Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Manajemen Strategik Pendidikan

8610402136

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

17 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Kaniati Amalia, M.Pd; Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.; Dr. Syunu Trihantoyo, M.Pd.




Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.




Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi data

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan memgembangkan supervisi dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif sesuai dengan bidang keilmuan Manajemen Pendidikan (pemimpin)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami Pengertian Manajemen Strategik dalam Pendidikan

PO - 2

Mampu memahami Organisasi Lembaga Pendidikan

PO - 3

Mampu memahami Model Manajemen Strategik dalam Pendidikan

PO - 4

Mampu memahami Visi, Misi, Nilai-Nilai

PO - 5

Mampu memahami Telaah Lingkungan Strategis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-8
PO-1  
PO-2 
PO-3 
PO-4  
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Manajemen Strategik Pendidikan pada jenjang S2 membahas konsep, teori, dan praktik terkait manajemen strategik dalam konteks pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari strategi pengembangan pendidikan, perencanaan strategis, implementasi kebijakan, evaluasi, dan pengambilan keputusan strategis dalam manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya analisis situasi, perubahan lingkungan, serta pengelolaan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Dengan memahami manajemen strategik pendidikan, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kepemimpinan, merumuskan strategi inovatif, dan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan di era yang terus berkembang.

Pustaka

Utama :

  1. David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
  2. Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo.
  3. Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press.
  4. Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson.
  5. Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.

Dr. Erny Roesminingsih, M.Si.

Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd.

Dr. Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd.

Dr. Mohammad Syahidul Haq, S.Pd., M.Pd.

Dr. Kaniati Amalia, M.Pd.

Dr. Mufarrihul Hazin, S.Pd.I., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami Pengantar Manajemen Strategik dalam Pendidikan

  1. Definisi dan Ruang Lingkup Manajemen Strategik
  2. Evolusi Manajemen Strategik dalam Pendidikan
  3. Tantangan dan Peluang Manajemen Strategik dalam Pendidikan
Kriteria:

Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi dan Presentasi
2 x 50
Ceramah, Diskusi dan Presentasi
2 x 50
Materi: Pengantar Manajemen Strategik dalam Pendidikan
Pustaka: Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami Teori dan Model Manajemen Strategik

  1. Teori Sumber Daya Berbasis (Resource-Based View)
  2. Teori Kelembagaan (Institutional Theory)
  3. Teori Pemangku Kepentingan (Stakeholder Theory)
Kriteria:

Keaktifan dalam pembelajaran dan ketepatan dalam memberikan jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Cearamah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Cearamah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Materi: Teori dan Model Manajemen Strategik
Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal (SWOT Analysis)

  1. Analisis Lingkungan Eksternal
  2. Analisis Lingkungan Internal (Analisis Kekuatan dan Kelemahan)
  3. Integrasi Analisis Eksternal dan Internal (Matriks SWOT)
Kriteria:

Kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan keaktifan mahasiswa dalam sesi diskusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan diskusi
2 x 50
Materi: Lingkungan Eksternal
Pustaka: Hubeis Musa. 2008. Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jkt: PT Elex Media K.

Materi: Analisis Lingkungan Eksternal dan Internal (SWOT Analysis)
Pustaka: Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis Strategi PESTEL Analysis

  1. Analisis Faktor-Faktor Eksternal
  2. Identifikasi Peluang dan Ancaman
  3. Strategi Respon terhadap Perubahan Lingkungan
Kriteria:
  1. Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
  2. Ketepatan analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Analisis Lingkungan Internal
Pustaka: David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. 13th Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall

Materi: Strategi PESTEL Analysis
Pustaka: Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis Shared Value and Competitive Advantage

  1. Pengertian Shared Value
  2. Hubungan antara Shared Value dan Keunggulan Kompetitif
  3. Strategi Implementasi Shared Value dalam Pendidikan
Kriteria:
  1. Keaktifan dan partisipasi mahasiswa
  2. Ketepatan analisis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Caramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Caramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Shared Value and Competitive Advantage
Pustaka: Hery. 2018. Manajemen Strategik . Jakarta: PT Grasindo.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menganalisis Analisis Balanced Scorecard

  1. Konsep Balanced Scorecard dan Empat Perspektifnya
  2. Pengembangan Indikator Kinerja Utama (KPI)
  3. Penggunaan Balanced Scorecard untuk Pengambilan Keputusan Strategis
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dan ketepatan mahasiswa dalam menyusun makalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Ceramah dan Diskusi
2 x 50
Presentasi, Ceramah dan Diskusi
2 x 50
Materi: Analisis Balanced Scorecard
Pustaka: Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menguasai analisis Strategi Analisis Porter’s Five Forces

  1. Internal Analysis: Resources, Capabilities, and Core Competencies
  2. Analisis Daya Saing dalam Industri Pendidikan
  3. Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Kompetitif
  4. Strategi untuk Meningkatkan Daya Saing
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Tingkatan dan tipe strategi
Pustaka: Husein Umar.2001. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Materi: Strategi Analisis Porter’s Five Forces
Pustaka: Lynch, R. 2018. Strategik Management. New York: Pearson.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menguasai seluruh materi melalui tes ujian tengah semester

Penguasaan seluruh materi sampai pekan ujian tengah semester

Kriteria:

Mahasiswa mampu menguasai seluruh materi perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2 x 50
Tes
2 x 50
Materi: Manajemen stretagik
Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc

Materi: Model manajemen strategik
Pustaka: Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge.
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menguasai analisis Strategi Root Cause Analysis

  1. Perspectives on Strategic Planning in the Public Sector
  2. Metode 5 Whys
  3. Diagram Pareto
  4. Integrasi Root Cause Analysis dengan Teknik Pemecahan Masalah Lainnya
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas matakuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 50
Presentasi kelompok dan diskusi
2 x 50
Materi: Strategi Root Cause Analysis
Pustaka: Shimizu, K. 2012. The Cores of Strategik Management. New York: Routledge.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Perumusan Visi, Misi, dan Nilai Lembaga Pendidikan

  1. Proses Perumusan Visi, Misi, dan Nilai
  2. Perbedaan dan Hubungan Visi, Misi, dan Nilai
  3. Menyusun Visi, Misi, dan Nilai yang Selaras dengan Stakeholder
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Perumusan Visi, Misi, dan Nilai Lembaga Pendidikan
Pustaka: Lantip, D.P. 2018. Manajemen Strategik . Yogyakarta: UNY Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengaplikasikan Penetapan Tujuan Strategis dalam Pendidikan

  1. Tujuan Strategis yang SMART
  2. Menghubungkan Tujuan Strategis dengan Visi, Misi, dan Nilai
  3. Prioritas Tujuan Strategis
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Penetapan Tujuan Strategis dalam Pendidikan
Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis Strategi Diferensiasi dan Biaya Rendah dalam Pendidikan

  1. Strategi Diferensiasi
  2. Strategi Biaya Rendah (efisiensi)
  3. Kombinasi Strategi Diferensiasi dan Biaya Rendah
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Strategi Diferensiasi dan Biaya Rendah dalam Pendidikan
Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Strategi dalam Organisasi Pendidikan

  1. Langkah-langkah Implementasi Strategi
  2. Peran Kepemimpinan dan Manajemen
  3. Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Implementasi Strategi dalam Organisasi Pendidikan
Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis Evaluasi dan Pengendalian Strategi

  1. Metode Evaluasi dan Pengendalian Strategi
  2. Penggunaan Indikator Kinerja Utama (KPI)
  3. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Hasil Evaluasi
Kriteria:

Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Evaluasi dan Pengendalian Strategi
Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis Kepemimpinan Strategik dalam Pendidikan

Peran Kepemimpinan dalam Manajemen Strategik

Kriteria:
  1. Keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan serta ketepatan dalam menyusun tugas mata kuliah
  2. Gaya Kepemimpinan yang Efektif
  3. Membangun Budaya Organisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Ceramah, Presentasi dan Diskusi
2 x 50
Materi: Kepemimpinan Strategik dalam Pendidikan
Pustaka: David, F.R. 2011. Strategic Management: Concept and Cases . US: Pearson Education, Inc
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Sumatif (US)


Bentuk Penilaian :
Tes
Presentasi Hasil Penyusunan Renstra
2 x 50
Presentasi Hasil Penyusunan Renstra
2 x 50
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 44.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 1.67%
3. Penilaian Portofolio 24.17%
4. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.