
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Literasi Kependudukan dan Pemberdayaan Keluarga |
8420703113 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
8 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ali Imron, S.Sos., M.A.
|
Ali Imron, S.Sos., M.A.
|
NUANSA BAYU SEGARA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-7 |
Menguasai konsep, teknik, metode penelitian di bidang pendidikan dan sosial humaniora untuk memberikan solusi secara inovatif, kreatif dan tepat guna pada permasalahan Pendidikan IPS dan masyarakat dalam bentuk karya ilmiah. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep dasar kependudukan dan dinamika keluarga dalam konteks pendidikan IPS (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis data kependudukan untuk mengidentifikasi pola dan tren sosial yang relevan dengan pembelajaran IPS (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kebijakan kependudukan dan program pemberdayaan keluarga berdasarkan prinsip-prinsip keadilan sosial (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan model pembelajaran inovatif tentang literasi kependudukan yang berbasis kearifan lokal (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik pemberdayaan keluarga dalam pengembangan materi pembelajaran IPS (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis hubungan antara dinamika kependudukan dengan isu-isu sosial kontemporer (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi efektivitas program pemberdayaan keluarga dalam konteks pendidikan masyarakat (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan solusi kreatif untuk masalah kependudukan melalui pendekatan pendidikan IPS (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan teknologi informasi dalam penyajian data kependudukan untuk pembelajaran (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dampak perubahan kependudukan terhadap struktur keluarga dan masyarakat (C4)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-8 | | PO-1 | | | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | ✔ | | | | PO-4 | ✔ | | | | | | PO-5 | | | ✔ | ✔ | | | PO-6 | ✔ | | ✔ | | | | PO-7 | | ✔ | | | | | PO-8 | ✔ | | | ✔ | ✔ | | PO-9 | | | | | ✔ | | PO-10 | | | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep literasi kependudukan dan strategi pemberdayaan keluarga dalam konteks pendidikan IPS. Materi mencakup demografi umum, dinamika kependudukan, struktur keluarga, kebijakan kependudukan, serta pemberdayaan keluarga. Tujuan mata kuliah adalah mengembangkan pemahaman mahasiswa tentang isu-isu kependudukan kontemporer dan melatih kemampuan merancang program pemberdayaan keluarga yang berkelanjutan. Ruang lingkup meliputi analisis data demografi, dinamika kependudukan, kebijakan kependudukan, penguatan peran keluarga dalam pembangunan, dan integrasi prinsip-prinsip kependudukan dalam pembelajaran IPS. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ida Bagoes Mantra. 2006. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ahmad Syaekhu. 2021. Pengantar Demografi dan Kependudukan. Yogyakarta: Zahir Publishing.
- John Weeks. 2011. Population: An Introduction to Concepts and Issues. Cengage Learning.
- Anif Fatma Chawa, Titi Fitrianita, Anik Susanti, Nyimas Nadya Izana, Ayu Kusumastuti. 2025. Sosiologi Kependudukan. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Siti Mas'udah. 2023. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Kencana.
- Sriati. 2022. Pemberdayaan Masyarakat. Palembang: Universitas Sriwijaya.
|
Pendukung : |
|
- Bagaskara Wahyu Purbaningrat, I Nengah Putra Apriyanto, George Royke Deksino. Demographic Bonus Management Strategies In Facing The Industrial Revolution 4.0 With The Perspective Of Defense Science And State Defense. nternational Journal Of Humanities Education And Social Sciences, 3(5), 2354–2360.
- Waak, P. 1991. Population policy: social realities, prospects and the three ecos. Washington, D.C.: National Audubon Society.
|
Dosen Pengampu
|
ALI IMRON KATON GALIH SETYAWAN Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio. Katon Galih Setyawan, S.Sos., M.Sosio. Ali Imron, S.Sos., M.A. Ali Imron, S.Sos., M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip dasar kependudukan serta dinamika keluarga dalam konteks pembelajaran IPS, serta mengidentifikasi hubungan antara faktor kependudukan dengan keberlangsungan keluarga. |
- Kemampuan menjelaskan konsep dasar kependudukan
- Kemampuan menerapkan konsep dinamika keluarga dalam konteks IPS
- Kemampuan menganalisis hubungan antara kependudukan dan pemberdayaan keluarga
|
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan tanya jawab.
|
Diskusi forum online tentang studi kasus kependudukan, Kuis online tentang materi konsep dasar
|
Materi: Konsep dasar demografi Pustaka: Ida Bagoes Mantra. 2006. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Konsep-konsep kependudukan Pustaka: Ahmad Syaekhu. 2021. Pengantar Demografi dan Kependudukan. Yogyakarta: Zahir Publishing. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip dasar kependudukan serta dinamika keluarga dalam konteks pembelajaran IPS, serta mengidentifikasi hubungan antara faktor kependudukan dengan keberlangsungan keluarga. |
- Kemampuan menjelaskan konsep dasar kependudukan
- Kemampuan menerapkan konsep dinamika keluarga dalam konteks IPS
- Kemampuan menganalisis hubungan antara kependudukan dan pemberdayaan keluarga
|
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan tanya jawab.
|
Diskusi forum online tentang studi kasus kependudukan, Kuis online tentang materi konsep dasar
|
Materi: Konsep dasar demografi Pustaka: Ida Bagoes Mantra. 2006. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: Konsep-konsep kependudukan Pustaka: Ahmad Syaekhu. 2021. Pengantar Demografi dan Kependudukan. Yogyakarta: Zahir Publishing. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menganalisis data kependudukan, mengidentifikasi pola dan tren sosial, serta menghubungkannya dengan konteks pembelajaran IPS. |
- Kemampuan menganalisis data kependudukan dengan tepat
- Ketepatan dalam mengidentifikasi pola dan tren sosial dari data
- Kemampuan menghubungkan hasil analisis dengan pembelajaran IPS
- Ketepatan penggunaan metode dan alat analisis data
|
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan praktik analisis data dengan alat bantu statistik sederhana.
|
Analisis data kependudukan dengan studi kasus tertentu dan pembuatan laporan analisis, Mahasiswa menganalisis dataset kependudukan yang disediakan, mengidentifikasi pola dan tren sosial, serta membuat laporan analisis yang menghubungkan temuan dengan konteks pembelajaran IPS
|
Materi: Konsep dasar analisis data kependudukan, Teknik identifikasi pola dan tren sosial, Hubungan data kependudukan dengan pembelajaran IPS, Studi kasus analisis data kependudukan Indonesia Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Konsep dasar demografi Pustaka: John Weeks. 2011. Population: An Introduction to Concepts and Issues. Cengage Learning. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi terhadap implementasi kebijakan dan program terkait kependudukan dan pemberdayaan keluarga berdasarkan prinsip keadilan sosial. |
- Kemampuan mengidentifikasi elemen-elemen keadilan sosial dalam kebijakan kependudukan
- Kemampuan mengevaluasi dampak program pemberdayaan keluarga terhadap kesetaraan akses dan peluang
- Kemampuan memberikan kritik konstruktif terhadap kebijakan berdasarkan prinsip keadilan
- Kemampuan merumuskan rekomendasi perbaikan kebijakan yang berorientasi pada keadilan sosial
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis dokumen kebijakan.
|
|
Materi: Konsep keadilan sosial dalam konteks kependudukan, Analisis kebijakan kependudukan nasional dan lokal, Evaluasi program pemberdayaan keluarga berbasis komunitas, Teknik penilaian dampak sosial dari kebijakan kependudukan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Kebijakan Kependudukan Pustaka: Anif Fatma Chawa, Titi Fitrianita, Anik Susanti, Nyimas Nadya Izana, Ayu Kusumastuti. 2025. Sosiologi Kependudukan. Jakarta: Universitas Terbuka. |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi terhadap implementasi kebijakan dan program terkait kependudukan dan pemberdayaan keluarga berdasarkan prinsip keadilan sosial. |
- Kemampuan mengidentifikasi elemen-elemen keadilan sosial dalam kebijakan kependudukan
- Kemampuan mengevaluasi dampak program pemberdayaan keluarga terhadap kesetaraan akses dan peluang
- Kemampuan memberikan kritik konstruktif terhadap kebijakan berdasarkan prinsip keadilan
- Kemampuan merumuskan rekomendasi perbaikan kebijakan yang berorientasi pada keadilan sosial
|
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis dokumen kebijakan.
|
|
Materi: Konsep keadilan sosial dalam konteks kependudukan, Analisis kebijakan kependudukan nasional dan lokal, Evaluasi program pemberdayaan keluarga berbasis komunitas, Teknik penilaian dampak sosial dari kebijakan kependudukan Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Kebijakan Kependudukan Pustaka: Anif Fatma Chawa, Titi Fitrianita, Anik Susanti, Nyimas Nadya Izana, Ayu Kusumastuti. 2025. Sosiologi Kependudukan. Jakarta: Universitas Terbuka. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat merancang dan mengembangkan model pembelajaran inovatif berbasis kearifan lokal yang efektif untuk literasi kependudukan. |
- Kemampuan mengidentifikasi kearifan lokal yang relevan dengan literasi kependudukan
- Kreativitas dalam merancang model pembelajaran yang inovatif
- Kesesuaian model dengan konteks sosial budaya lokal
- Kelengkapan dan kejelasan presentasi model pembelajaran
|
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
Merancang model pembelajaran inovatif berbasis kearifan lokal, Membuat presentasi digital tentang model yang dirancang, Mengumpulkan portofolio proses perancangan
|
Materi: Konsep literasi kependudukan dan kearifan lokal, Teknik pengembangan model pembelajaran inovatif, Integrasi kearifan lokal dalam pendidikan kependudukan, Studi kasus model pembelajaran berbasis kearifan lokal Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Kebijakan Kependudukan Pustaka: John Weeks. 2011. Population: An Introduction to Concepts and Issues. Cengage Learning. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat merancang dan mengembangkan model pembelajaran inovatif berbasis kearifan lokal yang efektif untuk literasi kependudukan. |
- Kemampuan mengidentifikasi kearifan lokal yang relevan dengan literasi kependudukan
- Kreativitas dalam merancang model pembelajaran yang inovatif
- Kesesuaian model dengan konteks sosial budaya lokal
- Kelengkapan dan kejelasan presentasi model pembelajaran
|
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
Merancang model pembelajaran inovatif berbasis kearifan lokal, Membuat presentasi digital tentang model yang dirancang, Mengumpulkan portofolio proses perancangan
|
Materi: Konsep literasi kependudukan dan kearifan lokal, Teknik pengembangan model pembelajaran inovatif, Integrasi kearifan lokal dalam pendidikan kependudukan, Studi kasus model pembelajaran berbasis kearifan lokal Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Model literasi kependudukan Pustaka: Anif Fatma Chawa, Titi Fitrianita, Anik Susanti, Nyimas Nadya Izana, Ayu Kusumastuti. 2025. Sosiologi Kependudukan. Jakarta: Universitas Terbuka. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu merancang dan mengimplementasikan teknik pemberdayaan keluarga dalam penyusunan materi pembelajaran IPS |
- Mampu mengidentifikasi teknik pemberdayaan keluarga yang relevan dengan materi IPS
- Mampu merancang strategi pemberdayaan keluarga dalam pengembangan materi pembelajaran
- Mampu menerapkan teknik pemberdayaan keluarga pada kasus nyata pembelajaran IPS
- Mampu mengevaluasi efektivitas teknik pemberdayaan keluarga yang diterapkan
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Studi kasus, diskusi kelompok, simulasi, dan presentasi.
|
Project Based Learning - Rancangan Strategi Pemberdayaan Keluarga, Mahasiswa membuat rancangan strategi pemberdayaan keluarga untuk pengembangan materi pembelajaran IPS tertentu, LMS, Asinkronus
|
Materi: Konsep dasar pemberdayaan keluarga, Teknik pemberdayaan keluarga (pendekatan partisipatif, konseling keluarga, pendidikan keluarga), Integrasi teknik pemberdayaan dalam materi IPS, Studi kasus penerapan teknik pemberdayaan keluarga, Evaluasi hasil penerapan teknik pemberdayaan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis hubungan kausal dan korelatif antara dinamika kependudukan dengan isu-isu sosial kontemporer, serta mengidentifikasi implikasi kebijakan dan solusi potensial. |
- Kemampuan mengidentifikasi hubungan antara variabel kependudukan dan isu sosial
- Ketepatan dalam menganalisis dampak dan implikasi dari hubungan tersebut
- Kemampuan memberikan argumen yang didukung data dan teori
- Kemampuan mengusulkan solusi atau rekomendasi kebijakan berdasarkan analisis
|
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analisis..
|
|
Materi: Konsep dasar dinamika kependudukan (fertilitas, mortalitas, migrasi), Isu-isu sosial kontemporer (ketimpangan, perubahan iklim, urbanisasi, teknologi), Teori dan model analisis hubungan kependudukan-sosial, Studi kasus nasional dan global, Implikasi kebijakan dan solusi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
|
Non tes |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analisis. 150 |
|
Materi: - Pustaka: Bagaskara Wahyu Purbaningrat, I Nengah Putra Apriyanto, George Royke Deksino. Demographic Bonus Management Strategies In Facing The Industrial Revolution 4.0 With The Perspective Of Defense Science And State Defense. nternational Journal Of Humanities Education And Social Sciences, 3(5), 2354–2360. |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap pola pengasuhan dalam keluarga |
Non tes |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analisis. 150 |
|
Materi: - Pustaka: Waak, P. 1991. Population policy: social realities, prospects and the three ecos. Washington, D.C.: National Audubon Society. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap pola pengasuhan dalam keluarga |
Non tes |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analisis. 150 |
|
Materi: - Pustaka: Waak, P. 1991. Population policy: social realities, prospects and the three ecos. Washington, D.C.: National Audubon Society. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kesetaraan gender dalam pembagian peran di keluarga modern |
Non tes |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analisis. 150 |
|
Materi: - Pustaka: Siti Mas'udah. 2023. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Kencana. |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kesetaraan gender dalam pembagian peran di keluarga modern |
Non tes |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analisis. 150 |
|
Materi: - Pustaka: Siti Mas'udah. 2023. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Kencana. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kesetaraan gender dalam pembagian peran di keluarga modern |
Non tes |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kombinasi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analisis. 150 |
|
Materi: - Pustaka: Siti Mas'udah. 2023. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Kencana. |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester/Ujian Sumatif/Evaluasi Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 150 |
|
|
9% |