
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Manajemen Strategik Pendidikan |
8610402136 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
17 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Kaniati Amalia, M.Pd; Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.; Dr. Syunu Trihantoyo, M.Pd.
|
Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.
|
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi data |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan memgembangkan supervisi dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif sesuai dengan bidang keilmuan Manajemen Pendidikan (pemimpin) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami Pengertian Manajemen Strategik dalam Pendidikan
|
PO - 2 |
Mampu memahami Organisasi Lembaga Pendidikan
|
PO - 3 |
Mampu memahami Model Manajemen Strategik dalam Pendidikan
|
PO - 4 |
Mampu memahami Visi, Misi, Nilai-Nilai
|
PO - 5 |
Mampu memahami Telaah Lingkungan Strategis
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | PO-3 | ✔ | | ✔ | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Manajemen Strategik Pendidikan pada jenjang S2 membahas konsep, teori, dan praktik terkait manajemen strategik dalam konteks pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari strategi pengembangan pendidikan, perencanaan strategis, implementasi kebijakan, evaluasi, dan pengambilan keputusan strategis dalam manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya analisis situasi, perubahan lingkungan, serta pengelolaan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dengan memahami manajemen strategik pendidikan, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kepemimpinan, merumuskan strategi inovatif, dan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan di era yang terus berkembang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
- Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo.
- Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press.
- Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson.
- Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si. Dr. Erny Roesminingsih, M.Si. Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd. Dr. Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd. Dr. Mohammad Syahidul Haq, S.Pd., M.Pd. Dr. Kaniati Amalia, M.Pd. Dr. Mufarrihul Hazin, S.Pd.I., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami Pengantar Manajemen Strategik dalam Pendidikan |
- Definisi dan Ruang Lingkup Manajemen Strategik
- Evolusi Manajemen Strategik dalam Pendidikan
- Tantangan dan Peluang Manajemen Strategik dalam Pendidikan
|
Kriteria:
Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi dan Presentasi 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi dan Presentasi 2 x 50 |
Materi: Pengantar Manajemen Strategik dalam Pendidikan Pustaka: Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami Teori dan Model Manajemen Strategik |
- Teori Sumber Daya Berbasis (Resource-Based View)
- Teori Kelembagaan (Institutional Theory)
- Teori Pemangku Kepentingan (Stakeholder Theory)
|
Kriteria:
Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Cearamah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Cearamah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Materi: Teori dan Model Manajemen Strategik Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal (SWOT Analysis) |
- Analisis Lingkungan Eksternal
- Analisis Lingkungan Internal (Analisis Kekuatan dan Kelemahan)
- Integrasi Analisis Eksternal dan Internal (Matriks SWOT)
|
Kriteria:
Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan keaktifan mahasiswa dalam sesi diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan diskusi 2 x 50 |
Materi: Lingkungan Eksternal Pustaka: Hubeis Musa. 2008. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jkt: PT Elex Media K. Materi: Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal (SWOT Analysis) Pustaka: Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis Strategi PESTEL Analysis |
- Analisis Faktor-Faktor Eksternal
- Identifikasi Peluang dan Ancaman
- Strategi Respon terhadap Perubahan Lingkungan
|
Kriteria:
- Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
- Ketepatan analisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Analisis Lingkungan Internal Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall Materi: Strategi PESTEL Analysis Pustaka: Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis Shared Value and Competitive Advantage |
- Pengertian Shared Value
- Hubungan antara Shared Value dan Keunggulan Kompetitif
- Strategi Implementasi Shared Value dalam Pendidikan
|
Kriteria:
- Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
- Ketepatan analisis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Caramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Caramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Shared Value and Competitive Advantage Pustaka: Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis Analisis Balanced Scorecard |
- Konsep Balanced Scorecard dan Empat Perspektifnya
- Pengembangan Indikator Kinerja Utama (KPI)
- Penggunaan Balanced Scorecard untuk Pengambilan Keputusan Strategis
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dan ketepatan mahasiswa dalam menyusun makalah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Ceramah dan Diskusi 2 x 50 |
Presentasi, Ceramah dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Analisis Balanced Scorecard Pustaka: Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menguasai analisis Strategi Analisis Porter’s Five Forces |
- Internal Analysis: Resources, Capabilities, and Core Competencies
- Analisis Daya Saing dalam Industri Pendidikan
- Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Kompetitif
- Strategi untuk Meningkatkan Daya Saing
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Tingkatan dan tipe strategi Pustaka: Husein Umar.2001. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Materi: Strategi Analisis Porter’s Five Forces Pustaka: Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menguasai seluruh materi melalui tes ujian tengah semester |
Penguasaan seluruh materi sampai pekan ujian tengah semester |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menguasai seluruh materi perkuliahan Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2 x 50 |
Tes 2 x 50 |
Materi: Manajemen stretagik Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc Materi: Model manajemen strategik Pustaka: Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menguasai analisis Strategi Root Cause Analysis |
- Perspectives on Strategic Planning in the Public Sector
- Metode 5 Whys
- Diagram Pareto
- Integrasi Root Cause Analysis dengan Teknik Pemecahan Masalah Lainnya
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas matakuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 x 50 |
Presentasi kelompok dan diskusi 2 x 50 |
Materi: Strategi Root Cause Analysis Pustaka: Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan Perumusan Visi, Misi, dan Nilai Lembaga Pendidikan |
- Proses Perumusan Visi, Misi, dan Nilai
- Perbedaan dan Hubungan Visi, Misi, dan Nilai
- Menyusun Visi, Misi, dan Nilai yang Selaras dengan Stakeholder
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Perumusan Visi, Misi, dan Nilai Lembaga Pendidikan Pustaka: Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan Penetapan Tujuan Strategis dalam Pendidikan |
- Tujuan Strategis yang SMART
- Menghubungkan Tujuan Strategis dengan Visi, Misi, dan Nilai
- Prioritas Tujuan Strategis
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Penetapan Tujuan Strategis dalam Pendidikan Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis Strategi Diferensiasi dan Biaya Rendah dalam Pendidikan |
- Strategi Diferensiasi
- Strategi Biaya Rendah (efisiensi)
- Kombinasi Strategi Diferensiasi dan Biaya Rendah
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Strategi Diferensiasi dan Biaya Rendah dalam Pendidikan Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Strategi dalam Organisasi Pendidikan |
- Langkah-langkah Implementasi Strategi
- Peran Kepemimpinan dan Manajemen
- Pengelolaan Sumber Daya Manusia
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Implementasi Strategi dalam Organisasi Pendidikan Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis Evaluasi dan Pengendalian Strategi |
- Metode Evaluasi dan Pengendalian Strategi
- Penggunaan Indikator Kinerja Utama (KPI)
- Pengambilan Keputusan Berdasarkan Hasil Evaluasi
|
Kriteria:
Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Evaluasi dan Pengendalian Strategi Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis Kepemimpinan Strategik dalam Pendidikan |
Peran Kepemimpinan dalam Manajemen Strategik |
Kriteria:
- Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah
- Gaya Kepemimpinan yang Efektif
- Membangun Budaya Organisasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Ceramah, Presentasi dan Diskusi 2 x 50 |
Materi: Kepemimpinan Strategik dalam Pendidikan Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Sumatif (US) |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Presentasi Hasil Penyusunan Renstra 2 x 50 |
Presentasi Hasil Penyusunan Renstra 2 x 50 |
|
20% |