif
Pustaka: Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE.

Materi: Alur model interaktif dalam analisis data kualitatif
Pustaka: Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis (2nd ed.). London: Sage Publications.

Materi: Prosedur dan tahapan pelaksanaan penelitian kualitatif
Pustaka: Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Terbaru). Alfabeta

Materi: pelaksanaan penelitian kualitatif pada bidang pendidikan
Pustaka: Riyanto, Y. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: SIC.

Materi: Interpertasi data kualitatif
Pustaka: Silverman, D. (2021). Interpreting Qualitative Data (6th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Tahapan, rancangan dan aspek-aspek penting dalam penelitian kualitatif
Pustaka: Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Materi: Penggunaan aplikasi NVivo dalam analisis data kualitatif
Pustaka: Jackson, K., & Bazeley, P. (2019). Qualitative Data Analysis with NVivo (3rd ed.). London: SAGE Publications.

Materi: Pengumpulan, pengolahan dan analisis data kualitatif
Pustaka: Richards, L. (2015). Handling Qualitative Data: A Practical Guide (3rd ed.). London: SAGE Publications.

Materi: Contoh penelitian kualitatif di bidang manajemen pendidikan
Pustaka: Hariyati, N., Sonhadji, A., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Using social exchange theory to describe cooperation partnership strategy between vocational high school with business/industrial world. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(8), 668–679.
5%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa mampu menganalisis prosedur penelitian dan teknik pengumpulan data dalam peneltian kualitatif secara sistematis dan sistemik
  2. Mahasiswa mampu merumuskan alur tahapan analisis data dan pendekatan analisis lanjutan penelitian kualitatif berikut karakteristiknya secara detail dan komprehensif
  3. Mahasiswa mampu memformulasikan kodifikasi dan pengolahan data dalam peneltian kualitatif secara detail dan praktis
  4. Mahasiswa mampu menginterpertasikan kriteria keabsahan data dalam peneltian kualitatif secara komprehensif
  1. Mahasiswa mampu meganalisis alur tahapan penelitian kualitatif (mulai Pengumpulan data, kondensasidata, kategorisasi & coding, display data, penarikan kesimpulan sampai verifikasi data secara detail dan kritis
  2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan prinsip, tujuan, dan karakteristik teknik pengumpulan data kualitatif (observasi, wawancara, dokumentasi, FGD, dsb.)
  3. Mahasiswa mampu menganalisis aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam setiap tahapan dan pengumpulan data penelitian kualitatif dengan argumentasi teoritis dan praktis.
  4. Mahasiswa mampu memaknai analisis data kualitatif bersifat induktif, interaktif, berlangsung terus-menerus (iteratif), dan kontekstual.
  5. Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai pendekatan analisis lanjutan (Thematic Analysis; Grounded Theory Analysis; Narrative Analysis; Discourse /Critical Discourse Analysis (CDA); Hermeneutic/ Interpretative Phenomenological Analysis (IPA); dan Cross-case Analysis) secara komprehensif
  6. Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan mensimulasikan kodifikasi data dalam peneltian kualitatif (Open Coding; Axial Coding; dan Selective Coding) secara praktis
  7. Mahasiswa mampu mensimulasikan aplikasi pengolahan data kualitatif (NVivo, ATLAS.ti, MAXQDA) secara praktis
  8. Mahasiwa mampu merumuskan kriteria keabsahan data dalam peneltian kualitatif (Krediibiltas, konfirmabilitas, transferabilitas dan dependabilitas) secara rasional dan komprehensif
Kriteria:
  1. Kejelasan konseptual dan ketepatan kerangka teoritis
  2. Penguasaan materi dan kemampuan komunikasi penyajian
  3. Keterampilan sintesis dan analisis
  4. Struktur dan sistematika presentasi
  5. Kreatifitas dalam penyajian materi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang relevan
  6. Etika dalam berdiskusi, berargumentasi dan merespon jawaban
  7. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Materi: Konsep dan teori penelitian kualitatif
Pustaka: Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (5th ed.). Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Materi: Paradigma Penelitian kualitatif
Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of qualitative research (pp. 105–117). SAGE Publications.

Materi: Rancangan penelitian kualitatif
Pustaka: Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Rancangan studi kasus dalam penelitian kualitatif
Pustaka: Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE.

Materi: Alur model interaktif dalam analisis data kualitatif
Pustaka: Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). An expanded sourcebook: Qualitative data analysis (2nd ed.). London: Sage Publications.

Materi: Prosedur dan tahapan pelaksanaan penelitian kualitatif
Pustaka: Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Terbaru). Alfabeta

Materi: pelaksanaan penelitian kualitatif pada bidang pendidikan
Pustaka: Riyanto, Y. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: SIC.

Materi: Interpertasi data kualitatif
Pustaka: Silverman, D. (2021). Interpreting Qualitative Data (6th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Tahapan, rancangan dan aspek-aspek penting dalam penelitian kualitatif
Pustaka: Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Materi: Penggunaan aplikasi NVivo dalam analisis data kualitatif
Pustaka: Jackson, K., & Bazeley, P. (2019). Qualitative Data Analysis with NVivo (3rd ed.). London: SAGE Publications.

Materi: Pengumpulan, pengolahan dan analisis data kualitatif
Pustaka: Richards, L. (2015). Handling Qualitative Data: A Practical Guide (3rd ed.). London: SAGE Publications.

Materi: Contoh penelitian kualitatif di bidang manajemen pendidikan
Pustaka: Hariyati, N., Sonhadji, A., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Using social exchange theory to describe cooperation partnership strategy between vocational high school with business/industrial world. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(8), 668–679.
5%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik utama dalam peneltian kuantitatif secara mendalam dan komprehensif
  2. Mahasiswa mampu menganalisis ragam desain penelitian kuantitatif berikut karakteristiknya secara detail dan komprehensif
  3. Mahasiswa mampu mensitesiskan karakteristik desain penelitian kuantitatif dengan isu strategis pada penelitian bidang manajemen pendidikan
  4. Mahasiswa mampu menganalisis prosedur penelitian dan teknik pengumpulan data dalam peneltian kualitatif secara sistematis dan sistemik
  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan karakteristik utama peneitian kuantitatif secara sistematis dan sistemik
  2. Mahasiswa mampu memberikan contoh nyata penerapan karakteristik penelitian kuantitatif secara tepat.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan keterbatasan penelitian kuantitatif secara rasional
  4. Mahasiswa mampu menganalisis ragam desain penelitian kuantitatif (Survei yang meliputi :Ex Post Facto/Cross-sectional/Longitudinal; Eksperimen yang meliputi: True Experimental & Quasi Experimental; Correlational/Causal-Comparative Design)
  5. Mahasiswa mampu membangun kerangka konseptual yang memadukan desain penelitian kuantitatif dengan kebutuhan eksplorasi isu strategis di bidang manajemen pendidikan.
  6. Mahasiswa mampu mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih desain penelitian kuantitatif yang paling sesuai untuk menjawab isu yang diteliti, disertai argumentasi teoritis dan praktis.
  7. Mahasiswa mampu menghubungkan karakteristik desain penelitian kuantitatif dengan isu strategis dalam manajemen pendidikan
  8. Mahasiswa mampu menganalisis alur tahapan penelitian kuantitatif secara sistematis dan sistemik
  9. Mahasiswa mampu mendeskripsikan prinsip, tujuan, dan karakteristik teknik pengumpulan data kuantitatif
  10. Mahasiswa mampu mendeskripsikan teknik pengumpulan data yang meliputi: kuesioner, tes, observasi, dokumentasi dan wawancara terstruktur secara detail dan komprehensif
  11. Mahasiswa mampu mendeskripsikan teknik sampling: probability dan non-probability serta menetukan ukuran sampel dengan rumus/statistik secara tepat.
  12. Mahasiswa mampu menganalisis aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam setiap tahapan dan pengumpulan data dan teknik sampling dalam penelitian kuantitatif dengan argumentasi teoritis dan praktis
Kriteria:
  1. Kejelasan konseptual dan ketepatan kerangka teoritis
  2. Penguasaan materi dan kemampuan komunikasi penyajian
  3. Keterampilan sintesis dan analisis
  4. Struktur dan sistematika presentasi
  5. Kreatifitas dalam penyajian materi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang relevan
  6. Etika dalam berdiskusi, berargumentasi dan merespon jawaban
  7. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Materi: Karakteristik penelitian kuantitatif
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Karakteristik penelitian kuantiotatif pada bidang pendidikan
Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge.

Materi: Prosedur dan tahapan dalam penelitian kuantitatif pada bidang pendidikan
Pustaka: McKenney, S., & Reeves, T. C. (2019). Conducting Educational Design Research (2nd ed.). New York: Routledge.

Materi: Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif
Pustaka: Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Terbaru). Alfabeta

Materi: Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif
Pustaka: Riyanto, Y. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: SIC.

Materi: Teknik sampling dalam peneltian kuantitatif di bidang sosial
Pustaka: Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
5%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa mampu mengadaptasikan teori dan praktik reliabilitas serta validitas konstruk dalam penyusunan dan pengujian instrumen penelitian dengan tepat.
  2. Mahasiswa mampu mengadaptasi teori dan praktik analisis deskriptif serta inferensial dengan mempertimbangkan asumsi data.
  3. Mahasiswa mampu mengadaptasi teori dan aplikasi metode statistik lanjutan untuk menjawab permasalahan penelitian kompleks
  4. Mahasiswa mampu menggunakan software statistik mutakhir secara terampil.
  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep reliabilitas (Cronbach’s Alpha, Composite Reliability) dan validitas konstruk (EFA, CFA) beserta landasan teoretisnya secara kritis
  2. Mampu menginterpretasikan hasil uji reliabilitas dan validitas secara mendalam, logis, dan berbasis teori dan sesuai dengan konteks, jenis data, dan tujuan penelitian.
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi instrumen penelitian berbasis teori dengan indikator yang terukur dan relevan.
  4. Mahasiswa mampu mendeskripsikan teori analisis deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi, distribusi data) dan inferensial (parametrik & non-parametrik) secara detail dan jelas.
  5. Mahasiswa mampu mendeskripsikan asumsi dasar analisis inferensial (normalitas, homogenitas, independensi, multikolinearitas) secara detail dan jelas.
  6. Mahasiswa mampu mensimulasikan analisis deskriptif (tabel, grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran) dengan perangkat lunak statistik (SPSS, R, Python, Stata) dengan tepat
  7. Mahasiswa mampu mensimulasikan uji asumsi data (uji normalitas, homogenitas, multikolinearitas) secara tepat.
  8. Mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil analisis deskriptif dan hasil uji inferensial (parametrik & non-parametrik) sesuai dengan karakteristik data (skala pengukuran, distribusi, jumlah sampel) secara logis dan tepat
  9. Mahasiswa mampu mengoperasikan berbagai software statistik mutakhir (SPSS, AMOS, LISREL, SmartPLS, R, Stata, Mplus, Python) sesuai kebutuhan penelitian.
  10. Mahasiswa mampu memilih prosedur analisis kuantitatif (deskriptif, inferensial, multivariat, SEM, PLS-SEM, HLM) dengan tepat sesuai karakteristik data dan tujuan penelitian.
Kriteria:
  1. Kejelasan konseptual dan ketepatan kerangka teoritis
  2. Penguasaan materi dan kemampuan komunikasi penyajian
  3. Keterampilan sintesis dan analisis
  4. Struktur dan sistematika presentasi
  5. Kreatifitas dalam penyajian materi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang relevan
  6. Etika dalam berdiskusi, berargumentasi dan merespon jawaban
  7. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 x 50 Menit
Materi: Analisis Data dan interpertasi hasil penelitian kuantitatif
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Regresi berganda dan analisis korelasi untuk ilmu perilaku (behavioral sciences) berbasis teoritis, aplikasi praktis dan interpretasi hasil analisis statistik
Pustaka: Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge.

Materi: Confirmatory Factor Analysis (CFA) dalam penelitian terapan, khususnya di bidang ilmu sosial (pendidikan)
Pustaka: Brown, T. A. (2015). Confirmatory factor analysis for applied research (2nd ed.). The Guilford Press.

Materi: Panduan praktis “cara melakukan” analisis statistik menggunakan SPSS (versi 26
Pustaka: George, D., & Mallery, P. (2020). IBM SPSS statistics 26 step by step: A simple guide and reference (16th ed.). Routledge.

Materi: Analisis multilevel (multilevel modeling / hierarchical linear modeling)
Pustaka: Hox, J. J., Moerbeek, M., & van de Schoot, R. (2017). Multilevel analysis: Techniques and applications (3rd ed.). Routledge.

Materi: Analisis Data dan interpertasi hasil penelitian kuantitatif
Pustaka: Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Terbaru). Alfabeta

Materi: Analisis Data dan interpertasi hasil penelitian kuantitatif
Pustaka: Riyanto, Y. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: SIC.

Materi: Penerapan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dalam penelitian ilmu sosial terapan.
Pustaka: Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage.

Materi: konsep dasar SEM (Structural Equation Modeling )cara membangun model, interpretasi output, dan penerapan praktis.
Pustaka: Byrne, B. M. (2016). Structural equation modeling with AMOS: Basic concepts, applications, and programming (3rd ed.). Routledge.

Materi: Statistik multivariat untuk bidang ilmu pendidikan
Pustaka: Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2019). Using Multivariate Statistics (7th ed.). Pearson.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa mampu membangun kerangka konseptual yang memadukan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam desain penelitian mixed method secara kritis dan sistematis
  2. Mahasisma mampu menganalisis karakteristik ragam desain penelitian mixed method secara kritis dan sistematis, dan kontekstual
  3. Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan kelemahan ragam desain penelitian mixed method secara kritis dan sistematis, dan kontekstual
  1. Mahasiswa mampu menganalisis Sequential Explanatory Design (Kuantitatif ke Kualitatif) secara kritis dan sistematis, dan kontekstual
  2. Mahasiswa mampu menganalisis Sequential Exploratory Design (Kualitatif ke Kuantitatif) secara kritis dan sistematis, dan kontekstual
  3. Mahasiswa mampu menganalisis Triangulation Design (Kuantitatif dan Kualitatif dikumpulkan bersamaan, lalu dibandingkan) secara kritis dan sistematis, dan kontekstual
  4. Mahasiswa mampu menganalisis Embedded Design (salah satu dominan, data lain melengkapi) secara kritis dan sistematis, dan kontekstual
  5. Mahasiswa mampu menganalisis Design (untuk perubahan sosial berbasis paradigma kritis)secara kritis dan sistematis, dan kontekstual
  6. Mampu mengidentifikasi karakteristik pokok dari setiap desain mixed method
  7. Mampu membandingkan ragam desain mixed methods dari spek metodologi, relevansi teori, serta kepraktisan penerapan.
Kriteria:
  1. Kejelasan konseptual dan ketepatan kerangka teoritis
  2. Penguasaan materi dan kemampuan komunikasi penyajian
  3. Keterampilan sintesis dan analisis
  4. Struktur dan sistematika presentasi
  5. Kreatifitas dalam penyajian materi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang relevan
  6. Etika dalam berdiskusi, berargumentasi dan merespon jawaban
  7. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam berdiskus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Materi: Konsep rancangan penelitian dengan pendekatan mixed methods
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Konsep rancangan penelitian dengan pendekatan mixed methods
Pustaka: Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi (mixed methods) (Edisi revisi). Bandung: Alfabeta.

Materi: Panduan dalam pelaksanaan penelitian dengan pendekatan mixed methods
Pustaka: Plano Clark, V. L., & Ivankova, N. V. (2016). Mixed methods research: A guide to the field. Thousand Oaks, CA: Sage.
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan merumuskan pertanyaan penelitian mixed methods
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih salah satu desain peneltian mixed methods secara rasional dan tepat
  3. Mahasiswa mampu menganalisis tahapan dalam melaksanakan penelitian mixed methods secara sistematis dan sistemik
  1. Mahasiswa mampu merumuskan pertanyaan penelitian kuantitatif yang spesifik, terukur, dan sesuai kaidah ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan pertanyaan penelitian kualitatif yang eksploratif, mendalam, dan kontekstual.
  3. Mahasiswa mampu mengintegrasikan kedua jenis pertanyaan dalam kerangka mixed methods secara konsisten.
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi secara kritis aspek-aspek akademik, praktis, dan etis yang melatarbelakangi pemilihan desain tertentu pada penelitian mixed methods secara rasional dan tepat.
Kriteria:
  1. Kejelasan konseptual dan ketepatan kerangka teoritis
  2. Penguasaan materi dan kemampuan komunikasi penyajian
  3. Keterampilan sintesis dan analisis
  4. Struktur dan sistematika presentasi
  5. Kreatifitas dalam penyajian materi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang relevan
  6. Etika dalam berdiskusi, berargumentasi dan merespon jawaban
  7. Partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Materi: Konsep rancangan penelitian dengan pendekatan mixed methods
Pustaka: Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Materi: Konsep rancangan penelitian dengan pendekatan mixed methods
Pustaka: Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi (mixed methods) (Edisi revisi). Bandung: Alfabeta.

Materi: Panduan dalam pelaksanaan penelitian dengan pendekatan mixed methods
Pustaka: Plano Clark, V. L., & Ivankova, N. V. (2016). Mixed methods research: A guide to the field. Thousand Oaks, CA: Sage.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis, mengevaluasi dan mensintesis hasil review artikel penelitian kuantitatif dan kualitatif secara kritis.

  1. Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis artikel hasil penelitian (artikel dan disertasi) kuantitatif dan kualitatif dengan memperhatikan filosofi, paradigma, desain, metodologi, instrumen, analisis data, dan interpretasi hasil.
  2. Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan keterbatasan penelitian (kualitatif dan kuantitaif) dari aspek teori, metodologi, dan kontribusi ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu mensintesis pengetahuan dari berbagai artikel untuk menemukan celah penelitian (research gap) yang dapat menjadi dasar pengembangan penelitian lanjutan.
Kriteria:
  1. Pemahaman substansi artikel dan disertasi
  2. Analisis kritis metodologi
  3. Evaluasi hasil telaah/review artikel dan disertasi
  4. Sintesis dan identifikasi research gap
  5. Kualitas penyajian akademik dan sistematika pelaporan telaah/review

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Materi: Semua sumber referensi yang relevan dengan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif
Pustaka:
15%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik utama dalam peneltian pengembangan secara mendalam dan komprehensif
  2. Mahasiswa mampu menganalisis ragam model penelitian pengembangan berikut karakteristiknya secara detail dan komprehensif
  3. Mahasiswa mampu mensitesiskan karakteristik model penelitian pengembangan dengan isu strategis dan kebutuhan pengembangan bidang manajemen pendidikan
  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan secara mendalam konsep, paradigma, dan filosofi penelitian pengembangan (R&D) dalam bidang keilmuanmanajemen pendidikan.
  2. Mahasiswa mampu merumuskan masalah, tujuan, dan pertanyaan penelitian yang menuntun proses pengembangan produk/ model/ sistem/ instrumen berbasis kebutuhan.
  3. Mahasiswa mampu memilih dan merancang desain penelitian pengembangan yang valid, reliabel, serta sesuai konteks disiplin ilmunya.
  4. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pengguna (needs assessment) di bidang manajemen pendidikan secara komprehensif.
  5. Mahasiswa mampu merancang prosedur uji coba produk (alpha test, beta test, validasi ahli, uji lapangan) secara sistematis.
  6. Mampu melakukan analisis data kuantitatif, kualitatif, atau mixed methods untuk mengevaluasi efektivitas produk/ model yang dikembangkan.
  7. Mampu menghasilkan kontribusi ilmiah dan inovasi yang berdampak pada pengembangan teori, metodologi, maupun praktik profesional di bidang manajemen pendidikan.
Kriteria:
  1. Kejelasan konseptual dan ketepatan kerangka teoritis
  2. Penguasaan materi dan kemampuan komunikasi penyajian
  3. Keterampilan sintesis dan analisis
  4. Struktur dan sistematika presentasi
  5. Kreatifitas dalam penyajian materi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang relevan
  6. Etika dalam berdiskusi, berargumentasi dan merespon jawaban

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Materi: Metode penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) Bidanga pendidikan dan manajemen
Pustaka: Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, dan Teknik. Bandung: Alfabeta.

Materi: Penelitian pengembangan di bidang pendidikan
Pustaka: Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). Boston, MA: Pearson Education

Materi: Penelitian pengembangan di bidang desain pendidikan (educational design research).
Pustaka: Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research – Part A: An Introduction. Enschede: SLO.

Materi: Pendekatan sistem (system approach) untuk pengembangan pembelajaran.
Pustaka: Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Boston, MA: Pearson Higher Ed.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis, mensintesis, dan merancang proposal penelitian yang berkualitas, orisinal, serta relevan dengan bidang manajemen pendidikan

  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan komponen utama proposal penelitian (judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, jadwal, dan daftar pustaka).
  2. Mahasiswa menguasai prinsip novelty, state of the art, dan kontribusi teoretis maupun praktis.
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi kesenjangan penelitian (research gap) dari telaah pustaka yang relevan.
  4. Mahasiswa mampu mensintesis teori dan hasil penelitian terdahulu untuk mendukung kerangka konseptual.
  5. Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian secara jelas, kritis, dan berfokus
  6. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang selaras dengan rumusan masalah dan kerangka teoretis.
  7. Mahasiswa mampu menentukan dan menyusun penelitian pendekatan (kuantitatif, kualitatif, atau mixed methods) secara rasional dan argumentatif.
  8. Mahasiswa mampu menunjukkan keaslian penelitian serta kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang manajemen pendidikan
Kriteria:
  1. Pemahaman konseptual terhadap komponen proposal
  2. Analisis dan sintesis terhadap kesenjangan penelitian (research gap)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Ceramah dan tanya jawab
4 X 50 Menit
Materi: Pedoman penulisan tugas akhir
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Time table penyelesaian tugas akhir
Pustaka: Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis, mensintesis, dan merancang proposal penelitian yang berkualitas, orisinal, serta relevan dengan bidang manajemen pendidikan

  1. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan komponen utama (judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, jadwal, dan daftar pustaka).
  2. Mahasiswa menguasai prinsip novelty, state of the art, dan kontribusi teoretis maupun praktis.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan dan mendeskripsikan kesenjangan penelitian (research gap) dengan didukung data-data yang kredibel dan relevan
  4. Mahasiswa mampu mensintesis teori dan hasil penelitian terdahulu untuk mendukung kerangka konseptual.
  5. Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian secara jelas, kritis, dan berfokus
  6. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang selaras dengan rumusan masalah dan kerangka teoretis.
  7. Mahasiswa mampu menentukan dan menyusun penelitian pendekatan (kuantitatif, kualitatif, atau mixed methods) secara rasional dan argumentatif.
  8. Mahasiswa mampu menunjukkan keaslian penelitian serta kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang manajemen pendidikan
Kriteria:
  1. Judul Penelitian
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan masalah/Fokus Penelitian
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Telaah Pustaka dan Kajian Teoretis
  6. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  7. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  8. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  9. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  10. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  11. Daftar Pustaka
  12. Pemanfaatan teknologi informasi yang relevan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Materi: Pedoman penulisan tugas akhir
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Time table penyelesaian tugas akhir
Pustaka: Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir

Materi: Semua referensi metodologi penelitian
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis, mensintesis, dan merancang proposal penelitian yang berkualitas, orisinal, serta relevan dengan bidang manajemen pendidikan

  1. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan komponen utama (judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, jadwal, dan daftar pustaka).
  2. Mahasiswa menguasai prinsip novelty, state of the art, dan kontribusi teoretis maupun praktis.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan dan mendeskripsikan kesenjangan penelitian (research gap) dengan didukung data-data yang kredibel dan relevan
  4. Mahasiswa mampu mensintesis teori dan hasil penelitian terdahulu untuk mendukung kerangka konseptual.
  5. Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian secara jelas, kritis, dan berfokus
  6. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang selaras dengan rumusan masalah dan kerangka teoretis.
  7. Mahasiswa mampu menentukan dan menyusun penelitian pendekatan (kuantitatif, kualitatif, atau mixed methods) secara rasional dan argumentatif.
  8. Mahasiswa mampu menunjukkan keaslian penelitian serta kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang manajemen pendidikan
Kriteria:
  1. Judul Penelitian
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan masalah/Fokus Penelitian
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Telaah Pustaka dan Kajian Teoretis
  6. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  7. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  8. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  9. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  10. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  11. Daftar Pustaka
  12. Pemanfaatan teknologi informasi yang relevan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Materi: Pedoman penulisan tugas akhir
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Time table penyelesaian tugas akhir
Pustaka: Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir

Materi: Semua referensi metodologi penelitian
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis, mensintesis, dan merancang proposal penelitian yang berkualitas, orisinal, serta relevan dengan bidang manajemen pendidikan

  1. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan komponen utama (judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, jadwal, dan daftar pustaka).
  2. Mahasiswa menguasai prinsip novelty, state of the art, dan kontribusi teoretis maupun praktis.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan dan mendeskripsikan kesenjangan penelitian (research gap) dengan didukung data-data yang kredibel dan relevan
  4. Mahasiswa mampu mensintesis teori dan hasil penelitian terdahulu untuk mendukung kerangka konseptual.
  5. Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian secara jelas, kritis, dan berfokus
  6. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang selaras dengan rumusan masalah dan kerangka teoretis.
  7. Mahasiswa mampu menentukan dan menyusun penelitian pendekatan (kuantitatif, kualitatif, atau mixed methods) secara rasional dan argumentatif.
  8. Mahasiswa mampu menunjukkan keaslian penelitian serta kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang manajemen pendidikan
Kriteria:
  1. Judul Penelitian
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan masalah/Fokus Penelitian
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Telaah Pustaka dan Kajian Teoretis
  6. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  7. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  8. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  9. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  10. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  11. Daftar Pustaka
  12. Pemanfaatan teknologi informasi yang relevan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Materi: Pedoman penulisan tugas akhir
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Time table penyelesaian tugas akhir
Pustaka: Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir

Materi: Semua referensi metodologi penelitian
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis, mensintesis, dan merancang proposal penelitian yang berkualitas, orisinal, serta relevan dengan bidang manajemen pendidikan

  1. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan komponen utama (judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, jadwal, dan daftar pustaka).
  2. Mahasiswa menguasai prinsip novelty, state of the art, dan kontribusi teoretis maupun praktis.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan dan mendeskripsikan kesenjangan penelitian (research gap) dengan didukung data-data yang kredibel dan relevan
  4. Mahasiswa mampu mensintesis teori dan hasil penelitian terdahulu untuk mendukung kerangka konseptual.
  5. Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian secara jelas, kritis, dan berfokus
  6. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang selaras dengan rumusan masalah dan kerangka teoretis.
  7. Mahasiswa mampu menentukan dan menyusun penelitian pendekatan (kuantitatif, kualitatif, atau mixed methods) secara rasional dan argumentatif.
  8. Mahasiswa mampu menunjukkan keaslian penelitian serta kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang manajemen pendidikan
Kriteria:
  1. Judul Penelitian
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan masalah/Fokus Penelitian
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Telaah Pustaka dan Kajian Teoretis
  6. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  7. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  8. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  9. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  10. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  11. Daftar Pustaka
  12. Pemanfaatan teknologi informasi yang relevan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Materi: Pedoman penulisan tugas akhir
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Time table penyelesaian tugas akhir
Pustaka: Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir

Materi: Semua referensi metodologi penelitian
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

  1. Mahasiswa mampu menganalisis, mensintesis, dan merancang proposal penelitian yang berkualitas, orisinal, serta relevan dengan bidang manajemen pendidikan
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan etika akademik, integritas, kejujuran ilmiah, serta kepekaan sosial pada setiap tahap dalam merancang penelitian, serta menginternalisasikan nilai-nilai kebaruan ilmiah untuk pengembangan kajian manajemen pendidikan
  1. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian dengan komponen utama (judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, jadwal, dan daftar pustaka).
  2. Mahasiswa menguasai prinsip novelty, state of the art, dan kontribusi teoretis maupun praktis.
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan dan mendeskripsikan kesenjangan penelitian (research gap) dengan didukung data-data yang kredibel dan relevan
  4. Mahasiswa mampu mensintesis teori dan hasil penelitian terdahulu untuk mendukung kerangka konseptual.
  5. Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian secara jelas, kritis, dan berfokus
  6. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penelitian yang selaras dengan rumusan masalah dan kerangka teoretis.
  7. Mahasiswa mampu menentukan dan menyusun penelitian pendekatan (kuantitatif, kualitatif, atau mixed methods) secara rasional dan argumentatif.
  8. Mahasiswa mampu menunjukkan keaslian penelitian serta kontribusi penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang manajemen pendidikan
  9. Mahasiswa mampu menunjukka etika ilmiah dan akademik dalam menyusun proposal penelitian
Kriteria:
  1. Judul Penelitian
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan masalah/Fokus Penelitian
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Telaah Pustaka dan Kajian Teoretis
  6. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  7. Kebaruan (Novelty) Penelitian
  8. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  9. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  10. Kerangka Konseptual/Model Penelitian
  11. Daftar Pustaka
  12. Pemanfaatan teknologi informasi yang relevan
  13. Penerapan etika ilmiah dalam penelitian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Penugasan berbasis project
4 X 50 Menit
Materi: Pedoman penulisan tugas akhir
Pustaka: Universitas Negeri Surabaya. (2024, September 4). Buku Pedoman Tugas Akhir Edisi II Universitas Negeri Surabaya Tahun 2024. Universitas Negeri Surabaya.

Materi: Time table penyelesaian tugas akhir
Pustaka: Prodi S3 Manajemen Pendidikan.(2024). Time Table Penyelesaian Tugas Akhir

Materi: Semua referensi metodologi penelitian
Pustaka:
24%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.52%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 63.17%
3. Penilaian Portofolio 9.35%
4. Praktik / Unjuk Kerja 10.02%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.