
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kecerdasan Buatan |
5720103155 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-10 |
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. |
PLO-12 |
Mampu memahami konsep, metode, teknik dan tahapan big data, data mining, dan kecerdasan buatan serta visualisasi data sebagai pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menmahami dan menjelaskan konsep algoritma dan aplikasi pada kecerdasan buatan
|
PO - 2 |
Memahami dan menjelaskan konsep algoritma dan aplikasi pada machine learning
|
PO - 3 |
Memahami dam menjelaskan konsep algoritma dan aplikasi pada deep learning
|
PO - 4 |
Merumuskan pilihan teknik-teknik kecerdasan buatan yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan dan dapat memahami dan menguasai penggunaan tool development framework AI
|
PO - 5 |
Dapat merancang sistem AI, Machine learning dan deep learning
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-10 | PLO-12 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | ✔ | | PO-5 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mempelajari konsep, teknik, dan aplikasi kecerdasan buatan (AI), termasuk machine learning dan deep learning. Mahasiswa akan memahami algoritma AI, mengembangkan sistem berbasis AI, serta menerapkan teknik-teknik AI untuk memecahkan berbagai masalah praktis. Fokus pada penggunaan alat dan framework pengembangan AI juga menjadi bagian dari pembelajaran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson. - Chapter 1 (Introduction to AI)
- Nilsson, N. J. (1998). Artificial Intelligence: A New Synthesis. Morgan Kaufmann. - Chapter 3 (Search Algorithms)
- Kumar, S., & Gupta, S. (2020). Artificial Intelligence in Practice: How AI is Being Applied to Real-World Applications. Wiley. - Selected case studies
- Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning (4th ed.). MIT Press. - Chapter 2 (Supervised Learning)
- Bishop, C. M. (2006). Pattern Recognition and Machine Learning. Springer. - Chapter 4 (Linear Models for Classification)
- Geron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow (2nd ed.). O'Reilly Media. - Chapter 8 (Training Models)
- Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning. MIT Press. - Chapter 6 (Feedforward Deep Networks)
- Aggarwal, C. C. (2018). Neural Networks and Deep Learning: A Textbook. Springer. - Chapter 5 (Convolutional Neural Networks)
- Deng, L., & Li, Y. (2020). Deep Learning: Methods and Applications. Now Publishers. - Chapter 4 (Applications in Vision and Language Processing)
- Domingos, P. (2015). The Master Algorithm: How the Quest for the Ultimate Learning Machine Will Remake Our World. Basic Books. - Chapter 6 (The Five Tribes of Machine Learning)
- Chollet, F. (2018). Deep Learning with Python. Manning Publications. - Chapter 1 (Introduction to Keras and TensorFlow)
- Hastie, T., Tibshirani, R., & Friedman, J. (2009). The Elements of Statistical Learning (2nd ed.). Springer. - Chapter 4 (Linear Methods for Classification and Regression)
- Brownlee, J. (2019). Deep Learning for Computer Vision. Machine Learning Mastery. - Chapter 6 (Building Convolutional Neural Networks)
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami dan menjelaskan sejarah dan definisi kecerdasan buaan dan konsep dasar AI |
- Mampu menjelaskan konsep dan sejarah kecerdasan buatan dari awal hingga amsa kini
- Mampu memahami dan mendefinisikan kecerdasan buatan dan konsep dasar AI
- Menjelaskan perbedaan antara kecerdasan buatan dan machine learning atau deep learning
|
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Sejarah dan definisi kecerdasan buatan, serta konsep dasar AI Pustaka: Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson. - Chapter 1 (Introduction to AI) |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menjelaskan berbagai jenis algoritma yang digunakan dalam kecerdasan buatan, termasuk algoritma pencarian, optimasi dan logika fuzzy |
Menjelaskan konsep implementasi algoritma pencarian, menjelaskan prinsip optimasi dan menjelaskan konsep dasar logika fuzzy dan pengaplikasiannya dalam kecerdasan buatan |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Algoritma pencarian, optimasi, dan logika fuzzy dalam kecerdasan buatan Pustaka: Nilsson, N. J. (1998). Artificial Intelligence: A New Synthesis. Morgan Kaufmann. - Chapter 3 (Search Algorithms) |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami dan mengidentifikasi serta menjelaskan berbagai aplikasi kecerdasan buatan dalam berbagai industri seperti kesehatan, keuangan dan teknologi |
- Mamapu memahami dan mengidentifikasi aplikasi AI di berbagai insudtri, dan menjelaskan kasus-kasus peggunaan AI yang telah diterapkan
- Ketpatan mahasiswa dalam menganalisis dapak AI dalam industri dan bagaimana Ai dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas
|
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Aplikasi kecerdasan buatan di berbagai industri seperti kesehatan, keuangan, dan teknologi Pustaka: Kumar, S., & Gupta, S. (2020). Artificial Intelligence in Practice: How AI is Being Applied to Real-World Applications. Wiley. - Selected case studies |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami konsep dasar machine learning |
- Mampu menjelaskan definisi dan konsep dasar machine learning
- Mengidentifikasi perbedaan antara supervised learning dan unsupervised learning serta reinforcement learning
- Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan prntingnya data dalam machine learning
|
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar machine learning Pustaka: Materi: Konsep dasar machine learning Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning (4th ed.). MIT Press. - Chapter 2 (Supervised Learning) |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami dam menjelaskan algoritma dasar machine learning |
- Menjelaskan algoritma regresi linear dan implementasinya
- Memahami dan menjelaskan konsep decision trees dan cara kerjanya
- Memahami dan menjelaskn algoritma clustering dan aplikasinya
|
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Cermah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Algoritma dasar machine learning Pustaka: Bishop, C. M. (2006). Pattern Recognition and Machine Learning. Springer. - Chapter 4 (Linear Models for Classification) |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami dan menjelaskan bagaimana cara maschine learning diterapkan dalam berbagai kasus |
- Mampu mengidentifikasi kasus-kasus penggunaa amchine larning dalam prediksi, klasifikasi dan clustering
- Menganalisis studi kasus penerapan machine learnin dalam scenario dunia nyata
|
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Penerapan machine learning dalam berbagai kasu Pustaka: Geron, A. (2019). Hands-On Machine Learning with Scikit-Learn, Keras, and TensorFlow (2nd ed.). O'Reilly Media. - Chapter 8 (Training Models) |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar deep learning termasuk network dan backpropagation |
Dapat memahami dan mejelaskan konsep dasar neural networks dan bagaimana jaringannya bekerja |
Kriteria:
Mengidentifikasi perbedaan antara shallow learning dan deep learning Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar deep learning, termasuk neural networks dan backpropagation Pustaka: Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning. MIT Press. - Chapter 6 (Feedforward Deep Networks) |
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS 3 X 50 |
UTS 3 X 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami dan menjelaskan berbagai jenis algoritma deep learning |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dan aplikasi convolutional neural networks, dan menjelaskan konsep dan aplikasi recurrent neutral networks |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Jenis-jenis algoritma deep learning Pustaka: Aggarwal, C. C. (2018). Neural Networks and Deep Learning: A Textbook. Springer. - Chapter 5 (Convolutional Neural Networks) |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami dan menjelaskan aplikasi deep learning dalam pengenalan gambar, pemrosesan Bahasa alami, dan pengenalan suara |
Menjelaskan bagaimana convolutional neural networks diterapkan dalam oengenalan gambar |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Menjelaskan bagaimana convolutional neural networks diterapkan dalam oengenalan gambar Pustaka: Deng, L., & Li, Y. (2020). Deep Learning: Methods and Applications. Now Publishers. - Chapter 4 (Applications in Vision and Language Processing) |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis masalah dan memilih teknik kecerdasan buatan yang tepat untuk menyelesaiakannya |
Memahami dan menjelaskan penggunaan recurrent neutral networks dalam pemrosesan Bahasa alami dan menjelaskan aplikasi deep learning dalam pengenalan suara |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramag dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Analisis masalah dan pemilihan teknik kecerdasan buatan yang tepat Pustaka: Domingos, P. (2015). The Master Algorithm: How the Quest for the Ultimate Learning Machine Will Remake Our World. Basic Books. - Chapter 6 (The Five Tribes of Machine Learning) |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan mengusasi penggunaan dan framework untuk pengembangan AI |
- Mampu memahami dan mengidentifikasi masalah yang memerlukan solusi AI dan mengaalisis berbagai teknik AI yang dapat digunakan untuk masalah tertentu
- Dapat memahami dan memilih teknik AI yang paling tepat dan menjelaskan alasan pemilihan
|
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktikum 3 X 50 |
Praktikum 3 X 50 |
Materi: Penggunaan dan framework untuk pengembangan AI Pustaka: Chollet, F. (2018). Deep Learning with Python. Manning Publications. - Chapter 1 (Introduction to Keras and TensorFlow) |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan merancang sistem kecerdasan buatan sederjama untuk menyelesaikan masalah |
Dapat memahami dan mendesain sistem Ai sederhana untuk menyelesaikan masalah dan dapat mengembangkan dan mengimplementasikan model AI yang sesuai dengan desain |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Perancangan sistem kecerdasan buatan sederhana untuk menyelesaikan masalah Pustaka: Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson. - Chapter 1 (Introduction to AI) |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu merancang sistem machine leraning untuk apliaksi prediksi dan klasifikasi |
Mampu memahami dan mendesain model machine learning untuk prediksi atau klasifikasi dan mengimplemnetasikan model menggunakan framework machine learning yang sesuai |
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Ceramah dan Diskusi 3 X 50 |
Materi: Perancangan sistem machine learning untuk aplikasi prediksi dan klasifikasi Pustaka: Hastie, T., Tibshirani, R., & Friedman, J. (2009). The Elements of Statistical Learning (2nd ed.). Springer. - Chapter 4 (Linear Methods for Classification and Regression) |
6% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu merancang sistem deep learning dengan kompleks untuk aplikasi pengenalan gambar aau pemrosesan Bahasa alamai |
- Mampu mendesain sistem deep learning untuk aplikasi yang kompleks seperti pengenalan gambar atau pemrosesan Bahasa alami dan mengimplementasikan sistem deep learning yang telah dirancang menggunakan framework yang tepat
- Mampu melakukan evaluasi tuning dan optimasi sistem deep learning
|
Kriteria:
- Partisipasi Mahasiswa dan Tanya Jawab = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Praktikum 3 X 50 |
Praktikum 3 X 50 |
Materi: Perancangan sistem deep learning kompleks untuk aplikasi pengenalan gambar atau pemrosesan bahasa alami Pustaka: Brownlee, J. (2019). Deep Learning for Computer Vision. Machine Learning Mastery. - Chapter 6 (Building Convolutional Neural Networks) |
6% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 3 X 50 |
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: |
30% |