Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Model dan Desain Pembelajaran AUD

8610705026

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=8.96

2

17 Juni 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes.




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum)

PLO-8

Melakukan penelitian dengan berbagai pendekatan inovatif serta mengkaji berbagai teori dan konsep PAUD sesuai perkembangan terbaru dalam penelitian anak usia dini yang diimplementasikan dalam masyarakat dalam pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, dan internasional (Keterampilan Khusus)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu merefleksikan dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang dikembangkan.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai model pembelajaran AUD yang inovatif dan berbasis perkembangan anak.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan desain pembelajaran yang holistik dan berpusat pada anak. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip

PO - 4

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip multiple intelligences, neuroscience, dan pembelajaran berbasis proyek dalam perancangan model pembelajaran AUD.

PO - 5

Mahasiswa mampu mengembangkan produk model pembelajaran AUD yang dapat diujicobakan dalam satuan PAUD.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang berbagai model dan desain pembelajaran yang relevan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mahasiswa akan mempelajari dan mengkaji berbagai teori, prinsip, dan pendekatan dalam merancang model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini (AUD). Mata kuliah ini menekankan pada keterkaitan antara karakteristik perkembangan anak, tujuan pendidikan, dan strategi pembelajaran yang inovatif dan holistik. Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mengembangkan model pembelajaran berbasis perkembangan anak yang berpusat pada anak, inklusif, serta sesuai dengan standar perkembangan yang telah ditetapkan (STPPA). Pembahasan dalam mata kuliah ini mencakup analisis berbagai pendekatan pembelajaran seperti pembelajaran tematik, berbasis proyek, berbasis permainan, serta pendekatan multiple intelligences dan neuroscience yang sesuai dengan kurikulum PAUD. Selain itu, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk merancang desain pembelajaran kreatif, inovatif, dan efektif yang dapat diaplikasikan di berbagai satuan PAUD. Produk akhir dari mata kuliah ini adalah pengembangan model pembelajaran yang teruji secara teoritik dan praktis, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar di PAUD.

Pustaka

Utama :

  1. Bers, M. U. (2008). Blocks to robots: Learning with technology in the early childhood classroom. Teachers College Press.
  2. Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-287-444-3
  3. Mitchell, L., & Carr, M. (2013). Understanding the Te Whāriki approach: Early years education in practice. Routledge.
  4. Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research.
  5. Moss, P., & Mitchell, L. (2024). Early childhood in the Anglosphere: Systemic failings and transformative possibilities. UCL Press.
  6. Vandenbroeck, M., Lehrer, J., & Mitchell, L. (2023). The decommodification of early childhood education and care: Resisting neoliberalism. Routledge.
  7. Lee, W., Carr, M., Soutar, B., & Mitchell, L. (2013). Understanding the Te Whāriki approach: Early years education in practice. Routledge.
  8. Carr, M., & Lee, W. (2012). Learning stories: Constructing learner identities in early education. SAGE Publications.
  9. Fleer, M., & Robbins, J. (2021). Designing early childhood education: A global perspective. Springer.
  10. Wood, E., & Hedges, H. (2020). International perspectives on early childhood education and care. Routledge.

Pendukung :

  1. Lesyani, Z., Budiyarti, E., & Priyanti, N. (2024). Implementation of project-based learning model in stimulating language development of early childhood. Journal of Childhood Development, 4(2), 405–418. https://doi.org/10.25217/jcd.v4i2.4692
  2. Sungkan, J. (2024). Development of early childhood student teachers’ ability to design learning experiences for early childhood using active learning and blended learning approaches. Journal of Graduate Research, 15(2), 59–76. https://so02.tci-thaijo.org/index.php/banditvijai/article/view/268203
  3. Rahayu, S., & Priyanthi, N. (2024). Enhancing the quality of teaching models in developing the characteristics of early childhood education through project-based learning. Journal of Early Childhood Education (JECE). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/33618
  4. Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv. https://arxiv.org/abs/2401.05403

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menjelaskan konsep dasar model dan desain pembelajaran PAUD

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, tujuan, dan urgensi model pembelajaran PAUD

Kriteria:

Ketepatan konsep, argumentasi logis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, eksplorasi masalah
2 X 50

Materi: Konsep dasar model dan desain pembelajaran PAUD
Pustaka: Fleer, M., & Robbins, J. (2021). Designing early childhood education: A global perspective. Springer.
5%

2

Minggu ke 2

Menganalisis karakteristik pembelajaran anak usia din

Mampu membedakan antara pembelajaran anak dan dewasa

Kriteria:

Kesesuaian analisis dan relevansi dengan konteks PAUD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Diskusi kelompok, studi kasus
2 X 50
Materi: Karakteristik pembelajaran anak usia dini
Pustaka: Wood, E., & Hedges, H. (2020). International perspectives on early childhood education and care. Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi komponen model pembelajaran

Mampu menjelaskan komponen-komponen model (tujuan, materi, strategi, evaluasi)

Kriteria:

Kelengkapan dan sistematika


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Ceramah interaktif, penugasan kelompok
2 X 50
Materi: Komponen model pembelajaran
Pustaka: Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan prinsip desain pembelajaran anak usia dini

Mampu merinci prinsip desain (developmentally appropriate practices)

Kriteria:

Pemahaman mendalam dan aplikatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Observasi desain pembelajaran
2 X 50
Materi: Prinsip desain pembelajaran anak usia dini
Pustaka: Fleer, M., & Robbins, J. (2021). Designing early childhood education: A global perspective. Springer.
5%

5

Minggu ke 5

Mendesain skema awal pembelajaran berbasis proyek

Dapat merancang draft skema awal proyek pembelajaran PAUD

Kriteria:

Kreativitas, kelayakan, kejelasan alur


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, kerja kelompok
2 X 50

Materi: Proyek pembelajaran PAUD
Pustaka: Vandenbroeck, M., Lehrer, J., & Mitchell, L. (2023). The decommodification of early childhood education and care: Resisting neoliberalism. Routledge.
5%

6

Minggu ke 6

Menjelaskan model pembelajaran berbasis proyek untuk PAUD

Mampu mengaplikasikan langkah PjBL sesuai karakteristik anak usia dini

Kriteria:

Kesesuaian dengan teori PjBL


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Simulasi, roleplay
2 X 50

Materi: Model pembelajaran berbasis proyek untuk PAUD
Pustaka: Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

Mengembangkan indikator capaian pembelajaran anak

Indikator sesuai dengan perkembangan usia dan tujuan pembelajaran

Kriteria:

Relevansi dan keterukuran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi panel, kerja tim
2 X 50

Materi: indikator capaian pembelajaran anak
Pustaka: Moss, P., & Mitchell, L. (2024). Early childhood in the Anglosphere: Systemic failings and transformative possibilities. UCL Press.

Materi: indikator capaian pembelajaran anak
Pustaka: Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research.
5%

8

Minggu ke 8

Mendesain media dan sumber belajar untuk proyek PAUD

Mahasiswa menciptakan media kreatif untuk anak usia dini

Kriteria:

Inovasi, keamanan, usia sesuai


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop media
2 X 50

Materi: media dan sumber belajar untuk proyek PAUD
Pustaka: Sungkan, J. (2024). Development of early childhood student teachers’ ability to design learning experiences for early childhood using active learning and blended learning approaches. Journal of Graduate Research, 15(2), 59–76. https://so02.tci-thaijo.org/...
10%

9

Minggu ke 9

Merancang aktivitas pembelajaran berbasis proyek

Rencana aktivitas sesuai prinsip pembelajaran aktif dan kolaboratif

Kriteria:

Keterlibatan anak, variasi aktivitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bimbingan proyek
2 X 50

Materi: Prinsip pembelajaran aktif dan kolaboratif
Pustaka: Rahayu, S., & Priyanthi, N. (2024). Enhancing the quality of teaching models in developing the characteristics of early childhood education through project-based learning. Journal of Early Childhood Education (JECE). https://journal.uinjkt.ac.id/...
5%

10

Minggu ke 10

Merancang instrumen penilaian pembelajaran proyek

Instrumen sesuai capaian perkembangan anak

Kriteria:

Validitas dan kepraktisan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan praktik
2 X 50

Materi: Instrumen penilaian pembelajaran proyek
Pustaka: Sungkan, J. (2024). Development of early childhood student teachers’ ability to design learning experiences for early childhood using active learning and blended learning approaches. Journal of Graduate Research, 15(2), 59–76. https://so02.tci-thaijo.org/...
5%

11

Minggu ke 11

Mengembangkan rubrik penilaian berbasis proyek

Rubrik digunakan untuk menilai keterlibatan dan hasil belajar anak

Kriteria:

Komprehensif dan objektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop rubrik
2 X 50

Materi: keterlibatan dan hasil belajar anak
Pustaka: Bers, M. U. (2008). Blocks to robots: Learning with technology in the early childhood classroom. Teachers College Press.
5%

12

Minggu ke 12

Implementasi proyek mini di lingkungan PAUD (simulasi)

Proyek diujicobakan dalam simulasi kelas

Kriteria:

Kejelasan alur, partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Simulasi, presentasi
2 X 50

Materi: Proyek di lingkungan PAUD
Pustaka: Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research.
5%

13

Minggu ke 13

Refleksi atas implementasi proyek

Mampu mengkritisi kekuatan dan kelemahan implementasi

Kriteria:

Kedalaman refleksi dan solusi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi reflektif
2 X 50

Materi: Implementasi model proyek
Pustaka: Carr, M., & Lee, W. (2012). Learning stories: Constructing learner identities in early education. SAGE Publications.
5%

14

Minggu ke 14

Revisi desain dan instrumen proyek

Mahasiswa memperbaiki proyek berdasarkan umpan balik

Kriteria:

Peningkatan kualitas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Coaching individu
2 X 50

Materi: Instrumen proyek
Pustaka: Mitchell, L., & Carr, M. (2013). Understanding the Te Whāriki approach: Early years education in practice. Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi proyek akhir pembelajaran PAUD

Mahasiswa menjelaskan dan mempertahankan desainnya

Kriteria:

Argumentasi dan presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Seminar mini
2 X 50

Materi: Pembelajaran PAUD
Pustaka: Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/...
5%

16

Minggu ke 16

Evaluasi keseluruhan dan penutup

Mahasiswa menyimpulkan model-model dan desain pembelajaran PAUD

Kriteria:

Partisipatif, sintesis materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Refleksi kelas, tanya jawab
2 X 50

Materi: Ujian akhir dan umpan balik
Pustaka: Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 24.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 44.17%
3. Penilaian Portofolio 15%
4. Praktik / Unjuk Kerja 16.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.