
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Media Pembelajaran (Development of Instructional Media) |
8410203183 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
3 |
1 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Siti Khabibah, M.Pd.
|
Dr. Siti Khabibah, M.Pd.
|
Dr. Agung Lukito, M.S. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep, jenis/klasifikasi, fungsi, dan dasar-dasar pengembangan media pembelajaran
|
PO - 2 |
Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika sebagai sumber dan media pembelajaran serta memanfaatkannya untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran
|
PO - 3 |
Merancang, memilih dan memproduksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan/atau berbasis TIK
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan topik matematika yang praktis, efisien, dan aman bagi peserta didik
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji konsep, jenis/klasifikasi, fungsi, dasar-dasar pengembangan media, serta merancang, memilih, dan memproduksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan TIK. Perkuliahan ini akan dilaksanakan melalui pemaparan teori, penugasan proyek, presentasi dan diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited.
- Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc.
- Khabibah, S. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software Geogebra untuk Materi Transformasi Kelas VII Siswa SMP.
- Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press.
|
Pendukung : |
|
- Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru
- Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami media pembelajaran matematika sebagai representasi objek matematik |
Mampu menjelaskan tentang media pembelajaran matematika sebagai representasi objek matematik |
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan tentang media pembelajaran matematika sebagai representasi objek matematik 3 x 50 menit |
|
Materi: Konsep representasi matematik berbasis media Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dan karakteristik media pembelajaran |
- Menjelaskan konsep media pembelajaran matematika
- Menjelaskan karakteristik media pembelajaran matematika
|
Kriteria:
Tampilan Slide power point dan Video tentang media pembelajaran matematika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa terkait :
● Konsep media pembelajaran matematika
● Karakteristik media pembelajaran matematika 3 x 50 menit |
|
Materi: Konsep dan karakteristik media pembelajaran Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami jenis-jenis dan sifat media pembelajaran matematika |
- Menjelaskan jenis-jenis media pembelajaran matematika
- Menjelaskan sifat media pembelajaran matematika
|
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi mahasiswa terkait jenis-jenis dan sifat media pembelajaran matematika 3 x 50 menit |
|
Materi: Jenis-jenis dan sifat media pembelajaran Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis contoh-contoh media pembelajaran |
- Mengidentifikasi komponen media pembelajaran yang relevan
- Mengeksplorasi hubungan antarkomponen media pembelajaran
- Menentukan tujuan media pembelajaran
|
Kriteria:
Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menganalisis contoh-contoh media pembelajaran 3 x 50 menit |
|
Materi: Beberapa contoh media pembelajaran matematika yang telah diproduksi baik manipulatif maupun berbasis TIK Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. Materi: Beberapa contoh media pembelajaran matematika yang telah diproduksi baik manipulatif maupun berbasis TIK Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif |
- Merancang media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
- Memproduksi media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif 3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual) Pustaka: |
18% |
6
Minggu ke 6 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif |
- Merancang media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
- Memproduksi media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif 3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual) Pustaka: |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif |
- ● Menyajikan rancangan media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi rancangan media pembelajaran manipulatif 3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual) Pustaka: |
14% |
8
Minggu ke 8 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif |
- Menyajikan rancangan media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi rancangan media pembelajaran manipulatif 3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual) Pustaka: |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif |
- Menyajikan rancangan media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi rancangan media pembelajaran manipulatif 3 x 50 menit |
|
Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual) Pustaka: |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran berbasis IT |
- Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Merancang media pembelajaran berbasis IT 3 x 50 menit |
|
Materi: [1]. Kurikulum sekolah [2]. Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru [3]. Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. [4]. Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. [5]. Janet Trineke Manoy, 2021. Seri Media Pembelajaran Manual Kelas VIII. Flipbook [6]. Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri Pustaka: Materi: [7]. Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press. Pustaka: Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI Pustaka: |
27% |
11
Minggu ke 11 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran berbasis IT |
- Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Merancang media pembelajaran berbasis IT 3 x 50 menit |
|
Materi: [1]. Kurikulum sekolah [2]. Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru [3]. Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. [4]. Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. [5]. Janet Trineke Manoy, 2021. Seri Media Pembelajaran Manual Kelas VIII. Flipbook [6]. Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri Pustaka: Materi: [7]. Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press. Pustaka: Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI Pustaka: |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang dan memproduksi media pembelajaran berbasis IT |
- Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Merancang media pembelajaran berbasis IT 3 x 50 menit |
|
Materi: [1]. Kurikulum sekolah [2]. Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru [3]. Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. [4]. Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. [5]. Janet Trineke Manoy, 2021. Seri Media Pembelajaran Manual Kelas VIII. Flipbook [6]. Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri Pustaka: Materi: [7]. Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press. Pustaka: Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI Pustaka: |
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI |
Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu |
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI 3 x 50 menit |
|
Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. |
21% |
14
Minggu ke 14 |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI |
● Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu ● Menyajikan produk media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu |
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI 3 x 50 menit |
|
Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. |
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI |
- Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI
|
|
Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. |
0% |
16
Minggu ke 16 |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI |
- Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
- Menyajikan produk media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
|
Kriteria:
Kuantitatif & Non-tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI 3 x 50 menit |
|
Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. |
0% |