
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Literasi Digital dalam PAUD |
8610702041 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=4.48 |
2 |
13 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep, prinsip, dan tantangan literasi digital dalam konteks pendidikan anak usia dini.
|
PO - 2 |
Mengaplikasikan konsep literasi digital dengan menerapkan berpikir kritis dalam pemanfaatan media informasi di dunia siber sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tahapan perkembangan anak usia dini.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip etika, kesadaran kritis, dan keterampilan reflektif dalam pemanfaatan teknologi digital di lingkungan PAUD.
|
PO - 4 |
Mampu menelaah pentingnya literasi digital dalam menghadapi tantangan dan peluang abad 21, menelaah prinsip-prinsip dasar pengembangan literasi.digital, dan menelaah berbagai fitur pada teknologi digital dan alat komunikasi yang berguna dalam kehidupan.
|
PO - 5 |
Menggunakan media dan aplikasi online dalam membuat presentasi, survey dan video yang digunakan untuk komunikasi dan pembelajaran.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa mengenai Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, prinsip, dan implementasi literasi digital dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mahasiswa akan mempelajari bagaimana teknologi digital memengaruhi proses belajar anak usia dini serta bagaimana mengintegrasikan media dan sumber belajar digital secara tepat, etis, dan edukatif dalam lingkungan PAUD. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya membangun kesadaran kritis dan keterampilan reflektif mahasiswa dalam mengembangkan kebijakan dan strategi pembelajaran berbasis digital yang adaptif dan inklusif. Mahasiswa diharapkan mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi program literasi digital yang sesuai dengan tahap perkembangan anak serta konteks sosial budaya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8.
- Lankshear, C., Snyder, I., & Green, B. (2000). Teachers and Technoliteracy: Managing literacy, technology and learning in schools. Allen & Unwin Academic.
- Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge
- Broadhead, P. (2003). Early years play and learning: Developing social skills and cooperation. Routledge.
- Romero-Tena, R., Barragán-Sánchez, R., Martínez-Pérez, S., & Palacios-Rodríguez, A. (2022). Habits, norms and use of technologiesat home from a gender perspective in early childhood. Digital Education Review,
- McCullagh, J. (2021). Using digital video in initial teacher education (I. Menter, Ed.). Critical Publishing.
|
Pendukung : |
|
- Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4
- Schlauch, M. (2022). MEKIDS media education with kids through interactive digital storytelling. Interaction Design and Children.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami literasi media digital. |
- Menjelaskan sejarah dan perkembangan teknologi media
- Mengkategorikan media digita
|
Kriteria:
75% mahasiswa mampu mengekategorikan dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
|
Materi: Memahami literasi media digital. Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasikan dan membandingkan penelusuran teknologi informasi untuk mendapatkan data/informasi. |
- Menganalisis konten tertulis yang memuat pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah
- Menganalisis konten audio- visual yang memuat pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI) 2 x 50 menit |
|
Materi: Mengidentifikasikan dan membandingkan penelusuran teknologi informasi untuk mendapatkan data/informasi. Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasikan dan membandingkan penelusuran teknologi informasi untuk mendapatkan data/informasi. |
Memahami cara penggunaan beberapa perangkat lunak untuk menyusun video pembelajaran |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab
|
|
Materi: Memahami cara penggunaan beberapa perangkat lunak untuk menyusun video pembelajaran Pustaka: Broadhead, P. (2003). Early years play and learning: Developing social skills and cooperation. Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis bentuk pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah |
Menganalisis konten audio- visual yang memuat pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran |
Kriteria:
75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab, tugas 3 x 50 |
|
Materi: Menganalisis bentuk pengelolaan literasi, teknologi, dan pembelajaran di sekolah Pustaka: Lankshear, C., Snyder, I., & Green, B. (2000). Teachers and Technoliteracy: Managing literacy, technology and learning in schools. Allen & Unwin Academic. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami dan menjelaskan penggunaan media video |
- Memahami cara penggunaan beberapa perangkat lunak untuk menyusun video pembelajaran
- Menganalisis beberapa contoh konten video pembelajaran untuk AUD
|
Kriteria:
75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI) 2 x 50 |
|
Materi: Memahami dan menjelaskan penggunaan media video Pustaka: McCullagh, J. (2021). Using digital video in initial teacher education (I. Menter, Ed.). Critical Publishing. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menyusun konten video pembelajaran yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video |
Menganalisis beberapa contoh konten video pembelajaran untuk AUD |
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI) 2 x 50 |
|
Materi: Menganalisis beberapa contoh konten video pembelajaran untuk AUD Pustaka: Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami Hak Cipta dan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dalam sebuah konten video interaktif |
Memahami proses pengajuan Hak Cipta dan HaKI |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab, tugas 2 x 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai materi Literasi Digital dari pertemuan 1-7 |
Mahasiswa Mampu melaksanakan UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2x50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video |
Menyusun konten video/animasi yang dapat dipertanggungja wabkan secara ilmiah |
Kriteria:
Penilaian Hasil Project Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI) 2 x 50 |
|
Materi: konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video Pustaka: McCullagh, J. (2021). Using digital video in initial teacher education (I. Menter, Ed.). Critical Publishing. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video |
Menggunakan aplikasi pada google dan microsoft untuk melakukan diskusi dan kolaborasi |
Kriteria:
75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
|
|
Materi: Menyusun konten video dongeng interaktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan memanfaatkan platform streaming video Pustaka: Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami dan menggunakan aplikasi/platform/media sosial untuk memantau perkembangan tren dan literasi digital |
Menganalisis dampak tren/popular culture yang beredar di masyarakat dengan perkembangan AUD di masa kini |
Kriteria:
75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Colaborative learning, diskusi, tanya jawab, tugas
|
|
Materi: Menganalisis dampak trend/popular culture yang beredar di masyarakat dengan perkembangan AUD di masa kini Pustaka: Broadhead, P. (2003). Early years play and learning: Developing social skills and cooperation. Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mehamami keterkaitan antara kebiasaan, norma, dan penggunaan teknologi di rumah dari perspektif gender pada AUD |
Menganalisis terkait pengasuhan di era digital |
Kriteria:
75% mahasiswa mampu menganalisis dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
|
|
Materi: Menganalisis terkait pengasuhan di era digital Pustaka: Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami dan mampu menyusun artikel ilmiah terkait topik kebiasaan, norma, dan penggunaan teknologi di rumah dari perspektif gender pada AUD |
Menggunakan aplikasi Publish or Perish, Mendeley, dsb. untuk menelusuri topik terkait dalam penyusunan artikel ilmiah |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
|
|
Materi: Menggunakan aplikasi Publish or Perish, Mendeley, dsb. untuk menelusuri topik terkait dalam penyusunan artikel ilmiah Pustaka: Daniels, K., Bower, K., Burnett, C., Escott, H., Hatton, A., Ehiyazaryan-White, E., & Monkhouse, J. (2020). Early years teachersanddigital literacies: Navigating a kaleidoscope of discourses. Education and Information Technologies, 25(4 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mehamami strategi untuk mengenalkan kesejahteraan emosional (emotional well-being) pada anak |
Memahami jenis video, animasi, dan infografis apa yang sesuai untuk pembelajaran pada AUD |
Kriteria:
75% mahasiswa mampu menyusun dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
|
|
Materi: Memahami jenis video, animasi, dan infografis apa yang sesuai untuk pembelajaran pada AUD Pustaka: Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menggunakan aplikasi/platform/media untuk mengenalkan kesejahteraan emosional |
Menyusun konten video/animasi/infografis yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah |
Kriteria:
75% mahasiswa mampu menyusun dengan benar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Small Group Discussion (SGD) Contextual Instruction (CI)
|
|
Materi: Menyusun konten video/animasi/infografis yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah Pustaka: Marsh, J. (Ed.). (2004). Popular culture, new media and digital literacy in early childhood. Routledge |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa memahami dan menguasai seluruh materi Literasi Digital AUD |
Mengerjakan soal dengan tepat |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan tepat Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 2x50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Jarvis, D. H. (2016). Digital Literacies in education: Creative, Multimodal and Innovative practices: Edited by Yvonne CrottyandMargaret Farren. Peter Lang, Oxford etc., 2013, 238 pp. Rethinking Education series, vol. 8. |
15% |