Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro

8620702264

T=1

P=1

ECTS=3.18

3

28 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




KARTIKA RINAKIT ADHE

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa

PLO-7

Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar kurikulum khususnya untuk Pendidikan Anak usia Dini

PO - 2

Memanfaatkan sumber belajar dengan memanfaatkan TIK untuk mengimplementasikan kurikulum sebagai bekal menjadi guru kelas khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini

PO - 3

Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur implementasi kurikulum PAUD yang sesuai dengan Konsep Dasar PAUD.

PO - 4

Membuat keputusan dalam merancang dan melaksanakan kurikulum PAUD yang relevan dengan perkembangan, dan karakteristik anak.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-7
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro merupakan fondasi penting dalam membentuk kompetensi pedagogis mahasiswa sebagai calon pendidik profesional. Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan keterampilan dasar mengajar melalui pendekatan praktik dalam skala kecil (mikro) yang terstruktur, terarah, dan reflektif. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada penguasaan keterampilan mengajar esensial yang meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, menyampaikan materi dengan komunikatif dan sistematis, mengelola interaksi kelas, menggunakan media dan teknologi pembelajaran, memberikan pertanyaan yang mendorong berpikir kritis, memberikan penguatan yang membangun, serta mengelola kelas secara kondusif dan humanis. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dilatih secara bertahap untuk merancang rencana pembelajaran (RPP/SAP) yang kontekstual, melaksanakan kegiatan pembelajaran mikro yang berbasis simulasi, serta melakukan evaluasi dan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Praktik pembelajaran dilakukan secara individual maupun kelompok melalui metode peer teaching, microteaching, observasi video praktik, dan diskusi reflektif. Pendekatan ini memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dari dosen dan teman sejawat, serta memperbaiki dan menyempurnakan keterampilan mengajar secara berkelanjutan. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa dengan wawasan tentang berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang relevan dengan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Merdeka, termasuk integrasi teknologi digital, pembelajaran diferensiatif, serta prinsip-prinsip pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Dalam prosesnya, mahasiswa diajak untuk mengembangkan kreativitas, kemampuan improvisasi, serta sikap reflektif sebagai landasan pengembangan diri berkelanjutan sebagai guru. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan kesiapan dan keterampilan dasar sebagai pendidik profesional, memiliki sensitivitas pedagogis terhadap keragaman peserta didik, serta mampu menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan mendukung perkembangan potensi anak secara optimal.

Pustaka

Utama :

  1. Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning
  2. Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek
  3. Mendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Mendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
  5. Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
  6. Kokkinos, C. M. (2022). Student teachers and online microteaching: Overcoming challenges in the age of the pandemic. European Journal of Educational Research, 11(2), 789–803.
  7. Saha, M., & Gomes, R. (2023). Enhancing early childhood education with macro teaching at Ek Taras: Transitioning from macro to micro teaching. LinkedIn Pulse.

Pendukung :

  1. Putri, A. S., & Maulidiyah, E. C. Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun.

Dosen Pengampu

NURHENTI DORLINA SIMATUPANG

DEWI KOMALASARI

NOVI ANGGRAENI

AFIFAH RAHMANINGRUM

Afifah Rahmaningrum, M.Pd.

Afifah Rahmaningrum, M.Pd.

Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn.

Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn.

Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd.

Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD

Menyusun perangkat pemebelajaran sesuai ramburambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD

Kriteria:

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pemebelajaran sesuai rambu-rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: konsep keterampilan kerajinan anak usia dini
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun

Kriteria:

Mahasiswa dapat mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
ceramah, tanya jawab, dan diskusi
2 X 50
Materi: mengenai macam-macam jenis kerajinan yang sesuai dengan karakteristik anak
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013

Kriteria:

Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: keterampilan, motorik halus untuk anak berbahan dasar kertas
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD

Kriteria:

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu -rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: keterampilan , motorik halus untuk anak berbahan dasar kertas
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
6%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun

Kriteria:

Mahasiswa dapat mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: keterampilan motorik halus untuk anak berbahan dasar anak
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013

Kriteria:
  1. panduan kinerja dan produk hasil karya
  2. Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD

Kriteria:
  1. Mahasiswa dapat menyusun perangkat pemebelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD
  2. panduan kinerja dan produk hasil karya

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain untuk aud
Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning
10%

8

Minggu ke 8

UTS

skor

Kriteria:

mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS dengan baik


Bentuk Penilaian :
Tes
tes
2 X 50

Materi: ketrampilan kerajinan untuk aud
Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun.

Kriteria:

Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun dengan baik.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain
Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013

Kriteria:

Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: berbahan dasar alam sekitarnya
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD

Kriteria:

Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD dengan baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: pembelajaran berbahan dasar kain
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun

Kriteria:

Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun dengan baik


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: berbahan dasar dari alam sekitarnya
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
6%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013

Kriteria:

Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: berbahan dasar dari alam sekitarnya
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum

Kriteria:

Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: kegiatan dari bahan bekas
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD.

Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013

Kriteria:

Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Saintifik
Project Based Learning
2 X 50
Materi: kegiatan dari bahan bekas
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
10%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS dengan baik dan benar

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS dengan baik dan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes

Materi: UAS
Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.