
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
8602203036 |
|
T=2 |
P=1 |
ECTS=7.56 |
0 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mengembangkan instrumen penilaian.
|
PO - 2 |
Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar asesmen dan berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah.
|
PO - 3 |
Memiliki pengetahuan tentang: jenis-jenis penilaian pembelajaran, penyusunan tes tertulis, tes kinerja, instrumen penilaian portofolio, proyek, produk, penilaian diri/teman, dan penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif serta menafsirkan hasil telaah.
|
PO - 4 |
Teliti dan bertanggung jawab dalam menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-4 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | ✔ | PO-4 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S3 program studi Pendidikan Dasar bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mata kuliah ini mencakup teori-teori dasar pengembangan instrumen, teknik pengukuran, validitas, reliabilitas, serta prosedur pengembangan instrumen penelitian yang efektif. Mahasiswa akan diajarkan langkah-langkah praktis dalam merancang dan menguji instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian di bidang pendidikan dasar. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
- Miles, M. B., Huberman, A. M., & SaldaƱa, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
- American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.).
- Belcher, W. L. (2019). Writing your journal article in twelve weeks: A guide to academic publishing success (2nd ed.). University of Chicago Press.
- Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2013). Educational assessment of students (7th ed.). Pearson.
- American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.).
|
Pendukung : |
|
- Slavin, R. E. (2019). Educational psychology: Theory and practice (12th ed.). Pearson Education.
- Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS Statistics (5th ed.). SAGE Publications.
- Alley, M. (2013). The craft of scientific presentations: Critical steps to succeed and critical errors to avoid (2nd ed.). Springer.
- Reynolds, G. (2019). Presentation Zen: Simple ideas on presentation design and delivery (3rd ed.). New Riders.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar asesmen pembelajaran |
- Mahasiswa dapat mendefinisikan pengertian dari jenis-jenis penilaian pembelajaran
- Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri dari jenis-jenis penilaian pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi-informasi, penugasan 2X50 |
Diskusi-informasi, penugasan 2X50 |
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan antara Asesmen dan Instrumen Penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penilaian yang relevan dan efektif dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK. |
- penggunaan sumber belajar dalam instrumen penilaian
- pemanfaatan TIK dalam pengembangan instrumen penilaian
|
Kriteria:
tes dan non-tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung. 2x50 |
Penugasan proyek online 2x50 |
Materi: Pengertian sumber belajar, Manfaat TIK dalam pengembangan instrumen penilaian, Langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
9% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu membuat keputusan yang tepat dalam memilih instrumen penilaian yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah berdasarkan pemahaman konsep dasar asesmen. |
- Pemahaman konsep dasar asesmen
- Pemahaman jenis-jenis instrumen penilaian
- Kemampuan memilih instrumen penilaian yang sesuai
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2x50 |
2x50 |
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-Jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan Konsep Asesmen dengan Instrumen Penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami berbagai jenis penilaian pembelajaran, mampu menyusun instrumen tes yang valid dan reliabel, serta mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif. |
- jenis-jenis penilaian pembelajaran
- penyusunan tes tertulis
- tes kinerja
- instrumen penilaian portofolio
- penilaian proyek dan produk
- penilaian diri/teman
- penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif
- interpretasi hasil telaah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi. 2x50 |
Diskusi daring tentang jenis-jenis penilaian pembelajaran, Penyusunan instrumen tes kinerja secara online 2x50 |
Materi: Jenis-jenis Penilaian Pembelajaran, Penyusunan Tes Tertulis, Tes Kinerja, Instrumen Penilaian Portofolio, Penilaian Proyek dan Produk, Penilaian Diri/Teman, Penelaahan Instrumen/Tes, Interpretasi Hasil Telaah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai jenis penilaian pembelajaran dan mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif. |
- Jenis penilaian pembelajaran dipahami dengan baik
- Mampu menyusun tes tertulis dan tes kinerja
- Mampu menggunakan instrumen penilaian portofolio, proyek, produk
- Mampu melakukan penilaian diri/teman
- Mampu menelaah instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif
- Mampu menafsirkan hasil penilaian dengan tepat
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan penerapan langsung pada instrumen penilaian. 2x50 |
Diskusi daring tentang penerapan instrumen penilaian pada kasus nyata, Pengembangan instrumen penilaian portofolio secara online 2x50 |
Materi: Jenis-Jenis Penilaian Pembelajaran, Penyusunan Tes Tertulis dan Tes Kinerja, Instrumen Penilaian Portofolio, Proyek, dan Produk, Penilaian Diri/Teman, Penelaahan Instrumen/Tes Kualitatif dan Kuantitatif, Interpretasi Hasil Penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis penilaian pembelajaran dan mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif. |
- Jenis penilaian pembelajaran dipahami dengan baik
- Mampu menyusun tes tertulis yang sesuai dengan materi pembelajaran
- Mampu menganalisis instrumen penilaian secara kualitatif dan kuantitatif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis. 2x50 |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis. 2x50 |
Materi: Jenis-jenis penilaian pembelajaran, Penyusunan tes tertulis, Tes kinerja, Instrumen penilaian portofolio, Penilaian proyek dan produk, Penilaian diri/teman, Penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis penilaian pembelajaran dan mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif. |
- Jenis penilaian pembelajaran dipahami dengan baik
- Mampu menyusun tes tertulis yang sesuai dengan materi pembelajaran
- Mampu menganalisis instrumen penilaian secara kualitatif dan kuantitatif
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis. 2x50 |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis. 2x50 |
Materi: Jenis-jenis penilaian pembelajaran, Penyusunan tes tertulis, Tes kinerja, Instrumen penilaian portofolio, Penilaian proyek dan produk, Penilaian diri/teman, Penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Tes non tes 2x50 |
Tes non tes 2x50 |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi sumber belajar yang relevan dan memanfaatkan TIK secara kreatif dalam mengembangkan instrumen penilaian yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan dasar. |
- Kemampuan mengidentifikasi sumber belajar yang relevan
- Kemampuan memanfaatkan TIK dalam pengembangan instrumen penilaian
- Kreativitas dalam merancang instrumen penilaian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung menggunakan TIK. 2x50 |
Diskusi daring tentang pemanfaatan TIK dalam pengembangan instrumen penilaian 2x50 |
Materi: Pengertian sumber belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan, Strategi pengembangan instrumen penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memahami keterkaitan antara konsep dasar asesmen dengan berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah. |
- Kemampuan menganalisis keterkaitan konsep asesmen dengan instrumen penilaian
- Kemampuan memilih instrumen penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Kolaboratif. 2x50 |
|
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-Jenis Instrumen Penilaian, Pemilihan Instrumen Penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar asesmen, mengidentifikasi berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah, dan mampu membuat keputusan yang tepat terkait keterkaitan keduanya. |
- Konsep dasar asesmen dipahami dengan baik
- Instrumen penilaian diidentifikasi dengan jelas
- Keputusan yang dibuat terkait keterkaitan konsep asesmen dan instrumen penilaian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi. 2x50 |
Diskusi daring tentang penerapan konsep asesmen, Analisis instrumen penilaian yang digunakan di sekolah 2x50 |
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan antara Konsep Asesmen dan Instrumen Penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar asesmen, mengidentifikasi berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah, dan mampu membuat keputusan yang tepat terkait keterkaitan keduanya. |
- Konsep dasar asesmen dipahami dengan baik
- Instrumen penilaian diidentifikasi dengan jelas
- Keputusan yang dibuat terkait keterkaitan konsep asesmen dan instrumen penilaian
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi. 2x50 |
Diskusi daring tentang penerapan konsep asesmen, Analisis instrumen penilaian yang digunakan di sekolah 2x50 |
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan antara Konsep Asesmen dan Instrumen Penilaian Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran dengan teliti dan bertanggung jawab. |
- analisis instrumen pembelajaran
- keakuratan hasil telaah
- keandalan instrumen
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, dan presentasi. 2x50 |
Diskusi daring tentang analisis instrumen pembelajaran 2x50 |
Materi: Analisis instrumen pembelajaran, Keakuratan hasil telaah, Keandalan instrumen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran dengan teliti dan bertanggung jawab. |
- analisis instrumen pembelajaran
- keakuratan hasil telaah
- keandalan instrumen
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, dan presentasi. 2x50 |
Diskusi daring tentang analisis instrumen pembelajaran 2x50 |
Materi: Analisis instrumen pembelajaran, Keakuratan hasil telaah, Keandalan instrumen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran dengan teliti dan bertanggung jawab. |
- analisis instrumen pembelajaran
- keakuratan hasil telaah
- keandalan instrumen
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi, studi kasus, dan presentasi. 2x50 |
Diskusi daring tentang analisis instrumen pembelajaran 2x50 |
Materi: Analisis instrumen pembelajaran, Keakuratan hasil telaah, Keandalan instrumen Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian akhir semester: Evaluasi laporan dan presentasi hasil pengembangan instrumen |
Menyusun laporan lengkap dan memaparkan hasil pengembangan instrumen |
|
Tes dan nontes 2x50 |
Tes dan nontes 2x50 |
|
10% |