
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Skripsi |
7920106121 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=6 |
P=0 |
ECTS=9.54 |
8 |
24 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim Dosen
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
PARMIN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia |
PLO-10 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengetahui konsep, istilah, dan penerapan penelitian (kebahsaan dan kesastraan) secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu menguasai berbagai metode penelitian bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian karya sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian sastra. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP
- Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Grup.
- Endrawara, Suwardi. 2011. Metode Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: CAPS
- Pradopo, Rachmat Djoko. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
- Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press.
- Mahsun. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta.
- Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta.
- Littoseliti, Lia. 2010. Reserach Methods in Lingusitics. New York: Continuum.
|
Pendukung : |
|
- Buku buku metode penelitian
|
Dosen Pengampu
|
HARIS SUPRATNO SETYA YUWANA MULYONO PARMIN ANDIK YULIYANTO Drs. Parmin, M.Hum. Drs. Parmin, M.Hum. Andik Yuliyanto, S.S., M.Si. Andik Yuliyanto, S.S., M.Si. Dr. Mulyono, M.Hum. Dr. Mulyono, M.Hum. Prof. Dr. H. Haris Supratno Prof. Dr. H. Haris Supratno Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A. Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
· Mendiskusikan pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra · Curah gagasan tentang topik penelitian |
· Mendiskusikan pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra · Curah gagasan tentang topik penelitian |
Kriteria:
- Kehadiran
- Keatifan diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Diskusi kelompok di (secara) kelas · Curah pendapat dan gagasan secara klasikal 2 X 50 |
|
Materi: pengertian, ciri, dan jenis penelitian bahasa dan sastra Pustaka: Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
· Mahsiswa mampu membentuk kelompok dan memilih topik dalam buku metode penelitian untuk dibahas |
· Mendiskusikan pembentukan kelompok-Mendiskusikan pemilihan topik dalam buku · Curah gagasan tentang topik penelitian. |
Kriteria:
- Hadir dan aktif dalam perkuliahan daring
- Mengumpulkan tugas (mind map)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Diskusi kelompok · Curah pendapat dan gagasan secara klasikal 2 X 50 |
|
Materi: membentuk kelompok dan memilih topik dalam buku metode penelitian untuk dibahas Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami "Pertanyaan Penelitian dalam Linguistik"Mahasiswa memahami topik yang diajukan |
· Mahasiswa berdiskusi aktif tentang topik yang dibahas. Mahasiswa mampu menentukan topik |
Kriteria:
- Hadir dan aktif dalam perkuliahan daring
- Mengumpulkan tugas (mind map)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
· Presentasi dan Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Pertanyaan Penelitian dalam Linguistik Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif 2. Mahasiswa (kelompok ke-2) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif 3. Mahasiswa (kelompok ke-2) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif dan kualitatif Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami metode penelitian kuantitatif dalam linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode penelitian kuantitatif 2. Mahasiswa (kelompok ke-3) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai metode penelitian kuantitatif 3. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: metode penelitian kuantitatif dalam linguistik Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
6
Minggu ke 6 |
·Mahsiswa memahami cara mengorganisasikan (menata) dan memproses data |
Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi |
Kriteria:
Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
·PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mahasiswa mampu menyusun topik berdasarekan bagian yang dibahas 1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai cara mengorganisasikan dan memproses data 2. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan cara mengorganisasikan dan memproses data 3. Mahasiswa (kelompok ke-4) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdiskusi Pustaka: Mahsun. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
· Mahasiswa memahami metode kopus dalam linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai metode korpus dalam linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-5) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan metode korpus dalam linguistik 3. Mahasiswa (kelompok ke-5) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: metode kopus dalam linguistik Pustaka: Materi: metode kopus dalam linguistik Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa memahami pendekatan Analisis Wacana |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai pendekatan analisis wacana 2. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan analisis wacana 3. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 2 X 50 |
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
· Mahasiswa memahami Etnografi Linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai etnografi linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-7) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan etnografi lingusitik 3. Mahasiswa (kelompok ke-7) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
·Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Etnografi Linguistik Pustaka: Kisyani-Laksono dan Agusniar Dian Savitri. 2008. Dialektologi. Surabaya: University Press. |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun 2. Mahasiswa (kelompok ke-8) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik yang terkait dengan wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun 3. Mahasiswa (kelompok ke-8) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: wawancara dan (diskusi) kelompok terpumpun Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami analisis multimodal |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai analisis multimodal 2. Mahasiswa (kelompok ke-9) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai analisis multi moda 3. Mahsiswa (kelompok ke-9) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: analisis multimodal Pustaka: Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Grup. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami analisis naratif dalam penelitian linguistik |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap mengenai analisis naratif dalam penelitian linguistik 2. Mahasiswa (kelompok ke-10) mampu membuat makalah termasuk menyusun topik mengenai analisis naratif dalam linguistik 3. Mahasiswa (kelompok ke-10) mampu persentasi 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: analisis naratif dalam penelitian linguistik Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memantapkan opik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap artikel mengenai topik yang dipilih 2. Mahasiswa mampu mempersentasikan topik yang dipilih 4. Mahasiswa mampu berdisuksi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel Pustaka: Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memantapkan topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel |
1. Mahasiswa mampu membuat mindmap artikel mengenai topik yang dipilih 2. Mahasiswa mampu mempersentasikan topik yang dipilih 4. Mahasiswa mampu berdiskusi |
Kriteria:
- hadir dalam vinesa
- aktif berdiskusi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 4 X 50 |
|
Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAP |
5% |
15
Minggu ke 15 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 4 X 50 |
|
Materi: topik penelitian yang akan ditulis menjadi artikel Pustaka: Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UAS 4 X 50 |
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Sudaryanto. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta. |
5% |