Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Tenis Meja

8520802007

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

3

1 Mei 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dwi Lorry Juniarisca




Priya Yoga Pradana, S.Pd., M.Ed




FUAD NOOR HEZA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-6

Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif (P2)

PLO-9

Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)

PLO-10

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar, sejarah, filosofi, dan peraturan permainan tenis meja sebagai dasar dalam pembelajaran pendidikan jasmani

PO - 2

Mahasiswa mampu mempraktikkan teknik dasar tenis meja (servis, pukulan, footwork, push, block, smash, chop) secara benar dan aman

PO - 3

Mahasiswa mampu mengembangkan inovasi permainan tenis meja (alat, aturan, atau media pembelajaran) yang kreatif, edukatif, dan inklusif.

PO - 4

Mahasiswa mampu menerapkan sistem pertandingan dan prinsip perwasitan tenis meja sesuai aturan resmi nasional dan internasional.

PO - 5

Mahasiswa mampu menerapkan sistem pertandingan dan prinsip perwasitan tenis meja sesuai aturan resmi nasional dan internasional.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-6PLO-9PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Tenis Meja membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional terkait teknik dasar, strategi permainan, sistem pertandingan, serta perwasitan tenis meja. Konteks pembelajaran menekankan pendidikan untuk semua (inklusi), keselamatan, sportivitas, dan etika. Mahasiswa dilatih merancang aktivitas adaptif untuk berbagai kebutuhan peserta didik, menerapkan manajemen kelas yang aman, serta melakukan evaluasi berbasis rubrik OBE. Mata kuliah ini secara eksplisit mengintegrasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke dalam tujuan, konten, dan asesmen.

Pustaka

Utama :

  1. McAfee, R. (2009). Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics.
  2. Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2015). Periodization Training for Sports (3rd ed.). Human Kinetics.
  3. Hodges, L. (2013). Table Tennis Tactics for Thinkers. CreateSpace.
  4. Juniarica, DL., & Ardijanto, D. (2017). Permainan Tenis Meja. Unesapress.

Pendukung :

  1. Yin, H., Zhang, J., & Li, Y. (2023). Contribution quality evaluation of table tennis match by comprehensive methods. International Journal of Performance Analysis in Sport, 23(5), 815–829.
  2. International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.
  3. Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI). (2024). Peraturan teknis dan pedoman pertandingan tenis meja nasional. Jakarta: PP PTMSI.

Dosen Pengampu

NURHASAN

DWI LORRY JUNIARISCA

Yogi Sayuty, S.Pd., M.Pd.

Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan sejarah, filosofi, dan nilai edukatif tenis meja.

  1. Menjelaskan perkembangan tenis meja dunia & Indonesia.
  2. Mengaitkan nilai karakter (disiplin, sportivitas).
Kriteria:

4 = analisis lengkap & kontekstual; 3 = cukup lengkap; 2 = deskriptif; 1 = tidak relevan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
100

Materi: Permainan Tenis Meja
Pustaka: Juniarica, DL., & Ardijanto, D. (2017). Permainan Tenis Meja. Unesapress.

Materi: pengantar, sejarah, filosofi, nilai edukatif.
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.
2%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi peralatan & peraturan dasar tenis meja.

  1. Menyebut ukuran meja, bet, bola, net.
  2. Menjelaskan sistem skor
Kriteria:

4 = tepat seluruhnya; 3 = minor error; 2 = sebagian benar; 1 = salah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Luring
100

Materi: alat, aturan dasar, terminologi ITTF.
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.
2%

3

Minggu ke 3

Mempraktikkan teknik servis dasar tenis meja.

Melakukan 10/12 servis masuk target


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja


Materi: Stance dan Drive
Pustaka: McAfee, R. (2009). Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics.

Materi: Stance dan Drive
Pustaka: Hodges, L. (2013). Table Tennis Tactics for Thinkers. CreateSpace.
4%

4

Minggu ke 4

Mempraktikkan service dan footwork tenis meja

Pantulan stabil, kontrol bola baik.

Kriteria:

4 = stabil & akurat; 3 = sedikit error; 2 = sering error; 1 = gagal.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: service dan footwork
Pustaka: McAfee, R. (2009). Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics.

Materi: service dan footwork
Pustaka: Hodges, L. (2013). Table Tennis Tactics for Thinkers. CreateSpace.
4%

5

Minggu ke 5

Menguasai teknik smash dan block defensif tenis meja

Pantulan stabil, kontrol bola baik.

Kriteria:

4 = stabil & akurat; 3 = sedikit error; 2 = sering error; 1 = gagal.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
100

Materi: smash dan block defensif
Pustaka: Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2015). Periodization Training for Sports (3rd ed.). Human Kinetics.

Materi: smash dan block defensif
Pustaka: McAfee, R. (2009). Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics.

Materi: smash dan block defensif
Pustaka: Juniarica, DL., & Ardijanto, D. (2017). Permainan Tenis Meja. Unesapress.

Materi: smash dan block defensif
Pustaka: Hodges, L. (2013). Table Tennis Tactics for Thinkers. CreateSpace.
4%

6

Minggu ke 6

Menguasai teknik chop dan Spin.

Pukulan kuat, arah terkontrol.

Kriteria:

4 = tepat & stabil; 3 = baik; 2 = kurang stabil; 1 = gagal.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: chop dan Spin
Pustaka: McAfee, R. (2009). Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics.

Materi: chop an spin
Pustaka: Hodges, L. (2013). Table Tennis Tactics for Thinkers. CreateSpace.
4%

7

Minggu ke 7

Melakukan kombinasi teknik

Gerak kaki efisien, kombinasi pukulan lancar.

Kriteria:

4 = ritme stabil; 3 = minor kesalahan; 2 = lambat; 1 = tidak mengikuti pola.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: Kombinasi Teknik
Pustaka: McAfee, R. (2009). Table Tennis: Steps to Success. Human Kinetics.

Materi: Kombinasi Teknik
Pustaka: Hodges, L. (2013). Table Tennis Tactics for Thinkers. CreateSpace.

Materi: Kombinasi Teknik
Pustaka: Juniarica, DL., & Ardijanto, D. (2017). Permainan Tenis Meja. Unesapress.

Materi: Kombinasi Teknik
Pustaka: Yin, H., Zhang, J., & Li, Y. (2023). Contribution quality evaluation of table tennis match by comprehensive methods. International Journal of Performance Analysis in Sport, 23(5), 815–829.
4%

8

Minggu ke 8

Proyek Inovasi Permainan Tenis Meja.

Merancang modifikasi alat/aturan/media pembelajaran.

Kriteria:

4 = inovatif & edukatif; 3 = cukup kreatif; 2 = meniru; 1 = tidak fungsional.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: inovasi permainan tenis meja.
Pustaka: Hodges, L. (2013). Table Tennis Tactics for Thinkers. CreateSpace.

Materi: inovasi permainan tenis meja.
Pustaka: Juniarica, DL., & Ardijanto, D. (2017). Permainan Tenis Meja. Unesapress.
30%

9

Minggu ke 9

Menganalisis strategi bermain tunggal & ganda.

Menjelaskan taktik serangan & bertahan.

Kriteria:

4 = analisis logis & lengkap; 3 = cukup; 2 = dangkal; 1 = salah.


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring

Materi: strategi & taktik bermain.
Pustaka: Yin, H., Zhang, J., & Li, Y. (2023). Contribution quality evaluation of table tennis match by comprehensive methods. International Journal of Performance Analysis in Sport, 23(5), 815–829.

Materi: strategi & taktik bermain.
Pustaka: Juniarica, DL., & Ardijanto, D. (2017). Permainan Tenis Meja. Unesapress.
3%

10

Minggu ke 10

Memahami sistem pertandingan tenis meja.

Menjelaskan format pertandingan & sistem gugur.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: sistem pertandingan tenis meja.
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.
3%

11

Minggu ke 11

Luring
100

Materi: prinsip dasar perwasitan.
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.

Materi: prinsip dasar perwasitan.
Pustaka: Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI). (2024). Peraturan teknis dan pedoman pertandingan tenis meja nasional. Jakarta: PP PTMSI.
3%

12

Minggu ke 12

Mempraktikkan perwasitan pertandingan.

Luring

Materi: perwasitan pertandingan.
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.

Materi: perwasitan pertandingan.
Pustaka: Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI). (2024). Peraturan teknis dan pedoman pertandingan tenis meja nasional. Jakarta: PP PTMSI.
4%

13

Minggu ke 13

Menyusun skenario, pembagian peran, pengambilan gambar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Perwasitan
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.

Materi: Perwasitan
Pustaka: Juniarica, DL., & Ardijanto, D. (2017). Permainan Tenis Meja. Unesapress.

Materi: perwasitan
Pustaka: Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI). (2024). Peraturan teknis dan pedoman pertandingan tenis meja nasional. Jakarta: PP PTMSI.
4%

14

Minggu ke 14

Mengidentifikasi 3 kesalahan keputusan & solusinya.

Kriteria:

4 = analisis tajam; 3 = cukup; 2 = dangkal; 1 = salah.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: perwasitan
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.
3%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
100

Materi: perwasitan pertandingan.
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.
4%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: perwasitan
Pustaka: International Table Tennis Federation (ITTF). (2025). ITTF statutes – Laws of table tennis (Release 1, 2025 Edition). Lausanne: ITTF.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 29.5%
3. Penilaian Portofolio 4%
4. Praktik / Unjuk Kerja 2%
5. Tes 5%
96%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.