
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Bumi |
8420302063 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Prof. Tjipto Prastowo, Ph.D.
|
MITA ANGGARYANI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern |
PLO-6 |
Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru |
PLO-9 |
Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual khususnya tik (teknologi informasi dan komunikasi), dan lingkungan sekitar |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip fisika klasik dan modern untuk memahami fenomena geofisika seperti gempa bumi dan aktivitas vulkanik (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis data seismik dan geologis untuk mengevaluasi potensi sumber daya alam di suatu wilayah (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi dampak lingkungan dari fenomena alam seperti gempa bumi dan erupsi gunung berapi terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan model komputasi untuk simulasi dinamika fluida bumi yang terkait dengan proses geologi seperti aliran magma atau pergerakan lempeng tektonik (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan alat pendeteksi dini bencana alam berbasis fisika bumi (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis pengaruh perubahan iklim terhadap fenomena fisika bumi dan mengembangkan strategi mitigasi (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi keefektifan metode geofisika dalam eksplorasi sumber daya alam dan mitigasi bencana (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metode baru dalam pendidikan fisika yang mengintegrasikan konsep-konsep fisika bumi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip-prinsip fisika untuk analisis dan evaluasi kestabilan struktur geologi dalam konteks pembangunan berkelanjutan (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis interaksi antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer menggunakan prinsip fisika (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-9 | PO-1 | | | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | ✔ | | PO-3 | ✔ | | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | ✔ | ✔ | PO-6 | ✔ | | | ✔ | | PO-7 | ✔ | | | ✔ | | PO-8 | ✔ | | | ✔ | ✔ | PO-9 | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-10 | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Fisika Bumi berisi kajian ilmu pengetahuan bumi dengan topik-topik diskusi kelas meliputi pemahaman interaksi antara manusia dan alam; peran bumi, lautan dan atmosfer dalam kehidupan manusia; dampak aktivitas manusia terhadap alam dan lingkungan; beberapa jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia serta penanggulangannya; kesadaran dan kesiagaan bencana sebagai bagian dari pendidikan mitigasi bencana untuk mengurangi resiko bencana. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Madlazim. 2016. Fisika Bumi . Surabaya: Unesa Press.
- Poirier, J. P. 2006 . Introduction to the Physics of the Earth's Interior. Cambridge: Cambridge Uni Press.
- Prastowo, T. 2012. Sains Kebumian . Unpublished work.
- Robinson, A. 2002. Earth Shock . London, UK: Thames-Hudson Ltd.
- Scarth, A. 2001. Savage Earth . London, UK: Harper-Collins Pub.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
TJIPTO PRASTOWO EKO HARIYONO MITA ANGGARYANI NURITA APRIDIANA LESTARI Nurita Apridiana Lestari, S.Pd., M.Pd. Nurita Apridiana Lestari, S.Pd., M.Pd. Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D. Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D. Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd. Prof. Tjipto Prastowo, Ph.D. Prof. Tjipto Prastowo, Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip fisika klasik dan modern untuk memahami fenomena geofisika seperti gempa bumi dan aktivitas vulkanik. |
- Penerapan prinsip fisika dalam menjelaskan fenomena geofisika
- Kemampuan menerapkan teori fisika dalam konteks geofisika
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan prinsip fisika dalam memahami fenomena geofisika 2 X 50 |
Materi: Prinsip-prinsip Fisika Klasik, Prinsip-prinsip Fisika Modern, Fenomena Geofisika: Gempa Bumi dan Aktivitas Vulkanik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip fisika klasik dan modern untuk memahami fenomena geofisika seperti gempa bumi dan aktivitas vulkanik. |
- Penerapan prinsip fisika dalam menjelaskan fenomena geofisika
- Kemampuan menerapkan teori fisika dalam konteks geofisika
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan prinsip fisika dalam memahami fenomena geofisika 2 X 50 |
Materi: Prinsip-prinsip Fisika Klasik, Prinsip-prinsip Fisika Modern, Fenomena Geofisika: Gempa Bumi dan Aktivitas Vulkanik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data seismik dan meteorologis untuk memprediksi dan mengevaluasi potensi bencana alam dengan baik. |
- Analisis data seismik dan meteorologis dilakukan dengan tepat
- Prediksi potensi bencana alam akurat
- Evaluasi potensi bencana alam dilakukan secara komprehensif
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Penugasan proyek online 2 X 50 |
Materi: Pengenalan data seismik dan meteorologis, Teknik analisis data seismik, Teknik analisis data meteorologis, Prediksi potensi bencana alam, Evaluasi potensi bencana alam Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan struktur geofisika Bumi. |
- Pengidentifikasian dampak aktivitas manusia terhadap iklim Bumi
- Analisis perubahan struktur geofisika Bumi akibat aktivitas manusia
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang dampak aktivitas manusia terhadap iklim Bumi
|
Materi: Teori perubahan iklim, Dampak aktivitas manusia terhadap iklim, Struktur geofisika Bumi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan struktur geofisika Bumi dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari. |
- analisis dampak aktivitas manusia terhadap perubahan iklim
- hubungan aktivitas manusia dengan struktur geofisika Bumi
- kemampuan evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang studi kasus aktivitas manusia dan perubahan lingkungan 2 X 50 |
Materi: Pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan iklim, Pengaruh aktivitas manusia terhadap struktur geofisika Bumi, Studi kasus aktivitas manusia dan perubahan lingkungan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan model komputasi yang dapat mensimulasikan dinamika atmosfer dan hidrosfer Bumi dengan baik. |
- Model komputasi atmosfer dan hidrosfer Bumi dibuat dengan akurat
- Simulasi dinamika atmosfer dan hidrosfer Bumi dapat dijalankan dengan lancar
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek. 2 X 50 |
Penugasan proyek model komputasi atmosfer dan hidrosfer Bumi 2 X 50 |
Materi: Konsep dasar simulasi dinamika atmosfer dan hidrosfer Bumi, Penerapan fisika dalam model komputasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan alat ukur geofisika untuk pendidikan dan penelitian. |
- Penggunaan software geofisika
- Pengembangan alat ukur geofisika dengan teknologi terkini
- Presentasi hasil pengembangan alat ukur
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis proyek.
|
Penugasan proyek pengembangan alat ukur geofisika dengan menggunakan software geofisika yang telah dipelajari.
|
Materi: Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi dalam geofisika, Pengembangan alat ukur geofisika dengan teknologi terkini, Penerapan software geofisika Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan fisika bumi dan teknologi informasi untuk mengembangkan alat pendeteksi dini bencana alam. |
- Penggunaan teknologi informasi dalam pengembangan alat
- Pemahaman konsep fisika bumi dalam alat pendeteksi
- Kemampuan analisis dan evaluasi hasil pengembangan alat
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Pembelajaran kolaboratif, studi kasus, dan diskusi interaktif. 2 X 50 |
2 X 50 |
Materi: Pengenalan teknologi informasi dalam mitigasi bencana alam, Prinsip dasar fisika bumi dalam deteksi dini bencana, Studi kasus pengembangan alat pendeteksi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil pengamatan geofisika untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang proses internal Bumi. |
- analisis data geofisika
- pemahaman proses internal Bumi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang interpretasi data geofisika 2 X 50 |
Materi: Pengenalan Metode Pengamatan Geofisika, Interpretasi Data Geofisika, Hubungan Antara Data Geofisika dan Proses Internal Bumi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil pengamatan geofisika untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang proses internal Bumi. |
- Analisis hasil pengamatan geofisika
- Pemahaman proses internal Bumi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang hasil pengamatan geofisika, Analisis data geofisika secara mandiri 2 X 50 |
Materi: Prinsip Geofisika, Metode Pengamatan Geofisika, Interpretasi Data Geofisika Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode pengajaran fisika Bumi dan memahami hubungannya dengan pemahaman konsep geofisika. |
- efektivitas metode pengajaran
- pemahaman konsep geofisika
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan metode pengajaran fisika Bumi dalam pemahaman konsep geofisika
|
Materi: Metode pengajaran fisika Bumi, Pemahaman konsep geofisika, Evaluasi pembelajaran Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan materi pembelajaran interaktif yang mengintegrasikan prinsip-prinsip fisika Bumi dengan aplikasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. |
- Kreativitas dalam mengaplikasikan konsep fisika Bumi
- Ketepatan integrasi prinsip-prinsip fisika Bumi dengan aplikasi nyata
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan prinsip fisika Bumi dalam kasus nyata 2 X 50 |
Materi: Konsep Fisika Bumi, Aplikasi Nyata dalam Kehidupan Sehari-hari Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode kritis dan sistematis dalam analisis data geofisika untuk mendukung keputusan lingkungan yang berkelanjutan. |
- Analisis data geofisika dilakukan secara kritis dan sistematis
- Keputusan lingkungan yang diambil didukung oleh analisis data geofisika
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2 X 50 |
Diskusi Online 2 X 50 |
Materi: Pengenalan Data Geofisika, Metode Analisis Data Geofisika, Penerapan Analisis Data Geofisika dalam Keputusan Lingkungan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metode kritis dan sistematis dalam analisis data geofisika untuk mendukung keputusan lingkungan yang berkelanjutan. |
- Analisis data geofisika dilakukan dengan kritis dan sistematis
- Keputusan lingkungan yang diambil didukung oleh analisis data geofisika
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah. 2 X 50 |
Diskusi daring tentang penerapan metode analisis data geofisika dalam studi kasus lingkungan 2 X 50 |
Materi: Metode analisis data geofisika, Penerapan analisis data geofisika dalam keputusan lingkungan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi berbagai model matematika yang digunakan dalam memprediksi fenomena geofisika. |
- Model matematika yang digunakan relevan dengan fenomena geofisika
- Kemampuan menganalisis keakuratan prediksi model matematika
- Kemampuan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan model matematika
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 2 X 50 |
Penugasan proyek online 2 X 50 |
Materi: Pengenalan berbagai model matematika dalam geofisika, Teknik analisis model matematika, Evaluasi keakuratan prediksi model Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu memahami hubungan antara atmosfer, hidrosfer, dan litosfer serta menerapkan prinsip fisika dalam menganalisis interaksi di antara ketiganya. |
- hubungan antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer dijelaskan dengan baik
- penerapan prinsip fisika dalam menganalisis interaksi antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
|
Materi: Prinsip fisika dalam interaksi atmosfer-hidrosfer-litosfer, Contoh kasus interaksi antara komponen atmosfer, hidrosfer, dan litosfer Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |