Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kurikulum Sekolah

8420402328

T=2

P=0

ECTS=3.18

2

9 Juli 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia

PLO-9

Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, pembelajaran dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

PLO-10

Mampu melakukan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam menelaah kurikulum

PO - 2

Memiliki pengetahuan tentang perkembangan kurikulum sekolah, prinsip-prinsip analisis kurikulum dan menguasai konsep-konsep MIPA beserta pembelajarannya termasuk miskonsepsi dan strategi mengatasinya

PO - 3

Memiliki keterampilan untuk melakukan analisis kurikulum untuk menemukan indikator kompetensi, memilih materi termasuk keluasan dan kedalaman

PO - 4

Memiliki sikap bertanggung jawab yang tercermin dari hasil telaah kurikulum yang kritis dan teliti

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, adaptasi kurikulum terkini terhadap implimentasi kurikulum di sekolah, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian serta mengakomodasi pendidikan inklusi, konsep-konsep esensial dan pembelajarannya, miskonsepsi dan strategi penanggulangannya yang lebih ditekankan pada pembelajaran kimia.

Pustaka

Utama :

  1. Goos, M., Stillman, G., Vale, C. 2007. Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century . Australia: Allen & Unwin.
  2. Hamdani, Hamid. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
  3. Ibrahim, dkk. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada
  4. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pendukung :

  1. Yee, Lee Peng. 2006. Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book . McGraw-Hill.
  2. Ruhimat, T. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan KTP UPI

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Achmad Lutfi, M.Pd.

Dr.Hj. Rinaningsih, S.Pd., M.Pd.

Dr. Dian Novita, S.T., M.Pd.

Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan pengertian, fungsi, dan prinsip kurikulum sekolah berdsarkan kurikulum yang sedang berlaku atau yang lampau.



Materi: Kurikulum, fungsi, prinsip
Pustaka: Hamdani, Hamid. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
0%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan landasan pengembangan kurikulum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Landasan perkembangan kurikulum
Pustaka: Ibrahim, dkk. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada
10%

3

Minggu ke 3

Mampu mengikuti perkembangan kurikulum sekolah.


Bentuk Penilaian :
Tes


Materi: Perkembangan kurikulum di Indonesia.
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
10%

4

Minggu ke 4

Mampu mengikuti perkembangan kurikulum sekolah.



Materi: Analisis kurikulum Kurikulum dan perkembanganya
Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
0%

5

Minggu ke 5

Menganalisis standar isi kurikulum kimia pada SMA dan SMK yang sedang berlaku/digunakan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


10%

6

Minggu ke 6

Menganalisis standar isi kurikulum kimia pada SMA dan SMK yang sedang berlaku/digunakan.


Bentuk Penilaian :
Tes


10%

7

Minggu ke 7

Menganalisis standar isi kurikulum kimia pada SMA dan SMK yang sedang berlaku/digunakan.



0%

8

Minggu ke 8


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Luring
    100 menit
    0
    0
    10%

    9

    Minggu ke 9

    Menentukan konsep esensial, indicator kompetensi materi kimia di SMA/MA dan SMK.



    0%

    10

    Minggu ke 10

    Menentukan konsep esensial, indicator kompetensi materi kimia di SMA/MA dan SMK.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    10%

    11

    Minggu ke 11

    Menentukan konsep esensial, indicator kompetensi materi kimia di SMA/MA dan SMK.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes


    10%

    12

    Minggu ke 12

    Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas


    Bentuk Penilaian :
    Tes


    10%

    13

    Minggu ke 13

    Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas



    0%

    14

    Minggu ke 14

    Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif


    10%

    15

    Minggu ke 15

    Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes


    10%

    16

    Minggu ke 16



    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 60%
    2. Tes 40%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.