Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Media Pembelajaran (Development of Instructional Media)

8410203183

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

1 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Siti Khabibah, M.Pd.




Dr. Siti Khabibah, M.Pd.




Dr. Agung Lukito, M.S.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep, jenis/klasifikasi, fungsi, dan dasar-dasar pengembangan media pembelajaran

PO - 2

Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika sebagai sumber dan media pembelajaran serta memanfaatkannya untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran

PO - 3

Merancang, memilih dan memproduksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan/atau berbasis TIK

PO - 4

Bertanggung jawab dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan topik matematika yang praktis, efisien, dan aman bagi peserta didik

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji konsep, jenis/klasifikasi, fungsi, dasar-dasar pengembangan media, serta merancang, memilih, dan memproduksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan TIK. Perkuliahan ini akan dilaksanakan melalui pemaparan teori, penugasan proyek, presentasi dan diskusi.

Pustaka

Utama :

  1. Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited.
  2. Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc.
  3. Khabibah, S. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software Geogebra untuk Materi Transformasi Kelas VII Siswa SMP.
  4. Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press.

Pendukung :

  1. Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru
  2. Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami media pembelajaran matematika sebagai representasi objek matematik

Mampu menjelaskan tentang media pembelajaran matematika sebagai representasi objek matematik

Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan tentang media pembelajaran matematika sebagai representasi objek matematik
3 x 50 menit

Materi: Konsep representasi matematik berbasis media
Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep dan karakteristik media pembelajaran

  1. Menjelaskan konsep media pembelajaran matematika
  2. Menjelaskan karakteristik media pembelajaran matematika
Kriteria:

Tampilan Slide power point dan Video tentang media pembelajaran matematika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa terkait :
● Konsep media pembelajaran matematika
● Karakteristik media pembelajaran matematika
3 x 50 menit

Materi: Konsep dan karakteristik media pembelajaran
Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami jenis-jenis dan sifat media pembelajaran matematika

  1. Menjelaskan jenis-jenis media pembelajaran matematika
  2. Menjelaskan sifat media pembelajaran matematika
Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi mahasiswa terkait jenis-jenis dan sifat media pembelajaran matematika
3 x 50 menit

Materi:  Jenis-jenis dan sifat media pembelajaran
Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited.
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis contoh-contoh media pembelajaran

  1. Mengidentifikasi komponen media pembelajaran yang relevan
  2. Mengeksplorasi hubungan antarkomponen media pembelajaran
  3. Menentukan tujuan media pembelajaran
Kriteria:

Kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, menyelesaian soal, dan menyampaikan ide


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menganalisis contoh-contoh media pembelajaran
3 x 50 menit

Materi:  Beberapa contoh media pembelajaran matematika yang telah diproduksi baik manipulatif maupun berbasis TIK
Pustaka: Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited.

Materi:  Beberapa contoh media pembelajaran matematika yang telah diproduksi baik manipulatif maupun berbasis TIK
Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc.
5%

5

Minggu ke 5

Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif

  1. Merancang media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
  2. Memproduksi media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif
3 x 50 menit

Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual)
Pustaka:
18%

6

Minggu ke 6

Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif

  1. Merancang media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
  2. Memproduksi media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif
3 x 50 menit

Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual)
Pustaka:
0%

7

Minggu ke 7

Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif

  1. ● Menyajikan rancangan media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi rancangan media pembelajaran manipulatif
3 x 50 menit

Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual)
Pustaka:
14%

8

Minggu ke 8

Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif

  1. Menyajikan rancangan media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi rancangan media pembelajaran manipulatif
3 x 50 menit

Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual)
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Merancang dan memproduksi media pembelajaran manipulatif

  1. Menyajikan rancangan media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran manipulatif untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi rancangan media pembelajaran manipulatif
3 x 50 menit

Materi: 1. Buku matematika, baik buku siswa maupun buku guru. 2. Bell-Gredler, Margaret E. 1986. Learning and Instruction. New York: Macmillan Publishing Company. 3. Fenrich, P.(1997).Practical Guidelines For Creating Instructional Multimedia Application. USA:Harcourt Brace College Publisher. 4. Heinich, R., Molenda. (1999).Instructional Media and Technologies forLearning. USA: Prentice Hall. 5. Jurnal Pendidikan, baik luar negeri maupun dalam negeri 6. Kurikulum sekolah 7. Robert Heinich Merril, (2002) Instruction Media and Tecnologies for learning 8. Smaldino, S.E., Deborah L.L., and James D.R., (2011) Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana. 9. Manoy, J.T, (2021) Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII (Manual)
Pustaka:
0%

10

Minggu ke 10

Merancang dan memproduksi media pembelajaran berbasis IT

  1. Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Merancang media pembelajaran berbasis IT
3 x 50 menit

Materi: [1]. Kurikulum sekolah [2]. Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru [3]. Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. [4]. Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. [5]. Janet Trineke Manoy, 2021. Seri Media Pembelajaran Manual Kelas VIII. Flipbook [6]. Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri
Pustaka:

Materi: [7]. Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press.
Pustaka:

Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI
Pustaka:
27%

11

Minggu ke 11

Merancang dan memproduksi media pembelajaran berbasis IT

  1. Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Merancang media pembelajaran berbasis IT
3 x 50 menit

Materi: [1]. Kurikulum sekolah [2]. Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru [3]. Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. [4]. Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. [5]. Janet Trineke Manoy, 2021. Seri Media Pembelajaran Manual Kelas VIII. Flipbook [6]. Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri
Pustaka:

Materi: [7]. Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press.
Pustaka:

Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI
Pustaka:
0%

12

Minggu ke 12

Merancang dan memproduksi media pembelajaran berbasis IT

  1. Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran berbasis IT untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes (Unjuk kerja laporan)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Merancang media pembelajaran berbasis IT
3 x 50 menit

Materi: [1]. Kurikulum sekolah [2]. Buku matematika sekolah, baik buku siswa maupun buku guru [3]. Ivers, K. S. & Barron, A. E. 2009. Multimedia Projects in Education: Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited. [4]. Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc. [5]. Janet Trineke Manoy, 2021. Seri Media Pembelajaran Manual Kelas VIII. Flipbook [6]. Berbagai jurnal pendidikan terbitan baik luar negeri maupun dalam negeri
Pustaka:

Materi: [7]. Lang-Raad, N. D. & Marzano, R. J. 2019. The New Art and Science of Teaching Mathematics. Solution Tree Press.
Pustaka:

Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI
Pustaka:
0%

13

Minggu ke 13

Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI

Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu

Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI
3 x 50 menit

Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI
Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc.
21%

14

Minggu ke 14

Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI

● Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu ● Menyajikan produk media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu

Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI
3 x 50 menit

Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI
Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc.
0%

15

Minggu ke 15

Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI

  1. Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI

Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI
Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc.
0%

16

Minggu ke 16

Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI

  1. Menyajikan rancangan media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
  2. Menyajikan produk media pembelajaran berbasis TI untuk topik matematika tertentu
Kriteria:

Kuantitatif & Non-tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyajikan rancangan dan produk media pembelajaran berbasis TI
3 x 50 menit

Materi: Prinsip-prinsip perancangan dan produksi media pembelajaran berbasis TI
Pustaka: Gredler, M. E. 2009. Learning and Instruction: Theory into Practice. Merill Pearson Education, Inc.
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 80%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.