Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Diagnosis dan Perubahan Organisasi

7310104017

T=4

P=0

ECTS=8.96

2

4 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi, Psikolog




.......................................




RIZA NOVIANA KHOIRUNNISA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia

PLO-6

Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat menginterpretasikan ruang lingkup dan batasan utama dalam diagnosis dan perubahan organisasi

PO - 2

Mahasiswa dapat menganalisa hubungan antara tujuan diagnosis organisasi dengan tantangan perubahan di organisasi masa kini

PO - 3

Mahasiswa dapat mengklasifikasikan perkembangan awal diagnosis organisasi berdasarkan periode waktu dan kontribusi tokoh-tokoh penting

PO - 4

Mahasiswa dapat menyusun penerapan model diagnosis organisasi dalam sebuah studi kasus yang relevan dengan organisasi modern

PO - 5

Mahasiswa dapat menyusun tahapan-tahapan yang diperlukan dalam diagnosis organisasi dan teknik pengumpulan data yang efektif dalam suatu organisasi

PO - 6

Mahasiswa dapat mengevaluasi keakuratan dan keandalan data yang dikumpulkan selama proses diagnosis organisasi untuk mendukung keputusan yang tepathasil diagnosis organisasi secara efektif

PO - 7

Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas berbagai metode umpan balik dalam diagnosis organisasi dalam konteks organisasi yang berbeda

PO - 8

Mahasiswa dapat menganalisa berbagai konsep dan teori yang telah dipelajari dalam mata kuliah Diagnosis dan Perubahan Organisasi untuk menyelesaikan soal ujian yang diberikan

PO - 9

Mahasiswa dapat menganalisa perbedaan antara berbagai teori perubahan organisasi dan bagaimana masing-masing teori dapat diterapkan dalam konteks yang berbeda

PO - 10

Mahasiswa dapat menyusun rencana perubahan organisasi berdasarkan pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut

PO - 11

Mahasiswa dapat menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan organisasi dan bagaimana faktor-faktor tersebut saling berinteraksi dalam proses perubahan

PO - 12

Mahasiswa dapat menganalisa berbagai model perubahan organisasi dan bagaimana model-model tersebut dapat diterapkan dalam konteks yang berbeda

PO - 13

Mahasiswa dapat menyusun langkah-langkah implementasi perubahan organisasi berdasarkan teori dan model yang telah dipelajari untuk diterapkan dalam studi kasus organisasi

PO - 14

Mahasiswa dapat menyusun strategi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi perubahan organisasi, dengan menggunakan teori dan model yang relevan

PO - 15

Mahasiswa dapat mengevaluasi dan merumuskan jawaban yang relevan atas soal ujian yang berkaitan dengan teori dan konsep perubahan organisasi, serta memberikan penilaian yang logis dan sistematis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10  
PO-11  
PO-12  
PO-13  
PO-14  
PO-15  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13
PO-14
PO-15

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah diagnosis dan perubahan organisasi membahas konsep, teori, dan langkah-langkah dalam mendiagnosis kondisi organisasi serta strategi perubahan yang efektif. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model diagnosis organisasi, analisis data dalam melakukan diagnosis. Mahasiswa juga akan belajar mengenai tantangan dan cara mengatasi perubahan organisasi

Pustaka

Utama :

  1. Alderfer. (2010). The Practice of Organizational Diagnosis: Theory and Methods. Oxford University Press, USA.
  2. Harrison, M. I., & Shirom, A. (1988). Organizational Diagnosis and Assessment: Bridging Theory and Practice. SAGE Publications, Inc.
  3. Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.
  4. Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage.
  5. Rothwell, W. J., et al. (2015). Organizational Development Fundamentals: Managing Strategic Change. ATD Press.
  6. Aslinda., Guntur, M., & Nur, A. C. (2016). Pengembangan dan Perubahan Organisasi. K-Media.
  7. Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia.
  8. Langton, Robbins, & Judge. (2015). Organizational behavior, concepts, controversies, applications. Pearson.
  9. Truxillo, Bauer, & Erdogan. (2016). Psychology and work : Perspectives on industrial and organizational psychology. Routledge.
  10. Setyaji, A. D., et al. (2022). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. CV. Widina Media Utama.

Pendukung :

Dosen Pengampu

UMI ANUGERAH IZZATI

Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.

Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi

Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
Penugasan
Diskusi Kelompok
4 x 50

Materi: Ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi
Pustaka: Alderfer. (2010). The Practice of Organizational Diagnosis: Theory and Methods. Oxford University Press, USA.

Materi: Ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi
Pustaka: Harrison, M. I., & Shirom, A. (1988). Organizational Diagnosis and Assessment: Bridging Theory and Practice. SAGE Publications, Inc.

Materi: Ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi
Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, tujuan, dan manfaat diagnosis organisasi dalam konteks pengelolaan perubahan organisasi

Mahasiswa dapat menjelaskan definisi, tujuan, dan manfaat diagnosis organisasi dalam konteks pengelolaan perubahan organisasi.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
4 x 50

Materi: Konsep dasar diagnosis organisasi (definisi, tujuan, manfaat)
Pustaka: Harrison, M. I., & Shirom, A. (1988). Organizational Diagnosis and Assessment: Bridging Theory and Practice. SAGE Publications, Inc.

Materi: Konsep dasar diagnosis organisasi (definisi, tujuan, manfaat)
Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.

Materi: Konsep dasar diagnosis organisasi (definisi, tujuan, manfaat)
Pustaka: Rothwell, W. J., et al. (2015). Organizational Development Fundamentals: Managing Strategic Change. ATD Press.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi asal-usul, perkembangan, serta peran diagnosis organisasi dalam praktik manajemen modern.

Mahasiswa dapat menjelaskan asal-usul, perkembangan, serta peran diagnosis organisasi dalam praktik manajemen modern.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
4 x 50

Materi: Sejarah/Awal Mula Diagnosis Organisasi
Pustaka: Alderfer. (2010). The Practice of Organizational Diagnosis: Theory and Methods. Oxford University Press, USA.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu membandingkan berbagai model diagnosis organisasi serta menentukan model yang tepat untuk berbagai kondisi organisasi.

Mahasiswa dapat membandingkan berbagai model diagnosis organisasi serta menentukan model yang tepat untuk berbagai kondisi organisasi.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
4 x 50

Materi: Model diagnosis
Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.
2%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan tahapan diagnosis organisasi serta memilih metode pengumpulan data yang sesuai dalam proses diagnosis organisasi.

Mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan tahapan diagnosis organisasi serta memilih metode pengumpulan data yang sesuai dalam proses diagnosis organisasi.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
4 x 50

Materi: Tahapan diagnosis organisasi
Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.

Materi: Tahapan diagnosis organisasi
Pustaka: Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage.

Materi: Tahapan diagnosis organisasi
Pustaka: Rothwell, W. J., et al. (2015). Organizational Development Fundamentals: Managing Strategic Change. ATD Press.
2%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengolah dan menganalisis data hasil diagnosis organisasi untuk mengidentifikasi masalah serta menentukan solusi yang tepat.

Mahasiswa dapat menganalisis data hasil diagnosis organisasi untuk mengidentifikasi masalah serta menentukan solusi yang tepat.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
4 x 50

Materi: Analisis data diagnosis organisasi
Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.
2%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun dan menyampaikan hasil diagnosis organisasi dalam bentuk laporan serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada pemangku kepentingan.

Mahasiswa dapat menyampaikan hasil diagnosis organisasi dalam bentuk laporan serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada pemangku kepentingan.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok
4 x 50

Materi: Umpan balik diagnosis organisasi
Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Semua materi pertemuan 1-7

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

Ujian
4 x 50
Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.

Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: Alderfer. (2010). The Practice of Organizational Diagnosis: Theory and Methods. Oxford University Press, USA.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami teori-teori perubahan organisasi serta mengaplikasikannya dalam konteks nyata.

Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori perubahan organisasi serta mengaplikasikannya dalam konteks nyata.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Diskusi kelompok
4 x 50
Materi: Teori perubahan organisasi
Pustaka: Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage.

Materi: Teori perubahan organisasi
Pustaka: Aslinda., Guntur, M., & Nur, A. C. (2016). Pengembangan dan Perubahan Organisasi. K-Media.

Materi: Teori perubahan organisasi
Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap proses perubahan dalam organisasi.

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap proses perubahan dalam organisasi.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project Based Learning
4 x 50
Materi: Faktor perubahan organisasi
Pustaka: Langton, Robbins, & Judge. (2015). Organizational behavior, concepts, controversies, applications. Pearson.

Materi: Faktor perubahan organisasi
Pustaka: Setyaji, A. D., et al. (2022). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. CV. Widina Media Utama.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor yang mempengaruhi perubahan dalam organisasi.

Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor yang mempengaruhi perubahan dalam organisasi.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project based learning
4 x 50
Materi: Faktor perubahan organisasi
Pustaka: Langton, Robbins, & Judge. (2015). Organizational behavior, concepts, controversies, applications. Pearson.

Materi: Faktor perubahan organisasi
Pustaka: Setyaji, A. D., et al. (2022). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. CV. Widina Media Utama.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami berbagai model perubahan organisasi serta menentukan model yang paling sesuai untuk kondisi tertentu dalam organisasi.

Mahasiswa mampu menjelaskan dan membandingkan berbagai model perubahan organisasi serta menentukan model yang paling sesuai untuk kondisi tertentu dalam organisasi.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project based learning
4 x 50
Materi: Model perubahan organisasi
Pustaka: Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage.

Materi: Model perubahan organisasi
Pustaka: Truxillo, Bauer, & Erdogan. (2016). Psychology and work : Perspectives on industrial and organizational psychology. Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah strategis dalam proses implementasi perubahan organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan langkah-langkah strategis dalam proses implementasi perubahan organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project based leaning
4 x 50
Materi: Langkah-langkah implementasi perubahan organisasi
Pustaka: Aslinda., Guntur, M., & Nur, A. C. (2016). Pengembangan dan Perubahan Organisasi. K-Media.

Materi: Langkah-langkah implementasi perubahan organisasi
Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif.

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project based learning
4 x 50
Materi: Tantangan dan cara mengatasi perubahan organisasi
Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif.

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif.

Kriteria:

Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Project based learning
4 x 50
Materi: Tantangan dan cara mengatasi perubahan organisasi
Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia.
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester

Semua materi pertemuan 8 - 15

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Ujian
4 x 50
Materi: Materi pertemuan 8 - 15
Pustaka: Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage.

Materi: Materi pertemuan 8 - 15
Pustaka: Langton, Robbins, & Judge. (2015). Organizational behavior, concepts, controversies, applications. Pearson.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 36%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 54%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.