
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kurikulum Sekolah |
8420402328 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
2 |
9 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik kimia tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia |
PLO-9 |
Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, pembelajaran dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. |
PLO-10 |
Mampu melakukan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam menelaah kurikulum
|
PO - 2 |
Memiliki pengetahuan tentang perkembangan kurikulum sekolah, prinsip-prinsip analisis kurikulum dan menguasai konsep-konsep MIPA beserta pembelajarannya termasuk miskonsepsi dan strategi mengatasinya
|
PO - 3 |
Memiliki keterampilan untuk melakukan analisis kurikulum untuk menemukan indikator kompetensi, memilih materi termasuk keluasan dan kedalaman
|
PO - 4 |
Memiliki sikap bertanggung jawab yang tercermin dari hasil telaah kurikulum yang kritis dan teliti
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, adaptasi kurikulum terkini terhadap implimentasi kurikulum di sekolah, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian serta mengakomodasi pendidikan inklusi, konsep-konsep esensial dan pembelajarannya, miskonsepsi dan strategi penanggulangannya yang lebih ditekankan pada pembelajaran kimia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Goos, M., Stillman, G., Vale, C. 2007. Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century . Australia: Allen & Unwin.
- Hamdani, Hamid. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
- Ibrahim, dkk. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada
- Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
Pendukung : |
|
- Yee, Lee Peng. 2006. Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book . McGraw-Hill.
- Ruhimat, T. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan KTP UPI
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Achmad Lutfi, M.Pd. Dr.Hj. Rinaningsih, S.Pd., M.Pd. Dr. Dian Novita, S.T., M.Pd. Dr. Rosalina Eka Permatasari, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan pengertian, fungsi, dan prinsip kurikulum sekolah berdsarkan kurikulum yang sedang berlaku atau yang lampau. |
|
|
|
|
Materi: Kurikulum, fungsi, prinsip Pustaka: Hamdani, Hamid. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan landasan pengembangan kurikulum |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Landasan perkembangan kurikulum Pustaka: Ibrahim, dkk. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu mengikuti perkembangan kurikulum sekolah. |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: Perkembangan kurikulum di Indonesia. Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengikuti perkembangan kurikulum sekolah. |
|
|
|
|
Materi: Analisis kurikulum Kurikulum dan perkembanganya Pustaka: Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis standar isi kurikulum kimia pada SMA dan SMK yang sedang berlaku/digunakan. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis standar isi kurikulum kimia pada SMA dan SMK yang sedang berlaku/digunakan. |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
10% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis standar isi kurikulum kimia pada SMA dan SMK yang sedang berlaku/digunakan. |
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 100 menit |
0 0 |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menentukan konsep esensial, indicator kompetensi materi kimia di SMA/MA dan SMK. |
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menentukan konsep esensial, indicator kompetensi materi kimia di SMA/MA dan SMK. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menentukan konsep esensial, indicator kompetensi materi kimia di SMA/MA dan SMK. |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
10% |
13
Minggu ke 13 |
Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas |
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Merencanakan strategi pembelajaran kimia di kelas |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |