Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Literasi Digital dalam PAUD

8610702041

T=1

P=1

ECTS=4.48

2

13 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menganalisis konsep, prinsip, dan tantangan literasi digital dalam konteks pendidikan anak usia dini.

PO - 2

Mengaplikasikan konsep literasi digital dengan menerapkan berpikir kritis dalam pemanfaatan media informasi di dunia siber sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tahapan perkembangan anak usia dini.

PO - 3

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip etika, kesadaran kritis, dan keterampilan reflektif dalam pemanfaatan teknologi digital di lingkungan PAUD.

PO - 4

Mampu menelaah pentingnya literasi digital dalam menghadapi tantangan dan peluang abad 21, menelaah prinsip-prinsip dasar pengembangan literasi.digital, dan menelaah berbagai fitur pada teknologi digital dan alat komunikasi yang berguna dalam kehidupan.

PO - 5

Menggunakan media dan aplikasi online dalam membuat presentasi, survey dan video yang digunakan untuk komunikasi dan pembelajaran.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa mengenai Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, prinsip, dan implementasi literasi digital dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mahasiswa akan mempelajari bagaimana teknologi digital memengaruhi proses belajar anak usia dini serta bagaimana mengintegrasikan media dan sumber belajar digital secara tepat, etis, dan edukatif dalam lingkungan PAUD. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya membangun kesadaran kritis dan keterampilan reflektif mahasiswa dalam mengembangkan kebijakan dan strategi pembelajaran berbasis digital yang adaptif dan inklusif. Mahasiswa diharapkan mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi program literasi digital yang sesuai dengan tahap perkembangan anak serta konteks sosial budaya.

Pustaka

Utama :

  1. Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8.
  2. Lankshear, C., Snyder, I., & Green, B. (2000). Teachers and Technoliteracy: Managing literacy, technology and learning in schools. Allen & Unwin Academic.
  3. Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge
  4. Broadhead, P. (2003). Early years play and learning: Developing social skills and cooperation. Routledge.
  5. Romero-Tena, R., Barragán-Sánchez, R., Martínez-Pérez, S., & Palacios-Rodríguez, A. (2022). Habits, norms and use of technologiesat home from a gender perspective in early childhood. Digital Education Review,
  6. McCullagh, J. (2021). Using digital video in initial teacher education (I. Menter, Ed.). Critical Publishing.

Pendukung :

  1. Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4
  2. Schlauch, M. (2022). MEKIDS media education with kids through interactive digital storytelling. Interaction Design and Children.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami literasi media digital.

  1. Menjelaskan sejarah dan perkembangan teknologi media
  2. Mengkategorikan media digita
Kriteria:

75% mahasiswa mampu mengekategorikan dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit

Materi: Memahami literasi media digital.
Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8.
5%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasikan dan membandingkan penelusuran teknologi informasi untuk mendapatkan data/informasi.

  1. Menganalisis konten tertulis yang memuat pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah
  2. Menganalisis konten audio- visual yang memuat pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah
Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
2 x 50 menit

Materi: Mengidentifikasikan dan membandingkan penelusuran teknologi informasi untuk mendapatkan data/informasi.
Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8.
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasikan dan membandingkan penelusuran teknologi informasi untuk mendapatkan data/informasi.

Memahami cara penggunaan beberapa perangkat lunak untuk menyusun video pembelajaran

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab

Materi: Memahami cara penggunaan beberapa perangkat lunak untuk menyusun video pembelajaran
Pustaka: Broadhead, P. (2003). Early years play and learning: Developing social skills and cooperation. Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis bentuk pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah

Menganalisis konten audio- visual yang memuat pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran

Kriteria:

75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab, tugas
3 x 50

Materi: Menganalisis bentuk pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah
Pustaka: Lankshear, C., Snyder, I., & Green, B. (2000). Teachers and Technoliteracy: Managing literacy, technology and learning in schools. Allen & Unwin Academic.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami dan menjelaskan penggunaan media video

  1. Memahami cara penggunaan beberapa perangkat lunak untuk menyusun video pembelajaran
  2. Menganalisis beberapa contoh konten video pembelajaran untuk AUD
Kriteria:

75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
2 x 50

Materi: Memahami dan menjelaskan penggunaan media video
Pustaka: McCullagh, J. (2021). Using digital video in initial teacher education (I. Menter, Ed.). Critical Publishing.
5%

6

Minggu ke 6

Menyusun konten video pembelajaran yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video

Menganalisis beberapa contoh konten video pembelajaran untuk AUD

Kriteria:

Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
2 x 50

Materi: Menganalisis beberapa contoh konten video pembelajaran untuk AUD
Pustaka: Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge
5%

7

Minggu ke 7

Memahami Hak Cipta dan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dalam sebuah konten video interaktif

Memahami proses pengajuan Hak Cipta dan HaKI


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab, tugas
2 x 50

5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu memahami dan menguasai materi Literasi Digital dari pertemuan 1-7

Mahasiswa Mampu melaksanakan UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
2x50

Materi: UTS
Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8.
15%

9

Minggu ke 9

Menyusun konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video

Menyusun konten video/animasi yang dapat dipertanggungja wabkan secara ilmiah

Kriteria:

Penilaian Hasil Project


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
2 x 50

Materi: konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video
Pustaka: McCullagh, J. (2021). Using digital video in initial teacher education (I. Menter, Ed.). Critical Publishing.
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video

Menggunakan aplikasi pada google dan microsoft untuk melakukan diskusi dan kolaborasi

Kriteria:

75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)

Materi: Menyusun konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video
Pustaka: Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4
5%

11

Minggu ke 11

Memahami dan menggunakan aplikasi/platform/media sosial untuk memantau perkembangan tren dan literasi digital

Menganalisis dampak tren/popular culture yang beredar di masyarakat dengan perkembangan AUD di masa kini

Kriteria:

75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab, tugas

Materi: Menganalisis dampak trend/popular culture yang beredar di masyarakat dengan perkembangan AUD di masa kini
Pustaka: Broadhead, P. (2003). Early years play and learning: Developing social skills and cooperation. Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

Mehamami keterkaitan antara kebiasaan, norma, dan penggunaan teknologi di rumah dari perspektif gender pada AUD

Menganalisis terkait pengasuhan di era digital

Kriteria:

75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)

Materi: Menganalisis terkait pengasuhan di era digital
Pustaka: Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4
5%

13

Minggu ke 13

Memahami dan mampu menyusun artikel ilmiah terkait topik kebiasaan, norma, dan penggunaan teknologi di rumah dari perspektif gender pada AUD

Menggunakan aplikasi Publish or Perish, Mendeley, dsb. untuk menelusuri topik terkait dalam penyusunan artikel ilmiah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)

Materi: Menggunakan aplikasi Publish or Perish, Mendeley, dsb. untuk menelusuri topik terkait dalam penyusunan artikel ilmiah
Pustaka: Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4
5%

14

Minggu ke 14

Mehamami strategi untuk mengenalkan kesejahteraan emosional (emotional well-being) pada anak

Memahami jenis video, animasi, dan infografis apa yang sesuai untuk pembelajaran pada AUD

Kriteria:

75% mahasiswa mampu menyusun dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)

Materi: Memahami jenis video, animasi, dan infografis apa yang sesuai untuk pembelajaran pada AUD
Pustaka: Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge
5%

15

Minggu ke 15

Menggunakan aplikasi/platform/media untuk mengenalkan kesejahteraan emosional

Menyusun konten video/animasi/infografis yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah

Kriteria:

75% mahasiswa mampu menyusun dengan benar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)

Materi: Menyusun konten video/animasi/infografis yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah
Pustaka: Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa memahami dan menguasai seluruh materi Literasi Digital AUD

Mengerjakan soal dengan tepat

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
2x50

Materi: UAS
Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.