Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8602203036

T=2

P=1

ECTS=7.56

0

8 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mengembangkan instrumen penilaian.

PO - 2

Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar asesmen dan berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah.

PO - 3

Memiliki pengetahuan tentang: jenis-jenis penilaian pembelajaran, penyusunan tes tertulis, tes kinerja, instrumen penilaian portofolio, proyek, produk, penilaian diri/teman, dan penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif serta menafsirkan hasil telaah.

PO - 4

Teliti dan bertanggung jawab dalam menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4
PO-1 
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Pengembangan Instrumen Penelitian pada jenjang S3 program studi Pendidikan Dasar bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses pengembangan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Mata kuliah ini mencakup teori-teori dasar pengembangan instrumen, teknik pengukuran, validitas, reliabilitas, serta prosedur pengembangan instrumen penelitian yang efektif. Mahasiswa akan diajarkan langkah-langkah praktis dalam merancang dan menguji instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan penelitian di bidang pendidikan dasar.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
  2. Miles, M. B., Huberman, A. M., & SaldaƱa, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
  3. American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.).
  4. Belcher, W. L. (2019). Writing your journal article in twelve weeks: A guide to academic publishing success (2nd ed.). University of Chicago Press.
  5. Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2013). Educational assessment of students (7th ed.). Pearson.
  6. American Psychological Association. (2020). Publication manual of the American Psychological Association (7th ed.).

Pendukung :

  1. Slavin, R. E. (2019). Educational psychology: Theory and practice (12th ed.). Pearson Education.
  2. Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS Statistics (5th ed.). SAGE Publications.
  3. Alley, M. (2013). The craft of scientific presentations: Critical steps to succeed and critical errors to avoid (2nd ed.). Springer.
  4. Reynolds, G. (2019). Presentation Zen: Simple ideas on presentation design and delivery (3rd ed.). New Riders.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar asesmen pembelajaran

  1. Mahasiswa dapat mendefinisikan pengertian dari jenis-jenis penilaian pembelajaran
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri dari jenis-jenis penilaian pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi-informasi, penugasan
2X50
Diskusi-informasi, penugasan
2X50
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan antara Asesmen dan Instrumen Penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan instrumen penilaian yang relevan dan efektif dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.

  1. penggunaan sumber belajar dalam instrumen penilaian
  2. pemanfaatan TIK dalam pengembangan instrumen penilaian
Kriteria:

tes dan non-tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung.
2x50
Penugasan proyek online
2x50
Materi: Pengertian sumber belajar, Manfaat TIK dalam pengembangan instrumen penilaian, Langkah-langkah pengembangan instrumen penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
9%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu membuat keputusan yang tepat dalam memilih instrumen penilaian yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah berdasarkan pemahaman konsep dasar asesmen.

  1. Pemahaman konsep dasar asesmen
  2. Pemahaman jenis-jenis instrumen penilaian
  3. Kemampuan memilih instrumen penilaian yang sesuai

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
2x50

2x50
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-Jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan Konsep Asesmen dengan Instrumen Penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu memahami berbagai jenis penilaian pembelajaran, mampu menyusun instrumen tes yang valid dan reliabel, serta mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif.

  1. jenis-jenis penilaian pembelajaran
  2. penyusunan tes tertulis
  3. tes kinerja
  4. instrumen penilaian portofolio
  5. penilaian proyek dan produk
  6. penilaian diri/teman
  7. penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif
  8. interpretasi hasil telaah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
2x50
Diskusi daring tentang jenis-jenis penilaian pembelajaran, Penyusunan instrumen tes kinerja secara online
2x50
Materi: Jenis-jenis Penilaian Pembelajaran, Penyusunan Tes Tertulis, Tes Kinerja, Instrumen Penilaian Portofolio, Penilaian Proyek dan Produk, Penilaian Diri/Teman, Penelaahan Instrumen/Tes, Interpretasi Hasil Telaah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai jenis penilaian pembelajaran dan mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif.

  1. Jenis penilaian pembelajaran dipahami dengan baik
  2. Mampu menyusun tes tertulis dan tes kinerja
  3. Mampu menggunakan instrumen penilaian portofolio, proyek, produk
  4. Mampu melakukan penilaian diri/teman
  5. Mampu menelaah instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif
  6. Mampu menafsirkan hasil penilaian dengan tepat

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan penerapan langsung pada instrumen penilaian.
2x50
Diskusi daring tentang penerapan instrumen penilaian pada kasus nyata, Pengembangan instrumen penilaian portofolio secara online
2x50
Materi: Jenis-Jenis Penilaian Pembelajaran, Penyusunan Tes Tertulis dan Tes Kinerja, Instrumen Penilaian Portofolio, Proyek, dan Produk, Penilaian Diri/Teman, Penelaahan Instrumen/Tes Kualitatif dan Kuantitatif, Interpretasi Hasil Penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis penilaian pembelajaran dan mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif.

  1. Jenis penilaian pembelajaran dipahami dengan baik
  2. Mampu menyusun tes tertulis yang sesuai dengan materi pembelajaran
  3. Mampu menganalisis instrumen penilaian secara kualitatif dan kuantitatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis.
2x50
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis.
2x50
Materi: Jenis-jenis penilaian pembelajaran, Penyusunan tes tertulis, Tes kinerja, Instrumen penilaian portofolio, Penilaian proyek dan produk, Penilaian diri/teman, Penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis penilaian pembelajaran dan mampu menafsirkan hasil penilaian secara kualitatif dan kuantitatif.

  1. Jenis penilaian pembelajaran dipahami dengan baik
  2. Mampu menyusun tes tertulis yang sesuai dengan materi pembelajaran
  3. Mampu menganalisis instrumen penilaian secara kualitatif dan kuantitatif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis.
2x50
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis.
2x50
Materi: Jenis-jenis penilaian pembelajaran, Penyusunan tes tertulis, Tes kinerja, Instrumen penilaian portofolio, Penilaian proyek dan produk, Penilaian diri/teman, Penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Tes non tes
2x50
Tes non tes
2x50
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi sumber belajar yang relevan dan memanfaatkan TIK secara kreatif dalam mengembangkan instrumen penilaian yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan dasar.

  1. Kemampuan mengidentifikasi sumber belajar yang relevan
  2. Kemampuan memanfaatkan TIK dalam pengembangan instrumen penilaian
  3. Kreativitas dalam merancang instrumen penilaian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung menggunakan TIK.
2x50
Diskusi daring tentang pemanfaatan TIK dalam pengembangan instrumen penilaian
2x50
Materi: Pengertian sumber belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan, Strategi pengembangan instrumen penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan memahami keterkaitan antara konsep dasar asesmen dengan berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah.

  1. Kemampuan menganalisis keterkaitan konsep asesmen dengan instrumen penilaian
  2. Kemampuan memilih instrumen penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Kolaboratif.
2x50

Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-Jenis Instrumen Penilaian, Pemilihan Instrumen Penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar asesmen, mengidentifikasi berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah, dan mampu membuat keputusan yang tepat terkait keterkaitan keduanya.

  1. Konsep dasar asesmen dipahami dengan baik
  2. Instrumen penilaian diidentifikasi dengan jelas
  3. Keputusan yang dibuat terkait keterkaitan konsep asesmen dan instrumen penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
2x50
Diskusi daring tentang penerapan konsep asesmen, Analisis instrumen penilaian yang digunakan di sekolah
2x50
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan antara Konsep Asesmen dan Instrumen Penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar asesmen, mengidentifikasi berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah, dan mampu membuat keputusan yang tepat terkait keterkaitan keduanya.

  1. Konsep dasar asesmen dipahami dengan baik
  2. Instrumen penilaian diidentifikasi dengan jelas
  3. Keputusan yang dibuat terkait keterkaitan konsep asesmen dan instrumen penilaian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Studi Kasus, Presentasi.
2x50
Diskusi daring tentang penerapan konsep asesmen, Analisis instrumen penilaian yang digunakan di sekolah
2x50
Materi: Konsep Dasar Asesmen, Jenis-jenis Instrumen Penilaian, Keterkaitan antara Konsep Asesmen dan Instrumen Penilaian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran dengan teliti dan bertanggung jawab.

  1. analisis instrumen pembelajaran
  2. keakuratan hasil telaah
  3. keandalan instrumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, dan presentasi.
2x50
Diskusi daring tentang analisis instrumen pembelajaran
2x50
Materi: Analisis instrumen pembelajaran, Keakuratan hasil telaah, Keandalan instrumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran dengan teliti dan bertanggung jawab.

  1. analisis instrumen pembelajaran
  2. keakuratan hasil telaah
  3. keandalan instrumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, dan presentasi.
2x50
Diskusi daring tentang analisis instrumen pembelajaran
2x50
Materi: Analisis instrumen pembelajaran, Keakuratan hasil telaah, Keandalan instrumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran dengan teliti dan bertanggung jawab.

  1. analisis instrumen pembelajaran
  2. keakuratan hasil telaah
  3. keandalan instrumen

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Diskusi, studi kasus, dan presentasi.
2x50
Diskusi daring tentang analisis instrumen pembelajaran
2x50
Materi: Analisis instrumen pembelajaran, Keakuratan hasil telaah, Keandalan instrumen
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Ujian akhir semester: Evaluasi laporan dan presentasi hasil pengembangan instrumen

Menyusun laporan lengkap dan memaparkan hasil pengembangan instrumen

Tes dan nontes
2x50
Tes dan nontes
2x50
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.75%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 16.08%
3. Penilaian Portofolio 36.92%
4. Penilaian Praktikum 1.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 7.34%
6. Tes 19.42%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.