
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Model dan Desain Pembelajaran AUD |
8610705026 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=8.96 |
2 |
17 Juni 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes.
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum) |
PLO-8 |
Melakukan penelitian dengan berbagai pendekatan inovatif serta mengkaji berbagai teori dan konsep PAUD sesuai perkembangan terbaru dalam penelitian anak usia dini yang diimplementasikan dalam masyarakat dalam pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, dan internasional (Keterampilan Khusus) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu merefleksikan dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang dikembangkan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai model pembelajaran AUD yang inovatif dan berbasis perkembangan anak.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan desain pembelajaran yang holistik dan berpusat pada anak. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip multiple intelligences, neuroscience, dan pembelajaran berbasis proyek dalam perancangan model pembelajaran AUD.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu mengembangkan produk model pembelajaran AUD yang dapat diujicobakan dalam satuan PAUD.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang berbagai model dan desain pembelajaran yang relevan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Mahasiswa akan mempelajari dan mengkaji berbagai teori, prinsip, dan pendekatan dalam merancang model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini (AUD). Mata kuliah ini menekankan pada keterkaitan antara karakteristik perkembangan anak, tujuan pendidikan, dan strategi pembelajaran yang inovatif dan holistik. Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mengembangkan model pembelajaran berbasis perkembangan anak yang berpusat pada anak, inklusif, serta sesuai dengan standar perkembangan yang telah ditetapkan (STPPA). Pembahasan dalam mata kuliah ini mencakup analisis berbagai pendekatan pembelajaran seperti pembelajaran tematik, berbasis proyek, berbasis permainan, serta pendekatan multiple intelligences dan neuroscience yang sesuai dengan kurikulum PAUD. Selain itu, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk merancang desain pembelajaran kreatif, inovatif, dan efektif yang dapat diaplikasikan di berbagai satuan PAUD. Produk akhir dari mata kuliah ini adalah pengembangan model pembelajaran yang teruji secara teoritik dan praktis, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar di PAUD. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bers, M. U. (2008). Blocks to robots: Learning with technology in the early childhood classroom. Teachers College Press.
- Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-287-444-3
- Mitchell, L., & Carr, M. (2013). Understanding the Te Whāriki approach: Early years education in practice. Routledge.
- Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research.
- Moss, P., & Mitchell, L. (2024). Early childhood in the Anglosphere: Systemic failings and transformative possibilities. UCL Press.
- Vandenbroeck, M., Lehrer, J., & Mitchell, L. (2023). The decommodification of early childhood education and care: Resisting neoliberalism. Routledge.
- Lee, W., Carr, M., Soutar, B., & Mitchell, L. (2013). Understanding the Te Whāriki approach: Early years education in practice. Routledge.
- Carr, M., & Lee, W. (2012). Learning stories: Constructing learner identities in early education. SAGE Publications.
- Fleer, M., & Robbins, J. (2021). Designing early childhood education: A global perspective. Springer.
- Wood, E., & Hedges, H. (2020). International perspectives on early childhood education and care. Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Lesyani, Z., Budiyarti, E., & Priyanti, N. (2024). Implementation of project-based learning model in stimulating language development of early childhood. Journal of Childhood Development, 4(2), 405–418. https://doi.org/10.25217/jcd.v4i2.4692
- Sungkan, J. (2024). Development of early childhood student teachers’ ability to design learning experiences for early childhood using active learning and blended learning approaches. Journal of Graduate Research, 15(2), 59–76. https://so02.tci-thaijo.org/index.php/banditvijai/article/view/268203
- Rahayu, S., & Priyanthi, N. (2024). Enhancing the quality of teaching models in developing the characteristics of early childhood education through project-based learning. Journal of Early Childhood Education (JECE). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/33618
- Honghu, Y., Ting, L., & Gongjin, L. (2023). The key artificial intelligence technologies in early childhood education: A review. arXiv. https://arxiv.org/abs/2401.05403
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep dasar model dan desain pembelajaran PAUD |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, tujuan, dan urgensi model pembelajaran PAUD |
Kriteria:
Ketepatan konsep, argumentasi logis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, eksplorasi masalah 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar model dan desain pembelajaran PAUD Pustaka: Fleer, M., & Robbins, J. (2021). Designing early childhood education: A global perspective. Springer. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis karakteristik pembelajaran anak usia din |
Mampu membedakan antara pembelajaran anak dan dewasa |
Kriteria:
Kesesuaian analisis dan relevansi dengan konteks PAUD Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Diskusi kelompok, studi kasus 2 X 50 |
Materi: Karakteristik pembelajaran anak usia dini Pustaka: Wood, E., & Hedges, H. (2020). International perspectives on early childhood education and care. Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi komponen model pembelajaran |
Mampu menjelaskan komponen-komponen model (tujuan, materi, strategi, evaluasi) |
Kriteria:
Kelengkapan dan sistematika Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Ceramah interaktif, penugasan kelompok 2 X 50 |
Materi: Komponen model pembelajaran Pustaka: Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan prinsip desain pembelajaran anak usia dini |
Mampu merinci prinsip desain (developmentally appropriate practices) |
Kriteria:
Pemahaman mendalam dan aplikatif Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Observasi desain pembelajaran 2 X 50 |
Materi: Prinsip desain pembelajaran anak usia dini Pustaka: Fleer, M., & Robbins, J. (2021). Designing early childhood education: A global perspective. Springer. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mendesain skema awal pembelajaran berbasis proyek |
Dapat merancang draft skema awal proyek pembelajaran PAUD |
Kriteria:
Kreativitas, kelayakan, kejelasan alur Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, kerja kelompok 2 X 50 |
|
Materi: Proyek pembelajaran PAUD Pustaka: Vandenbroeck, M., Lehrer, J., & Mitchell, L. (2023). The decommodification of early childhood education and care: Resisting neoliberalism. Routledge. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menjelaskan model pembelajaran berbasis proyek untuk PAUD |
Mampu mengaplikasikan langkah PjBL sesuai karakteristik anak usia dini |
Kriteria:
Kesesuaian dengan teori PjBL Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Simulasi, roleplay 2 X 50 |
|
Materi: Model pembelajaran berbasis proyek untuk PAUD Pustaka: Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengembangkan indikator capaian pembelajaran anak |
Indikator sesuai dengan perkembangan usia dan tujuan pembelajaran |
Kriteria:
Relevansi dan keterukuran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi panel, kerja tim 2 X 50 |
|
Materi: indikator capaian pembelajaran anak Pustaka: Moss, P., & Mitchell, L. (2024). Early childhood in the Anglosphere: Systemic failings and transformative possibilities. UCL Press. Materi: indikator capaian pembelajaran anak Pustaka: Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mendesain media dan sumber belajar untuk proyek PAUD |
Mahasiswa menciptakan media kreatif untuk anak usia dini |
Kriteria:
Inovasi, keamanan, usia sesuai Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop media 2 X 50 |
|
Materi: media dan sumber belajar untuk proyek PAUD Pustaka: Sungkan, J. (2024). Development of early childhood student teachers’ ability to design learning experiences for early childhood using active learning and blended learning approaches. Journal of Graduate Research, 15(2), 59–76. https://so02.tci-thaijo.org/... |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Merancang aktivitas pembelajaran berbasis proyek |
Rencana aktivitas sesuai prinsip pembelajaran aktif dan kolaboratif |
Kriteria:
Keterlibatan anak, variasi aktivitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bimbingan proyek 2 X 50 |
|
Materi: Prinsip pembelajaran aktif dan kolaboratif Pustaka: Rahayu, S., & Priyanthi, N. (2024). Enhancing the quality of teaching models in developing the characteristics of early childhood education through project-based learning. Journal of Early Childhood Education (JECE). https://journal.uinjkt.ac.id/... |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Merancang instrumen penilaian pembelajaran proyek |
Instrumen sesuai capaian perkembangan anak |
Kriteria:
Validitas dan kepraktisan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan praktik 2 X 50 |
|
Materi: Instrumen penilaian pembelajaran proyek Pustaka: Sungkan, J. (2024). Development of early childhood student teachers’ ability to design learning experiences for early childhood using active learning and blended learning approaches. Journal of Graduate Research, 15(2), 59–76. https://so02.tci-thaijo.org/... |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mengembangkan rubrik penilaian berbasis proyek |
Rubrik digunakan untuk menilai keterlibatan dan hasil belajar anak |
Kriteria:
Komprehensif dan objektif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop rubrik 2 X 50 |
|
Materi: keterlibatan dan hasil belajar anak Pustaka: Bers, M. U. (2008). Blocks to robots: Learning with technology in the early childhood classroom. Teachers College Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Implementasi proyek mini di lingkungan PAUD (simulasi) |
Proyek diujicobakan dalam simulasi kelas |
Kriteria:
Kejelasan alur, partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Simulasi, presentasi 2 X 50 |
|
Materi: Proyek di lingkungan PAUD Pustaka: Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Refleksi atas implementasi proyek |
Mampu mengkritisi kekuatan dan kelemahan implementasi |
Kriteria:
Kedalaman refleksi dan solusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi reflektif 2 X 50 |
|
Materi: Implementasi model proyek Pustaka: Carr, M., & Lee, W. (2012). Learning stories: Constructing learner identities in early education. SAGE Publications. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Revisi desain dan instrumen proyek |
Mahasiswa memperbaiki proyek berdasarkan umpan balik |
Kriteria:
Peningkatan kualitas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Coaching individu 2 X 50 |
|
Materi: Instrumen proyek Pustaka: Mitchell, L., & Carr, M. (2013). Understanding the Te Whāriki approach: Early years education in practice. Routledge. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi proyek akhir pembelajaran PAUD |
Mahasiswa menjelaskan dan mempertahankan desainnya |
Kriteria:
Argumentasi dan presentasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Seminar mini 2 X 50 |
|
Materi: Pembelajaran PAUD Pustaka: Koh, J. H. L., Chai, C. S., Wong, B., & Hong, H.-Y. (2015). Design thinking for education: Conceptions and applications in teaching and learning. Springer Singapore. https://doi.org/... |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi keseluruhan dan penutup |
Mahasiswa menyimpulkan model-model dan desain pembelajaran PAUD |
Kriteria:
Partisipatif, sintesis materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Refleksi kelas, tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Ujian akhir dan umpan balik Pustaka: Mitchell, L., Wylie, C., & Carr, M. (2008). Outcomes of early childhood education: Literature review. New Zealand Council for Educational Research. |
20% |