
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
8620702264 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
3 |
28 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
KARTIKA RINAKIT ADHE |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
PLO-7 |
Menguasai kurikulum, teori belajar, model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan penyelenggaraan PAUD. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar kurikulum khususnya untuk Pendidikan Anak usia Dini
|
PO - 2 |
Memanfaatkan sumber belajar dengan memanfaatkan TIK untuk mengimplementasikan kurikulum sebagai bekal menjadi guru kelas khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini
|
PO - 3 |
Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur implementasi kurikulum PAUD yang sesuai dengan Konsep Dasar PAUD.
|
PO - 4 |
Membuat keputusan dalam merancang dan melaksanakan kurikulum PAUD yang relevan dengan perkembangan, dan karakteristik anak.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro merupakan fondasi penting dalam membentuk kompetensi pedagogis mahasiswa sebagai calon pendidik profesional. Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan keterampilan dasar mengajar melalui pendekatan praktik dalam skala kecil (mikro) yang terstruktur, terarah, dan reflektif. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada penguasaan keterampilan mengajar esensial yang meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, menyampaikan materi dengan komunikatif dan sistematis, mengelola interaksi kelas, menggunakan media dan teknologi pembelajaran, memberikan pertanyaan yang mendorong berpikir kritis, memberikan penguatan yang membangun, serta mengelola kelas secara kondusif dan humanis.
Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dilatih secara bertahap untuk merancang rencana pembelajaran (RPP/SAP) yang kontekstual, melaksanakan kegiatan pembelajaran mikro yang berbasis simulasi, serta melakukan evaluasi dan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Praktik pembelajaran dilakukan secara individual maupun kelompok melalui metode peer teaching, microteaching, observasi video praktik, dan diskusi reflektif. Pendekatan ini memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dari dosen dan teman sejawat, serta memperbaiki dan menyempurnakan keterampilan mengajar secara berkelanjutan.
Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa dengan wawasan tentang berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang relevan dengan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Merdeka, termasuk integrasi teknologi digital, pembelajaran diferensiatif, serta prinsip-prinsip pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Dalam prosesnya, mahasiswa diajak untuk mengembangkan kreativitas, kemampuan improvisasi, serta sikap reflektif sebagai landasan pengembangan diri berkelanjutan sebagai guru.
Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan kesiapan dan keterampilan dasar sebagai pendidik profesional, memiliki sensitivitas pedagogis terhadap keragaman peserta didik, serta mampu menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan mendukung perkembangan potensi anak secara optimal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning
- Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum. Teori & Praktek
- Mendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
- Mendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
- Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD
- Kokkinos, C. M. (2022). Student teachers and online microteaching: Overcoming challenges in the age of the pandemic. European Journal of Educational Research, 11(2), 789–803.
- Saha, M., & Gomes, R. (2023). Enhancing early childhood education with macro teaching at Ek Taras: Transitioning from macro to micro teaching. LinkedIn Pulse.
|
Pendukung : |
|
- Putri, A. S., & Maulidiyah, E. C. Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun.
|
Dosen Pengampu
|
NURHENTI DORLINA SIMATUPANG DEWI KOMALASARI NOVI ANGGRAENI AFIFAH RAHMANINGRUM Afifah Rahmaningrum, M.Pd. Afifah Rahmaningrum, M.Pd. Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn. Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn. Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd. Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD |
Menyusun perangkat pemebelajaran sesuai ramburambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menyusun perangkat pemebelajaran sesuai rambu-rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: konsep keterampilan kerajinan anak usia dini Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun |
Kriteria:
Mahasiswa dapat mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
ceramah, tanya jawab, dan diskusi 2 X 50 |
Materi: mengenai macam-macam jenis kerajinan yang sesuai dengan karakteristik anak Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: keterampilan, motorik halus untuk anak berbahan dasar kertas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu -rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD dengan tepat. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: keterampilan , motorik halus untuk anak berbahan dasar kertas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun |
Kriteria:
Mahasiswa dapat mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: keterampilan motorik halus untuk anak berbahan dasar anak Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
- panduan kinerja dan produk hasil karya
- Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
- Mahasiswa dapat menyusun perangkat pemebelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD
- panduan kinerja dan produk hasil karya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain untuk aud Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
skor |
Kriteria:
mahasiswa mampu mengerjakan soal UTS dengan baik Bentuk Penilaian : Tes |
tes 2 X 50 |
|
Materi: ketrampilan kerajinan untuk aud Pustaka: Essa, Eva L. 2003. Introduction To Earlychildhood Education. Canada: Thompson Delmar Learning |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun. |
Kriteria:
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun dengan baik. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran keterampilan berbahan dasar kain Pustaka: Kostelnik, Marjory. 2000. Developmentally Appropriate Curriculum. New Jersey: Merril |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Mahasiswa dapat melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: berbahan dasar alam sekitarnya Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD |
Kriteria:
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum 2013 PAUD dengan baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: pembelajaran berbahan dasar kain Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun |
Kriteria:
Mempraktekkan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun dengan baik Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: berbahan dasar dari alam sekitarnya Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: berbahan dasar dari alam sekitarnya Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum |
Kriteria:
Menyusun perangkat pembelajaran sesuai rambu - rambu penyusunan dalam kurikulum dengan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: kegiatan dari bahan bekas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmennya serta melakukan praktek pembelajaran dengan menggunakan berbagai model pembelajaran untuk PAUD. |
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 |
Kriteria:
Melakukan asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 dengan tepat. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Saintifik
Project Based Learning 2 X 50 |
Materi: kegiatan dari bahan bekas Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS dengan baik dan benar |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengerjakan soal UAS dengan baik dan benar Bentuk Penilaian : Tes |
Tes
|
|
Materi: UAS Pustaka: Diroktorat PAUD. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD |
5% |