
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Psikologi
Program Studi S2 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Diagnosis dan Perubahan Organisasi |
7310104017 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
2 |
4 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi, Psikolog
|
.......................................
|
Dr. Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menguasai prinsip- prinsip Iiterasi data, teknologi dan humanitas untuk pemecahan masalah manusia |
PLO-6 |
Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar diagnosis organisasi
|
PO - 2 |
Menjelaskan sejarah dan perkembangan diagnosis organisasi
|
PO - 3 |
Menganalisis berbagai model diagnosis organisasi
|
PO - 4 |
Menganalisis tahapan diagnosis organisasi dan metode pengumpulan data diagnosis organisasi
|
PO - 5 |
Melakukan analisis data hasil diagnosis organisasi
|
PO - 6 |
Memberikan umpan balik hasil diagnosis organisasi secara efektif
|
PO - 7 |
Memahami teori perubahan organisasi dan aplikasinya dalam praktik organisasi
|
PO - 8 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan organisasi
|
PO - 9 |
Evaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan organisasi
|
PO - 10 |
Menganalisis berbagai model perubahan organisasi
|
PO - 11 |
Menerapkan langkah-langkah implementasi perubahan organisasi
|
PO - 12 |
Mengidentifikasi tantangan dalam perubahan organisasi serta cara mengatasinya
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | PO-5 | ✔ | | | PO-6 | | | | PO-7 | ✔ | | | PO-8 | ✔ | | | PO-9 | ✔ | | | PO-10 | ✔ | | | PO-11 | ✔ | | | PO-12 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah diagnosis dan perubahan organisasi membahas konsep, teori, dan langkah-langkah dalam mendiagnosis kondisi organisasi serta strategi perubahan yang efektif. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model diagnosis organisasi, analisis data dalam melakukan diagnosis. Mahasiswa juga akan belajar mengenai tantangan dan cara mengatasi perubahan organisasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Alderfer. (2010). The Practice of Organizational Diagnosis: Theory and Methods. Oxford University Press, USA.
- Harrison, M. I., & Shirom, A. (1988). Organizational Diagnosis and Assessment: Bridging Theory and Practice. SAGE Publications, Inc.
- Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning.
- Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage.
- Rothwell, W. J., et al. (2015). Organizational Development Fundamentals: Managing Strategic Change. ATD Press.
- Aslinda., Guntur, M., & Nur, A. C. (2016). Pengembangan dan Perubahan Organisasi. K-Media.
- Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia.
- Langton, Robbins, & Judge. (2015). Organizational behavior, concepts, controversies, applications. Pearson.
- Truxillo, Bauer, & Erdogan. (2016). Psychology and work : Perspectives on industrial and organizational psychology. Routledge.
- Setyaji, A. D., et al. (2022). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. CV. Widina Media Utama.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi |
Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah
Penugasan
Diskusi Kelompok 4 x 50 |
|
Materi: Ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi Pustaka: Alderfer. (2010). The Practice of Organizational Diagnosis: Theory and Methods. Oxford University Press, USA. Materi: Ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi Pustaka: Harrison, M. I., & Shirom, A. (1988). Organizational Diagnosis and Assessment: Bridging Theory and Practice. SAGE Publications, Inc. Materi: Ruang lingkup diagnosis dan perubahan organisasi Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, tujuan, dan manfaat diagnosis organisasi dalam konteks pengelolaan perubahan organisasi |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi, tujuan, dan manfaat diagnosis organisasi dalam konteks pengelolaan perubahan organisasi. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 4 x 50 |
|
Materi: Konsep dasar diagnosis organisasi (definisi, tujuan, manfaat) Pustaka: Harrison, M. I., & Shirom, A. (1988). Organizational Diagnosis and Assessment: Bridging Theory and Practice. SAGE Publications, Inc. Materi: Konsep dasar diagnosis organisasi (definisi, tujuan, manfaat) Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning. Materi: Konsep dasar diagnosis organisasi (definisi, tujuan, manfaat) Pustaka: Rothwell, W. J., et al. (2015). Organizational Development Fundamentals: Managing Strategic Change. ATD Press. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi asal-usul, perkembangan, serta peran diagnosis organisasi dalam praktik manajemen modern. |
Mahasiswa dapat menjelaskan asal-usul, perkembangan, serta peran diagnosis organisasi dalam praktik manajemen modern. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 4 x 50 |
|
Materi: Sejarah/Awal Mula Diagnosis Organisasi Pustaka: Alderfer. (2010). The Practice of Organizational Diagnosis: Theory and Methods. Oxford University Press, USA. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu membandingkan berbagai model diagnosis organisasi serta menentukan model yang tepat untuk berbagai kondisi organisasi. |
Mahasiswa dapat membandingkan berbagai model diagnosis organisasi serta menentukan model yang tepat untuk berbagai kondisi organisasi. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 4 x 50 |
|
Materi: Model diagnosis Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning. |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan tahapan diagnosis organisasi serta memilih metode pengumpulan data yang sesuai dalam proses diagnosis organisasi. |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan tahapan diagnosis organisasi serta memilih metode pengumpulan data yang sesuai dalam proses diagnosis organisasi. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 4 x 50 |
|
|
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengolah dan menganalisis data hasil diagnosis organisasi untuk mengidentifikasi masalah serta menentukan solusi yang tepat. |
Mahasiswa dapat menganalisis data hasil diagnosis organisasi untuk mengidentifikasi masalah serta menentukan solusi yang tepat. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 4 x 50 |
|
Materi: Analisis data diagnosis organisasi Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun dan menyampaikan hasil diagnosis organisasi dalam bentuk laporan serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada pemangku kepentingan. |
Mahasiswa dapat menyampaikan hasil diagnosis organisasi dalam bentuk laporan serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada pemangku kepentingan. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok 4 x 50 |
|
Materi: Umpan balik diagnosis organisasi Pustaka: Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2015). Organization Development & Change, Tenth Edition. Cengage Learning. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
|
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
Ujian 4 x 50 |
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami teori-teori perubahan organisasi serta mengaplikasikannya dalam konteks nyata. |
Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori perubahan organisasi serta mengaplikasikannya dalam konteks nyata. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Diskusi kelompok 4 x 50 |
Materi: Teori perubahan organisasi Pustaka: Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage. Materi: Teori perubahan organisasi Pustaka: Aslinda., Guntur, M., & Nur, A. C. (2016). Pengembangan dan Perubahan Organisasi. K-Media. Materi: Teori perubahan organisasi Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap proses perubahan dalam organisasi. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap proses perubahan dalam organisasi. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project Based Learning 4 x 50 |
Materi: Faktor perubahan organisasi Pustaka: Langton, Robbins, & Judge. (2015). Organizational behavior, concepts, controversies, applications. Pearson. Materi: Faktor perubahan organisasi Pustaka: Setyaji, A. D., et al. (2022). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. CV. Widina Media Utama. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor yang mempengaruhi perubahan dalam organisasi. |
Mahasiswa mampu mengevaluasi faktor yang mempengaruhi perubahan dalam organisasi. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project based learning 4 x 50 |
Materi: Faktor perubahan organisasi Pustaka: Langton, Robbins, & Judge. (2015). Organizational behavior, concepts, controversies, applications. Pearson. Materi: Faktor perubahan organisasi Pustaka: Setyaji, A. D., et al. (2022). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. CV. Widina Media Utama. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami berbagai model perubahan organisasi serta menentukan model yang paling sesuai untuk kondisi tertentu dalam organisasi. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan membandingkan berbagai model perubahan organisasi serta menentukan model yang paling sesuai untuk kondisi tertentu dalam organisasi. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project based learning 4 x 50 |
Materi: Model perubahan organisasi Pustaka: Burke, W. W. (2017). Organization Change Theory & Practice, Fifth Edition. Sage. Materi: Model perubahan organisasi Pustaka: Truxillo, Bauer, & Erdogan. (2016). Psychology and work : Perspectives on industrial and organizational psychology. Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami langkah-langkah strategis dalam proses implementasi perubahan organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan langkah-langkah strategis dalam proses implementasi perubahan organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project based leaning 4 x 50 |
Materi: Langkah-langkah implementasi perubahan organisasi Pustaka: Aslinda., Guntur, M., & Nur, A. C. (2016). Pengembangan dan Perubahan Organisasi. K-Media. Materi: Langkah-langkah implementasi perubahan organisasi Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif. |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project based learning 4 x 50 |
Materi: Tantangan dan cara mengatasi perubahan organisasi Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif. |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai tantangan yang muncul dalam proses perubahan organisasi dan mengembangkan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut secara efektif. |
Kriteria:
Akurasi dalam menjawab pertanyaan konsep terkait. Skor penilaian A=85, A- =80, B =75, B=70, B-=65, C =60, C=55, D=50 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Project based learning 4 x 50 |
Materi: Tantangan dan cara mengatasi perubahan organisasi Pustaka: Ramadhan, S., et al. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Peran MSDM dalam Menghadapi Transformasi. PT. Media Penerbit Indonesia. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
|
Ujian 4 x 50 |
|
30% |