
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Alat Permainan Edukatif |
8620702292 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
8 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis rancangan APE dengan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji pengetahuan tentang beragam APE yang sesuia dengan karakteristik usia anak sehingga mahasiswa mampu merancang, membuat dan mengaplikasikannya. Mata kuliah ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan mendalam tentang beragam Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Tujuannya adalah agar mahasiswa tidak hanya memahami konsepnya, tetapi juga memiliki kemampuan praktis untuk merancang, membuat, dan mengaplikasikan APE tersebut secara efektif. Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan APE yang sesuai dengan karakteristik dan tahapan perkembangan anak usia dini, merancang desain APE yang inovatif, fungsional, dan edukatif berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan anak, membuat APE secara mandiri dengan memanfaatkan berbagai bahan yang tersedia, mengutamakan keamanan dan kualitas, mengaplikasikan APE dalam berbagai setting pendidikan anak usia dini untuk mendukung proses bermain dan belajar yang bermakna. Dengan demikian, mata kuliah ini tidak hanya memberikan teori, tetapi juga melatih keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan bagi para pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC
- Jackman Hilda L . 2009. Early Eucation Curriculum. Belmont, CA : Delmar
- Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
- Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI IEC 62115-2011.
- Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI ISO 8124-2-2010
- Standar Keamanan Mainan Anak 2012
- Mirawati, dkk 2021. Panduan Pemilihan, Pembuatan, Dan Pemanfaatan Ape Secara Mandiri. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Tahun Ajaran 2021/2022.
|
Pendukung : |
|
- Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Rahmawati. 2014. PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PUTERA HARAPAN SURABAYA. Jurnal PAUD Teratai 3 (1)
- Lilis Sumaryanti, et.al .2021. Pemanfataan Barang Bekas Plastik Sebagai Alat Peraga Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Pendidiakn Dasar. AL- ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), Vol. 5, No. 2
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis pengertian APE serta jenis jenis alat APE 2D, 3D, 4D |
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan terkait pengertian APE dan jenis-jenis APE 2D, 3D, 4D |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Ceramah, tanya jawab 2 X 50 |
luring
|
Materi: - Pengertian APE untuk anak - Jenis jenis APE 2D, 3D, 4D - APE untuk kemampuan berbahasa peabody - APE ciptaan Montessori - Balok Cruissenaire - APE ciptaan Froebel - Puzzle Besar - Kotak Alfabet - Kartu lambang bilangan - Kartu pasangan - Puzzele jam - Foto warna dan bentuk Pustaka: Jackman Hilda L . 2009. Early Eucation Curriculum. Belmont, CA : Delmar |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman pengembangan APE berdasarkan aspek perkembangan |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan APE berdasarkan aspek perkembangan |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode ceramah, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Teori perkembangan sosial/ emosional, fisik motorik, kognitif dan bahasa AUD - Kurikulum PAUD 2013 Pustaka: Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman keterampilan APE 2D Busy Book dalam pengembangan keterampilan kehidupan dan panca indra |
Mahasiswa dapat membuat APE 2D Busy Book |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: - APE terapan keterampilan hidup - APE terapan panca indra Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Pemahaman keterampilan APE 2D Busy Book dalam pengembangan keterampilan bahasa, keterampilan nomerik dan sains |
Mahasiswa dapat membuat APE 2D Busy Book |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: - APE terapan keterampilan bahasa - APE terapan keterampilan nomerik - APE keterampilan sains Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman penilaian APE 2D Busy Book |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan penilaian APE 2D Busy Book |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
case study 2 X 50 |
|
Materi: - Penilaian APE terapan keterampilan hidup - Penilaian APE terapan panca indra - Penilaian APE terapan keterampilan bahasa - Penilaian APE terapan keterampilan nomerik - Penenilaian APE keterampilan sains Pustaka: Rahmawati. 2014. PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PUTERA HARAPAN SURABAYA. Jurnal PAUD Teratai 3 (1) Materi: - Penilaian APE terapan keterampilan hidup - Penilaian APE terapan panca indra - Penilaian APE terapan keterampilan bahasa - Penilaian APE terapan keterampilan nomerik - Penenilaian APE keterampilan sains Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Dapat menjawab soal |
Dapat menjawab soal |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
cermah, tanya jawab, penugasan 2 X 50 |
|
Materi: soal study casus Pustaka: Panduan Badan Standardisasi Nasional SNI IEC 62115-2011. |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman keterampilan pembuatan APE 3D |
Mahasiswa dapat memahami keterampilan membuat APE 3D |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Metode Ceramah 2 X 50 |
|
Materi: - APE terapan keterampilan hidup - APE terapan panca indra Pustaka: Dodge Colker Heroman . 2002. The Creative Curriculum For Preschool. Washington, DC : Teaching Strategies INC |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Pemahaman keterampilan penempatan APE berdasarkan area |
Mahasiswa dapat memahami keterampilan penempatan APE bedasarkan area |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Tes |
Metode Ceramah 2 X 50 |
|
Materi: keterampilan penempatan APE berdasarkan are Pustaka: Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Pemahaman cara guru menilai APE dan keterlibatan orang tua dalam menggunakan APE |
Mahasiswa dapat menganalisis cara guru menilai APE dan mejelaskan guru dan orang tua menggunakan APE |
Kriteria:
Kedalaman analisis jawaban, berdasarkan data atau teori dan sruktur ungkapan bahasa yang sistematis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
problem solving method 2 X 50 |
|
Materi: cara guru menilai APE dan keterlibatan orang tua dalam menggunakan APE Pustaka: Widayati, Sri & Rinakit Adhe, Kartika. 2020. Media Pembelajaran Paud Sumber Belajar Media Pembelajaran, Dan Ape. Bandung: PT Remaja Rosdakarya |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Keterampilan membuat APE : survei pasar dengan membuat instrument |
Mahasiswa dapat membuat instrument |
Kriteria:
instrument yang dibuat sesuai Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
problem solving method 2 X 50 |
|
Materi: membuat instrument Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Keterampilan membuat APE : pengambilan data angket dan analisis angket |
Mahasiswa dapat menganalis data angket |
Kriteria:
Diskusi Kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
problem solving method 2 X 50 |
|
Materi: Keterampilan membuat APE Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
15% |
12
Minggu ke 12 |
Keterampilan merancang APE 3D |
Mahasiswa dapat membuat APE 3D |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: membuat APE 3D Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Keterampilan merancang APE 3D |
Mahasiswa dapat membuat APE 3D |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: membuat APE 3D Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Keterampilan presentasi produk APE dan uji produk |
Mahasiswa dapat mempresentasi produk APE terapan dan mengembangkan kewirausahaan |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: presentasi dan uji produk APE Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
15% |
15
Minggu ke 15 |
Keterampilan presentasi produk APE dan uji produk |
Mahasiswa dapat mempresentasi produk APE terapan dan mengembangkan kewirausahaan |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Method 2 X 50 |
|
Materi: Penilaian APE Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menjawab soal |
Soal Study kasus |
Kriteria:
Jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Pertanyaan 2 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Pitamic Maja . 2013. Teach Me To Do It Myself. Yogyakarta : Pustaka Pelajar |
20% |